Melanjutkan pendidikan ke universitas merupakan kebanggaan bagi setiap lulusan smu/smk. Namun, ada kalanya keterbatasan biaya menghalangi para siswa untuk melanjutkan Pendidikan tinggi tersebut. untuk itu, Universitas Tarumanagara menyediakan banyak pilihan beasiswa untuk mahasiswa S1.

Memperoleh beasiswa di kampus tujuan bukanlah hal mudah. Hal ini perlu diupayakan dengan perjuangan dan kerja keras. Adapun hal terpenting yang harus diperhatikan adalah syarat dan ketentuan untuk memperoleh beasiswa tersebut. Mulai dari persiapan kemampuan diri hingga keperluan administrasi.

Sebagai kampus bergengsi, biaya kuliah Universitas Tarumanagara relatif lebih terjangkau dibandingkan kampus swasta lainnya di Indonesia. Tahun ajaran 2019/2020, biaya kuliah mengalami kenaikan dari tahun lalu sekitar 11% atau sebesar Rp 1,3 Juta per semester.

Seperti diketahui, komponen biaya kuliah Universitas Tarumanagara meliputi biaya SPP, BPP, dan SKS. Selain itu, setiap jurusan memiliki nominal yang berbeda. Program studi Sistem Informasi menjadi fakultas dengan biaya SPP termurah yaitu sebesar Rp 17 Juta, dan Fakultas Kedokteran menjadi salah satu jurusan termahal, yakni Rp 350 Juta.

Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara menjadi target yang paling di tunggu bagi siswa lulusan SMA/SMK. Namun, kuota beasiswa pertahunnya terbatas dan dibagi kedalam 16 Jurusan yang ada.

Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara

Beasiswa merupakan sebuah dukungan financial yang diberikan kepada mahasiswa yang telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan dengan tujuan membantu, memotivasi dan mendukung calon siswa dalam bidang akademis. Beasiswa dapat berasal dari pemerintah, perusahaan atau sebuah yayasan.

Bagi seorang mahasiswa, program beasiswa merupakan hal penting yang tidak hanya mendukung dalam bentuk finansial saja. Tetapi juga sebagai motivasi yang mampu mendorong mereka untuk lebih bersemangat untuk terus berkarya lebih baik ke depannya.

Universitas Tarumanagara berusaha mendukung mahasiswanya agar terus berprestasi tanpa perlu khawatir dengan masalah biaya kuliah melalui berbagai program beasiswa . Beasiswa Universitas Tarumanagara sendiri terdiri dari berbagai macam.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Universitas Tarumanagara (UNTAR) menyediakan bermacam jenis beasiswa, yaitu: Beasiswa Yayasan Tarumanagara, Beasiswa Yayasan Marga Jaya Sejahtera, Beasiswa Triputra Group (khusus Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknologi Informasi dan Ekonomi).

Selain itu juga Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A & R Rachmat (khusus Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknologi Informasi), Beasiswa Dharma Bakti Karya Lentera Bangsa (khusus Fakultas Kedokteran), Beasiswa Yayasan Salim, serta Beasiswa BCA Finance.

Bentuk Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Sebagai salah satu universitas swasta tbergengsi di Indonesia, Universitas Tarumanagara selalu memberikan yang terbaik bagi para mahasiswa salah satunya dalam bentuk beasiswa. Beberapa beasiswa yang dapat dipeoleh di Universitas Tarumanagara yaitu:

Beasiswa Jalur Prestasi Unggulan (JPU)

Setiap tahun Universitas Tarumanagara selalu memberikan beasiswa bagi para pelajar dengan prestasi terbaik di sekolahnya. Salah satunya melalui beasiswa jalur prestasi unggulan, siswa yang mendapatkan beasiswa ini akan mendapatkan biaya kuliah penuh.

Untuk mendapatkan beasiswa ini para pelajar yang mendaftar harus memenuhi beberapa syarat yaitu yang pertama siswa SMA, SMK atau sekolah menengah sederajat. Dengan catatan sudah naik ke kelas XII dan harus mendapatkan peringkat tiga besar selama kelas X dan XI.

Yang kedua siswa harus lulus psikotes dan tes wawancara yang diselenggarakan oleh pihak universitas. Selanjutnya siswa tersebut juga harus mendapat rekomendasi dari kepala sekolah.
Terakhir siswa yang mendaftar beasiswa tidak buta warna, khususnya untuk siswa yang ingin masuk ke fakultas kedokteran.

Beasiswa Jalur Penelusuran Prestasi (JPP)

Universitas Tarumanagara juga memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi melalui Jalur Penelusuran Prestasi atau JPP. Berbeda dengan Beasiswa JPU, kali ini para pelajar akan mendapatkan potongan biaya kuliah mulai dari 10 persen hingga 100 persen.

Dengan demikian, pelajar berprestasi dapat terus berkuliah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Untuk mendapatkan beasiswa ini setiap pelajar diharuskan memenuhi beberapa persyaratan.

Syarat pertama, siswa SMA, SMK atau sekolah menengah sederajat yang sudah naik ke kelas XII harus memiliki prestasi dan juga kelakuan baik di sekolahnya. Mereka harus memiliki nilai rata-rata +2 di atas KKM dan juga +5 di atas KKM bagi siswa yang bertujuan melanjutkan ke fakultas kedokteran.

