Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang terdapat pada fakultas ekonomi. Jurusan ini menjadi jurusan yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jumlah mahasiswanya pun terbilang sangat banyak. Jurusan ini menjadi piliha favorit bagi calon mahasiswa sebagai jurusan yang ingin ditekuni. Jurusan ini banyak sekali nilai-nilai kepemimpinan.

Sangat beralasan memang, karena jurusan manajemen ini adalah jurusan yang lulusannya paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan swasta. Jurusan yang cukup fleksibel bisa masuk ke banyak lini disiplin ilmu. Dan dalam dunia kerja, lulusan fakultas ekonomi dan fakultas manajemen paling banyak dibutuhkan, karena sangat erat hubungannya dalam hal financial dan profit perusahaan.

Kuliah jurusan manajemen sering dianggap remeh dan enteng oleh masyarakat. Karena selama perkuliahannya tidak banyak terlihat aktifitas di luar kelas. Tetapi sebenarnya jurusan kuliah manajemen ini tidak mudah. Banyak sekali yang harus dipelajari dan dihafal. Sedangkan pada kenyataan di lapangan ilmu yang dipelajari ini harus dapat diaplikasikan.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Manajemen

Dalam jurusan kuliah manajemen terdapat beberapa disiplin ilmu. Sebelum memilih jursan yang akan diambil dan dijalani selama masa perkuliahan, harus dipahami dahulu kelebihan dan kesulitan dari masing-masing jurusan. Kemudian akan menjadi pertimbangan yang harus disesuaikan dengan kapasitas masing-masing calon mahasiswa.

Baca Juga : Macam-macam Jurusan Kuliah dan Prospeknya

Fakultas manajemen meliputi beberapa jurusan manajemen. Sama-sama mempelajari ilmu manajemen tetapi inti disiplin ilmunya tentu berbeda dan lebih spesifik. Kenali kemampuan dan bakat diri sendiri sebelum memutuskan jurusan yang dipilih. Tidak ada salahnya meminta pertimbangan orang tua, atau senior yang yang sudah berpengalaman kuliah di jurusan tersebut.

Sesuaikan dengan passion dan karir yang ingin dicapai. Belajar dan bekerja sesuai passion akan memberikan hasil yang maksimal di setiap pencapaian. Pilih jurusan yang mempunyai prospek karir yang menjanjikan. Meskipun semua lulusan manajemen terbilang mudah mendapat pekerjaan. Tetapi pekerjaan yang bergengsi tentunya menjadi target yang harus dicapai. Bukan sekedar bekerja dan mendapat penghasilan.

Manajemen Bisnis

Bagi kamu yang ingin berkecimpung di dunia bisnis, meneruskan bisnis orang tua, merintis bisnis dan ingin mengembangkannya, kamu bisa memilih manajemen bisnis sebagai jurusannya. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai seluk beluk bisnis, strategi bisnis sampai kepemimpinan. Karena kamu nantinya diharapkan menjadi pemimpin paling tidak sebagai pengawas.

Materi yang akan kamu pelajari dalam kuliah jurusan manajemen bisnis adalah pengantar bisnis, perilaku organisasi, manajemen pemasaran, manajemen opersional, e-commerce, sistem informasi manajemen dan analisis laporan keuangan. Pengantar bisnis akan mengenalkan kamu tentang apa yang dimaksud bisnis, bagaimana memulai bisnis, apa saja kendala yang dihadapi pebisnis ketika merintis bisnis dan menjalankannya.

Perilaku organisasi mempelajari interaksi bisnis, dengan masyarakat sebagai pasar, dengan competitor dan antar orang-orang yang berhubungan langsung dalam bisnis. Manajemen pemasaran tentu materi yang sangat penting dalam bisnis. Disini mahasiswa belajar menghitung skala bisnis dan ratio pasar. Tujuan berbisnis sendiri pada dasarnya adalah memasarkan produk atau jasa sehingga dicapai keuntungan.
E-commerce dan sistem informasi manajemen mempelajari bisnis dalam pengaplikasiannya di dunia digital. Kedua materi ini sesuai dengan perkembangan era milenial saat ini. Dimana hampir semua lini bisnis dikendalikan oleh sistem digital dan koneksi internet. Manajemen bisnis sendiri merupakan jurusan kuliah manajemen yang dinamis dan berkembang mengikuti jaman.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran pada beberapa fakultas manajemen dijadikan salah satu jurusan yang berdiri sendiri. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan pemasaran produk dari bisnis yang dijalani. Marketing atau pemasaran adalah ujung tombak dari bisnis. Produk yang diproduksi harus dapat dikeluarkan atau dipasarkan secara menyeluruh.

