Universitas Tarumanagara merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang bisa menjadi pilihan. Dengan beragam jurusan, sehingga setiap calon mahasiswa baru dapat dengan mudah menentukan pilihannya masing-masing.

Profil Jurusan Universitas Tarumanagara

Mengenal lebih dalam profil jurusan Universitas Tarumanagara. Pada awalnya perguruan tinggi ini hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi. Sehingga, perguruan tinggi ini dulunya disebut dengan Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara.

Seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan, Universitas Tarumanagara menambah beberapa fakultas dan jurusan. Dengan tujuan mampu membentuk dan menghasilkan lulusan berkualitas serta memiiki jiwa profesional dengan integritas yang baik.

Selain itu, dengan adanya sarana dan prasarana yang telah tersedia, Universitas Tarumanagara mampu membantu mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara. Hal ini juga merupakan bagian dari visi yang dimiliki.

Baca Juga : Akreditasi Universitas Tarumanagara

Beberapa Jurusan yang Bisa Dijadikan Pilihan di Universitas Tarumanagara

Untuk program Diploma atau D3, Universitas Tarumanagara menyediakan beberapa pilihan jurusan seperti jurusan Akuntansi, jurusan Manajemen Pemasaran dan Manajemen Perpajakan. Selain itu, terdapat pula pendidikan profesi yaitu Profesi Dokter, Profesi Pendidikan dan Profesi Akuntansi.

Ada banyak sekali program jurusan yang bisa diambil dalam S1 yaitu; Teknik Informatika, Desain Interior, Akuntansi, Manajemen, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Hukum, Arsitektur, Teknik Sipil, Psikologi, Teknik Industri, Pendidikan Dokter, Teknik Elektro, Ilmu Komunikasi, dan lain-lain.

Untuk kamu yang akan melanjutkan ke jenjang S2, ada beberapa pilihan jurusan yang tersedia di sini, seperti jurusan Ilmu Hukum, jurusan Teknik Sipil, jurusan Akuntansi, jurusan Manajemen, Perencanaan Wilayah dan Kota, Psikologi, serta jurusan Ilmu Teknik Sipil.

Keunggulan Jurusan di Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara merupakan universitas unggulan dengan banyak program pendidikan yang bisa dijadikan pilihan, yaitu D3, pendidikan profesi, S1 dan juga S2. Setiap jenjang memiliki program jurusan berbeda antara satu dengan lainnya.

Namun, yang menjadi nilai tambah dari Universitas Tarumanagara karena banyaknya jurusan yang sudah terakreditasi A. Dengan begitu, tidak heran jika Universitas ini menjadi salah satu universitas yang banyak diminati.

Baca Juga : Biaya Kuliah Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Berbicara mengenai jurusan, pasti ada kelebihan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Untuk mempertahankan kualitas pembelajaran dan menghasilkan lulusan terbaik setelahnya, Universitas Tarumanagara memfasilitasi para mahasiswa dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung.

Alasan Memilih Universitas Tarumanagara

Memilih universitas terbaik tentu harus dilandasi dengan beberapa alasan. Begitu juga dengan Universitas Tarumanagara. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus berkuliah di universitas tarumanagara:

  1. Universitas Swasta Ternama

Seperti yang diketahui, Universitas Tarumanagara merupakan salah satu Universitas swasta ternama di Indonesia. Dengan berbagai fakultas dan jurusan yang tersedia, tidak heran jika banyak siswa-siswi SMA yang bercita-cita melanjutkan Pendidikan disini.

Selain itu, Universitas Tarumanagara juga memiliki visi misi yang jelas yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas, berbudi luhur, profesional serta berguna bagi nusa dan bangsa. Untuk ke depannya, lulusan dari perguruan tinggi ini juga dipersiapkan menjadi entrepreneur yang penuh integritas.

  1. Banyaknya Jurusan yang Bisa Dipilih

Dengan berkuliah di Universitas Tarumanagara, Kamu bisa memilih banyak pilihan jurusan yang tersedia. Jurusan ini terbagi dalam beberapa fakultas dibeberapa lokasi kampus, seperti kampus 1, kampus 2 dan kampus 3.

Setiap gedung kampus memiliki berbagai fasilitas berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan jurusan di dalamnya. Sehingga, sarana prasarana akan berguna dan dapat menunjang kegiatan pembelajaran sepenuhnya. Mahasiswa tidak perlu ragu lagi dengan kualitas serta layanan pendidikan yang tersedia.

