Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta  – Jakarta, merupakan salah satu kota terpadat nomor satu di Indonesia. Biarpun di masa mendatang Ibu Kota akan dialihkan ke Kalimantan, namun julukan Jakarta sebagai “Ibu Kota” hingga sekarang masih melekat. Tentunya bukan tanpa alasan, ada banyak jejak sejarah yang tidak bisa dipindahkan begitu saja. Jakarta juga sering dijadikan pusat bisnis, politik, dan kerajinan. Kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan asing dan swasta berdiri di sini.

Hanya sedikit pendatang yang memutuskan tinggal di Jakarta dengan alasan mencari nafkah atau pindah pendidikan.

Nah, berbicara tentang pendidikan, sudah tidak perlu diragukan lagi, terbukti dengan lebih dari 400 universitas swasta atau negeri berdiri di Jakarta. Bahkan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia pun ada di Jakarta. Tak heran jika kota terpadat ini menjadi incaran para calon mahasiswa.

Lebih dari sekedar alat transportasi umum dari pemerintah daerah. Seperti KRL, MRT, Busway, atau ojek online pun ada. Khususnya untuk KRL, transportasi umum ini memang menjadi pilihan para pelajar sebab harga tiket yang terjangkau dan yang penting bebas macet. Tempuh pun bisa lebih cepat daripada harus naik angkot.

Mengenal Lebih Dekat Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta

Ikhtisar, di atas sudah diulas tentang kota Jakarta salah satunya tentang gambaran tentang pendidikan. Nah, selanjutnya artikel ini akan memberikan informasi lebih banyak tentang perguruan tinggi swasta di Jakarta. Kenapa sih informasi ini penting? Agar Anda tidak salah berpikir tentang predikat universitas.

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta

Tahukah Anda, jika universitas terbaik tidak hanya dimiliki oleh negeri saja? Swasta pun memiliki beberapa universitas yang telah menyandang predikat terbaik. Inilah yang tidak banyak dibahas. Sementara dimanapun Anda berkuliah, akan menjadi manusia terbaik atau tidak kembali pada diri Anda sendiri, bukan pada tempat Anda mendapatkan pendidikan. Bila Anda memang seorang yang bersungguh-sungguh dalam belajar di universitas negeri, tentu saja branding kampus yang baik bisa disetujui pada mahasiswa seperti Anda.

Kembali lagi pada pembahasan perguruan tinggi swasta. Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang didirikan dan / atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan lembaga penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba, misalnya yayasan. Perbedaan dengan perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta tidak didirikan oleh pemerintah atau negara. Perguruan tinggi swasta dapat membentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, atau Universitas.

Baca Juga:  Mahasiswa Teknik Sipil Untar Juara I Kompetisi Tingkat Dunia

Jika berdasarkan definisi di atas, sudah jelas kan perguruan tinggi swasta atau negeri pada dasarnya sama saja. Sebuah lembaga pendidikan lanjutan, khusus yang ingin masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi dengan fokus pada jurusan yang dipilih.

Sementara itu, untuk perguruan tinggi swasta di Jakarta pun sudah cukup banyak jenisnya ada Universitas, Politeknik, hingga Sekolah Tinggi yang dikumpulkan pada satu fakultas saja. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Jakarta. Tidak masuk negeri tidak apa-apa, masih ada swasta yang tak kalah kwalitasnya. Universitas Tarumanagara atau  UNTAR  perguruan tinggi terbaik di Jakarta.

Rata-Rata Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta

Lantas, jika dari segi pembiayaan bagaimana? Berapa sih rata-rata biaya kuliah perguruan tinggi swasta di Jakarta?

Karena ada banyak universitas swasta di Jakarta, maka dipaparkan kali ini akan mengambil rujukan sumber biaya pendidikan kampus swasta Universitas Tarumanagara (UNTAR). Berikut ini adalah biaya kuliah murah di Universitas terbaik di Indonesia:

Biaya Kuliah Program Studi Dokter dan Profesi Dokter UNTAR

Ada beberapa biaya yang akan dikenakan pada program studio ini. Pertama biaya SPP kurang dari 350 juta, biaya BPP 26 juta, biaya per SKS 3 juta, total biaya kuliah semester satu 35 juta, sementara untuk biaya total kuliahnya 245 juta rupiah.

