Akreditasi Universitas Tarumanagara – Untar atau Universitas Tarumanagara merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang terkenal di Indonesia. Universitas ini berdiri sejak 1 Oktober 1959 dengan lokasinya yang berada di Jakarta, Jawa Barat. Nama Tarumanagara itu sendiri diambil dari, nama sebuah kerajaan yaitu kerajaan Tarumanagara yang merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara.

Universitas Tarumanagara ini berada di bawah naungan Yayasan Tarumanagara dan memiliki 3 kampus yang lokasinya berada di:

Kampus 1 : Jl. S. Parman No. 1
Kampus 2 : Jl. Tanjung Duren Utara No. 1
Kampus 3 : Jl. TB Simatupang

Universitas yang satu ini tercatat memiliki 8 fakultas dengan berbagai program studi yang jumlahnya lebih dari 40 program studi atau prodi, mulai dari jenjang diploma, sarjana S1, Magister S2, Doktor S3, sampai dengan Program Profesional. Akreditasi Universitas Tarumanagara juga hampir 50% dari program studi yang tersedia telah mendapatkan akreditasi A.

Buat Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, penting bagi Anda untuk memilih universitas yang terakreditasi oleh BAN-PT seperti halnya Universitas Tarumanagara. Untuk informasi selengkapnya mengenai akreditasi, simak uraian berikut ini:

Pengertian dan Pentingnya Akreditasi Bagi Lembaga Pendidikan

Kata akreditasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, terutama bagi Anda yang akan memasuki bangku sekolah atau kuliah. Hal ini disebabkan pada gerbang sekolah maupun kampus sebagian besar menuliskan tingkat akreditasinya. Misalnya, pada gerbang sekolah ditulis “Akreditasi A” atau ditulis “Terakreditasi oleh BAN-PT”.

 

Bahkan akreditasi ini sering digembar-gemborkan melalui brosur, website, media sosial yang mereka miliki seperti halnya akreditasi Universitas Tarumanagara. Hal ini dilakukan terutama saat pendaftaran pelajaran baru akan dimulai dengan tujuan untuk menjaring calon siswa agar mau mendaftar pada lembaga pendidikan yang mereka miliki. Walaupun demikian, tidak banyak informasi yang mengungkapkan apa itu akreditasi, pengertian dari akreditasi maupun manfaat dari akreditasi itu sendiri bagi lembaga pendidikan itu sendiri.

Pengertian dari akreditasi itu sendiri adalah suatu penentuan standar mutu atau kompetensi dari suatu lembaga pendidikan oleh badan akreditasi. Dalam hal ini yang berwenang memberi penilaian terhadap kampus di Indonesia adalah Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau yang lebih dikenal dengan sebutan BAN-PT. Untuk penjelasan secara simpel, akreditasi merupakan nilai dari sebuah kampus, perguruan tinggi atau sekolah dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan.

Baca Juga : UNTAR Menerima Tiga Penghargaan LLDIKTI

Bagi setiap lembaga pendidikan, akreditasi ini akan selalu diperbaharui setiap 5 tahun sekali. Itu sebabnya banyak universitas ternama seperti Untar selalu berusaha meningkatkan mutu dan pelayanannya agar akreditasi Universitas Tarumanagara yang sudah diakui oleh masyarakat luas bisa selalu berada pada posisi yang paling atas. Dan dengan akreditasi ini akan menjamin lulusannya bisa memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Dengan kata lain, adanya akreditasi ini merupakan pengakuan secara formal terhadap lembaga pendidikan akan kemampuannya dalam melakukan kegiatannya. Dan dengan akreditasi ini masyarakat akan terlindungi dari penipuan dalam hal pendidikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
.

