Sebelum memutuskan untuk mengikuti kuliah di universitas, umumnya orang akan memilih jurusan yang mungkin sudah dibayangkan dan diimpikan sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Dan bisa jadi jurusan yang diambil adalah jalan menuju cita-cita masa kecil.

Kuliah bukan hanya untuk mendapat gelar S1 kemudian bekerja dimana saja dan mendapatkan gaji yang sesuai. Masyarakat umumnya berpendapat demikian, yang penting mendapat gelar. Meningkatkan status sosial. Bekerja di tempat yang dianggap lebih terhormat dan bergengsi. Padahal sebenarnya buliah bukan sekedar datang, belajar, ujian, lulus kemudian wisuda.

Baca Juga : Jurusan yang Cocok untuk siswa lulusan IPA

Kuliah membutuhkan passion, minat dan kemampuan akademik. beberapa orang Mungkin memasuki jurusan kuliah karena ajakan teman, rekomendasi guru, atau karena keinginan orang tua. Yang penting kuliah. Tentu ini akan berpengaruh pada proses belajar selama kuliah begitu juga dengan hasil yang dicapai.

Apa Jurusan Kuliah Yang Menjanjikan Untuk Wanita?

Anggapan bahwa pria wanita sama saja tidak berlaku dalam hal memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita tidak sama dengan pria. Pria mempunyai kekuatan fisik yang tentunya lebih besar dibanding wanita. Mampu menyelesaikan tugas-tugas yang lebih berat.

Pria akan lebih cocok menempuh pendidikan yang berhubungan dengan teknis dan keterampilan fisik. Olahraga, seni rupa, desainer interior, teknik mesin, teknik otomotif, pertanian, agribisnis dan sebagainya. Wanita bisa saja masuk jurusan ini, tapi kurang ideal karena keterampilan tangannya tidak sefleksibel pria. Dalam pekerjaan pun nantinya pria akan lebih diprioritaskan.

Minat dan cita-cita wajib untuk mendapat perhatian dan perjuangan yang lebih, motivasi diri. Dan alasan terbesar apa yang melatar belakangi ketika memilih jurusan tersebut. Motivasi ini nantinya akan berpengaruh pada ketahanan dalam menghadapi rintangan selama perkuliahan.

Faktor biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Biaya akan mempengaruhi kelancaran proses belajar. Ada beberapa jurusan yang mmembutuhkan biaya lebih, walaupun cukup menjanjikan. Sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan. Bisa dengan mengajukan beasiswa, atau mengambil pekerjaan sampingan, tetapi kamu juga wajib untuk pertimbangkan waktu belajar.

Ambil jurusan berdasarkan potensi. Kembangkan dan pertajam potensi yang kamu miliki. Misalnya kamu mempunyai bakat dan keahlian dalam memainkan warna make up, kamu akan lebih maksimal jika memilih jurusan tata rias. Menyukai anak-anak dan senang belajar bersama, pilihlan jurusan keguruan. Potensi ini tidak dimiliki oleh semua orang. Jadi sangat disayangkan apabila tidak kamu maksimalkan.

Jurusan Kuliah Yang Bagus Untuk Wanita

Peluang masa depan juga harus menjadi prioritas dalam memilih jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita. Tujuan dari kuliah sendiri tentunya untuk bekerja dan berkarir. Pilihlah jurusan yang lapangan kerjanya tersedia luas. Agar ilmu yang didapat semasa kuliah bisa langsung diaplikasikan sesuai bidang pekerjaan. Sehingga karir dan impian pun bisa diwujudkan.

Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran adalah salah satu jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita maupun pria. Wanita sangat dianjurkan memilih jurusan ini, karena memiliki sifat yanglebih teliti disbanding pria. Serta menyukai hal yang bersifat detail. Dan tingkat kepedulian yang lebih tinggi terhadap orang lain.

Untuk jurusan yang lebih spesifik seperti dokter anak dan dokter kandungan sangat ideal bagi wanita. Wanita tentu lebih dapat mengerti kondisi wanita lain dan anak-anak. sehingga bisa diandalkan untuk memberikan solusi atas permasalahan kesehatan yang dihadapi para pasiennya. Wanita juga cenderung lebih sabar dalam mendengarkan keluh kesah orang lain termasuk anak-anak.

