Sudah naik kelas 12 SMA dan bingung untuk memutuskan melanjutkan pendidikan kemana? Untuk kamu yang masih bingung untuk melanjutkan pendidikan tinggi kemana, silahkan datang saja ke perguruan tinggi atau Universitas Tarumanagara. UNTAR bisa menjadi salah satu universitas swasta pilihan dengan biaya kuliah terjangkau dan yang bisa kamu tuju setelah lulus dari SMA ataupun SMK. Karena UNTAR merupakan salah satu universitas ternama yang berhasil menciptakan lulusan terbaik dan berhasil dalam segala bidang.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja yang harus disiapkan ketika akan mendaftar di sebuah universitas? Kuliah di PTS ataupun PTN itu sama saja. Selain harus mengetahui jurusan apa yang akan diambil dan universitas mana yang kamu pilih, kamu juga harus mempersiapkan Rincian Biaya kuliah Perguruan Tinggi UNTAR Jakarta.

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi UNTAR Jakarta

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, setiap perguruan tinggi selalu memiliki beberapa rincian biaya perkuliahan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah rincian biaya perkuliahan yang harus kamu siapkan jika ingin masuk ke universitas, antara lain:

UKT dan BOP

PTN selalu diidentikkan dengan biaya perkuliahan yang murah dari pada perguruan tinggi swasta. Karena, setelah kamu lulus seleksi dan berhasil menjadi bagian dari PTN, kamu hanya diminta untuk mempersiapkan biaya kuliah perguruan tinggi unggal atau menyiapkan biaya operasional pendidikan. Hal ini tergantung dari perguruan tinggi tujuan kamu, Apakah perguruan tersebut menerapkan BOP atau UKT.

Untuk jumlah besaran UKT dan BOP setiap universitas tidak selalu sama. Hal ini tergantung dari kebijakan setiap universitas. Perbedaan paling dasar dari BOP dan UKT adalah dari sistem perhitungan besaran biaya. Jika UKT selalu dihitung dari prinsip keadilan dan sangat berbeda dengan BOP.

UKT dalam hal ini berarti bahwa adil dari kemampuan setiap mahasiswanya dalam membayar uang kuliahnya. Maka dari itulah, umumnya setiap UKT akan dipisahkan ke dalam beberapa golongan. Jadi, hal ini tergantung dari kemampuan setiap keluarga mahasiswa, masuk di golongan mana.

Dalam hal ini, biasanya terdapat 6 kelompok untuk mempersiapkan biaya UKT. Kelompok 1 umumnya berada dalam nominal Rp 500.000, -. Kelompok 2 sebesar Rp 1.000.000, -. Kelompok 3 sebesar Rp 2.500.000, -. Kelompok 4 sebesar Rp 4.000.000, -. Kelompok 5 sebesar Rp 5.000.000, -. Kelompok 6 sebesar Rp 6.000.000, -.

Sedangkan untuk BOP memiliki prinsip yang sama sesuai pembagian dari ranah ilmu jurusan dan kebutuhan mahasiswanya. Untuk ranah ilmu setiap jurusannya sendiri umumnya terbagi atas 4 kelompok. Yaitu, ranah sains, sosial humoniora, rekayasa, dan kedokteran. Beberapa kategori kelompok tersebut dibuat karena setiap jurusan pasti mempunyai kebutuhan yang tidak sama.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

Misalnya saja, untuk ranah sosial humaniora. Ranah pendidikan ini hampir tidak butuh praktikum ataupun laboratorium. Itu artinya biaya pendidikan yang dikeluarkan kecil. Berbeda sekali dengan ranah rekayasa, sains, dan kedokteran. Ketiganya membutuhkan laboratorium dan selalu ada kegiatan praktikum. Sehingga, hal ini membuat biaya perkuliahannya juga lebih besar.

Sedangkan untuk kebutuhan kegiatan mahasiswa disetiap jurusan terbagi atas 3 kelompok. Yaitu, jurusan yang butuh keterampilan untuk pelengkap, jurusan yang terfokus dalam keilmuan saja, dan jurusan yang butuh pengalaman praktik secara intensif. Sementara itu, untuk besaran setiap universitas selalu tidak sama.

Uang Pangkal dan SKS

Jika kamu mendaftar di sebuah perguruan tinggi negeri, maka setelah membayar BOP atau UKT, kamu tidak perlu lagi membayar biaya untuk pendidikan yang lain. Karena semua biaya yang dibayarkan sudah termasuk dalam biaya praktikum, laboratorium, dll. Sedangkan untuk PTN jalur masuk mandiri umumnya akan menerapkan biaya awal masuk, seperti uang pangkal. Hal seperti ini bisa Anda temukan juga pada setiap perguruan tinggi swasta.

Karena dalam sebuah perguruan tinggi swasta tidak menerapkan kebijakan BOP atau UKT. Hampir setiap perguruan tinggi swasta selalu meminta calon mahasiswa untuk membayar uang gedung. Namun, biaya tersebut hanya dikeluarkan satu kali saja selama perkuliahan berlangsung. Yaitu, dari awal kamu masuk ke dalam universitas tersebut.

