Apakah Kamu sedang binggung memilih jurusan kuliah? Hati-hati loh guys Karena hal ini berkaitan dengan masa depanmu, terutama bagi yang mendekati kelulusan SMA. Walaupun semua jurusan itu bagus, namun Kamu pastinya memiliki pertimbangan sendiri.

Pentingnya Infromasi Macam-macam Jurusan Kuliah dan Prospeknya

Memilih jurusan adalah hal yang penting terutama bagi calon Mahasiswa. Namun, seiring banyaknya permasalahan yang dihadapi membuat mereka salah memilih jurusan. penyebabnya karena kurangnya informasi mengenai jurusuan kuliah dan prospeknya ke depan.

Seperti yang Kamu ketahui, salah satu tujuan kuliah adalah menjadi orang sukses dan memiliki jenjang karir yang baik dengan penghasilan yang besar. Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi penting untuk mengetahui berbagai informasi megenai jurusan tujuan.

Kamu bisa mengumpulkan banyak infromasi melalui Internet atau bahkan bertanya langsung dengan orang-orang terprcaya seperti guru BK. kumpulkan informasi berupa ketersediaan jurusan di Universitas, nilai akreditasi, prospek kerja hingga biaya kuliah.

Baca Juga : Program Studi Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus

Semua informasi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Kamu dalam memutuskan jurusan yang tepat dan nggak salah jalur. Sehingga, selama proses kuliah kamu lebih bersemangat dan terarah.
Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Prospek yang Sesuai dengan Kepribadian

Jangan sampai Kamu salah memilih jurusan hanya karena alasan kurangnya informasi dan asal-asalan mengikuti tren. Banyak calon Mahasiswa yang kebingungan menentukan pilihan, sehingga tujuannya tidak terarah. Akibatnya, selama proses kuliah tidak bersemangat, malas dan sering bolos.

Tips untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, pertama yaitu tentukan pilihan berdasarkan minat. Kamu bisa menggali secara detail daya tarik dalam kehidupanmu. Jadilah diri sendiri, jangan memilih karena gengsi apalagi ikut-ikutan teman.

Hal kedua pertimbangkan potensi kamu, kenali lebih mendalam keahlian, ketekunan dan kekuatanmu. Jadikan pilihan sebagai wadah tepat untuk mengembangkan diri, jangan sampai langkahmu terhambat karena salah memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan.

Hal ketiga yaitu mempertimbangkan prospek kerja di masa depan. Kamu bisa membaca tren dan peluang yang sedang berkembang dan tinggi permintaan. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih universitas terbaik yang memiliki kerjasama dengan perusahaan besar seperti BUMN.

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk jurusan IPS

Ada berbagai macam jurusan kuliah UNTAR yang bisa kamu jadikan pilihan. Terutama bagi kamu yang mengambil jurusan IPS, berikut ini beberapa rekomendasi lengkap dengan prospek cerah di masa depan:

Jurusan Kuliah Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis bisa menjadi rekomendasi tepat buat Kamu dengan kepribadian teliti, tekun, detail dan rasional. Di sini akan diajari hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Prospek kerja bagi lulusan administrasi niaga juga cukup menjanjikan karena banyak industri yang sedang membutuhkan tenaga ahli di bidang administratif. Tidak perlu khawatir, Kamu juga dapat melebarkan sayap berkarir di pemerintahan.

Jurusan Kuliah Administrasi Keuangan dan Perbankan

Masih seputar administrasi dalam bidang keuangan cocok untuk Kamu yang memiliki kepribadian suka dengan hitung menghitung dan dapat bekerja didaalam tim. Di sini akan diajarkan ilmu keuangan, managemen surat dan pembukuan transaksi.

Bagi Kamu yang ingin bekerja di bidang perbankan jurusan ini sangat tepat untuk kamu. Prospek kerjanya juga cukup bagus, banyak perusahaan swasta, BUMN maupun instansi pemerintahan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang keuangan.

Jurusan Kuliah Administrasi Fiskal

Di bidang studi Administrasi Fiskal, Kamu dapat mempelajari berbagai ilmu perpajakan dari berbagai perspektif, baik sisi ekonomi, akuntansi, hingga hukum. Tantangan utamanya kamu harus bisa menyelesaikan masalah administrasi dan membuat laporan keuangan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Jurusan Administrasi Fiskal erat hubungannya dengan akuntansi, namun lulusan program studi ini masih sangat minim padahal prospek kerjanya sangat tinggi. Banyak instansi pemerintahan seperti Kementrian Keuangan dan Ditjen Pajak yang membutuhkan tenaga ahli di bidangnya.

Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

Jurusan hubungan internasional atau HI ini cukup popular. Di sini Kamu akan dibimbing bagaimana cara berdiplomasi, memahami konflik sebuah negara dan mempelajari politik internasional. Cocok untuk Kamu yang memiliki ketertarikan dalam bidang politik.

Mahasiswa lulusan HI ini memiliki peluang berkarir untuk menjadi peneliti politik, penyiar berita, diplomat, konsultan imigrasi dan wartawan. Tidak menutup kemungkinan kamu dapat melebarkan sayap dengan bekerja sebagai tenaga ahli di berbagai instansi.

Jurusan Kuliah Agroekoteknologi

Saat ini masih jarang Universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan Agroekoteknologi. Di sini Kamu akan belajar mengenai dasar-dasar ilmiah untuk menemukan, menganalisa, hingga memecahkan masalah. Selain itu kamu juga dibekali kemampuan akademik dalam pengetahuan dasar.

Jurusan ini cocok untuk Kamu yang memiliki ketertarikan dalam bidang lingkungan. Meskipun masih sedikit jumlahnya, namun bagi alumni jurusan ini memiliki prospek berkarir yang cukup bagus. Karena banyak dibutuhkan seperti di instansi pemerintahan, LSM dan perkebunan.

Jurusan Kuliah Agribisnis atau Sosial Ekonomi Pertanian

Jurusan Agribisnis berfokus pada pelajaran bisnis yang berbasis pertanian. Di sini Kamu akan diajari seluk-beluk usaha hingga proses pengelolaan pertanian. Program studi ini juga mempelajari pokok materi IPA dan IPS.

Prospek jurusan Agribisnis sangat luas, karena sektor Industri pangan di Indonesia yang semakin berkembang dan membutuhkan banyak tenaga ahli.

Jurusan Kuliah Psikologi

Jurusan Psikologi mempelajari tentang perilaku manusia, khususnya berkaitan dengan mental, pikiran dan kejiwaan. Di sini Kamu akan meneliti tentang pola pikir dan bertindak seseorang. Cakupan ilmu ini sangat luas.

Ketika memilih jurusan ini, Kamu dapat bekerja menjadi psikolog di instansi pendidikan atau layanan kesehatan. Bahkan, juga dibutuhkan di berbagai perusahaan khususnya di bidang Human Resouces Development.

Jurusan Kuliah Kriminolog

Bagi Kamu yang tertarik untuk memperdalam dunia kriminal jurusan ini cocok untuk dipilih. Di sini akan diajarkan bagaimana melakukan riset empiris untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan kejahatan atau Bahasa kerennya jadi detektif.

Seorang Kriminolog dituntut untuk mampu merumuskan kebijakan alternatif untuk mencegah dan menanggulangi kejahatan. Prospek kerjanya sangat bagus terutama di dunia pemerintahan, karena banyak dibutuhkan tenaga ahli untuk memecahkan berbagai motif kasus kriminal.

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk lulusan IPA

Kamu Suka dengan hitung-hitungan? untuk Kamu yang lulus dari jurusan IPA kamu tidak perlu khawatir, karena banyak sekali jurusan kuliah yang memiliki prospek bagus, di antaranya seperti berikut:

Jurusan Kuliah Farmasi

Untuk Kamu yang tertarik di bidang kesehatan, jurusan ini bisa menjadi rekomendasi. Di sini Kamu akan diperkenalkan pada dunia medis khususnya di bidang obat-obatan meliputi struktur senyawa dan bagaimana cara sintesisnya hingga dapat dikonsumsi.

Di program studi ini Kamu dapat mengetahui dan mampu menganalisa obat yang tepat untuk dikonsumsi. Selain diajarkan tentang teori, kamu juga diajari tentang praktikum. Lulusan jurusan farmasi dapat bekerja sebagai Apoteker di rumah sakit, bahkan dapat berbisnis apotek.

Jurusan Kuliah Kedokteran

Jurusan Kedokteran selalu menjadi favorit para lulusan SMA, untuk itu persaingannya sangat ketat. Tidak hanya itu, jika ingin menjadi Dokter, Kamu membutuhkan waktu kuliah yang lebih lama dibanding program studi lain dan biayanya juga lebih tinggi.

Prospek masa depan program studi ini jelas sudah terjamin. Kini permintaan tenaga ahli profesi dokter setiap tahunnya terus meningkat dengan gaji yang sangat tinggi.

Jurusan Kuliah Teknik Sipil

Bagi Kamu yang memiliki ketertarikan di bidang perencanaan pembangunan, jurusan Teknik Sipil ini sangat cocok untuk dipilih. Sebelum dibuat menjadi sebuah bangunan, para tenaga ahli atau Insinyur akan menguji melalui desain berskala kecil dengan mempertimbangkan berbagai hal penting.

Jurusan Teknik Sipil cocok untuk Kamu yang hobi berhitung, memiliki dasar matematika dan fisika yang kuat. Prospek kerja jurusan ini cukup menjanjikan, karena pembangunan infrastruktur negara semakin berkembang dan banyak membutuhkan tenaga ahli.

Jurusan Kuliah Teknik Informatika

Untuk Kamu yang tertarik dalam mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan dan implementasinya dalam dunia bisnis, jurusan Teknik Informatika menjadi pilihan tepat. Namun untuk memperlancar proses pembelajaran Kamu harus menguasai logika dan matematika.

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika akan mempelajari bahasa pemrograman sebagai perwujudan alogaritma. Prospek bagi lulusan program studi ini sangat tinggi mengingat perkembangan teknologi yang merambah berbagai bidang industry.

Jurusan Kuliah Teknik Penerbangan

Jurusan ini cocok untuk Kamu yang memiliki ketertarikan terhadap pesawat, di sini akan diajari proses perancangan, pembuatan, uji coba hingga pengeroperasian. Namun untuk berkuliah di program studi ini perlu dasar pengetahuan yang kuat terutama dibidang matematika, fisika dan kimia.

Meskipun peminat jurusan ini tidak sebanyak program studi lain, namun prospeknya sangat cemerlang. Banyak industri besar yang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini dan selalu meningkat setiap tahun.

Jurusan Kuliah Arsitektur

Program studi Arsitek sangat populer di Indonesia, ilmu yang mempelajari tentang beragam desain dan rancangan kontruksi suatu bangunan. Lulusan dari arsitek bekerja membuat desain yang nantinya akan diuji dan direalisasikan oleh Teknik Sipil.

Tidak perlu diragukan lagi untuk prospek jurusan ini, banyak perusahaan pengembang properti yang membutuhkan tenaga ahli Arsitek. Mempertimbangkan pembangunan infrastruktur di Indonesia semakin berkembang pesat.

Jurusan Kuliah Statistika

Jurusan ini cocok untuk Kamu yang menyukai mata pelajaran Matematika. Di sini akan dijari proses pengolahan data mulai perencanaan, pengumpulan, menganalisa, menginterpretasikan, sampai mempresentasikan data sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Ilmu statistika menjadi dasar analisis data yang akurat, sehingga keputusan yang diambil tepat. Bagi lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang penelitian survei atau sebagai tenaga ahli seperti Dosen dan Aktuaria.

Jurusan Kuliah Cyber Security

Jurusan ini mungkin kurang familiar, namun prospek bagi lulusan program studi ini banyak dicari mengingat perkembangan dunia teknologi yang sedang berkembang pesat. Selain itu, banyak dibutuhkan cyber police dan tenaga ahli spesialisasi forensik komputer.

Baca Juga : Program Studi Kuliah Terfavorit Tahun Ini

Jurusan Cyber Security ini dirancang untuk mengajarkan keahlian dalam menguji, merancang, dan mengimplementasikan keamanan dalam dunia maya. Program studi ini cocok untuk Kamu yang memiliki dasar pengetahuan kuat dalam komputer sains.

Jangan galau untuk menentukan pilihan dari berbagai macam-macam jurusan kuliah dan prospeknya. Kamu dapat mempertimbangkan beberapa tips di atas. Karena Masa depanmu ada di genggamanmu