Ketika kita melihat bangunan-bangunan yang indah serta mewah yang di sekitar kita, maka pasti yang akan muncul dipikiran kita adalah arsitektur. Arsitek begitu terkait dengan setiap bangunan bagus. Namun seseorang dapat disebut arsitek ketika sudah menyelesaikan kuliah arsitek. Meskipun kuliah dengan jurusan ini membutuhkan banyak biaya namun prospek kerja yang terbuka buat para alumni sangatlah terbuaka besar. Jadi ketika anda memilih jurusan ini bukanlah merupakan pilihan yang salah. Namun ada banyak hal yang harus anda perhatikan dan cek lebih dahulu seperti syarat masuknya.

Pengertian Arsitektur

Jurusan arsitektur merupakan ilmu dan seni perancangan lingkungan. Baik itu perancangan kota, kawasan, sampai kepada perancangan bangunan, interior, serta produk. Secara sederhana arsitektur diartikan sebagai ilmu dan seni dalam mendesain dan merancang bangunan secara tersusun, dimana tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah tempat untuk kebutuhan manusia. Desain dan rancangan seorang arsitek itu sendiri memiliki ciri khas tertentu seperti kegunaan, kekokohan maupun keindahannya. Dan setiap bentuk yang dirancang oleh seorang arsitek pasti memiliki nilai estetika.

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Fakta Menarik dari seorang Arsitektur

1. Jurusan arsitektur merupakan jurusan yang tugasnya bisa dikatakan paling enak. Karena ada banyak yang beranggapan bahwa arsitektur itu tugasnya jauh lebih menyenangkan, sebab kerjaannya hanya jalan-jalan atau survey ke sebuah bangunan yang dijadikan sebagai objeknya.

2. Jurusan arsitektur bisa kuliah dimana saja dalam arti tidak satu tempat saja. Pekerjaaan yang dilakukan saat mendesain juga santai. Cukup hanya membayangkan saja ingin dibuat seperti apa.

3. Jurusan arstektur adalah sebuah jurusan yang fokus utamanya adalah bangunan.

Alasan Memilih Jurusan Arsitektur

Jika anda seorang arsitek masa depan, maka mulai dari sekarang anda harus menyediakan ide baru untuk pembangunan sebuah gedung atau rumah. Seorang arsitek harus selalu mengikuti perkembangan dunia arsitek di supaya bisa memperbaharui ide. Dengan ini akan menguntungkan anda sehingga terbiasa berpikir kreatif setiap harinya. Selain itu, di bawah ini adalah alasan memilih jurusan arsitektur, antara lain:

1. Peluang masa depan menjanjikan. Ini merupakan alasan selanjutnya yang sangat menguntungkan anda nantinya adalah prospek kerjanya, karena kita tau bahwa gedung atau rumah pasti akan membutuhkan sebuah renovasi maupun pembangunan yang baru. Itulah sebabnya jasa seorang arsitek pasti akan selalu dibutuhkan oleh semua kalangan. Terlebih dunia pariwisata yang semakin hari semakin maju, ada banyak hotel serta apartemen baru yang akan dibangun dan pasti membutuhkan jasa seorang arsitek.

2. Bukan hanya mendesain, namun anda juga belajar tentang cara pembangunan. Sepertii yang sering dikatakan bahwa sekali dayung dua pulau terlampaui, peribahasa ini begitu pas bagi seorang arsitek. Sebab anda bukan hanya mendesain tata letak sebuah ruangan, tetapi juga anda akan belajar mengenai cara pembangunan. Seperti apa anda harus menggunakan bahan yang bagus untuk pembangunan rumah, hotel, maupun gedung. Itulah sebabnya kuliah arsitek sangat ber-prospek tinggi bagi anda para lulusan arsitek.

Prospek Kerja yang Terbuka untuk Jurusan Arsitek

Bagi anda yang nanti akan lulus dari jurusan arsitek maka pekerjaaan ini terbuka lebar buat anda, yaitu sebagai berikut ini:

1. Di instansi Pemerintah. Seorang lulusan arsitektur biasanya akan berperan sebagai perencana atau sebagai manajer proyek. Contohnya seperti di Dinas Pekerjaan Umum atau di Badan Perencanaan Daerah.