Peringkat dan Kriteria Penilaian Akreditasi

Untuk skor atau peringkat akreditasi terbagi menjadi 3 nilai, yaitu:

● Akreditasi A : 361 – 400
● Akreditasi B : 301 – 360
● Akreditasi C : 201 – 300

Sedangkan peringkat atau skor penilaian dari BAN-PT yang diberikan kepada pihak lembaga pendidikan, misalnya terhadap akreditasi Universitas Tarumanagara ini meliputi dua akreditasi, yaitu:

Akreditasi Lembaga, yang terdiri dari:

  • Izin penyelenggaraan
  • Persyaratan dan kelayakan penyelenggaraan
  • Relevansi penyelenggaraan antara program pendidikan dengan pembangunan
  • Kinerja dari perguruan tinggi tersebut
  • Efisiensi dari pengelolaan perguruan tinggi

Akreditasi Program Studi, yang terdiri dari:

  • Identitas
  • Izin penyelenggaraan dari program studi
  • Kesesuaian antara penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan
  • Relevansi dari penyelenggaraan program studi
  • Sarana dan prasarana
  • Efisiensi dari penyelenggaraan program studi
  • Produktivitas program studi
  • Mutu lulusan

Klasifikasi penilaian dari dua kriteria akreditasi tersebut diatas ditentukan oleh tiga aspek, yaitu berdasarkan mutu, efisiensi dan relevansi. Dengan demikian diharapkan semua lembaga pendidikan yang sudah terakreditasi bisa semakin meningkatkan kinerjanya. Hal ini dimaksudkan agar akreditasi yang harus diperbaharui setiap 5 tahun sekali peringkatnya tidak semakin menurun. Dan itulah yang menjadi dasar bagi yayasan Tarumanagara dalam mengelola UNTAR.

Agar nilai akreditasi Universitas Tarumanagara selalu berada pada posisi yang teratas, yaitu akreditasi A, semua poin-poin penting tersebut di atas menjadi perhatian utama bagi yayasan Tarumanagara. Segala cara akan diupayakan agar mutu pendidikan dan juga lingkungan kampus tetap terjaga dan terhindar dari hal-hal yang bisa merusak citra dari universitas itu sendiri.

Itu sebabnya bagi Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah SMA atau SMK, penting bagi Anda untuk mengetahui apa akreditasi dari perguruan tinggi yang menjadi tujuan Anda. Apakah Akreditasi A, B atau C. Hal ini akan berpengaruh pada ijazah yang Anda miliki nantinya. Terutama saat Anda akan melamar suatu pekerjaan. Banyak perusahaan besar yang mencantumkan syarat untuk calon karyawannya harus berasal dari perguruan tinggi yang dengan akreditasi A.

Tujuan Akreditasi

Peringkat akreditasi Universitas Tarumanagara saat ini merupakan usaha keras dari semua pihak yang bertujuan ingin menciptakan universitas yang profesional. Baik dalam hal mutu, kualitas dan pelayanan terhadap mahasiswa yang berada di bawah naungan Universitas Tarumanagara.

Penilaian yang dilakukan oleh BAN-PT dalam proses akreditasi bertujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai kinerja dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu, akreditasi ini juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang langkah pembinaan yang perlu dilakukan, baik oleh lembaga pendidikan, pemerintah dan juga partisipasi dari masyarakat.

Manfaat Akreditasi

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut ini manfaat akreditasi Universitas Tarumanagara bagi mahasiswa dan juga lembaga pendidikan terkait.

Cerminan Kualitas

Akreditasi merupakan cerminan kualitas yang dimiliki perguruan tinggi. Dengan kata lain, semakin bagus akreditasi maka semakin bagus pula kualitas dan mutu yang ada pada perguruan tinggi tersebut.

Perlindungan

Dengan adanya akreditasi, bisa memberikan jaminan akan mutu dari suatu perguruan tinggi. Bahwa perguruan tinggi yang sudah terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang sudah ditetapkan oleh BAN-PT. Hal ini bisa diartikan, dengan adanya akreditasi tersebut mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pihak penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar.

Menarik Minat Calon Mahasiswa Baru

Tidak bisa dipungkiri, dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi juga berimbas pada bidang pendidikan. Banyak calon mahasiswa yang mengecek akreditasi dari suatu universitas saat akan melanjutkan pendidikannya. Hal inilah yang membuat semua lembaga pendidikan memanfaatkan akreditasi yang dimilikinya untuk menarik minat calon mahasiswa baru.