  1. Semua Jurusan Terakreditasi

Akreditasi merupakan hal terpenting yang harus dijadikan pertimbangan oleh para siswa yang ingin melanjutkan perkuliahan. Universitas Tarumanagara memiliki banyak jurusan yang rata-rata terakreditasi A. Akreditasi ini merupakan hal penting yang berguna bagi semua lulusan.

Akreditasi akan mendukung reputasi bagi universitas, lulusan serta dosen di dalamnya. Karena dengan akreditasi yang baik, lembaga memiliki standar dan mutu yang baik. Sehingga dapat menghasilkan lulusan berkualitas di bidangnya.

Beberapa Pertimbangan Saat Memilih Berkuliah di Universitas Tarumanagara

Memilih jurusan kuliah bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika belum mengetahui tujuan kamu. Agar kuliah yang kamu pilih tidak sia-sia, berikut beberapa bahan pertimbangan untuk kamu sebelum memiih jurusan:

  1. Menyesuaikan dengan Keinginan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih suatu jurusan adalah kamu harus menyesuaikan jurusan dengan keinginan. Ketahuilah minat dan bakat terlebih dulu agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Sehingga, kamu akan belajar dengan senang saat menjalani perkuliahan.

Misalnya kamu memiliki ketertarikan pada cabang IPA atau science, maka kamu bisa memilih jurusan yang cocok seperti Kedokteran, Biologi, Biokimia dan lain-lain. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan ketertarikan pada jurusan yang kamu pilih.

  1. Motivasi Diri

Motivasi diri sama dengan mengetahui tujuan utama kamu berkuliah Memiliki motivasi diri yang kuat dapat menjadi suatu dorongan untuk tetap bertahan, meskipun banyak rintangan saat menjalankannya.

Kuliah bukan suatu hal mudah seperti yang dipikirkan sebagian orang. Tidak heran jika banyak mahasiswa berhenti ditengah jalan baik karena kurangnya minat, biaya bahkan motivasi. Sehingga, dengan motivasi diri yang kuat kamu bisa menjalani pendidikan di bangku kuliah sampai selesai.

  1. Mengetahui Minat dan Hobi

Mengetahui minat dan hobi bukan sekedar belajar tentang hal-hal yang menarik saja, melainkan seberapa serius dan konsisten kamu menyalurkan minat yang kamu miliki. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat akan membantu kamu untuk menjalani perkuliahan dengan sepenuh hati.

Jika kamu tertarik dengan sebuah jurusan, tugas kuliah menumpuk tidak akan terasa sebagai beban. Misalnya saja, seseorang yang memiliki hobi menggambar atau melukis, maka jurusan desain grafis bisa menjadi pilihan terbaik.

  1. Menyesuaikan Kepribadian

Kepribadian seseorang akan membantu menentukan karir yang sesuai. Misalnya saja, Kamu bercita-cita menjadi seorang jurnalis, tentu yang kamu butuhkan adalah kemampuan menggali informasi dan juga kecakapan dalam berkomunikasi.

Tipe orang introvert tidak disarankan memilih karir ini. Dengan demikian, pertimbangan sesuai dengan kepribadian bisa menjadi salah satu cara untuk memilih jurusan. Kepribadian yang tepat bisa mendongkrak prestasi saat perkuliahan berlangsung.

  1. Jangan Mengikuti Orang Lain

Memilih jurusan karena mengikuti teman tidak disarankan. Karena yang menjalankan semua tugas tersebut adalah diri sendiri. Pilih jurusan berdasarkan pilihan pribadi dan bukan sekedar karena mengikuti jejak orang lain.

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 di Universitas Tarumanagara

Meminta saran boleh dilakukan, tentu dengan berbagai pertimbangan seperti biaya dan lain-lain. Bimbingan dari orang tua dan guru juga bisa menjadi salah satu jalan keluar. Namun, tetap saja jurusan harus sesuai dengan jalur pilihan kamu pribadi.

Dengan begitu, perkuliahan akan maksimal karena tidak ada tekanan dari pihak manapun.