Disini mahasiswa akan belajar tentang strategi pemasaran yang jitu untuk sebuah produk bisnis. Lulusan dari jurusan manajemen pemasaran paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan retail bergengsi di tanah air. Dengan harapan produk dari bisnis mereka laku di pasaran. Selain itu lulusan manajemen pemasaran bisa merintis bisnisnya sendiri dan membentuk tim penjualan yang baik.

Manajemen Perbankan

Bagi kamu yang mempunyai impian berkarir di dunia perbankan. Sangat disarankan mengambil kuliah jurusan manajemen perbankan. Kamu bisa melamar pekerjaan di bidang perbankan dengan posisi yang strategis yang memperoleh penghasilan yang tinggi. Disini akan dipelajari apa saja yang biasa dihadapi dalam dunia perbankan. Prospek bisnis perbankan, dan bagaiman alur pekerjaan dalam perbankan.

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Materi yang dipelajari dalam manajemen perbankan diantaranya adalah jenis bank, produk-produk perbankan, jasa perbankan, sumber dana bank dan alokasi dana bank. Jurusan ini mempelajari jenis bank mulai dari bank konvensional, bank central sampai bank syariah. Produk-produk perbankan yang dipelajari meliputi sisi pasif dan aktif. Sisi pasif yaitu giro, tabungan dan deposito.

Produk dari sisi aktif meliputi kredit modal kerja, kredit investasi, dan semua yang berhubungan dengan perkreditan. Ada juga jasa yang ada dalam perbankan misalnya, transfer di dalam maupun keluar negeri, inkaso, bank guarantee, letter of credit, deposit box, transaksi ekspor impor, ATM dan m-banking. Kemudian mempelajari tentang sumber dana perbankan.

Sumberdana perbankan berasal dari intern bank itu sendiri, dari himpunan dana masyarakat dan dari sumber lain seperti kredit likuiditas dari bank Indonesia, pinjaman antar bank, pinjaman dari bank luar negeri, dan surat berharga pasar uang. Kemudian memperlajari juga mengenai alokasi dana bank. Yaitu alur dana bank yang dialokasikan untuk memberi bantuan kepada masyarakat.

Manajemen Keuangan

Bercita-cita ingin menjadi manajer keuangan professional dan handal? Jurusan kuliah manajemen keuangan adalah solusinya. Disini kamu akan dibentuk menjadi pribadi yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam suatu perusahaan. Kamu akan banyak belajar bagaimana cara memaksimalkan kinerja di bidang keuangan untuk meningkatkan profit perusahaan.

Bekerja sebagai manajer keuangan, dituntut untuk mampu mengatur orang-orang atau staf di bawahnya untuk bisa bersama-sama mewujudkan visi dan misi perusahaan. Bisa merancang strategi untuk peningkatan pendapatan perusahaan. Dan mampu membuat keputusan strategis untuk kemajuan perusahaan.

Manajemen SDM

Masuk jurusan manajemen SDM, kamu akan belajar mengenai sumber daya manusia dalam kaitannya untuk kepentingan kemajuan perusahaan. Mempelajari cara menangani masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk sama-sama mewujudkan tujuan perusahaan. Lulusan kuliah jurusan manajemen SDM ini nantinya akan berpeluang meniti karir sebagai staf HRD.

Seorang staf HRD harus mampu melakukan proses rekrutmen karyawan, menyusun SOP perusahaan, megevaluasi anggaran perusahaan, membantu pimpinan perusahaan menyelesaikan permasalahan internal, mengadakan konseling dan membantu permasalahan karyawan. Hampir semua permasalahan yang berhubungan dengan karyawan dan kinerjanya adalah tanggung jawab seorang staf HRD.

Manajemen Operasional

Jurusan manajemen yang satu ini mempelajari analisis produk mulai dari pembuatan sampai alur pemasaran. Mempelajari mulai dari SDM, peralatan, bahan baku, mesin, dan semua yang berpengaruh pada kinerja perusahaan. Manajer operasional harus memahami isu-isu strategis dalam menentukan rencana produksi. Selain itu juga mengerjakan beberapa tanggung jawab penting.

Mengontrol kualitas produk sebelum dipasarkan, menjaga dan melaksanakan kebijakan perusahaan, mengatur skala inventaris, mengatur semua proses pengerjaan dan sebagainya. Begitu banyaknya kemampuan manajerial yang harus dikuasai oleh manajer opersional menjadikan profesi ini menjadi pekerjaan yang strategis di perusahaan.

Manajemen Informatika

Manajemen informatika menjadi jurusan yang cukup favorit di jurusan kuliah manajemen. Sejak kemunculannya sekitar tahun 2002, jurusan ini dinilai sebagai jurusan yang bergengsi. Sesuai dengan perkembangan era digital. Hampir semua bidang berhubungan dengan sistem informatika. Era digital dan sistem informatika ini menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa.

Belajar dan bekerja dengan gadget dianggap menyenangkan bagi sebagian besar mahasiswa. Karena semua bisa menjadi lebih praktis dan mudah. Ilmu ini yang akhirnya dipelajari dan ditekuni oleh banyak mahasiswa. Pada intinya ilmu ini mempelajari manajemen informasi melalui bahasa computer. Sehingga mahasiswa bisa lebih memahami tentang teknologi informatika lebih jauh.

Dalam jurusan ini dipelajari dua konsentrasi ilmu yaitu pemrograman dan desain. Bahasa pemrograman yang diperlajari berguna untuk mendesain web atau aplikasi. Kemampuan ini banyak dicari oleh perusahaan. Keahlian yang dimiliki ini cukup banyak berguna dalam menunjang kemajuan teknologi yang digunakan perusahaan dan berguna untuk kemudahan pekerjaan.

Sistem informatika berguna di hampir semua bidang usaha. Mulai dari rumah sakit, perbankan, perusahaan swasta, perusahaan negeri, perusahaan manufactur dan masih banyak lagi. Di jaman modern yang semuanya dikenadlikan dengan internet dan perangkat computer ini, tuntutan akan ketersediaan tenaga bidang informatika semakin meningkat.sebab perusahaan berlomba-lomba mengikuti perkembangan jaman agar tetap bertahan.

Prospek Karir Kuliah Jurusan Manajemen

Prospek karir jurusan manajemen sangat terbuka lebar. Semakin berkembangnya dunia bisnis, semakin ketat persaingan yang ada. Kebutuhan akan tenaga kerja handal dalam hal manajerial semakin meningkat. Lulusan manajemen umumnya mudah sekali mendapat pekerjaan karena semua bidang usaha membutuhkan seorang manajer sesuai bidangnya.

Jurusan ini bisa masuk di segala bidang dalam perusahaan. Sangat fleksibel. Bisa menjadi tenaga pengajar, karena banyak sekali orang yang ingin mempelajari ilmu manajemen untuk kebutuhan peribadi maupun perusahaan. Bisa berkarir di perusahaan pertambahan sebagai manajer operasional atau manajer keuangan atau yang lainnya. Karena semua bidang membutuhkan.

Sebagai staf pemasaran, profesi marketing paling banyak dicari oleh perusahaan. Profit perusahaan paling banyak diperoleh melalui hasil penjualan. Jadi konsentrasi suatu perusahaan adalah penjualan unit produk sebanyak-banyaknya dengan jangkauan seluas-luasnya. Secara berkesinambungan penjualan akan menigkatkan proses dan hasil produksi. Kemudian berputar kembali meningkatkan angka penjualan. Semakin hari profit prusahaan akan semakin besar.

Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Mudah Dipelajari

Bisa membuka bisnis sendiri dan berwirausaha secara mandiri, memanfaatkan ilmu yang sudah didapatnya selama masa perkuliahan. Ini merupaka karir yang paling menarik. Karena tidak perlu bertanggung jawab pada atasan, tidak bekerja sesuai tekanan pihak luar, waktu kerja lebih fleksibel. Semua bisa dikerjakan sendiri, bisa juga dengan memperkerjakan orang lain untuk membantu.

Apapun pilihan karir yang akan ditempuh. Aplikasi dari ilmu manajemen yang didapat akan besar manfaatnya bagi pengembangan karir. Semakin kompeten, orang atau perusahaan akan semakin percaya dan bersedia membayar mahal atas kinerja kita. Dalam berwirausaha, ilmu manajemenpun sangat berguna. Inilah alasan kuliah jurusan manajemen menjadi pilihan yang paling banyak diminati.