Keberadaan mahasiswa baru ini merupakan faktor penting bagi suatu perguruan tinggi. Karena semakin banyak mahasiswa yang menempuh pendidikannya di suatu perguruan tinggi, semakin terlihat pula perkembangan dari kampus tersebut.

Proyek Institusi

Bagi perguruan tinggi swasta maupun negeri, dengan akreditasi yang dimilikinya bisa bermanfaat untuk mengajukan proyek institusi. Semakin bagus akreditasi yang dimilikinya semakin besar pula proyek institusi yang bisa diambil. Seperti halnya akreditasi Universitas Tarumanagara yang rata-rata adalah A, akan berpeluang bisa mengajukan suatu proyek dengan nilai milyaran rupiah. Sedangkan perguruan tinggi lain yang terakreditasi B atau C tidak bisa mengajukan proyek sebesar yang diajukan oleh pemilik akreditasi A.

Peluang menjadi PNS lebih Besar

Bagi mahasiswa lulusan sebuah perguruan tinggi dengan akreditasi yang bagus akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Hal ini dikarenakan biasanya ada salah satu syarat yang menyebutkan bahwa calon PNS harus lulusan dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi. Jadi, semakin bagus akreditasi kampus yang Anda pilih sebagai tempat menempuh pendidikan semakin besar peluang Anda untuk bisa diterima menjadi PNS.

Mudah Mencari Pekerjaan

Tidak hanya PNS, banyak perusahaan yang ada di Indonesia mencantumkan syarat bagi calon karyawannya harus berasal dari sebuah perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B. Bahkan ada juga perusahaan-perusahaan terkenal yang mengharuskan calon tenaga kerjanya berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A seperti yang dimiliki oleh akreditasi Universitas Tarumanagara.

Itu sebabnya beberapa perguruan tinggi memberikan fotokopi piagam akreditasi kepada para lulusannya. Hal ini dilandasi kesadaran dari pihak perguruan tinggi akan pentingnya akreditasi bagi kebutuhan dunia kerja saat ini.

Kualitas para lulusan dan juga akreditasi lembaga maupun akreditasi program studi, sedikit banyak bergantung pada kualitas dosen pengajar yang ada. Para dosen tersebut berperan besar dalam menentukan nilai akreditasi dan juga menjamin menghasilkan lulusan yang berkualitas. Dosen ini dituntut untuk bisa mempunyai “rasa memiliki” terhadap program studi pada perguruan tinggi tempatnya bernaung.

Untuk itu para dosen dituntut untuk tidak lagi mempunyai pola pikir lama yaitu, “kerja tidak kerja, dan rajin tidak rajin tetap akan dibayar”. Justru sebaliknya, seorang dosen haruslah memiliki kesadaran tinggi bahwa akreditasi merupakan hal sangat penting bagi para lulusan dan juga kelanjutan program studi (prodi).

Dengan demikian kualitas pendidikan yang dimiliki perguruan tinggi tempatnya mengabdi makin lama akan semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini seiring dengan kesadaran dari para dosen dalam hal menjaga dan meningkatkan akreditasi perguruan tinggi tempatnya bernaung.

Baca Juga : Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta

Dari semua penjelasan diatas, akreditasi Universitas Tarumanagara bisa memberikan manfaat kepada semua pihak. Baik itu bagi mahasiswa atau orang tua, pemerintah, pasar kerja nasional dan internasional. organisasi penyandang dana atau bagi perguruan tinggi itu sendiri.

Dengan adanya akreditasi bisa mendorong perguruan tinggi pmbuntar.com untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan standar mutu pendidikan yang tinggi. Dan hasil akreditasi juga bisa digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam hal transfer kredit perguruan tinggi, sebagai pengakuan dari instansi lain dan juga dalam hal pemberian bantuan alokasi dana.

Dengan mengetahui pengertian dari akreditasi, apa manfaat dan tujuannya, serta seberapa pentingnya peringkat akreditasi bagi perguruan tinggi, bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum melakukan pilihan. Selain itu, penting bagi Anda untuk mengetahui semua informasi yang terkait dengan Akreditasi Universitas Tarumanagara agar Anda bisa memilih dengan tepat fakultas dan jurusan apa yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.