Siswa juga harus melampirkan fotokopi rapor kelas X dan XI dan surat keterangan bebas buta warna. Serta menyertakan hasil psikotes yang meliputi tes minat dan bakat, kepribadian, dan IQ, khususnya untuk siswa yang ingin bergabung di fakultas unggulan.

Beasiswa Djarum Plus

Program beasiswa ini merupakan salah satu program yang dicetuskan oleh Djarum Foundation dalam rangka menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Beasiswa untuk mahasiswa S1 jenis ini diberikan untuk mereka yang sedang menempuh jenjang pendidikan S1.

Beasiswa ini hanya bisa didapatkan jika sebuah unversitas atau perguruan tinggi sudah bermitra dengan pihak Djarum Fundation dan Uiversitas Tarumanagara menjadi salah satunya. Keunggulan dari beasiswa ini sendiri adalah setiap mahasiswa akan mendapatkan dana kuliah sampai lulus sarjana.

Dengan syarat mahasiswa sedang menempuh pendidikan di semester IV dengan IPK minimal 3 mulai di semester III dan bisa mempertahankannya hingga semester IV. Mahasiswa juga diharuskan aktif berorganisasi dan juga sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Para penerima beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Djarum Foundation juga akan mendapat berbagai macam pelatihan keterampilan seperti pembentukan karakter, leadership development serta kemampuan berkompetisi. Sehingga, mereka bisa menerapkan keterampilan tersebut secara langsung untuk ke depannya.

Beasiswa Bca Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan program yang ditawarkan untuk mahasiswa S1 berprestasi. Dengan catatan minimal telah menyelesaikan semester 2 dan tidak lebih dari semester 8. Program ini memberikan beasiswa Rp. 3.000.000/ semester hingga lulus kuliah atau maksimal sampai semester 8.

Beasiswa ini juga tersedia bagi mahasiswa di universitas seluruh Indonesia, tidak terkecuali Universitas Tarumanagara. Untuk mendapatkannya mahasiswa diharuskan memiliki IPK minimum 3,20, IPS terakhir 3,00 untuk PTS, IPK minimum 3,40 dan IPS terakhir 3,20 untuk PTS.

Untuk memperoleh beasiswa ini pastikan mahasiswa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Selain itu, mahasiswa juga diharuskan untuk aktif mengikuti berbagai organisasi dan tidak pernah terlibat tindak pidana ataupun penyalahgunaan narkoba.

Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa PTS semua Jurusan di Indonesia. Tidak terkecuali mahasiswa yang menempuh Program Kuliah S1. Dengan memberikan lampiran SKTM atau surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan sesuai dengan daerah asal pada KTP.

Pendaftaran Kuliah Melalui Jalur Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Untuk menjadi mahasiswa di Universitas Tarumanagara ada beberapa jalur yang dapat ditempuh, salah satunya melalui jalur beasiswa. Bagi yang ingin mendaftar dengan jalur ini maka wajib mengikuti syarat yang diperlukan untuk pendaftaran. Simak langkah-langkah berikut:

1. Mengisi Formulir

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika mendaftar program beasiswa yaitu mengisi formulir. kamu perlu menyiapkan dokumen penting seperti kartu pelajar, Kartu Keluarga, KTP dan lain sebagainya.
Pastikan mengisi identitas dengan benar. Setiap formulir yang sudah dikumpulkan akan ditinjau oleh pihak universitas. Data tersebut digunakan untuk mengetahui informasi terkait calon penerima beasiswa.

2. Lampirkan Beberapa Prestasi

Dengan adanya portofolio prestasi, pihak Universitas menilai bahwa Anda adalah seorang yang layak menerima beasiswa tersebut. Prestasi yang dimiliki biasanya akan dijadikan bahan pertimbangan oleh pihak penyelenggara.

Lampirkan dokumen prestasi yang pernah kamu terima. Baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Semakin bagus prestasi, semakin besar pula kesempatan masuk ke dalam Universitas Tarumanagara.
Perlu dicatat bahwa tidak semua mahasiswa berprestasi layak menerima beasiswa, dikarenakan keterbatasan slot beasiswa tersebut.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

3. Menyiapkan Dokumen

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Fotokopi Rapor : Ketika mendaftarkan diri pada jalur beasiswa, siapkan fotokopi rapor sebagai syarat yng wajib kamu penuhi. Pastikan nilai akademis kamu telah memenuhi persyaratan pendaftaran melalui jalur beasiswa di Universitas Tarumanagara..
  • KK (Kartu Keluarga) : Selain fotokopi rapor, siapkan juga fotocopy KK (kartu keluarga). Selain untuk jalur beasiswa fotocopy kartu keluarga juga diperlukann untuk pendaftaran melalui jalur umum.
  • Akta Kelahiran : Dokumen selanjutnya yang perlu disiapkan yaitu Akta Kelahiran. Akta ini berisi tentang detail kapan peserta beasiswa dilahirkan dengan nama orang tua asli. Akta ini juga digunakan untuk membantu panitia mengkoordinir data informasi peserta.
  • Pas Foto : Selanjutnya siapkan juga pas foto yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa. Untuk ukuran tergantung permintaan Universitas Tarumanagara. Beberapa ukuran yang sering kali di gunakan seperti 3×4, 4×6, dan lain sebagainya.

Dengan adanya pas foto maka pemberi beasiswa bisa mengetahui potret peserta. Siapkan foto dengan kualitas terbaik ketika akan mendaftar jalur beasiswa. Gunakan pakaian rapih.

Beberapa Jurusan yang menyediakan Beasiswa

Universitas Tarumanagara memiliki 8 Fakultas serta 16 Program Studi dan semua sudah terakreditasi. Ada beberapa jurusan yang memberi kemudahan dengan jalur beasiswa. Baik jalur JPU atau pun JPP, jurusan yang menyediakan beasiswa yaitu:

1. Kedokteran

Merupakan salah satu fakultas paling favorit di Universitas Tarumanagara yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Seperti diketahui, Jurusan Kedokteran memiliki peminat yang cukup tinggi, sehingga kemungkinan beasiswa dalam jurusan ini relatif lebih sulit.

Jika beruntung dan bisa mendapatkan beasiswa untuk jurusan ini, maka semua biaya akan ditanggung. Karena di Universitas Tarumanagara,biaya kuliah jurusan kedokteran relatif mahal.

2. Arsitektur

Biaya kuliah jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara merupakan program studi terfavorit kedua setelah Kedokteran. Jurusan ini juga menyediakan beasiswa, jalur JPU mapun JPP.
Tentu cukup sulit untuk dapat masuk jurusan ini. Selain banyaknya pesaing, kriteria yang diminta juga terbilang tinggi. Karena setiap pedaftar yang masuk akan diseleksi secara ketat dengan bebeapa tahapan yang harus dilalui.

3. Teknik Sipil

Jurusan ini terakreditasi A, sehingga banyak siswa kejuruan yang berminat pada jurusan ini. Selain itu, tersedia beasiswa bagi para siswa berprestasi dalam bidang terkait. Setiap tahun jurusan ini juga memiliki peminat yang semakin banyak.

Bagi yang ingin mendapatkan keringanan biaya perkualiahan, dapat mengajukan beasiswa di Universitas Tarumanagara. Untuk nominal beasiswa tergantung pada kebijakan kampus. Mulai dari 10% hingga 100%. Terus ikuti informasi ketersediaan dan tanggal dimulainya beasiswa pada jurusan tersebut.

4. Akuntansi Bisnis

Pada jurusan ini juga tersedia beasiswa, bagi para siswa berprestasi. Dilansir website resmi Universitas Tarumanagara, SPP Akuntansi Bisnis sebesar Rp 28 juta. Tentu saja dengan bantuan beasiswa, para calon akuntan bisa mewujudkan mimpinya.

Dengan menggunakan jalur beasiswa, beberapa mahasiswa kurang mampu dapat masuk ke dalam jurusan akuntansi bisnis. Beberapa biaya menjadi tanggung jawab pihak universitas. Baik biaya semester maupun biaya pendidikan lainnya.

5. Desain Interior

Jurusan ini menyediakan beasiswa dengan kuota terbatas. Sehingga, bagi yang ingin mengambil beasiswa Desain Interior, harus rela berebut peluang dengan pelajar lain yang bertujuan masuk ke jurusan yang sama.

Semakin banyak pendaftar, maka semakin tinggi tingkat pesaingannya. Perlu kiranya mempersiapkan diri sejak dini agar perjalanan berburu beasiswa menjadi mulus. Pahami dahulu hal apa saja yang harus dilalui pada tahap seleksi.

6. Psikologi

Alasan masuk Jurusan Psikologi beragam. Yang jelas, beasiswa jurusan ini merupakan kabar gembira, meski kuotanya terbatas. Namun, jurusan ini peminatnya tidak sebanyak jurusan yang lain. Kesempatan mendapat beasiswa juga terbuka cukup lebar.

Kulitas dari jurusan ini juga tidak bisa diremehkan karena telah mendapat akreditasi resmi dari pemerintah. Dengan begitu, saat selesai mengenyam pendidikan akan lebih mudah untuk mendapat beberapa pekerjaan.

7. Hukum

Bagi pelajar yang ingin menempuh Pendidikan dibidang hukum di Universitas Tarumanagara dengan budget minim tidak perlu khawatir karena beasiswa jalur JPU dan JPP juga tersedia.

Dengan fasilitas beasiswa, tentu akan membantu dalam mengurangi beban perkuliahan kamu. Sehingga, kamu dapat belajar lebih tenang tanpa harus memikirkan beberapa hal terkait pembayaran.

8. Teknik Industri

Seperti jurusan lain, kuota beasiswa Teknik industri juga terbatas. Bagi yang berminat, harus siap bersaing dengan lulusan kejuruan berprestasi lainnya.

9. Teknik Informatika

Biaya SPP Rp 21 Juta dan biaya BPP Rp 7,5 Juta bukan lagi sesuatu yang memberatkan dengan meraih beasiswa di jurusan ini. Dengan ketentuan yang sama dengan program beasiswa lain, para peserta harus siap bersaing ketat. Jurusan ini juga merupakan jurusan yang sering diperebutkan.

10. Teknik Mesin

Manjadi jurusan favorit para lulusan SMK, Universitas Tarumanagara membuka kesempatan melalui dua jalur beasiswa yang tersedia, JPU sera JPP. Jurusan teknik di Universitas Tarumanagara memang menjadi banyak incaran calon mahasiswa baru.

Selain dikarenakan akreditasi A, jurusan ini juga mendapat penghargaan dari pihak pemerintah. Untuk mendapatkan beasiswa pada jurusan ini, setiap peserta harus bersaing dengan yang lain. Bahkan pesaing dari beasiswa ini mencapai ribuan.

Selain jurusan tersebut, Universitas Tarumanagara juga menyediakan beasiswa prestasi untuk jurusan Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, Ilmu Komunikasi, Planologi Wilayah dan Kota, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Perencanaan Kota dan Real Estate, dan Teknik Elektro.

Kriteria Penerima Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh calon penerima beasiswa di Universitas Tarumanagara (UNTAR), yaitu sebagai berikut:

  1. Merupakan siswa SMA/SMK/Sederajat yang telah naik ke kelas XII (menjelang lulus).
  2. Belum terdaftar/tercatat sebagai penerima beasiswa apapun dari universitas manapun selain di Universitas Tarumanagara atau dengan kata lain tidak merangkap dua beasiswa bahkan lebih.
  3. Memiliki rekam jejak (track record) prestasi peringkat 1 sampai 3 di sekolah dalam rentang waktu kelas X hingga kelas XII yang tertulis dalam raport.
  4. Memiliki nilai rata-rata +2 di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam tiga mata pelajaran utama, yakni pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, untuk calon penerima beasiswa selain Fakultas Kedokteran.
  5. Bagi calon penerima beasiswa Fakultas Kedokteran, wajib memiliki nilai rata-rata +5 di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam tiga mata pelajaran utama, yakni Fisika, Kimia, dan Biologi.
  6. Memiliki prestasi akademik baik di tingkat regional maupun nasional, mulai juara 1, 2, ataupun juara 3 yang dibuktikan melalui sertifikat dan piagam penghargaan.
  7. Tidak pernah terlibat kerusuhan, seperti tawuran dan demonstrasi anarkis, yang dibuktikan dengan surat keterangan kelakuan baik.
  8. Tidak pernah terjerat kasus narkotika serta kasus asusila, serta kasus-kasus serupa yang mencederai moralitas individual bahkan merugikan orang lain.
  9. Tidak gila atau cacat mental, yang dibuktikan dengan tes psikotes dan wawancara.
  10. Mendapat rekomendasi dari kepala sekolah, dalam artian sudah benar-benar dipercaya sebagai individu yang prestisius.

Kriteria Prestasi untuk Mendapat Beasiswa

Adapun kriteria prestasi untuk mendapat beasiswa untuk mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara (UNTAR) ialah sebagai berikut:

1. Prestasi Akademik Regional

Prestasi ini mencakup segala pencapaian selama masa sekolah, mulai dari ranking sampai prestasi ajang perlombaan tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, bahkan provinsi. Segala pencapaian prestasi tersebut tentu harusi dibuktikan dengan sertifikat/piagam penghargaan.

2. Prestasi Akademik Nasional

Meliputi pencapaian prestasi dalam lomba-lomba, misalnya penah meraih juara 1, 2, atau 3 dalam ajang perlombaan nasional semisal Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI). Segala jenis prestasi internasional juga dipertimbangkan karena hal tersebut jelas semakin memperkuat penilaian.

Jenis biaya yang ditanggung Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara memberi keringanan biaya kuliah bagi peserta didik yang berprestasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung program peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Bagi mahasiswa yang telah berhasil lolos seleksi beasiswa untuk Mahasiswa S1 akan mendapatkan fasilitas sesuai dengan ketentuan dan jenis jalur yang ditempuh. Berikut fasilitas yang disediakan :

1. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran akan dibebankan kepada setiap peserta didik di awal masa pendidikan. Selain itu, calon mahasiswa juga diminta untuk melengkapi beberapa berkas sebagai prasyarat registrasi ulang saat masuk ke Universitas Tarumanagara.

Hal semacam ini sangat umum namun besarnya nominal yang harus dibayarkan berbeda-beda. Mahasiswa dengan beasiswa akan dibebaskan dari biaya pendaftaran masuk. Berapapun besarnya semua akan ditangung oleh pihak penyelenggara beasiswa dan dikelola oleh managemen.

Semua jenis jalur beasiswa umumnya mennyediakan biaya pendaftaran atau registrasi awal. Peserta didik tidak perlu khawatir, mereka hanya perlu fokus menyiapkan kelengkapan berkas persyaratan yang dibutuhkan.

2. Keringanan Biaya Kuliah

Banyak ditemui pelajar yang memiliki prestasi bagus namun harus berhenti dan tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kebanyakan karena alasan biaya kuliah yang mahal. Tidak bisa dipungkiri hal semacam ini memang terjadi.

