Beasiswa Universitas Tarumanagara – Universitas yang berlokasi di Jakarta Barat ini termasuk universitas swasta favorit bagi para lulusan SMU/SMK yang tertarik mempelajari bidang keuangan terutama program studi S1 Akuntansi Bisnis. Jurusan Program studi tersebut menjadi salah satu prodi unggulan. Universitas Tarumanagara memiliki prestasi dan integritas yang baik, sehingga mahasiswa terpilih bisa meraih beasiswa dari yayasan atau diluar universitas. Apa saja ya?

Beasiswa BRI Cerdas

Beasiswa BRI Cerdas merupakan salah satu penghargaan yang bisa diikuti oleh seluruh universitas. Dalam agendanya tahun 2018 lalu, pihak BRI memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa terbaik yang telah lolos seleksi karena prestasinya. Dengan penghargaan ini UNTAR juga berupaya untuk menjalin kolaborasi dengan apik bersama institusi pendidikan dan korporasi bisnis yakni BRI.

Beasiswa Universitas Tarumanagara ini tak hanya diberikan kepada mahasiswanya saja, tetapi juga diberikan kepada beberapa orang mahasiswa dari STIKes Tarumanagara yang masih berada di bawah satu yayasan yang sama. Saat dimintai keterangan, Wakil Pimpinan BRI Wilayah Jakarta III Mohamad Marzuki menyatakan bahwa alasan BRI memberikan beasiswa ini karena merasa percaya kepada kualitas dari mahasiswa UNTAR.

“Penerima beasiswa BRI Cerdas ini adalah wajah masa depan Indonesia, kami berharap bahwa kelak para penerima beasiswa ini bisa juga menjadi bagian dari BRI,” ungkapnya saat itu. Dengan ini pula beliau mempercayakan kompetensi mahasiswa yang menerima beasiswanya.

Syarat dan Penilaian

  • Mahasiswa reguler/non-extension (S1 dan D3) di Universitas Tarumanagara
  • Merupakan mahasiswa berprestasi dibuktikan dengan adanya Piagam, Sertifikat, serta berkas pelengkap berupa fotokopi transkrip nilai dan IPK
  • Jika Anda termasuk mahasiswa dari keluarga kurang mampu, dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kelurahan tempat Anda tinggal
  • Memiliki IPK minimal 3,0
  • Sedang menempuh pendidikan minimal semester 3 dan maksimal semester 7 untuk S1 atau maksimal semester 5 bagi yang berada pada tingkat D3
  • Membuat surat pernyataan sedang tidak berada dalam suatu ikatan dinas tertentu
  • Mahasiswa sedang tidak memperoleh beasiswa sejenis dari pihak lain dengan membuat surat pernyataan terkait
  • Mendapatkan rekomendasi dari Dosen Akademik mahasiswa yang bersangkutan
  • Membuat esai singkat sekitar 500 kata mengenai produk Bank BRI atau hal-hal lain yang berkaitan dengan Bank BRI di antara Bank Nasional lain

Program Beasiswa Juara oleh Kompas

Program Beasiswa Universitas Tarumanagara yang bekerja sama dengan Kompas diberi titel Program Beasiswa Juara. Kamu bisa memperoleh infonya dalam pencarian Google dan fokus pada Universitas Tarumanagara. Di sana kamu akan dimintai data diri secara digital mengenai nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, NIS, alamat email aktif, alamat domisili yang sesuai KTP, nomor telepon, jurusan pilihan, foto digital, scan raport pada 4 semester terakhir, scan KK dan akte kelahiran. Jika mempunyai sertifikat pendukung lainnya, kamu bisa menambahkan pada kolom yang disediakan.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

Program Beasiswa Juara dari Kompas telah bekerja sama beberapa tahun terakhir dengan universitas yang beralamat di Jalan Letjen S Parman Nomor 1 Jakarta Barat ini. Program ini bahkan bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK sederajat bila ingin masuk ke UNTAR dengan jalur beasiswa unggulan.