Fasilitas yang ada di Universitas Tarumanagara

Berbagai macam layanan fasilitas tersedia di Universitas Tarumanagara. Fasilitas tersebut merupakan bagian penting sebagai penunjang kegiatan belajar. Dan penelitian untuk berbagai jurusan. Di antara beberapa fasilitas tersebut meliputi:

  1. Ruangan Praktikum

Semua jurusan di Universitas Tarumanagara menyediakan ruangan yang memadai untuk kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan bagian dari fasilitas yang harus disediakan agar semua kegiatan perkuliahan bisa berjalan dengan optimal.

Ruang belajar yang kondusif akan membuat setiap mahasiswa merasa nyaman selama masa perkuliahan. Meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan seharian, mahasiswa tidak merasa lelah yang membuat suasana menjadi membosankan.

  1. Laboratorium

Universitas Tarumanagara menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan perkuliahan. Salah satunya adalah, laboratorium yang hampir bisa ditemukan di setiap fakultas. Masing-masing laboratorium disesuaikan dengan kebutuhan setiap jurusan dan program studi.

Laboratorium Jurusan Universitas Tarumanagara

Misalnya saja, di fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara  tersedia fasilitas laboratorium, pasar modal, laboratorium pengembangan ekonomi wilayah dan juga laboratorium pengembangan ekonomi komunitas dan lokal.

Dengan begitu, pola pikir setiap mahasiswa akan berkembang secara maksimal. Karena ketika melakukan praktek kerja, semua peralatan sudah mendukung dan memadai.

  1. Perpustakaan

Dalam dunia perkuliahan, pasti membutuhkan banyak referensi. Walaupun hanya sekedar membaca atau mendapatkan berbagai informasi saat mengerjakan tugas-tugas selama perkuliahan. Universitas Tarumanagara sadar bahwa perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang penting.

Perpustakaan Jurusan Universitas Tarumanagara

Oleh karena itu, perpustakaan menjadi hal yang diutamakan. Masing-masing perpustakaan menyediakan beragam koleksi buku yang diperlukan oleh para mahasiswa ataupun dosen. Pastinya berkaitan dengan bidang ilmu pada setiap fakultas di dalamnya.

  1. Pusat kebugaran yang lengkap

Tarumanagara Fitness Centre merupakan salah satu fasilitas penunjang yang terdapat di Gedung Olah Raga Universitas Tarumanagara. Di dalamnya, tersedia berbagai fasilitas dan peralatan olah raga, termasuk ruang ganti, toilet, sauna dan peralatan lainnya.

Tarumanagara Fitness Centre

Selain itu, fitness center ini juga digunakan untuk beberapa kegiatan dan perlobaan dari cabang olah raga sejak pertama kali didirikan. Seperti penyelenggaraan rutin yang diadakan langsung oleh tarumanagara fitness centre atau yang biasa disebut sebagai UNTAR Fitness Award.

  1. Kantin

Melakukan kegiatan perkuliahan seharian pasti membat para mahasiswa merasa kelelahan. Tidak heran jika kantin merupakan bagian dari fasilitas kampus yang ramai setiap harinya. Bukan hanya sekedar untuk makan, terkadang kantin juga digunakan sebagai tempat berdiskusi dan melakukan kegiatan kelompok.

Kantin Jurusan Universitas Tarumanagara

Pada tahun lalu, kantin di Universitas Tarumanagara mendapatkan pneghargaan sebagai ”Kantin Sehat” dalam perlombaan yang diadakan oleh Menteri Kesehatan. Hal ini bukan tanpa alasan, Universitas Tarumanagara sangat memperhatikan menu dan mutu yang disajikan oleh para pemilik kedai di kantin tarumanagara.

  1. Gedung Parkir

Gedung parkir menjadi salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menampung kendaraan setiap mahasiswa. Gedung parkir ini sangat dibutuhkan semua mahasiswa, terutama yang membawa kendaraan dari luar kota.

Universitas Tarumanagara memfasilitasi gedung parkir yang teratur dan juga aman untuk setiap mahasiswa. Meski demikian, mahasiswa tetap diperingatkan untuk berhati-hati dan mengunci kendaraannya, hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian tidak diinginkan yang kerap luput dari perhatian.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

Memang sudah selayaknya Universitas Tarumanagara menjadi salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Banyaknya jurusan Universitas Tarumanagara menjadi salah satu alasan kenapa banyak sekali lulusan SMA yang ingin melanjutkan kuliah di sini.