Seperti yang diketahui peserta didik akan dikenakan biaya kuliah setiap semesternya, jumlah yang harus dibayarkan tidak sama karena setiap lembaga pendidikan mempunyai sistem masing-masing. Seperti halnya Universitas Tarumanagara menetapkan UKT rata-rata Rp 18 juta.

Biaya kuliah persemeter ini merupakan biaya wajib yang dibebankan kepada setiap peserta didik. Namun bagi mahasiswa yang telah lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa tidak perlu membayarnya, karena UKT ini telah ditanggung.

Keringanan biaya kuliah persemester ini bisa didapatkan secara penuh atau sebagian sesuai dengan ketentuan dari jalur beasiswa yang didapat. Umumnya jalur prestasi akademik akan menanggung keseluruhan jumlah UKT yang dibebankan.

Sedikit berbeda dengan beasiswa dari jalur prestasi khusus, biaya kuliah persemester akan disediakan dengan presentase 10 persen hingga 100 persen sesuai dengan ketentuan. Tidak perlu khawatir, ketentuan ini diumumkan di awal proses pendaftaran.

3. Biaya Buku

Buku merupakan hal yang berperan penting dalam proses belajar mengajar bahkan di tingkat perguruan tinggi sekalipun, karena banyak literatur ilmiah yang digunakan sebagai acuan.
Harga buku literatur ilmiah tentunya relatif lebih mahal, terutama cetakan asli dari penelitian luar negeri. Meskipun saat ini sudah banyak website gratis yang memuat berbagai jurnal penelitian, namun terdapat beberapa yang berbayar.

Setiap mahasiswa tentu memerlukan buku dan jurnal ilmiah dalam proses belajar. Setiap semester, mahasiswa yang mendapatkan beasiswa akan diberi tunjangan dana. Untuk nominal tergantung dari pemberian pihak penyelenggara beasiswa.

4. Biaya Hidup

Dikarenakan Universitas Tarumanagara terletak di perkotaan, hal ini berpengaruh pada tingginya biaya hidup yang harus dipenuhi, seperti kos, makan, dan transportasi. Sebagian program beasiswa juga memberikan tunjangan biaya hidup ini sebagai fasilitas.

Besarnya jumlah tunjangan yang diberikan tentunya berbeda-beda tergantung jenis beasiswa yang di dapat.

5. Biaya Pelatihan keterampilan khusus

Program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan khusus mahasiswa saat ini banyak diberikan oleh Universitas Tarumanagara. Pentingnya peran keteramplan khusus ini menjadi alasan utama sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Program pelatihan memiliki banyak manfaat dan memiliki konsep pelaksanaan yang berbeda beda. Hal ini juga dilakukan Universitas Tarumanagara, sebagai upaya menanamkan karakter mahasiswa yang berkualitas.

Tentunya program pelatihan peningkatan keterampilanl ini memerlukan dana yang akan dibebankan kepada peserta didik. Namun bagi mahasiswa dengan beasiswa tidak perlu khawatir karena biaya ini telah ditanggung.

5. Biaya Penelitian

Penelitian merupakan hal yang umum dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar. Riset ilmiah yang dilakukan tentunya berdasarkan metode dan memerlukan dana yang cukup mahal.
Umunya sebuah riset ilmiah merlukan banyak dana, beberapa diantaranya seperti biaya bahan baku, transportasi perjalanan, publikasi, dan penggandaan hasil penelitian.

Jadi bagi mahasiswa Universitas Tarumanagara yang mendapatkan beasiswa tidak perlu khawatir saat melakukan sebuah penelitian ilmiah atau skripsi. Karena peserta didik akan mendapatkan sejumlah dana sebagai salah satu fasilitas dalam menunjang proses pendidikan.

Alasan Universitas Tarumanagara Memberi Beasiswa

Pemberian beasiswa kepada mahasiswa menjadi hal yang penting. Selain sebagai penunjang di sisi finansial, hal tersebut juga menjadi tanda pengakuan prestasi dari pihak Universitas. Berikut ini adalah latar belakang Universitas Tarumanagara memberikan beasiswa:

1. Memberi Penghargaan Siswa Berprestasi

Untuk menghargai prestasi-prestasi para mahasiswa, Universitas Tarumanagara telah menyiapkan beragam beasiswa untuk mahasiswa S1. Bantuan ini kemudian dapat dijadikan motivasi dan semangat untuk terus belajar dan berkembang menjadi lebih baik.

Mahasiswa pilihan di Universitas Tarumanagara yang memiliki segudang prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik akan mendapat bantuan berupa biaya kuliah penuh. Akan tetapi dengan cara mengikuti beberapa persyaratan yang ada.

Pemberian beasiswa kepada mahasiswa dapat dilakukan oleh pihak universitas dan beberapa pihak lain dari luar instansi. Misalnya saja dari beberapa bank dan lembaga lainnya. Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan dapat membuat Universitas Tarumanagara semakin dikenal karena prestasinya.

Mahasiswa Universitas Tarumanagara terbaik dan berprestasi juga berkesempatan mendapat beasiswa ke luar negeri. Pengembangan potensi entrepreneurship yang menjadi daya tarik universitas luar negeri, seperti Universitas Kun Shan, Taiwan.

2. Meringankan Beban Mahasiswa yang Kurang Mampu

Sebagai universitas yang memiliki prinsip memajukan pendidikan, Universitas Tarumanagara memberi kesempatan kepada semua anak di Indonesia untuk melanjutkan sekolah di bangku kuliah. Sebagai bentuk dukungan tersebut, disiapkan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu.

Adanya beasiswa kurang mampu diharapkan tidak menghambat keinginan mahasiswa untuk terus belajar. Universitas Tarumanagara ingin menciptakan kesetaraan hak dalam mengenyam pendidikan lanjut dan memperoleh perlakuan yang sama tanpa pengecualian.

Bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, dapat mengajukan beasiswa dengan melengkapi beberapa persyaratan. Universitas Tarumanagara selalu memberikan bantuan setiap tahun. Dan berharap dapat memacu semangat belajar tanpa memandang latar belakang ekonomi.

3. Melakukan Pemerataan Pendidikan

Dalam rangka melaksanakan pemerataan pendidikan di Indonesia, Universitas Tarumanagara memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Terdapat dua jenis jalur bantuan yang diberikan, yakni melalui jalur prestasi dan golongan keluarga tidak mampu.

Saat ini biaya pendidikan tergolong mahal bagi beberapa orang. Untuk itu, Universitas Tarumanagara memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi untuk terus mengembangkan potensi dirinya tanpa khawatir masalah biaya.

Selain itu, beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu diharapkan dapat menjadi motivasi untuk terus semangat belajar. Dengan bantuan ini, maka akan merata bagi semua golongan, terutama untuk ekonomi tingkat bawah.

4. Menciptakan Generasi Baru yang Cerdas

Di era modern saat ini, pendidikan merupakan hal yang penting. Meciptakan sumber daya manusia berkualitas menjadi prinsip Universitas Tarumanagara. Hal ini diwujudkan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswanya.

Pemberian beasiswa ini diharapkan dapat menjadi fasilitas untuk mendongkrak prestasi. Mereka yang mendapatkan bantuan harus mampu menjadi pribadi cerdas yang unggul. Selain itu, bisa menempatkan diri untuk memberikan motivasi bagi teman-teman lainnya.

Universitas Tarumanagara yang memiliki fokus pada lulusan pengusaha yang kompeten, ingin memberikan wadah untuk berprestasi tanpa batas. Beasiswa yang diberikan dapat menciptakan generasi pengusaha yang mampu bersaing di masa depan.

Pendidikan merupakan hak untuk semua orang. Untuk itu Universitas Tarumanagara memfasilitasi mahasiswa dengan beragam beasiswa. Maka, tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi bukan lagi alasan. Raih mimpi kamu tanpa khawatir tentang biaya.

Kewajiban Penerima Beasiswa Universitas Tarumanagara

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa memiliki tanggung jawab. Hal tersebut sebagai bentuk ucapan dan apresiasi. Berikut ini kewajiban penerima beasiswa di Universitas Tarumanagara:

1. Memiliki Hasil Akademik di Atas Rata-rata

Sebagai mahasiswa terpilih yang mendapatkan beasiswa, maka nilai akademik harus memenuhi persyaratan. Hal ini sebagai patokan prestasi yang stabil. Dengan perolehan IPK yang bagus, maka bantuan akan tetap diberikan.

Nilai IPK yang bagus atau naik setiap semesternya menjadi bahan pertimbangan kampus dalam memberikan beasiswa. Apabila Indeks Prestasi mengalami penurunan, bisa jadi pihak Universitas Tarumanagara akan memberhentikan pemberian bantuan tersebut.

Apabila kampus telah mengamanahkan bantuan beasiswa, maka mahasiswa wajib untuk mempertahankan nilai akademiknya. Untuk mendapatkan IPK yang stabil tentu belajar harus terus dilakukan dengan penuh semangat.

Cara mudah agar prestasi tetap stabil salah satunya adalah dengan selalu mengingat tujuan awal memilih Universitas Tarumanagara. Kemudian yakinkan diri bahwa tidak semua mahasiswa dapat seberuntung Anda.

2. Mendapatkan Prestasi Setiap Tahunnya

Prestasi yang ditorehkan mahasiswa tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sebagai kampus yang ingin menciptakan lulusan berprestasi, Universitas Tarumanagara akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berpotensi dan berprestasi.

Potensi-potensi mahasiswa dapat disalurkan melalui bidang akademik maupun non-akademik. Dalam bidang akademik misalnya memiliki nilai Indeks Prestasi Komulatif yang bagus, mengikuti kejuaraan akademik seperti olimpiade.

Dalam bidang non-akademik, mahasiswa dapat berprestasi melalui beragam perlombaan di tingkat nasional ataupun internasional. Misalnya, kompetisi kewirausahaan, lomba seni dan fotografi, arsitektur, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa yang telah menerima bantuan beasiswa memiliki kewajiban untuk terus membuat harum almamaternya. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti perlombaan sesuai dengan bakat dan minat.

3. Menjaga Nama Baik Kampus

Ketika mahasiswa mendapatkan beasiswa, maka seluruh mata akan tertuju padanya. Kesan yang baik akan melekat. Jadi alangkah baiknya bagi mereka untuk menjaga sikap dan nama baik almamater.

Menjaga nama baik Universitas Tarumanagara harus diakukan baik di dalam maupun di luar perkuliahan. Ketika kuliah tunjukkan perilaku yang mencerminkan mahasiswa berprestasi. Berikan contoh yang baik kepada teman-teman dan adik tingkat Anda.

Saat berada di luar kampus, nama baik Untar juga tetap harus dijaga. Jangan melakukan hal yang akan mencoreng almamater. Tunjukkan diri sebagai mahasiswa yang baik dan mampu menjadi agen perubahan masyarakat.

Pandangan masyarakat kepada mahasiswa berprestasi adalah cerminan pribadi yang cerdas dan unggul. Maka, tunjukkan diri sebagai bagian dari Universitas Tarumanagara yang bangga dengan kampus dan tetap berprestasi.

4. Aktif Mengikuti Kegiatan Oraganisasi Kampus

Meskipun cenderung memiliki nilai yang pas-pasan, mahasiswa dapat menerima beasiswa karena mampu membawa baik nama Untar dalam organisasi. Hal semacam ini membuat pihak kampus mempertimbangkan untuk memberikan bantuan.

Bagi penerima beasiswa, mengikuti kegiatan organisasi kampus menjadi nilai tambah. Karena prestasi akademik saja tidak dapat dijadikan patokan. Selain itu, memiliki kemampuan bersosialiasi juga merupakan hal yang penting.

Berorganisasi akan menambah wawasan, pengalaman, serta teman yang banyak. Dengan begitu, Anda bisa membanggakan kampus dengan cara yang satu ini. Prestasi non akademik juga banyak diperoleh mahasiswa lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Sebagai mahasiswa yang berprestasi dan memperoleh beasiswa, patut untuk melaksanakan kewajiban di atas. Hal tersebut menunjukkan rasa terimakasih dan pengabdian kepada Universitas Tarumanagara.

Keuntungan Mendapat Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Mendapat beasiswa untuk mahasiswa S1 tentunya memberikan beberapa keuntungan. Hal inilah yang menjadikan beasiswa kerapkali menjadi incaran para mahasiswa. Beberapa keuntungan mendapat beasiswa di Universitas Tarumanagara sebagai berikut.

1. Meringankan Biaya Pendidikan

Keuntungan mendapatkan beasiswa salah satunya adalah untuk meringankan biaya pendidikan. Mengingat biaya untuk kuliah yang tidak murah, mendapatkan beasiswa menjadi alternatif untuk memperoleh potongan biaya.

Dengan memperoleh beasiswa maka mahalnya biaya kuliah tidak lagi menjadi penghalang untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Kuliah juga bisa menambah wawasan dengan mengikuti berbagai organisasi yang ada. Jadikan beasiswa sebagai sarana mengembangkan diri dengan baik.

2. Menunjang Prestasi Akademik

Setiap penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik yang mumpuni. Ketika mendaftarkan diri pada jalur beasiswa, pasti diminta melampirkan beberapa sertifikat prestasi yang pernah diraih. Terutama ketika masih dibangku SMA.

Setelah mendapat beasiswa, setiap mahasiswa di Universitas Tarumanagara harus mengembangkan diri dengan berprestasi secara akademik. Hal semacam ini menjadi timbal balik dari semua fasilitas yang telah diberikan oleh pihak penyelenggara.

Kemudian juga perlu untuk mengembangkan diri melalui UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada atau beberapa komunitas di kampus. Karena sebagai mahasiswa, mengembangkan diri itu sangat diperlukan untuk persiapan masa depan.

3. Mendapat Teman Baru

Selain beasiswa yang dapat menunjang prestasi akademik, keuntungan beasiswa untuk Mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara lainnya yaitu mendapatkan teman baru. Bagi yang telah mendapatkan beasiswa biasanya akan dibuatkan komunitas untuk saling mengenal satu sama lain.

Dengan mendapatkan teman baru sesama penerima beasiswa, bisa menjadi sarana membangun relasi yang kelak mungkin akan berguna ketika sudah lulus. Sehingga, dapat bekerja sama baik dalam usaha atau bidang lainnya.

Teman baru sesama komunitas penerima beasiswa dapat berkontribusi bersama, baik untuk masyarakat sekitar maupun lingkup universitas. Bisa juga membuat program-program untuk menunjang kegiatan lain selain kuliah. Seperti kegiatan sosial, diskusi bersama mengenai ilmu dan sebagainya.

4. Sebagai Sarana untuk Mengembangkan Diri

Dengan mendapatkan beasiswa untuk Mahasiswa S1, tidak perlu lagi memikirkan biaya keperluan perkuliahan. Sehingga, proses pengembangan diri bisa menjadi maksimal. Akan tetapi, perkembangan tersebut berlangsung secara bertahap dari waktu ke waktu.

Mempersiapkan diri untuk masa setelah lulus kuliah sangatlah diperlukan. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri seperti mengikuti organisasi di Universitas Tarumanagara, mengikuti UKM maupun aktivitas sosial.

Kembangkan diri sebaik mungkin ketika sedang menjalani kuliah. Manfaatkan beasiswa yang telah didapat dengan baik. Jangan sampai membuang waktu dengan sia-sia hanya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

5. Menginspirasi Orang Lain dalam Mengejar Beasiswa

Ketika mendapatkan beasiswa, maka seorang mahasiswa bisa menginspirasi orang lain untuk bersemangat dalam memperoleh hal yang serupa. Karena untuk mendapatkannya tidak mudah, maka semangat dan juga kerja keras juga diperlukan.

Beasiswa menjadi hal penting untuk diperjuangkan demi kelangsungan pendidikan yang lebih baik. Melalui beasiswa, segala hal tentang biaya Pendidikan menjadi lebih ringan

Tips Meraih Beasiswa di Universitas Tarumanagara

Pendidikan adalah salah satu cara bagaimana seseorang dapat mewujudkan cita-citanya. Namun pada suatu kondisi, hal tersebut terasa berat untuk dinikmati karena kendala biaya. Maka beasiswa untuk mahasiswa S1 adalah salah satu cara untuk dapat menikmati pendidikan dengan baik.

Berikut Beberapa Tips Untuk Meraih Beasiswa di Universitas Tarumanagara

1. Menjadi Mahasiswa Terbaik

Jika ingin mendapatkan beasiswa, tentu setiap pelajar harus menunjukkan sikap kelayakan untuk mendapatkannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan menjadi mahasiswa terbaik di kelas dan sekolah. Dengan usaha yang gigih, menjadi mahasiswa terbaik bukan sesuatu yang mustahil.

2. Pandai dalam Bidang Akademik

Ukuran untuk layak mendapat beasiswa sering kali menggunakan dasar IPK. Nilai ini menunjukkan bahwa pemberi beasiswa akan membantu mahasiswa yang cerdas dan bagus nilai akademiknya. Namun, perkembangan tersebut harus konsisten.

3. Disiplin dan Menghargai Waktu

Disiplin dan menghargai waktu adalah kunci bagi seseorang yang ingin sukses. Termasuk sukses agar bisa mendapatkan beasiswa. Mustahil pemberi beasiswa mau memberikan bantuan kepada mahasiswa yang tidak disiplin atau suka bolos kuliah.

Karena pemberi beasiswa menginginkan mahasiswa yang disiplin. Jika waktu saja tidak disia-siakan, kesempatan beasiswa pasti juga akan dimanfaatkan dengan baik.

4. Rajin Mengikuti Informasi Beasiswa

Informasi beasiswa untuk mahasiswa S1 sangat penting untuk dipantau, terutama bagi mahasiswa yang ingin mendapatkannya. Dengan mengetahui informasi tersebut, semakin besar peluang mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan. Karena sering kali informasi beasiswa telat diketahui.

5. Memiliki Motivasi Belajar yang Tinggi

Kebayakan pelajar sukses dalam dunia pendidikan yang ditekuni yaitu mereka yang memiliki motivasi kuat. Motivasi tersebut digunakan untuk penyemangat agar memberi kekuatan dan ketekunan lebih. Sehingga, mendapatkan hasil yang maksimal.

6.Tidak Mudah Putus Asa

Mengapa sikap ini harus kita tanamkan dalam diri? Karena sikap tidak mudah putus asa akan memberi pengaruh lebih pada diri sendiri. Dengan begitu, semua hal positif bisa terlaksana secara maksimal. Termasuk dalam hal berburu beasiswa.

Sikap tidak mudah putus asa dapat digunakan untuk menguatkan diri pada kemungkinan buruk yang terjadi, seperti tidak diterimanya pengajuan beasiswa. meskipun ditolak, tetap mencoba kembali dan berusaha lebih baik di tahun berikutnya.

7. Menjalin Komunikasi yang Baik

Jalin komunikasi yang baik dengan siapapun. Termasuk dengan dosen dan juga staff akademik lain. Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan semua, akan lebih mudah ketika memerlukan bantuan.
Komunikasi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menanyakan perihal beasiswa. Misalnya saja, mengetahui informasi terkait persyaratan dan juga ujian beasiswa berlangsung.

9. Berdoa

Ketika semua usaha telah dilakukan, berdoa adalah salah satu hal terpenting. Dengan berdoa akan menyadari bahwa segala sesuatu telah diatur. Berdoalah dengan baik agar dapat memperoleh beasiswa untuk mahasiswa S1.

10. Meminta Restu Orang Tua

Ketika mendapat restu orang tua segala sesuatu selalu menjadi lebih mudah. Orang tua adalah kunci untuk segala kemudahan dan kesuksesan yang ingin diwujudkan. Jangan menyerah dengan keadaan. Tetap semangat untuk meraih beasiswamu di Universitas Tarumanagara.

Beasiswa untuk mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara memang sangat di tunggu. Terutama oleh semua pelajar ataupun calon mahasiswa yang ingin melanjutkan perkulihan di sana. Namun, kemudahan ini juga memerlukan perjuangan yang cukup sulit. Lakukan persiapan dengan matang dan ikuti semua persyaratan yang diwajibkani.