2. Sebagai architect in house. Di sejumlah perusahaan, khususnya perusahaan besar biasanya dilengkapi dengan beberapa arsitek yang memang secara khusus dipekerjaan untuk membangun kebutuhan perusahaan. Misalnya saja untuk membantun kantor, rumah dinas, dan sebagainya yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Seperti di Pertamina, Bank Indonesia.

3. Konsultan arsitektur. Sebagai alumni lulusan arsitektur maka anda dapat bekerja dan memberikan jasa profesional sebagai desainer maupun konsultan.

4. Di pendidikan dan penelitian. Sebagai seorang lulusan arsitektur anda akan dapat melanjutkan pendidikan dan bahkan bisa menjadi pengajar, maupun menjadi peneliti khusunya seperti di bidang urban development.

5. Quantity Surveyor. Jika anda seorang lulusan arsitektur maka anda dapat berperan sebagai Quantity Surveyor. Seorang QS haruslah mampu mengenal bahan-bahan bangunan dengan baik. Ia harus dapat memberikan masukan atau gagasan tentang bahan terbaru pada saat arsitek merancang. Ketika bangunan telah selesai dirancang, maka QS ini akan menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk membangunnya.

6. Di bagian properti. Seorang lulusan arsitektur akan dapat berprofesi sebagai marketing associate atau project manager seperti di Multimedia, TV, tim kreatif Production House. Karena memang dasar keahliannya adalah mendesain.

7. Bidang lainnya. Buka hnaya di bagian yang disebutkan itu saja namun banyak lulusan arsitektur yang juga memiliki profesi di bidang lainnya seperti di perbankan maupun menjadi wiraswasta.

Biaya Kuliah Jurusan Arsitektur

Ketika disinggung tentang biaya kuliah untuk jurusan arsitektur maka jawabannya adalah berbeda-beda di setiap universitas. Tetapi untuk gambaran saja besarnya biaya kuliah untuk jurusan arsitektur di jenjang sarjana bisa berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 8 juta per semester. Biaya ini bisa lebih murah bisa juga lebih mahal jika anda berkuliah di universitas swasta.

Biaya kuliah sekarang ini biasanya akan dihitung dengan cara uang kuliah tunggal atau UKT. Besarnya biaya kuliah yang harus dibayarkan per semester memang lebih mahal. Khususnya untuk jurusan arsitektur yang memang bergengsi. kemampuan orang tua mahasiswa.

Syarat Masuk Jurusan Arsitektur

Syarat masuk jurusan arsitektur yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa yang akan memilih jurusan arsitektur secara sederhana, sebagai seperti ini:

1. Memiliki bakat mengambar. Memiliki bakat menggambar merupakan bagian yang sangatlah penting. Pada saat seorang mahasiswa arsitektur dalam menyampaikan hasil tugas harian akan selalu diminta oleh dosen untuk membuat presentasi dengan cara sketsa gambar. Hal ini akan selalu dilakukan oleh mahasiswa dengan tujuan untuk melatih gambar mahasiswa setiap harinya.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menyampaikan konsep yang tidak hanya dalam bentuk teknik bicara namun dengan teknik tulisan yang akan mudah dipahami. Karena dengan satu goresan gambar misalnya akan dapat menjelaskan kalimat yang ditulis. Anda akan sangat terbantu jika anda mempunyai bakat maupun hobby menggambar, apapun itu gambarnya.

2. Syarat masuk Jurusan arsitek lainnya adalah memiliki kreatifitas. Kreatifitas sangat diperlukan oleh mahasiswa arsitektur agar selalu dituntut berpikir kreatif dalam menciptakan sebuah solusi. Kreatifitas juga begitu diperlukan dalam dunia desain. Seorang mahasiswa yang memiliki nilai kreatif akan tampil beda dalam setiap desain karyanya dan itu akan selalu lebih menonjol dalam dirinya jika dibandingkan dengan mahasiwa yang kurang memiliki kreatifitas. Dari desain yang dihasilkan pun tidak lagi monoton.

3. Memiliki estetika dan seni. Estetika yang dimaksud adalah secara menyeluruh baik tentang estetika bangunan, estetika lingkungan, estetika terhadap manusia dan norma dan sebagianya. Seni juga demikian, tidak hanya dipahami atas sesuatu yang sulit namun seni dapat dipahami menjadi sesuatu yang bernilai atau bermakna.

