Halo Guys, masa SMA akan segera berakhir persiapan kamu untuk masuk ke perguruan tinggi sudah sampai mana guys?. Untuk kamu para siswa lulusan SMU bidang Ilmu Pengetahuan Alam, berikut ini akan kami beri gambaran berupa jurusan yang cocok buat kalian anak IPA, agar bidang perkuliahan kamu tetap berada di jalur yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Penyebab Siswa Tidak Melanjutkan Kuliah

Semakin tingginya tuntutan kebutuhan membuat sebagain besar generasi penerus bangsa memilih jalan untuk mencari uang daripada melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Hal ini tentu sangat disayangkan, Terutama bagi siswa lulusan IPA. Tidak banyak diketahui bahwa jurusan ilmu tersebut sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan, ketika kamu dapat melanjutkan ke jenjang kuliah yang sesuai.

Problematikan Anak IPA saat Akan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Indonesia masih terus mamacu keahlian generasi muda di bidang keilmuan maupun kreativitas. saat ini dibutuhkan pendidikan yang maksimal agar dapat bersaing di dunia kerja nantinya.

Baca Juga : Program Studi UNTAR Jakarta

Oleh karena itu, tingkat pendidikan lanjut seperti kuliah harus kamu lanjutkan, selain mempersiapkan diri agar dapat bersaing lebih baik, kamu dapat mengasah keterampilan kehidupan bermasyarakat. Sebab, Perguruan Tinggi akan mengajarkan Kamu menjadi pribadi yang siap untuk berkompetisi.

Tidak jarang siswa SMA memilih untuk mencari uang setelah lulus sekolah. Karena menganggap kuliah terlalu rumit, banyak memakan biaya dan juga tidak menjamin akan memperoleh penghasilan lebih besar dan pekerjaan yang lebih baik.

Terutama bagi Kamu yang saat ini sedang ada di bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jangan berpikiran dangkal dan terlalu tergesa-tesa untuk berkeinginan mencari uang atau pekerjaan. Berikut ini akan kami bagikan beberapa jurusan yang cocok untuk kalian para lulusan dari IPA agar ilmu pengetahuanmu semakin terarah dan bermanfaat.

Jurusan yang Cocok untuk Anak IPA di Perguruan Tinggi

Sebelum memutuskan jurusan di Perguruan Tinggi, ada baiknya Kamu memilah dan memilih terlebih dahulu beberapa prodi serta pahami secara mendalam seluk beluk jurusan tersebut. Berikut ini macam-macam pilihan jurusan yang cocok untuk anak IPA yang masih bingung dalam memilih jurusan:

1. Fisika

Jurusan yang cocok untuk anak IPA yang yang pertama adalah Fisika. Bagi Kamu anak IPA yang suka dengan ilmu fisik seputar Alam, maka wajib mencari tau jurusan Fisika ini. Sebab, di dalamnya akan diajaarkan berbagai praktik seperti perhitungan jarak bumi dan prospek kerja industri dimasa depan.

2. Ilmu Biologi

Suka dengan ilmu mengenai mahluk hidup?

Jurusan Biologi ini wajib Kamu jadikan pertimbangan Guys. Terutama bagi kamu yang menyukai tantangan dengan berbagai hal ekstrim. Di dalam jurusan ini kamu akan diajarkan tentang unsur, bagian-bagian tubuh hewan, tumbuhan serta unsur hara didalam tanah. Sangat menarik bukan?

3. Ilmu Kimia

Pada dasarnya jurusan ilmu kimia ini akan mengajari Kamu cara untuk berksperimen dengan senyawa-senyawa kimia. Namun, biasanya di perguruan tinggi tertentu ilmu ini terbagi menjadi beberapa bidang seperti ilmu analisis dan ilmu peramuan bahan kimia lainnya.

4. Kedokteran

Perlu diketahui bahwa Kamu juga bisa mendaftar di Fakultas Ilmu Kedokteran. Dengan berfokus pada bidang ini, maka berbagai bentuk pratikum dapat kamu pelajari. kamu juga, dapat melanjutkan ke bidang yang lebih spesifik dengan mengambil jurusan spesialis nantinya.

5. Pendidikan Matematika

Mengingat tingginya angka kebutuhan terhadap pendidik di bidang Matematika. Maka bagi Kamu anak IPA memiliki peluang yang besar untuk menjadi bagian didalamnya. Terutama bagi kamu yang berminat untuk menjadi Guru. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya?

6. Teknik Arsitektur

Untuk Kamu yang hobi dalam mengerjakan proyek bangunan dan desain? Salah satu jurusan yang sangat cocok untuk bergabung di perguruan tinggi melalui bidang Teknik Arsitektur.
Sebuah kebanggan tersendiri ketika menempuh prodi ini kamu akan diikut sertakan pada berbagai jenis proyek pembangunan.

7. Teknik Informatika

Ingin lebih paham dan menguasai ilmu teknologi? Tidak perlu bingung, karena masih ada berbagai macam prodi yang tidak hanya berfokus di bidang Pengetahuan Alam, namun tetap sejalan dengan bidangmu. Salah satunya adalah Teknik Informatika. Jurusan ini menerima lulusan siswa dari berbagai jurusan terutama IPA.

8. Ilmu Pertanian

Bagi kamu yang tertarik dengan bidang bercocok tanam, maka Kamu wajib melanjutkan kuliah dibidang ilmu pertanian. Disini kamu akan mempelajari mengenai cara mengolah, memupuk dan melakukan berbagai perawatan tanaman di tanah pertanian. Agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dengan jumlah produksi yang maksimal

9. Farmasi

Ingin bergabung dibidang kedokteran tetapi tidak sanggup menjalankan persyaratan didalamnya?

Kamu ga perlu putus asa. Sebab, masih ada jurusan yang cocok untuk Kamu para lulusan IPA, salah satunya adalah Farmasi. Di dalam prodi ini kamu akan diajarkan cara meracik dan menentukan komposisi obat-obatan untuk pasien dan juga dapat melanjutkan karir menjadi apoteker.

10. Teknik Sipil

Di bidang studi ini, nantinya Kamu akan diajarkan berbagai jenis ilmu mengenai proyek pembangunan seperti di jurusan Arsitektur.

11. Teknik Elektro

Di tengah kemajuan bidang teknologi, Indonesia sangat membutuhkan penerus yang memiliki keahlian di bidang elektro. Dengan menekuni pendidikan di bidang tersebut, Kamu dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui bidang robotik.

12. Ilmu Peternakan

Jangan menganggap jurusan kuliah yang satu ini sebagai pilihan kelas dua. Sebab, perlu Kamu ketahui sebagian besar para pemilik usaha di bidang peternakan berhasil, karena menempuh pendidikan di bidang ini.

13. Agriteknologi

Tahukah Kamu?

Di beberapa Perguruan Tinggi teknik menyediakan salah satu prodi yang tidak kalah menarik untuk Kamu tekuni Guys, salah satunya adalah Agriteknologi. Di sini akan lebih difokuskan mengenai alat-alat apa saja yang dapat menunjang keberhasilan pertumbuhan suatu jenis tanaman.

14. Kesehatan Lingkungan

Tertarik menjadi pengamat alam sekitar?

Jurusan yang satu ini akan mengajarkan Kamu mengamati berbagai jenis kondisi alam. Terlebih-lebih tentang bagaimana kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Dengan menekuninya, kelak kamu dapat bekerja di Dinas Kesehatan.

15. Agribisnis

Sebagian besar lulusan yang bergabung ke dalam jurusan ini adalah mereka yang berminat untuk menjadi seorang pengusaha di bidang tanaman. Sebab, ruang lingkup keilmuannya lebih luas selain itu kamu juga diajarkan cara sebagai enterpreuner handal dalam bidang pertanian.

Tips Lulus Sekolah Tepat Waktu

Kamu tertarik melanjutkan kuliah setelah membaca beberapa pilihan jurusan buat para siswa lulusan IPA diatas?