Beasiswa BCA dan Kesempatan Magang

Bulan Agustus 2019 lalu, mahasiswa UNTAR mendapat kesempatan langka untuk melakukan kegiatan magang dan juga beasiswa dari BCA. Kesempatan ini diberikan kepada sejumlah mahasiswa program studi S1 Akuntansi Bisnis Universitas Tarumanagara. Kerja sama jalinan beasiswa Universitas Tarumanagara dan PT. Bank Central Asia, Tbk. tersebut dalam rangka Penyediaan Program Pendidikan bagi mahasiswa yang tergabung di dalam Program Pendidikan Akuntansi (PPA) yang telah disepakati dan ditandatangani MoU-nya beberapa waktu lalu.

Pihak UNTAR, Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menyatakan bahwa berbagai kolaborasinya dengan beberapa instansi di luar universitas merupakan sebuah upaya untuk berkontribusi lebih baik untuk kemajuan sumber daya manusia, terutama para mahasiswa yang ada di kampusnya.

Program kerja sama dengan BCA ini dinamai sebagai Program Permagangan Bakti. Program ini juga dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin mengetahui dunia layanan perbankan dan mendapatkan pengalaman berharga. Di dalam program ini kamu akan mengetahui SOP dasar dalam pelayanan dan ilmu lain yang akan menunjang kamu menjadi seorang profesional. Tes yang akan dilakukan adalah seleksi berkas, tes online, tes wawancara, dan tes kesehatan.

Adapun syarat-syarat yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  • WNI ditandai dengan kepemilikan KTP
  • Pria/Wanita yang berpenampilan menarik
  • Lulusan SMA /SMK atau sederajat dengan nilai rata-rata rapor semester 5 & 6 min. 7,0
  • Bagi mahasiswa UNTAR tingkat D1 – D3 hingga S1 memiliki IPK min. 2,50
  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Tidak pernah terlibat dengan obat-obatan terlarang dan kasus kriminal lainnya
  • Bersedia di tempatkan di seluruh cabang Bank BCA yang menjadi wilayah seleksi
  • Belum menikah/lajang
  • Belum pernah mengikuti Program Permagangan Bakti BCA sebelumnya

Beasiswa KPMG ASEAN

Beasiswa KPMG merupakan salah program pendidikan dari satu perusahaan jasa profesional yang bergerak di bidang audit, konsultan, dan perpajakan yang membuka jalur beasiswa regional bagi para mahasiswa di ASEAN. Dengan adanya beasiswa Universitas Tarumanagara yang bekerja sama dengan KPMG ASEAN ini dimaksudkan dimaksudkan agar para pemuda di kawasan ASEAN bisa lebih maju dan dapat mengembangkan potensinya di masa yang akan datang sebagai pemimpin dan karyawan yang bertanggung jawab.

Saat mengikuti Program Beasiswa KPMG ASEAN ini, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

  1. Dana beasiswa mencapai Rp45 juta per tahun selama maksimal 3 tahun masa penempuhan studi.
  2. Mendapatkan dua kesempatan magang ditambah dengan uang saku. Sekali magang di di Indonesia, sekali magang di firma member di Singapura, Thailand, atau Malaysia
  3. Jika menunjukkan kinerja yang cemerlang, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi karyawan tetap di Indonesia, Malaysia, atau Thailand

Program beasiswa Universitas Tarumanagara yang bekerja sama dengan KPMG ASEAN ini telah mengantarakan Kevin, angkatan 2015 di FEB UNTAR bisa melenggang di kancah internasional. Beasiswa tersebut ia dapatkan pada tahun 2015 lalu pada 2 periode alias dalam kurun waktu 2 tahun. Pada waktu itu, hanya ada 7 kampus besar lain yang mendapatkan beasiswa ini selain UNTAR.

Beasiswa UNTAR untuk Mahasiswa Cerdas dan Aktif

Universitas Tarumanagara (UNTAR) termasuk salah satu perguruan tinggi yang memiliki segudang mahasiswa yang berprestasi. Untuk mengapresiasinya, UNTAR memberikan beasiswa kepada beberpa orang dengan bekerja sama dengan Pembangunan Jaya. Beasiswa ini tak hanya ditujukan untuk perorangan yang menorehkan prestasi akademik saja, melainkan juga prestasi non-akademik.

Pada tahun 2015, cabang olah raga Taekwondo berhasil mengantarkan beberapa mahasiswa UNTAR berjaya pada The Kick Indonesia Taekwondo Tournament 2015. Mahasiswa tersebut diantaranya adalah Alfindra Sepalawandika untuk Emas Senior. Nama lain seperti Kyoryugi Putra serta Livianto, Fenny, Rachel Nelly, Martin, Handrian dan Gibson juga mencatatkan diri di kelasnya masing-masing.