Biaya ini umumnya sudah dimasukkan ke dalam rincian biaya perguruan tinggi swasta. Karena dalam setiap PTS umumnya pembiayaan perkuliahan dan juga uang gedungnya ditanggung mandiri oleh pihak institusi universitas tanpa bantuan subsisdi pemerintah. Tidak hanya itu saja, umumnya dalam setiap universitas swasta mewajibkan para mahasiswanya membayar uang semester dengan nominal yang sama dan tetap, seperti UKT.

Uang semester ini dibayar pada awal semester. Untuk jumlahnya sendiri di setiap jurusan dan universitas selalu tidak sama. Selain harus membayar biaya semester, dalam beberapa universitas swasta umumnya dikenakan biaya yang lain seperti biaya SKS (satuan kredit semester).

SKS sendiri merupakan salah satu bagian dari setiap mata kuliah yang diambil pada semester itu. Setiap satu mata kuliah umumnya tersusun atas 2 hingga 4 SKS. Jadi, setelah kamu membayar biaya semesternya, masih ada lagi rincian biaya yang lainnya yang harus dibayarkan. Yaitu, biaya setiap SKS dengan nominal yang tergantung dari seberapa banyak SKS yang diambil setiap semester. Hal ini berlaku sama untuk biaya praktikum/ laboratorium.

Biaya Tambahan Lain

Umumnya, tidak semua mata kuliah ada kegiatan praktikum ataupun membutuhkan laboratorium. Namun, jika kamu mengambil jurusan kedokteran, teknik, dan science maka kamu tidak akan asing dengan kegiatan praktium di laboratorium tersebut. Untuk itu kamu harus bersiap siap membayar biaya tambahan pendidikan tersebut.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa umumnya rincian biaya perkuliahan perguruan tinggi yang harus dibayar meliputi biaya semester. Termasuk BOP atau UKT, biaya setiap SKS, uang gedung/uang pangkal, dan juga biaya tambahan lainnya untuk kegiatan praktikum di sebuah laboratorium.

Selain beberapa biaya tersebut, kamu juga harus mempersiapkan uang tambahan yang lain. Yaitu, perlengkapan kuliah, seperti alat tulis, buku, tas, dll. Selain harus mempersiapkan perlengkapan untuk kuliah, kamu juga harus mempersiapkan biaya hidup. Terlebih jika kamu tinggal jauh dari rumah. Sehingga, kamu harus tinggal di kos atau kontrakan. Maka dibutuhkan biaya lainnya yang lebih besar lagi. Sehingga, perhitungan rincian biayanya harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Mitos Kuliah di Perguruan Tinggi SWASTA

Kamu pasti tidak asing dengan mitos tentang perguruan tinggi swasta yang membuat sebagian besar calon mahasiswa ragu untuk belajar ke universitas swasta setelah lulus dari SMK atau SMA. Padahal, tidak semua mitos itu benar!

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi

Maka dari itulah, jika kamu adalah salah satu calon mahasiswa yang masih ragu untuk memilih sebuah universitas swasta karena terpengaruh oleh mitos tersebut, kamu harus memperhatikan beberapa fakta menarik seputar universitas swasta berikut ini, antara lain:

Mitos 1: Kuliah di Universitas Swasta karena Gagal PTN

Seringkali ketika ada seseorang yang ingin menyampaikan keinginannya dalam memilih universitas swasta pasti ada orang yang langsung menyangsikannya. Tentu saja hal ini membuat kesal semua orang. Karena banyak orang berpikir bahwa universitas swasta merupakan pilihan yang terakhir untuk mereka yang gagal SBMPTN, SNMPTN, dan gagal dalam ujian mandiri.

Padahal kualitas perguruan tinggi swasta di Indonesia saat ini sudah semakin meningkat. Bahkan, ada banyak orang dengan sengaja memilih melanjutkan pendidikannya di sebuah universitas swasta dibandingkan PTN. Salah satu universitas swasta yang sering dipilih adalah UNTAR.

Karena UNTAR (Universitas Tarumanagara) memiliki banyak jurusan yang lengkap. Sehingga, hal ini membuat semua calon mahasiswa langsung terpikat olehnya. Seperti yang telah diketahui, bahwa ada banyak hal yang membuat seseorang memilih sebuah universitas, termasuk bakat dan minatnya. Salah satunya adalah karena kualitas universitas swasta lebih baik dibandingkan PTN. Sehingga, tak heran bila banyak calon mahasiswa langsung memilih melanjutkan pendidikannya di UNTAR.

Mitos 2: Mahasiswa Universitas Swasta Tidak Sepandai PTN

Banyak orang berpikir bahwa mahasiswa universitas swasta itu tidak sepandai PTN. Padahal, hal seperti itu salah besar! Bahkan, kamu bisa melihat bukti di lapangan. Dengan banyaknya mahasiswa yang berasal dari universitas swasta yang berhasil mendapatkan prestasi yang lebih baik dari prestasi mahasiswa dari PTN.

Salah satu universitas swasta yang berprestasi adalah Universitas Tarumanagara. UNTAR adalah salah satu universitas yang banyak dipilih oleh mahasiswa karena mempunyai akreditasi yang bagus. Sehingga, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Tiidak hanya akreditasi yang baik, namun UNTAR juga memiliki banyak sekali jurusan yang bisa dipilih.

Mitos 3: Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Swasta Mahal!