Biaya kuliah Program Studi Arsitektur UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang dari 45 juta rupiah, BPPnya 12 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 18,5 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 143 juta.

Program Kuliah Biaya Studi Teknik Sipil UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang dari 25 juta rupiah, BPP nya 11,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 18 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 138 juta.

Program Kuliah Biaya Studi Akuntansi Bisnis UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 28 juta rupiah, BPP 9,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 17 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 113 juta.

Biaya Program Studi Desain Interior UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 28 juta rupiah, BPP 9,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 17 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 122 juta.

Biaya Program Studi Komunikasi Visual UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 30 juta rupiah, BPP 9 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 16 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 120 juta.

Biaya Program Studi Psikologi UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 25 juta rupiah, BPP 8 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 14,5 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 111 juta.

Biaya Perguruan Tinggi Jakarta Program Studi Manajemen Bisnis UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 25 juta rupiah, BPP 8 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 14,5 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 103 juta.

Biaya Program Studi Hukum UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 25 juta rupiah, BPP 7,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 13,6 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 100 juta.

Biaya Program Studi Teknik Industri UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 18 juta rupiah, BPPnya 7 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 12,8 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 102 juta.

Biaya Program Studi Teknik Ilmu Komunikasi UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 24 juta rupiah, BPP 7,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 14 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 99,9 juta.

Biaya Program Studi Teknik Informatika UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang dari 21 juta rupiah, BPPnya 7 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 13 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 96,5 juta.

Biaya Program Studi Sistem Informasi UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 17 juta rupiah, BPPnya 7 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 13,5 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 96,5 juta.

Biaya Program Studi Perencanaan Kota & Real Estat UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang lebih 15 juta rupiah, BPP 6,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 13 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 99,4 juta.

Biaya Program Studi Teknik Elektro UNTAR

SPP yang harus ditambah kurang lebih 17 juta rupiah, BPP 6,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 12,6 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 99,4 juta.

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Jakarta Program Studi Teknik Mesin UNTAR

SPP yang harus dibayar kurang dari 18 juta rupiah, BPP 6,5 juta rupiah, SKS 325 ribu rupiah, total biaya kuliah semester 1 kisaran 12,3 juta sementara untuk total biaya kuliahnya kisaran 98,8 juta.

Data diambil dari biaya perkuliahan UNTAR tahun 2019. Diperkirakan jika sudah melihat harga, beberapa orang akan mulai mempertimbangkan. Ada yang mempertimbangkan harga yang ditawarkan murah Ada juga yang menganggap mahal dan pantas tak mampu. Padahal kalau dipersiapkan dari sekarang, bisa saja biaya di atas bisa terpenuhi.

Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Biaya Kuliah Tersebut?

Menabung

Referensi biaya kuliah di atas dapat menjadi rujukan Anda untuk menentukan anggaran atau biaya kuliah yang harus Anda persiapkan. Bila Anda memang berencana masuk UNTAR, Anda bisa mulai menabung sesuai dengan jumlah biaya yang dipaparkan di atas.

Mencari Beasiswa

Bukan hanya negeri, Anda yang berkuliah di kampus swasta pun memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa. Sekarang informasi akses mengenai beasiswa sudah dapat dengan mudah diperoleh, tinggal bagaimana Anda memfilter informasinya saja. Bila ada orang yang dapat dihubungi untuk dihubungi di lembaga beasiswa, minta untuk dihubungi dan aktif bertanya.

Jangan segan untuk ikut sendiri, ikut beasiswa sedini mungkin. Saran ini menjadi salah satu saran yang paling sering diterima oleh mereka yang menerima beasiswa. Misalnya saja Alexis Csizmazia seorang siswa yang menerima beasiswa dari Universitas QS-IE, ia mengatakan “Sekolah hanya memiliki dana terbatas untuk beasiswa, semakin cepat Anda dapat menerima diri sendiri, semakin cepat sekolah dapat meningkatkan dan mendukung Anda”

Anda juga jangan berhenti mengakses informasi seperti situs web. Situs web Rutinlah mengecek beasiswa, ini akan menjadi hal biasa bagi Anda. Agar lebih fokus tentu harus dilakukan menentukan di kampus mana Anda akan berkuliah, jika ingin masuk UNTAR Jakarta maka Anda bisa mencari informasi di situs resmi UNTAR.