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi mahasiswa berprestasi di bidang Ilmu Pengetahuan Alam yang saat ini sedang kamu tekuni. Karena banyak beasiswa yang menanti, berikut ini beberapa tips agar kamu dapat kuliah tepat waktu:

1. Sadari Kewajiban Sebagai Seorang Siswa

Saat ini, banyak siswa bersekolah hanya sekedar memenuhi keharusan wajib belajar selama 12 tahun dari pemerintah. Sehingga, lupa akan tujuan mengenai masa depan. Bagi Kamu yang berminat untuk melanjutkan kejenjang lebih tinggi, sudah seharusnya sadar akan kewajiban kamu sebagai seorang siswa.

2. Ikuti Mata Pelajaran dengan Serius

Mengikuti semua mata pelajaran dengan serius adalah hal yang harus Kamu jalankan, terutama bagi kamu anak IPA. Perlu diketahui sebagian besar Perguruan Tinggi melakukan seleksi ketat bagi calon mahasiswa di Jurusan dengan ilmu Pendidikan berlatar belakang IPA.

3. Tahan Dulu Hasrat Untuk Bersenang-Senang

Para siswa tingkat akhir merasa bebas karena segala bentuk beban pikiran terhadap pelajaran segera usai. Untuk Kamu yang ingin melanjutkan kuliah pada salah satu jurusan di atas, kamu perlu mengganti waktu bersenang-senang dengan mempelajari soal ujian saringan masuk nantinya.

4. Bagi Waktu Sebaik Mungkin

Atur jadwal sebaik mungkin, tidak dapat dipungkiri bahwa beban yang ditanggung selama menjalani masa sekolah dengan berbagai mata pelajaran membuat Kamu merasa penat dan terbebani. untuk mencegah stress, kamu harus pandai membagi dan mengelola jadwal kegiatan kamu secara teratur.

5. Dapatkan Gambaran Untuk Jurusan di Perkuliahan Nanti

Salah satu hal terpenting untuk Kamu agar dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, terutama di bidang jurusan IPA, haruslah memiliki gambaran perihal kampus dan prodi mana yang akan kamu ambil kelak. Hal ini bertujuan agar dapat menambah semangat dalam belajar.

6. Rajin Berkonsultasi dengan Wali Kelas

Jangan ragu dan malu untuk berkomunikasi dengan wali kelas. Kegiatan ini bermanfaat buat Kamu dalam memilih jurusan yang sesuai dengan ilmu di bidang IPA saat ini. Karena Guru akan memberikan kamu berbagai masukan yang terbaik.

7. Maksimalkan Nilai Dari Awal Hingga Akhir

Kamu ingin mendapatkan beasiswa dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa mengikuti tes?

Maka, wajib untuk kamu memperbaiki nilai raport mulai dari kelas X hingga XII karena nantinya perolehan angka tersebut berguna untuk kamu mendaftar melalui jalur undangan seperti SNMPTN atau SPANPTKIN, tanpa dipungut biaya.

8. Lakukan Dengan Sungguh-Sungguh

Ingin lulus sekolah tepat waktu atau tetap nyaman di zona sekolah, itu pilihan kamu. untuk Kamu yang ingin segera menjadi mahasiswa dengan menjajaki bidang ilmu baru, maka lakukan segala hal dengan sungguh-sungguh. Seperti tekun belajar dan sukses dalam ujian.

9. Belajar Soal-Soal Ujian tertulis

Satu hal terpenting yang harus Kamu lakukan adalah belajar berbagai soal tes untuk ujian tertulis. Jangan pernah beranggapan kamu seratus persen akan lulus melalui jalur undangan. Ingat, persaingan semakin ketat dan kamu harus mempersiapkan diri terhadap berbagai kemungkinan.

Baca Juga : Tips Makan Sehat Anak Kost

Di tengah semakin tingginya jumlah peminat perguruan tinggi yang disebabkan meningkatnya angka persaingan, Kamu harus benar-benar belajar semaksimal mungkin

Sekian artikel beberapa jurusan yang cocok untuk anak IPA, semoga membantu.