Menjadi dokter bukan hanya berguna bagi karir seorang wanita. Tetapi juga bermanfaat bagi keluarganya. Di rumah dia akan berperan sebagai istri dan ibu, ilmu kedokterannya akan sangat berguna dalam menjaga serta merawat kesehatan anggota keluarganya. Profesi dokter ibu juga akan menjadi contoh bagi anak-anaknya sebagai profesi yang mulia.

Dari segi karir, jurusan kedokteran sangat menjanjikan. Profesi ini akan terus dibutuhkan dalam masyarakat hingga di masa depan.dengan kesempatan kerja yang terbuka lebar. Dari segi pendapatan, sudah tentu profesi ini cukup besar. Profesi dokter juga mmemiliki gengsi tersendiri di masyarakat. Dokter dikenal sebagai orang yang suka menolong.

Jurusan Keguruan

Menjadi guru adalah pekerjaan mulia. Profesi guru sangat dibutuhkan di Indonesia. Banyak daerah-daerah pelosok di tanah air yang masih belum menikmati pendidikan yang layak karena kurangnya tenaga pengajar. Profesi guru disebut sebagai profesi pegabdian, tugasnya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dari itu guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Pendidikan Profesi guru menjadi jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, Karena akan selalu dibutuhkan, dan jumlahnya semakin tahun terus meningkat. Bahkan dalam penerimaan CPNS, lowongan untuk guru sangat banyak dibutuhkan. Peluangnya besar sekali untuk diterima sebagai pegawai negeri sipil. Menjadi guru bagi wanita bisa diaplikasikan bukan hanya di sekolah tempatnya mengajar tetapi juga dirumah sebagai guru bagi anak-anaknya.

Pekerjaan sebagai guru juga ringan, sangat cocok bagi karakter wanita yang lembut. Tidak memerlukan banyak pekerjaan fisik, Sifat sabar dan tekun yang dimiliki wanita dapat menjadi nilai lebih ketika mengajar. Karena membimbing dan mengajari sampai materi dikuasai anak didik butuh ketekunan dan kesabaran yang lebih. Jurusan keguruan banyak diminati wanita karena dianggap sebagai jurusan kuliah yang menjanjikan bagi wanita.

Jurusan Kebidanan

Jurusan ini sangat identik dengan wanita. Selama ini selalu dikenal dengan sebutan Ibu bidan, belum pernah ada Pak bidan. Seakan jurusan ini adalah teritori bagi wanita. Kebidanan sudah lama dikenal sebagai jurusan terbaik untuk wanita. Sesuai dengan kodratnya, hamil kemudian melahirkan. Jurusan ini memfasilitasi wanita untuk belajar lebih mendalam tentang kehamilan dan kelahiran.

Ilmu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, dan berguna untuk menolong sesama wanita lain. Bidan bisa membuka praktek mandiri di dekat tempat tinggalnya. Sangat ideal bagi wanita yang umumnya tidak ingin bekerja jauh dari rumah. Walaupun masih banyak kebutuhan tenaga bidan di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Di pedesaan seorang bidan adalah tokoh yang sangat dihormati. Karena tenaganya banyak dibutuhkan. Sebagai penolong kelahiran, yang merupakan momen paling penting di kehidupan manusia. Menolong ibu hamil ketika mempersiapkan kelahiran sampai pasca kelahiran. Bahkan kadang perannya menyerupai dokter yang memberikan solusi permasalahan kesehatan .

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Jurusan ini tidak hanya terdapat di universitas ternama di kota-kota besar saja. Di kota-kota kecil di Indonesia banyak sekali terdapat yayasan pendidikan khusus kebidanan. Hal Ini menunjukkan bahwa peminat jurusan kebidanan setiap tahunnya selalu meningkat. Sebanding dengan kebutuhan tenaga kebidanan dalam masyarakat pedesaan.