Sebenarnya belajar di universitas swasta itu tidak selalu mahal. Karena, setelah perguruan tinggi negeri telah berubah menjadi memiliki badan hukum sendiri, atau berubah menjadi PTN BH, hal ini membuat biaya perkuliahan di sebuah universitas negeri menjadi tidak murah lagi. Biaya kuliah perguruan tinggi sudah tidak murah seperti waktu lalu. Bahkan, untuk perguruan tinggi negeri yang sudah besar umumnya biaya setiap semesternya hampir sama seperti biaya universitas swasta.

Ada juga yang biayanya jauh lebih tinggi dari universitas swasta. Maka dari itulah, jangan pernah berpikir bahwa universitas swasta biayanya lebih mahal dari PTN.  Bahkan, dalam universitas swasta umumnya juga menyediakan program beasiswa berupa potongan biaya untuk mahasiswanya. Sehingga, hal ini membuat biaya pendidikan dapat dipangkas dan lebih ringan.

Seperti Universitas Tarumanagara. PTS ini menyediakan bantuan dana pendidikan berupa beasiswa bagi calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di UNTAR. Namun, tentu saja ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dulu supaya bisa mendapatkan potongan harga atau beasiswa tersebut. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi situs resmi admisi UNTAR Semuanya tertulis dengan lengkap segala informasi tentang beasiswa yang ditawarkan oleh UNTAR secara langsung.

Mitos 4: PTS Identik Memiliki Gaya Hidup yang Bebas!

Banyak orang berpikir bahwa mahasiswa yang belajar di PTS umumnya lebih mengedepankan gaya hidup gaul dan serba bebas dibandingkan belajarnya. Hal ini tentu saja merusak image mahasiswa PTS dan membuat mereka merasa terintimidasi. Padahal, dimanapun kuliahnya, baik itu PTN dan PTS adalah sama. Untuk pergaulan itu tergantung dari mahasiswanya sendiri.

Jadi, jika kamu masih berpikir bahwa PTS identik dengan gaya hidup yang gaul, maka kamu salah besar! Tidak semua mahasiswa PTS hobby main. Bahkan, banyak juga mahasiswa dari PTN yang juga hedon dan tidak serius belajar di tempat kuliahnya. Itu artinya, sebenarnya untuk pergaulan antar mahasiswa itu tidak ditentukan berdasarkan status perguruan tingginya. Namun tergantung dari anak itu sendiri.

Yang pasti, dengan memilih Universitas Swasta yang memiliki pendidikan akademik dan lingkungan yang baik seperti UNTAR, maka kamu akan menjadi mahasiswa yang sukses dan baik. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Universitas Tarumanagara adalah universitas yang tidak hanya menekankan pada pendidikan akademik, keterampilan, dan penguasaan ilmu pengetahuan juga.

Namun, UNTAR berusaha untuk menghasilkan lulusan (alumni) yang punya integritas dan karakter yang bagus. Tak heran bila lulusan dari UNTAR selalu bisa menguasai ilmu dan ketrampilan dengan baik. Sehingga, mereka bisa menjadi sarjana yang berkualitas juga. Baik secara karakter maupun skill.

Mitos 5: Alumni PTS Kalah Bersaing dalam Dunia Kerja

Ingatlah bahwa nama kampus saja itu tidak cukup membuat kamu bisa survive dalam dunia kerja. Supaya kamu bisa diterima oleh perusahaan besar, maka kamu harus tahu bahwa nilai akademik/ IPK bagus itu tidak cukup. Terlebih jika kamu hanya numpang nama kampus saja. Jadi, bila ada yang bilang bahwa lulusan universitas swasta pasti kalah bersaing dengan PTN dalam dunia kerja, maka hal itu salah besar!

Dengan tingkat persaingan dunia kerja yang semakin ketat, tentunya hal ini membuat beberapa perusahaan lebih suka memilih calon karyawan yang memang sudah siap kerja. Dimana mereka harus memiliki latar belakang yang baik Maka dari itu, UNTAR bisa menjadi universitas swasta yang tahu akan kebutuhan dunia kerja. Karena UNTAR selalu mempersiapkan mahasiswanya untuk mendapatkan banyak pengalaman kerja magang di semua bidang sesuai dengan jurusannya.

Hal ini membuat sebagian besar lulusan dari Universitas Tarumanagara selalu siap bersaing dalam dunia kerja. Bahkan, banyak diantara dari mereka yang berhasil mendapatkan pekerjaan di beberapa perusahaan besar. Karena UNTAR telah bekerja sama dengan banyak perusahaan. Tentunya ini akan menguntungkan para lulusan UNTAR.

Bersama dengan UNTAR, setiap mahasiswanya akan selalu diarahkan berdasarkan program studi pilihannya. Supaya setiap mahasiswa bisa mendapat ilmu dan pengalaman sebagai modal penting ketika mereka lulus kuliah dan masuk ke dalam dunia kerja. Dengan begitu, setelah lulus kuliah dari UNTAR, para lulusan bisa langsung bekerja di perusahaan tempat mereka magang ketika masih berkuliah.

Untuk kamu yang masih berpikir bahwa PTS selalu kalah bersaing dengan PTN, adalah salah besar.