Selain itu, beberapa lembaga beasiswa juga biasanya akan memberikan tugas membuat esai kepada calon penerima beasiswa. Jika Anda sudah tahu dari jauh-jauh hari tentu saja akan sangat menguntungkan, Anda tinggal tentukan topik yang memang sesuai dengan yang didukung lembaga beasiswa. Nah, saat coba tulis esai pun kamu jangan malu untuk dikritik.

Saat Anda menyetujui dan membaca orang yang membaca itu bisa menjadi keuntungan bagi Anda. Daripada kesalahan diketahui saat pemilihan, mending diketahui sekarang juga kan?

UNTAR, Pilihan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta

Tidak hanya negeri, swasta juga harus perguruan tinggi yang dianggap terbaik dalam rumpunnya, seperti UNTAR. Usut punya usut beberapa orang terkenal dan berjasa di Indonesia juga berhasil UNTAR loh!

Ada Taufik Hidayat yang dikenal karena prestasinya di bidang olahraga bulu tangkis. Berbagai kejuaran sudah pernah diraih oleh atlit kebanggaan Indonesia ini. UNTAR dijadikan pilihan oleh Taufik Hidayat untuk melanjutkan pendidikannya. Wih, keren kan? Mas Taufik aja pilih UNTAR masa kamu enggak? Hehe

Selain Taufik Hidayat juga Billy Davidson, bagi kaum millenials yang suka nonton sinetron tentu saja tidak lagi dengan si aktor tampan dan gagah ini. Billy memang terkenal karena perannya di beberapa sinetron pertelevisian Indonesia. Dibalik kesibukan di dunia hiburan seperti Billy Davidson masih peduli loh dengan pendidikan. Terbukti dengan lulusnya ia di Universitas Tarumanagara. Wih, sebelumnya atlit, sekarang aktor selanjutnya ditambahkan? Selanjutnya penyanyi cantik dari JKT48, Jessica Veranda! Kenal dong dengan si cantik ini?

Ternyata di balik seragam JKT48 yang kerap digunakan saat tampil, Jesicca adalah seorang mahasiswa juga. Aktivitasnya tidak membuat Jesicca lupa akan menerima pendidikan, lagi-lagi ini terbukti dengan lulusnya Jessica di Universitas Tarumanagara.

Kenapa sih Harus UNTAR?

Ada banyak perguruan tinggi swasta namun Anda juga harus selektif dalam memilih. Lantas, mengapa sih UNTAR menjadi salah satu swasta yang direkomendasikan?

UNTAR, Pilihan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta

Pertama karena UNTAR yang dikenal sebagai kampus Pengusaha sudah memiliki akreditasi (Unggul), kedua karena sertifikasinya juga sudah ISO 9001: 2015, tiga akreditasi perpustakaan sekelas swasta sudah mendapatkan akreditasi A, Peringkat 3 bintang, sudah mulai menjadi populer nasional PT: 34, peringkat nasional PTS: 8, klaster penelitiannya juga utama, dan banyak lagi keuntungannya.

Pada intinya UNTAR memang menjadi swasta yang diunggulkan. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasukan UNTAR sebagai salah satu kampus favorit. Ingat, mau swasta atau negeri pada dasarnya sama saja. Tergantung pada Anda, apakah Anda memang berniat untuk kuliah atau hanya ingin ingin gengsi?

Eh, tapi sih kalau mau gengsi, biarpun kampus swasta UNTAR juga bergensi dong! Sudah terbukti dengan percobaan-berhasilnya yang berprestasi.

Apa sih Manfaat Kuliah di Jakarta?

Bagi Anda yang masih mempertimbangkan apakah akan kuliah di Jakarta atau tidak, beberapa alasan ini mungkin bisa menguatkan keputusanmu. Simak yuk!

1. Banyak pilihan kampus terbaik

Berdasarkan pangkalan data pendidikan tinggi lebih dari 400 perguruan tinggi di Jakarta dengan berbagai bentuk dari mulai akademi, politeknik, institut, sekolah tinggi hingga universitas, salah satunya  UNTAR  atau Universitas Tarumanagara. Lebih dari jumlah ini Masih bisa bertambah jika dijumlahkan dengan jumlah perguruan tinggi lain yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang atau pun Bekasi.

Makin besar jumlah perguruan tinggi maka akan semakin menguntungkan bagi Anda, sebab banyak pilihan jurusan atau program studi. Mau ekonomi, kedokteran, teknik pun ada.

Nah, karena kampus di Jakarta ada yang membantunya, pilih kamu kampus yang berkualitas tinggi dan sudah mendapat akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat sangat baik. Merujuk data BAN-PT, ternyata hanya ada 19 kampus di Jakarta yang mengantongi peringkat A dari lembaga akreditasi ini. Jadi, Anda juga harus bisa mencari informasi terkait kampus yang dipilih ya.

2. Ada banyak moda transportasi yang nggak bikin ribet!

Hari gini tidak tahu Jakarta? Wah, sayang sekali! Tapi sih rata-rata orang Indonesia pasti tahu jika di Jakarta ada banyak pilihan transportasi, seperti yang sudah diminta pada paragraf pembuka. Mau naik Kereta Rangkaian Listrik (KRL) Commuter Line, mau naik Bus Trans Jakarta, Mau naik MRT atau taksi atau kendaraan online juga bisa banget. Anda tinggal pilih saja kendaraan yang akan Anda tumpangi, diterima nggak bikin ribet. Apalagi jika naik KRL, Anda akan terhindar dari kemacetan.

3. Rata-Rata kampus memiliki fasilitas lengkap dan teknologi yang canggih

Bisa dibilang Jakarta ini kota yang bergengsi, gaya hidup berteknologi sudah bukan hal tabu lagi. Di dunia pendidikan teknologi juga digunakan, khusus untuk perguruan tinggi yang ada di Jakarta. Semakin unggul dalam fasilitas dan teknologi maka tentu akan semakin dipilih. Lebih dari sekedar fasilitas pelengkap yang juga menjual seperti perpustakaan, lembaga penelitian dan lembaga keilmuan lain yang ada di dalam kampus.

4. Berpeluang besar mendapatkan beasiswa

Apakah Anda sedang mengincar beasiswa? Kalau iya, berkuliah di Jakarta bisa jadi pilihan paling tepat. Anda mungkin sudah mengambil beasiswa bidikmis atau beasiswa prestasi kan? Nah, dengan banyaknya kampus yang ada di Jakarta maka peluang untuk mendapat beasiswa tentu semakin tinggi.

Tidak hanya beasiswa yang disalurkan pemerintah pusat saja, Anda juga berkesempatan mendapat beasiswa dari lembaga-lembaga swasta. Kuliah di Jakarta tetapi ingin berpeluang belajar ke luar negeri juga? Bisa dong! Kamu bisa mencari informasi tentang pendidikan lanjutan selain kesempatan untuk belajar di antara negara lain di Jakarta.

5. Berpeluang sangat besar untuk magang / kerja di perusahaan bergengsi

Sebagai kota metropolitan dan pusat bisnis, pasti ada banyak sekali perusahaan besar yang ada di Jakarta. Mulai dari yang berskala nasional hingga multinasional. Nah, kalau kamu kuliah di Jakarta kamu bisa membaca kesempatan magang di perusahaan-perusahaan bonafide. Kampus-kampus di Jakarta juga memiliki relasi yang baik dengan perusahaan-perusahaan yang ada di sekitarnya, seperti jika para alumni mereka telah terbukti memiliki kemampuan yang baik.

Baca Juga:  Dosen Untar Ini Punya 13 Gelar Akademik

Bukan tidak mungkin perusahaan-perusahaan kece ini akan memprioritaskan mahasiswa atau kampus yang telah terbukti berkualitas. Jadi usahakan kamu pilih kampus yang sudah punya rekam jejak baik ya.

Itulah pembahasan mengenai  Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta . Mengutip kata-kata dari Nelson Mandela “Pendidikan Merupakan Senjata Paling Ampung untuk Mengubah Dunia”. Terkait bukan tentang kampus negeri atau kampus swasta Anda bisa menjadi unggul, tetapi tentang bagaimana Anda menerima pendidikan dan mengaplikasikannya mungkin.