4. Pehamanan akan estetika dan seni arsitektur yang dimaksud juga adalah seperti tentang garis, bentuk, komposisi, warna maupun harmonisasi keseimbangan antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagai informasi bahwa kreatifitas, estetika dan seni bukanlah bakat maupun hobby tetapi seperti jiwa yang ada pada diri seseorang.

Baca Juga : Macam-Macam Jurusan Manajemen

5. Minat. seseorang mahasiswa haruslah memiliki minat untuk mau belajar ilmu arsitektur atas jurusan yang ia sudah pilih. Jika tidak ada minat maka seorang mahasiswa ketika menjalani kegiatan kuliah harian akan jadi sangat terpaksa bahkan bisa menjadi beban hidup disaat kuliah. Dan banyak mahasiswa arsitektur yang sebenarnya tidak berminat namun karena ambisi orang tuanya maka hasilnya akan dapat ditebak.

6. Memiliki kemauan dan kemampuan. Seseorang yang berminat memilih jurusan arsitektur tapi tidak memiliki bakat menggambar, tidak mempunyai kreatifitas namun namun jika dibekali dengan kemauan untuk berusaha, belajar, mengasah ketrampilan maka perlahan-lahan anda akan bisa menciptakan sesuatu yang baru.

Kuliah Arsitek secara Umum

Seseorang yang memiliki profesi sebagi arsitek disebut sebagai profesi yang menarik. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa jika seseorang yang berprofesi sebagai arsitek akan dapat dilihat sebagai seseorang yang memiliki kedudukan tinggi, baik secara sosial maupun ekonomi. Banyak anak-anak lulusan sekolah menengah atas yang juga bahkan memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah di bagian arsitektur.

Tetapi seperti apa perjalanan sebenarnya yang harus dilewati seseorang supaya bisa menjadi Arsitek?

Secara garis besar yang harus dimiliki adalah seorang Arsitek haruslah pandai menggambar. Pendapat ini bisa benar dan salah. Sederhananya kurikulum yang diberikan pada program studi arsitektur mencakup banyak hal. Menggambar itu hanyalah sebagian dari kegiatan yang dilakukan mahasiswa arsitektur ketika menempuh studinya, dan sekarang pun pelan-pelan sudah mulai digantikan oleh perangkat lunak.

Biasanya pada saat mengambil jurusan arsitektur, beberapa universitas akan memberikan tes menggambar untuk melihat kemampuan dan ketrampilan menggambar dari para calon mahasiswa. Jadi tidak sembarangan masuk dan mengikuti mata kuliah.

Program Mata Kuliah Jurusan Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang menjadi pilihan para calon mahasiswa di antara jurusan lainnya. Di jurusan arsitektur ini, mahasiswa akan diajarin cara untuk bisa mendesain dan merancang sebuah konstruksi sebuah bangunan. Kuliah arsitektur ini akan lebih mengarah kepada desain dan penampilan bangunan.

Sementara itu untuk bisa menciptakan bangunan tersebut maka harus dikerjakan oleh jurusan teknik sipil. Mahasiswa jurusan arsitektur bukan hanya mempelajari bagaimana merancang bangunan dengan baik, tapi juga memiliki kekuatan bangunan serta perhitungan. Adapun beberapa mata kuliah jurusan arsitektur yang akan dipelajari di jurusan arsitektur yaitu;

1. Arsitektur & Lingkungan
2. Seni Rupa
3. Perkembangan Arsitektur
4. Fisika Bangunan
5. Estetika Bentuk
6. Hukum Lingkungan
7. Teknik Komunikasi Arsitektur
8. Kalkulus
9. Gambar Teknik
10. Fotografi Arsitektur
11. Tata Ruang
12. Struktur & Konstruksi
13. Utilitas
14. Mekanika Teknik
15. Teknologi Bahan
16. Ilmu Bahan Bangunan
17. Azas & Metoda Perancangan
18. Psikologi Arsitektur
19. Arsitektur Etnik

Baca Juga : Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Demikianlah penjelasan tentang biaya kuliah jurusan arsitektur serta alasan mengapa harus kuliah arsitektur karena memang sudah terlihat prospek kerja yang begitu menjanjikan. Meskipun biaya kuliah arsitektur cukup mahal namun ketika anda sudah bekerja maka semua biaya tersebut akan terbayarkan. Pertimbangkan dahulu dan pikirkan secara matang apakah jurusan ini sesuai dengan minat dan ketrampilan anda agar ketika menjalani kuliah jurusan ini tidak stress .