Itulah beberapa mitos negatif seputar mahasiswa dari universitas swasta yang tidak semuanya benar. Bahkan, ada banyak mitos yang salah kaprah! Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk mendaftar ke PTS UNTAR.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Karena UNTAR adalah universitas swasta yang terpercaya dan berkualitas. Baik itu dari tenaga pengajar, kurikulum, dan fasilitasnya. Semuanya sudah disediakan secara lengkap oleh universitas swasta ini. Semua kurikulum yang digunakan oleh UNTAR telah dirancang khusus supaya setiap lulusannya dapat bersaing dalam dunia kerja di era globalisasi saat ini.

Yang lebih menariknya lagi selain dilengkapi dengan program magang, UNTAR juga memiliki program lain yang tidak kalah menarik. Program tersebut telah terintegrasi dengan kurikulum. Sehingga, kamu bisa menjadi seorang entrepreneur yang handal ketika belajar bersama UNTAR. Maka dari itu, jangan pernah sia-siakan kesempatan kamu untuk segera mendaftar ke Universitas Tarumanagara. Karena ada banyak hal yang dijamin akan membuat kamu langsung jatuh cinta dengan kampus ini.

5 Hal Yang Buat Kamu Jatuh Cinta Sama Perguruan Tinggi UNTAR

Sebelum menentukan universitas pilihan kamu, tentunya kamu sudah membuat beberapa aspek perencanaan terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Karena membuat perencanaan studi itu sangat penting , Jangan sampai kamu menyesal hanya karena ternyata universitas pilihan kamu tidak seperti yang kamu harapkan.

Maka dari itul, wajib kamu pahami baik-baik universitas tujuan kamu. Kamu bisa mencari informasi yang dibutuhkan tentang universitas impianmu dari berbagai sumber. Misalnya dari teman, keluarga, senior yang sudah lebih dulu masuk ke dalam dunia perkuliahan, browsing melalui internet, memantau kondisi media sosial universitas tersebut, dll. Nah, berikut ini adalah beberapa hal penting yang membuat kenapa kamu pasti akan langsung jatuh cinta begitu melihat Universitas Tarumanagara, antara lain:

UNTAR Memiliki Banyak Jurusan!

Universitas Tarumanagara menawarkan banyak program studi/ jurusan yang lengkap dan menarik. Tentunya setiap jurusan tersebut berkualitas tinggi. Baik dibidang sosial dan sains. berikut ini adalah beberapa program studi yang bisa dipilih di UNTAR. Yaitu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Seni Rupa & Desain, dan Fakultas Kedokteran.

Jika kamu tertarik dibidang ekonomi dan bisnis, kamu bias mengambil jurusan Manajemen atau Akuntansi,. Khusus untuk fakultas ekonomi ini, kamu akan diarahkan langsung supaya bisa mengisi dunia kerja dan menciptakan bisnis sendiri di era milenial saat ini. Disinilah kamu juga akan diajak untuk memanfaatkan digital marketing supaya kamu bisa lebih mahir menggunakannya dalam dunia kerja.

Tidak hanya itu saja, dengan masuk ke dalam jurusan ekonomi, setiap mahasiswanya akan diajak untuk mempersiapkan diri dalam mengisi karir dibidang pasar modal investasi. Dengan begitu, setiap lulusan sarjana Sarjana Manajemen/SM bisa ahli dalam segala bidang pengelolaan SDM sebagai human capital corporate. Sementara itu, jika kamu tertarik dengan data dan angka, silahkan pilih jurusan Akuntansi ini. Karena prodi ini cukup menjanjikan karir mahasiswanya supaya dibutuhkan oleh perusahaan.

Sementara itu, bila kamu tertarik dalam dunia teknologi terkini, kamu bisa mengambil jurusan teknik informatika atau sistem informasi. Sedangkan bila kamu ingin mencoba tantangan baru, silahkan ambil jurusan kedokteran. Dengan mengambil jurusan inilah akan membuat kamu lebih berpeluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

UNTAR Didukung oleh Tenaga Pengajar Berkualitas dan Fasilitas Lengkap

Supaya bisa menjadi lulusan yang berkualitas dan handal, maka UNTAR siap memberikan dukungan berupa fasilitas yang lengkap selama berkuliah. Fasilitas yang disediakan tersebut tidak hanya sekedar berbentuk fisik saja. Namun juga kualitas tenaga pengajar dan kurikulumnya yang bagus selama berkuliah. Bersama Universitas Tarumanagara, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai kurikulum perkuliahannya.

Karena kurikulumnya dirancang secara khusus untuk para mahasiswa. Supaya semua lulusannya siap menjadi tenaga kerja yang profesional di sebuah perusahaan. Dengan belajar bersama UNTAR kamu akan diajar oleh staf pengajar yang berpengalaman dan profesional dibidangnya.

Tidak hanya itu saja, faslitas yang disediakan untuk mendukung kegiatan pembelajarannya terbilang lengkap. Mulai dari akses wifi, laboratorium, perpustakaan, dll. Semuanya sudah dilengkapi dengan teknologi tinggi. Sehingga kamu bisa merasa nyaman saat menempuh pendidikan di UNTAR.

UNTAR Mendukung Karir Mahasiswanya dengan Baik!

Universitas Tarumanagara tidak hanya sekedar memikirkan tentang kegiatan perkuliahan di kampus saja. Namun, UNTAR juga turut mempersiapkan setiap mahasiswanya supaya bisa menjadi lulusan yang handal dan profesional dibidang jurusannya masing-masing. Maka dari itu, universitas Tarumanagara siap membimbing para mahasiswanya sesuai dengan konsentrasi program studi pilihan mahasiswa.

Selain itu, UNTAR juga telah bekerja sama dengan banyak perusahaan. Sehingga, hal ini bisa mempengaruhi jenjang karir setiap alumninya. Tidak hanya itu saja, UNTAR juga turut menyediakan program magang untuk para mahasiswanya. Program magang yang ditawarkannya tersebut disesuaikan dengan bakat dan minatnya masing-masing. Sehingga, setiap mahasiswa UNTAR dijamin akan memiliki pengalaman lebih dalam berkarir sesuai dengan jurusannya.

Tidak hanya itu saja, setiap mahasiswa UNTAR akan mendapat banyak relasi yang akan mendukung kesempatan emas dalam berkarir setelah berhasil lulus kuliah. Karena selama kuliah di UNTAR, para mahasiswa akan diperkenalkan oleh relasi UNTAR, termasuk perusahaan ternama tempat magang. Jadi, jika didapati keahlian/skill mahasiswa tersebut selama magang baik, maka bukan tidak mungkin jika setelah lulus mahasiswa tersebut akan langsung diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Setiap Kegiatan UNTAR Mendukung Kegemaran Mahasiswanya

Selama menjadi salah satu bagian dari Universitas Tarumanagara, kamu tidak hanya dituntut untuk belajar dan melakukan kegiatan akademis sesuai bidang jurusannya saja. Namun, setiap mahasiswa akan diajak untuk mengembangkan kegemaran diluar dari bidang akademis yang diikuti. Seperti mengembangkan kegiatan seni dan olahraga. Bahkan, kamu juga dapat meraih prestasi yang membanggakan diluar dari kegiatan akademis di kelas.

Demi mendukung aktualisasi setiap mahasiswanya, Universitas Tarumanagara mempunyai banyak sekali unit kegiatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Misalnya saja jika kamu menyukai kegiatan beladiri, kamu bisa bergabung ke dalam olahraga karate, jujitsu, taekwondo, dll. Sedangkan bila kamu menyukai olahraga, maka kamu dapat bergabung dengan tim basket, futsal, tenis meja, voli, badminton, dll.

UNTAR Memiliki Banyak Program Beasiswa

Siapa bilang jika melanjutkan pendidikan di universtias swasta itu mahal? Kamu bisa memanfaatkan program beasiswa yang disediakan oleh Universitas Tarumanagara untuk membantu biaya perkuliahan kamu. Saat ini, Universitas Tarumanagara telah menyediakan banyak program beasiswa yang dapat dimanfaatkan ketika berkuliah disana. Sehingga, keuntungan yang didapatkan dengan mengambil program beasiswa ini cukup besar.

Karena kamu berpeluang mendapatkan kesempatan untuk terbebas dari biaya gedung hingga 100%, terbebas dari biaya kuliah perguruan tinggi semester 1, dan juga mendapat potongan biaya perkuliahan sebesar 25% hingga 50%. Namun, meskipun begitu, untuk mendapatkan keringanan dari program beasiswa ini, kamu harus memenuhi ketentuan dan persyaratan berupa nilai IPK yang baik.

Visi Misi Fakultas di Perguruan Tinggi UNTAR

Setelah mendapatkan sedikit informasi dari kelebihan Universitas Tarumanagara. Masih ada banyak hal yang menarik jika kamu melanjutkan pendidikan di UNTAR. Maka dari itu jangan pernah ragu untuk mendaftarkan diri ke Universitas Tarumanagara. Berikut ini adalah beberapa visi misi fakultas yang ada di UNTAR, antara lain:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah menjadikan mahasiswanya bisa terlahir sebagai entrepreneur yang profesional. Dimana Fakultas Ekonomi dan Bisnis berharap agar setiap mahasiswanya berintegritas tinggi di Asia Tenggara.

Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah memberikan pendidikan Manajemen dan Akuntansi berdasarkan nilai-nilai IPE. Yaitu, Integritas, Profesional, dan Entrepreneurship. Selain itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga memiliki misi untuk mengembangkan sekaligus menyelenggarakan kegiatan tridharma sesuai dengan nilai-nilai profesional, integritas, dan entrepreneurship.
Selain itu, misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pemanfaatan ilmu manajemen & akuntansi yang berkesinambungan. Maka dari itulah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga turut mengadakan kerja sama yang saling menguntungkan untuk berbagai pihak. Baik itu dari dalam negeri ataupun bekerja sama dengan pihak luar negeri untuk memperluas jaringan.

Fakultas Hukum

Visi Fakultas Hukum UNTAR adalah bisa unggul di kawasan Asia Tenggara. Maka dari itulah, Fakultas Hukum UNTAR juga bertujuan untuk membuat mahasiswanya mempunyai integritas, profesionalisme, dan juga memiliki jiwa kewirausahaan di tahun 2025.

Misi Fakultas Hukum adalah memberikan pendidikan dan pengajaran tentang ilmu hukum yang menganut KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Selain itu, pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh Fakultas Hukum UNTAR berlandaskan nilai integritas, profesionalisme, dan juga jiwa kewirausahaan.

Demi menciptakan lulusan mahasiswa yang berprestasi, maka Fakultas Hukum juga turut mengadakan sebuah penelitian yang berguna untuk mengembangkan ilmu hukum kepada masyarakat setempat. Tidak hanya itu saja, misi fakultas ini adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai ilmu pengetahuan dan penelitian dibidang hukum. Sehingga, diharapkan setiap lulusannya bisa memberikan pelayanan yang baik untuk para masyarakat.

Maka dari itu, Fakultas Hukum juga berharap bisa mendukung kegiatan di bidang usaha untuk mahasiswanya. Tidak hanya itu saja, Fakultas Hukum juga mempunyai misi untuk mengembangkan kerja sama yang baik secara berkesinambungan antar perusahaan. Dengan cara memanfaatkan ilmu hukum supaya bisa meningkatkan profesionalisme, integritas, dan jiwa kewirausahaan mahasiswanya.

Tujuan Fakultas Hukum adalah menciptakan lulusan yang memiliki wawasan tinggi kebangsaan dan menghargai pluralitas. Selain itu, fakultas ini juga berharap bisa menjunjung tinggi moralitas bangsa dan memiliki budi yang luhur. Yang pasti, Fakultas Hukum juga ingin membentuk lulusan mahasiswanya supaya lebih berintegritas, profesional, dan punya jiwa kewirausahaan.

Selain itu, tujuan utama Fakultas Hukum adalah bisa mengembangkan kompetensi ilmu hukum mahasiswanya lebih baik. Sehingga, ilmu pengetahuannya tersebut lebih bermanfaat untuk masyarakat. Dengan begitu, setiap mahasiswanya nanti bisa menghasilkan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak yang menguntungkan.

Sedangkan sasaran Fakultas Hukum adalah bisa meningkatkan sekaligus mengembangkan sistem manajemen, kualitas dosen dan mahasiswa. Fakultas Hukum juga memiliki sasaran untuk meningkatkan nilai akreditasi program studi, reputasi Fakultas Hukum, dan meningkatkan kualitas Tridharma dengan baik.

Karena Fakultas Hukum selalu mengembangkan Sistem Teknologi Informasi, SDM, dan kepuasan SDM beserta stakeholder. Dengan begitu, kualitas lulusan mahasiswa dari Fakultas Hukum tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Fakultas Teknik

Visi Fakultas Teknik adalah bisa menciptakan lembaga pendidikan tinggi yang berintegritas, profesional, dan memiliki jiwa entrepreneur di tingkat regional dan nasional. Tentunya peningkatan tersebut berkaitan dengan pemanfaatan teknologi yang ada.

Sedangkan misi Fakultas Teknik adalah bisa menciptakan lulusan teknik yang lebih berkompeten, profesional, dan memiliki jiwa entrepreneur yang baik. Maka dari itulah, Fakultas Teknik melakukan pengembangan dan pemanfaatan ilmu, teknologi, dan seni berkesinambungan demi mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, setiap lulusannya bisa memiliki SDM yang unggul dan berdedikasi demi meningkatkan pertumbuhan organisasi. Maka dari itulah, sekarang ini Fakultas Teknik mulai mengembangkan jaringan kepada banyak pihak supaya bisa menciptakan hubungan yang sama-sama menguntungkan.

Fakultas Teknologi Informasi

Visi Fakultas Teknologi Informasi adalah bisa menjadi fakultas entrepreneurial yang unggul dan punya integritas, sekaligus profesional yang tinggi dibidang teknologi informasi di Asia Tenggara.

Misi Fakultas Teknologi Informasi adalah bisa menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi, integritas, dan lebih profesional di bidang teknologi informasi. Sehingga, setiap lulusannya bisa memiliki jiwa entrepreneurial yang tinggi. Demi mengembangkan misi Fakultas Teknologi Informasi itulah pihak fakultas kemudian mengembangkan kegiatan Tridharma dibidang teknologi informasi.

Sehingga, institusinya bisa lebih unggul. Namun, tentu saja semua itu tetap berlandaskan pada nilai profesional, integritas, dan entrepreneurship yang tinggi. Maka dari itulah, Fakultas Teknologi Informasi kini mulai memanfaatkan ilmu pengetahuan beserta teknologi informasi yang berkesinambungan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, bisa terjalin kerja sama yang menguntungkan dibidang teknologi informasi dengan pihak institusi dalam dan luar negeri. Supaya pertumbuhan organisasi semakin meningkat.

Sedangkan tujuan dari Fakultas Teknologi Informasi adalah untuk menghasilkan lulusan yang lebih berkompeten di bidang teknologi informasi, sekaligus membuat lulusan mahasiswanya memiliki budi yang luhur dan bisa menghargai pluralitas yang ada. Setidaknya dengan menjadi bagian dari Fakultas Teknologi Informasi UNTAR, kamu bisa mempunyai jiwa entrepreneurial yang tinggi.

Karena pada dasarnya, Fakultas Teknologi Informasi UNTAR siap menghasilkan pusat keilmuan untuk mengembangkan SDM, sekaligus penerapan IPTEK yang baik dibidang teknologi informasi. Maka dari itulah, Fakultas Teknologi Informasi siap menjalin, sekaligus memperluas kerja sama yang baik dalam negeri ataupun luar negeri. Tentunya semuanya itu didasarkan pada nilai integritas yang tinggi dan profesional demi meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan. Dengan begitu, pertumbuhan organisasi semakin meningkat.

Sementara itu, untuk sasaran Fakultas Teknologi Informasi adalah bisa meningkatkan kualitas mahasiswa dam alumninya dengan baik. Sekaligus meningkatkan kualitas Tridharma dibidang teknologi informasi yang berlandaskan pada nilai integritas dan profesionalisme. Tidak hanya itu saja, Fakultas Teknologi Informasi juga meningkatkan reputasi dan nilai akreditasi fakultas dengan baik.

Fakultas Kedokteran

Visi Fakultas Kedokteran adalah bisa menjadi Fakultas Entrepreneurial yang unggul dan berintegritas tinggi di Asia Tenggara.

Misi Fakultas Kedokteran adalah bisa memberikan pendidikan kepada mahasiswanya yang berlandaskan pada nilai integritas, profesional, serta entrepreneurship yang tinggi. Selain itu, Fakultas Kedokteran juga memiliki misi untuk mengembangkan kegiatan Tridharma bagi semua sivitas akademika yang profesional.

Tidak hanya itu saja, Fakultas Kedokteran juga memiliki misi berupa melakukan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara memanfaatkan ilmu, teknologi, dan sains yang berkesinambungan. Fakultas Kedokteran juga melakukan kerja sama yang menguntungkan kepada banyak pihak. Baik itu bekerja sama dengan instansi dalam negeri dan luar negeri untuk memperluas jaringan.

Fakultas Psikologi

Dari tahun 1983 sampai dengan 1995, Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi atau PBKP dikoordinatori oleh Dr. Seto Mulyad, Psi. Selanjutnya, PBKP tersebut berganti nama menjadi Lembaga Bimbingan & Konsultasi Psikologi atau LBKP dan juga menjadi Unit Pelaksana Teknis – Unit Bimbingan & Konsultasi Psikologi yang disebut dengan UPT-UBKP.

Sejak Mei 1995, PBKP kemudian resmi diduduki oleh Fakultas Psikologi milik Universitas Tarumanagara. Dimana PBKP tersebut dipimpin secara langsung oleh Dra. Yulia S. Singgih. Menariknya lagi adalah, ternyata klien PBKP tidak hanya sebatas dari lingkungan Universitas dan Yayasan Tarumanagara saja. Dimana mereka adalah kumpulan dari para dosen, mahasiswa, dan karyawan yang butuh bantuan.

Namun, kliennya juga merupakan dari beberapa perusahaan yang menjadi klien PBKP selama ini. Disamping itu, anggota masyarakat yang sedang butuh bantuan tes kepribadian, tes bakat dan minat, tes inteligensi, konsultasi, konseling, dan terapi psikologis individual juga bisa mengunjungi pihak PBKP demi memenuhi kebutuhannya.

Dari bulan Februari 1998, pihak PBKP kembali lagi di naungan Universitas Tarumanagara. Dimana pada akhirnya, PBKP tersebut berfungsi sebagai Unit Pelaksana Teknis. Dalam hal ini, pihak PBKP dilayani secara khusus oleh psikologi yang turut menjadi tenaga pengajar di Fakultas Psikologi UNTAR.

Semua civitas akademika UNTAR dan keluarga beserta karyawan dan anggota masyarakat bisa menjadi klien PBKP. Tentunya yang menjadi klien PBKP harus memenuhi persyaratannya dulu. Yaitu, wajib mendaftar ke pihak sekretariat PBKP lewat telepon supaya mendapatkan jadwal pertemuan dengan psikolognya.

Setelah itu, klien bisa langsung mendatangi PBKP sesuai jadwal yang disepakati. Bila sudah, klien boleh menemui psikolog sesuai kebutuhan yang dijanjikan. Barulah kemudian pihak klien harus membayar biaya administrasi yang sudah ditetapkan. Khusus untuk klien yang berasal dari pengajar, mahasiswa, dan karyawan UNTAR akan mendapatkan tarif jasa psikolog khusus.

Perpustakaan Fakultas Psikologi

Perpustakaan milik Fakultas Psikologi telah didirikan sejak awal berdirinya UNTAR, Hanya saja, perpustakaannya tersebut baru bisa direalisasikan di tahun 1996. Mulanya Perpustakaan milik Fakultas Psikologi ini terletak di gedung K lantai 2. Lebih tepatnya berada di ruangan 207 yang luasnya sebesar 150,50 m2.

Sebanding dengan semakin bertambahnya pemakai perpustakaan, hal ini membuat lokasi perpustakaan Fakultas kemudian mulai dipindahkan di tahun ajaran 2000/2001 ke ruangan 201, 203, dan ruangan 203. Lebih tepatnya berada di gedung dan lantai seperti tempatnya semula.

Untuk fasilitas perpustakaannya sendiri cukup lengkap. Karena sudah ada fasilitas pendingin ruangan, sistem komputerisasi pada semua katalog bukunya, dan memiliki ragam jurnal psikologi yang terbaru. Lebih menariknya lagi adalah, saat ini ruangan perpustakaannya mulai diperluas lagi pada area sebesar 275 m2. Hingga kemudian di awal semester ganil pada tahun 2014/2015, koleksi buku perpustakaan mulai diperbarui.

Jenis Layanan Perpustakaan Psikologi

Beberapa layanan yang disediakan pada perpustakaan Fakultas Psikologi adalah layanan sirkulasi. Yaitu, sebuah layanan untuk pemakai perpustakaan berbentuk layanan pengembalian, peminjaman, pemesanan buku, dan perpanjangan buku untuk dipinjam. Tidak hanya itu saja, perpustakaan disini juga menyediakan layanan referensi. .

Yaitu sebuah layanan untuk membantu penelusuran informasi yang sedang dibutuhkan oleh pengguna dan memberikan bimbingan pada penggunanya tentang cara memanfaatkan koleksi, sekaligus fasilitas milik perpustakaan. Sementara itu, untuk fasilitasnya juga lengkap. Yaitu, ada AC, ruang diskusi, ruang baca, katalog, ruang tari, dan internet.

Dalam hal ini, Fakultas Psikologi juga memberikan fasilitas kepada mahasiswanya pada berbagai macam kegiatan kemahasiswaan. Yaitu, kelompok paduan suara, Mozai Arpa, yang dibimbing oleh Dr. Monty P. Satiadarma, Astri Eka Wahyuni Hadi, M. Psi, dan juga MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog.

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Visi Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR adalah bisa menjadi sebuah fakultas yang unggul dan berintegritas Tinggi di AsiaTenggara. Sedangkan misi Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR adalah sebagai berikut ini: Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR ingin menciptakan lulusan seni rupa & desain yang lebih berkompeten, profesional, berintegritas, dan memiliki jiwa yang entrepreneur.

Tidak hanya itu saja, Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR juga ingin mengembangkan sekaligus memanfaatkan ilmu, teknologi, dan seni yang berkesinambungan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setidaknya, dengan belajar di fakultas ini, SDM mahasiswa menjadi lebih unggul dan berdedikasi demi mendukung pertumbuhan organisasi.

Fakultas Ilmu Komunikasi

Visi Fakultas Ilmu Komunikasi UNTAR adalah bisa menjadi program studi yang unggul di Asia Tenggara. Sehingga, pihaknya dapat menciptakan lulusan yang profesional, berintegritas, dan humanis. Sedangkan untuk misi prodi ini adalah bisa memberikan pendidikan supaya dapat menghasilkan lulusan yang bermanfaat secara global. Namun tentunya setiap lulusannya diharapkan dapat menjunjung kepribadian yang humanis.

Tidak hanya itu saja, Fakultas Ilmu Komunikasi juga memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dibidang komunikasi dan berjiwa entrepreneur. Maka dari itu, Fakultas Ilmu Komunikasi selalu mengadakan pelatihan supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan bisa menciptakan lulusan yang mampu berkompetisi dengan etis. Selain itu, pihak Fakultas Ilmu Komunikasi juga melakukan pengabdian untuk masyarakat dibidang Ilmu Komunikasi.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Tarumanagara TA 2020/2021

Biaya kuliah perguruan tinggi Universitas Tarumanagara di tahun ajaran 2020/2021 telah mengalami peningkatan dibandingkan biaya di tahun ajaran sebelumnya. Peningkatan biaya perkuliahan tersebut meliputi BPP dan biaya SKS. Karena biaya SKS-nya sekarang adalah Rp 375.000, – setiap SKS. Itu artinya biaya SKS saat ini mulai naik sebesar Rp 50.000, – dari pada biaya SKS di tahun lalu.

Bila dihitung rata-ratanya, maka peningkatan biaya perkuliahan di Universitas Tarumanagara sebesar 1,3 jutaan rupiah setiap semester. Itu artinya, peningkatan biaya kuliah perguruan tinggi rata-ratanya mencapai 11% setiap tahun.

Biaya Kuliah Perguruan Tinggi UNTAR 2019

Biaya kuliah Perguruan Tinggi UNTAR berdasarkan program studinya terdiri atas berikut ini:

Program Studi Pendidikan Dokter & Profesi Dokter

Biaya SPP*: Rp 350.000.000, –

Biaya BPP: Rp 28.000.000, –

Biaya per BLOK (1 blok terdiri dari 8-10 SKS : Rp 3.500.000, –

Jumlah SKS: 3

Biaya Kuliah SMT 1**: Rp 38.500.000, –

Program Studi Arsitektur

Biaya SPP*: Rp 45.000.000, –

Biaya BPP: Rp 12.500.000, –

Biaya per SKS: Rp 375.000, –

Jumlah SKS: 20

Biaya Kuliah SMT 1**: Rp20.000.000, –

Program Studi Teknik Sipil

Biaya SPP*: Rp 25.000.000, –

Biaya BPP: Rp 12.000.000, –

Biaya per SKS: Rp 375.000, –

Jumlah SKS: 21

Biaya Kuliah SMT 1**: Rp 19.875..000, –

Dan masih banyak program studi UNTAR yang lainnya. Namun, Rincian Biaya Kuliah Perguruan Tinggi UNTAR Jakarta ini bisa berubah-ubah. Maka dari itulah untuk informasi selengkapnya silahkan kunjungi Universitas Tarumanagara secara langsung.