Beasiswa Universitas Tarumanagara lainnya diraih oleh Martha, salah seorang mahasiswi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UNTAR yang berhasil mendapatkan apresiasi dari PT Metrodata Electronics, Tbk. Nominal beasiswa yang diterima oleh gadis berindeks prestasi kumulatif sebesar 3.9 ini sebesar Rp5 juta per semester, hingga ia lulus menjadi sarjana dari FTI UNTAR. Dengan memberikan beasiswa berdasarkan prestasi ini, diharapkan akan memberikan dampak positif dan memotivasi mahasiswa yang lain agar bersemangat meraih prestasi sejenis.

Beasiswa Jalur Prestasi dari Universitas Tarumanagara

UNTAR sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup memperhatikan para mahasiswanya, memberikan program beasiswa kepada para calon mahasiswa yang hendak berkuliah di sana. Ada dua jalur yang bisa digunakan calon mahasiswa agar bisa masuk ke UNTAR

Jalur Prestasi Unggulan (JPU)

Jalur Presatasi Unggulan merupakan program beasiswa Universitas Tarumanagara yang memudahkan siswa untuk bisa langsung masuk tanpa melalui jalur tes umum. Jika kamu seorang siswa yang bisa meraih beasiswa satu ini, kamu tidak perlu kerepotan memikirkan biaya, karena akan ditanggung seluruhnya oleh universitas alias beasiswa penuh (gratis). Dengan syarat sebagai berikut.

  1. Pendaftar merupakan siswa SMA/SMK/sekolah menengah sederajat yang sudah naik ke kelas XII
  2. Memiliki peringkat tiga besar selama kelas X dan XI dibuktikan dengan fotokopi hasil raport
  3. Lulus tes dasar: psikotes dan tes wawancara
  4. Melampirkan surat rekomendasi sebagai siswa berprestasi dari kepala sekolah masing-masing
  5. Tidak buta warna, khususnya untuk calon mahasiswa kedokteran

Jalur Penelusuran Prestasi (JPP)

Jika JPU memberikan ruang bagi kamu untuk memperoleh beasiswa Universitas Tarumanagara secara penuh, maka JPP hanya akan memberikan potongan biaya kuliah dari 10-100%. Hal ini menjadi salah satu solusi yang akan memberikan kelegaan pada mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftar merupakan siswa SMA/SMK/sekolah menengah sederajat yang sudah naik ke kelas XII
  2. Melampirkan formulir prestasi dan berkelakuan baik dari pihak sekolah masing-masing.
  3. Memenuhi syarat nilai di atas rata-rata +2 dari angka KKM atau setara dengan itu khusus untuk untuk tiga mata pelajaran utama, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.
  4. Bagi siswa yang ingin mendaftar pada fakultas kedokteran, nilai rata-rata siswa harus berada +5 di atas KKM atau setara untuk 3 mata pelajaran utama ditambah 3 mata pelajaran lainnya, yaitu Biologi, Kimia, dan Fisika
  5. Melampirkan fotokopi rapor pada kelas X dan XI yang sudah dilegalisir oleh sekolah
  6. Melampirkan surat keterangan bebas buta warna untuk siswa yang mendaftar pada fakultas kedokteran, fakultas arsitektur, dan fakultas seni rupa dan desain (FSRD)
  7. Menyertakan hasil psikotes yang mencakup Tes Minat Bakat, Tes Kepribadian dan IQ, bagi siswa yang mendaftar Fakultas Kedokteran.

Baca Juga : Akreditasi Universitas Tarumanagara

Berbagai pilihan Beasiswa Universitas Tarumanagara yang telah diulas bisa kamu jadikan pilihan yang akan memperlancar urusan pembayaran dan pendanaan biaya kuliah. Baik sebagai seorang calon mahasiswa maupun telah menjadi bagian akademisi, beberapa langkah dan syarat bisa segera dipenuhi agar kamu juga segera dapat kepastian keputusan. Simak deadline pengumpulan agar kamu tidak terlambat dan harus menunggu pada periode PMB UNTAR selanjutnya.