Jurusan Keperawatan

Setipe dengan jurusan kebidanan, jurusan keperawatan juga merupakan jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita. Jumlah perawat di rumah sakit sangat banyak dibutuhkan. Begitu juga di Indonesia secara luas. Tenaga kerja perawat dibutuhkan selama 24 jam sehari. Kerja perawat di rumah sakit menerapkan sistem shift agar memenuhi kebutuhan setiap waktu.

Kebanyakan tenaga perawat di rumah sakit dan klinik adalah wanita, meskipun sekarang ada tenaga perawat pria. Tetapi dalam ketelitian, kesabaran dan ketangkasan dalam merawat tentu menjadi keunggulan bagi wanita. Itulah sebabnya kebutuhan tenaga perawat wanita masih banyak dibutuhkan setiap tahunnya.

Jurusan Tata Rias

Jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita berikutnya adalah jurusan tata rias. Karena sangat sesuai dengan kebiasaan wanita yang suka merias wajah. Kebiasaan dan kegemaran ini bisa dikembangkan dan digali lebih dalam untuk dapat berguna bagi karir wanita di masa depan. Profesi penata rias atau yang yang sering disebut dengan Makeup artist, saat ini menjadi profesi yang sedang berkembang pesat.
Profesi penata rias saat ini menjadi pekerjaan yang bergengsi dan banyak dibutuhkan. Seiring berkembangnya dunia mode dan produsen make up. Banyak sekali penata rias mempromosikan keahliannya melalui media sosial. Dengan promosi sederhana seperti ini sudah dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Keahlian tata rias memang berawal dari bakat. Tetapi bagi para pemula dapat diasah kemampuannya melalui kuliah. Bermula dari hobi, merias wajah dan kemudian menjadi karir yang menjanjikan. Penghasilan yang diterima oleh penata rias cukup tinggi. Terlebih bagi penata rias professional dan bertaraf nasional. Tenaga tata rias akan semakin dicari.

Jurusan Psikolog

Jurusan psikolog banyak sekali diminati oleh para wanita. Jurusan ini menjadi jurusan yang prospek kerjanya sangat bagus untuk wanita di era modern seperti sekarang. Dengan Semakin banyakn permasalahan psikologis yang dialami oleh masyarakat milenial menuntut ketersediaan tenaga psikolog yang banyak dan memadai. Seorang psikolog dibutuhkan dan dicari untuk kebutuhan konseling mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kebanyakan psikolog di Indonesia adalah wanita. Wanita dengan kodrat yang berperasaan halus, pendengar yang baik, sabar, mampu mengolah bahasa verbal hingga mampu mempengaruhi orang lain secara psikologis. Wanita adalah makhluk yang sangat pengertian dan mudah berempati. Bidang psikologi sangat cocok dan menjadi jurusan terbaik untuk wanita.

Salah satu psikolog wanita yang sangat fenomenal adalah Elly Risman. Banyak sekali kuliah psikologi yang yang diikuti para orang tua. Ibu Elly risman ini pemerhati masalah perkembangan anak dan parenting. Banyak materi pola asuh anak yang disampaikannya dalam beberapa seminar, berhasil mencerahkan orang tua di Indonesia.

Jurusan Hukum

Jurusan hukum juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan untuk wanita. Jurusan hukum terbilang jurusan yang cocok bagi wanita karena sesuai dengan karakternya yang kritis. Kemampuan berbahasa yang dimiliki wanita umumnya lebih baik dibanding pria. Cara berbicara wanita bisa lebih berpengaruh daripada pria.

Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Mudah Dipelajari

Profesi sebagai pengacara merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan secara finansial. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bayaran yang diterima oleh pengacara sangat tinggi untuk tiap kasus yang ditangani. Penampilan seorang pengacara yang elegan, intelektual dan penuh percaya diri selalu menjadi inspirasi.

Ketujuh jurusan di atas adalah jurusan yang paling cocok bagi wanita. Dan dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi kamu para wanita yang menginginkan karir cemerlang dimasa depan. Walaupun pemilihan jurusan sebaiknya disesuaikan dengan passion. Tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita.