Kuliah merupakan momen yang paling ditunggu, karena merupakan masa paling menyenangkan dan pastinya berbeda dengan ketika di sekolah. Namun jangan salah, karena tidak semuanya seindah bayanganmu lho. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui sebagai seorang mahasiswa baru di kampus pilihanmu.

Kebiasaan Umum yang Dilakukan oleh Mahasiswa Baru

Ngomongin soal tahun ajaran baru di perkuliahan, ada satu topik hangat yang selalu diperbincangkan yaitu tentang mahasiswa baru yang memiliki kebiasaan unik sehingga mudah untuk dikenali, salah satunya adalah jalan bergerombol, mungkin karena mereka kurang pede berkeliaran di kampus sendirian.

Kebiasaan unik kedua mahasiswa baru adalah membawa tas gede dan buku yang sangat lengkap dan banyak. Apa yang mereka bawa tak lepas dari kebiasaan sewaktu jaman sekolah. Berbeda halnya dengan kebanyakan para senior yang cenderung malas membawa banyak buku.

Nih, kebiasaan khusus maba yang mudah banget untuk dibedakan dengan seniornya yaitu soal penampilan yang rapi dan klimis. Kalau mahasiswa tingkat atas cenderung cukup cuek, suka memakai celana robek, kaos oblong, rambut gondrong dan make up menor.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kebiasaan lain yang umumnya ditemukan pada mahasiswa baru adalah kebiasaan datang kuliah tepat waktu, bahkan cenderung datang lebih awal sebelum kelas dimulai, betul gak? Hal ini mungkin karena mereka masih takut dan tidak ingin menjadi pusat perhatian ketika terlambat.

Kendala yang Sering Dialami oleh Mahasiswa Baru

Dunia kampus tentunya mempunyai keseruan yang berbeda dengan di sekolah, dan pastinya dengan masalah yang berbeda pula. Nah, berikut ini beberapa masalah umum yang akan dialami oleh mahasiswa baru ketika awal Pendidikan berjalan.

Masalah pertama yang akan dialami oleh banyak mahasiswa baru adalah kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan. Apakah Kamu pernah mengalami masalah seperti ini? Untuk sebagian orang kuliah merupakan hal yang menyenangkan sekaligus juga menakutkan, bahkan membuatmu merasa asing.

Kebingungan saat bertanya soal perkuliahan merupakan masalah kedua yang banyak dialami, karena Kamu belum mengenal banyak orang yang bisa dijadikan tempat untuk bertukar pikiran. Umumnya rasa malu untuk bertanya menjadi kendala utama yang cukup serius.

Kegalauan lain yang akan kamu hadapi yaitu sikap ragu-ragu ketika memilih organisasi kampus. banyaknya pilihan oganisasi akan membuat kamu susah untuk menentukan mana yang cocok dan sesuai dengan passion atau hobimu. Bahkan, hal ini bisa menurunkan minatmu untuk bergabung dengan komunitas tertentu.

Hal-Hal yang wajib Diketahui oleh Mahasiswa Baru

Dunia kampus tentunya berbeda dengan sekolah. banyak mahasiswa baru yang beranggapan kalau kuliah itu menyenangkan. Buat Kamu yang saat ini sedang menyandang status mahasiswa baru, kamu perlu mengetahui beberapa hal agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru kamu. Seperti:

1. Guru dan Dosen adalah Dua Sosok karakter yang Berbeda

Perlu kamu ketahui kalau guru dan dosen itu sangat berbeda cara mengajarnya, saat berada di sekolah siswa akan diarahkan dan dibimbing oleh guru. Berbeda halnya dengan ketika kamu berada di kampus, Kamu akan dituntut untuk lebih mandiri dan bahkan tak jarang kamu akan diberikan tugas yang mengharuskan kamu untuk terjun ke lapangan secara langsung.

Sebagai mahasiswa kamu harus proaktif untuk mengembangkan kapasitas diri, karena di sini dosen hanya memberikan petunjuk dan selebihnya Kamu harus belajar sendiri. perlu kamu ingat bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan tentunya sistem pembelajarannya juga akan berbeda.

2. Jadwal Kuliah yang Berbeda dengan Sekolahan

Hal yang harus kamu ketahui sebagai seorang mahasiswa baru adalah mengenai jadwal kuliah. Jika sebelumnya Kamu terbiasa dengan jadwal sekolah dari Senin hingga Jumat, kini akan sangat berbeda karena jadwal kuliah dapat berubah sewaktu-waktu. Jangan sampai kamu tidak masuk kelas hanya karena salah informasi jadwal ya.

Perubahan jadwal yang mendadak adalah hal yang biasa terjadi di perkuliahan, Kamu harus terus mengupdate informasimu jika ada perubahan sewaktu-waktu. Mungkin awalnya akan terkesan aneh karena sudah terbiasa dengan sistem di sekolah, tetapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dan beradaptasi.

3. Bisa Sekelas dengan Senior

tidak perlu merasa kaget ketika Kamu sekelas dengan kakak tingkat. karena di dunia kampus tidak ada istilah tidak naik kelas, yang ada hanya mengulang mata kuliah tertentu saja.

Hal ini sangat umum terjadi, jadi kamu tidak perlu heran ketika tidak lulus satu mata kuliah dan Kamu harus mengulangnya.

4. Bisa Kuliah Sambil Kerja

Di dunia kampus kamu akan menemui banyak hal berbeda, awalnya mungkin akan terlihat aneh namun lama kelamaan kamu akan paham mengapa kejadian tersebut bisa terjadi. Salah satu contohnya Kamu akan menemui beberapa mahasiswa yang selalu datang terlambat bahkan sampai ketiduran.

Awalnya akan terlihat aneh, namun jangan berpikiran negatif dulu sama orang tersebut. coba kamu tanyakan alasan mengaapa hal itu bisa terjadi, mungkin karena mereka harus kuliah sambil bekerja untuk menambah uang jajan. Terlebih jika ada kesempatan dan jadwal kuliah yang padat.

5. Banyak Organisasi Mahasiswa yang Bisa kamu ikuti

Di kampus ada banyak jenis organisasi yang berbasis politik, seni, olahraga maupun budaya yang bisa kamu jumpai dan kamu ikuti. Berbeda halnya dengan ketika dibangku sekolah, dimana Kamu dapat bergabung dengan orgnisasi hanya sesuai dengan bakat dan minatmu saja.

Kamu perlu selektif memilih organisasi yang tepat, karena tidak semua organisasi memiliki tujuan yang baik bagi nusa dan bangsa. Selain itu, akan ada juga berbagai jenis komunitas, yang berisi banyak kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengembangkan kapasitas dalam dirimu.

Tips Menjadi Mahasiswa Baru

Untuk Kamu yang baru saja memasuki dunia perkuliahan kamu tidak perlu khawatir ataupun bingung. Karena menyandang status mahasiswa juga akan dituntut untuk bisa hidup lebih mandiri, bertanggung jawab dan mudah bergaul. Berikut ini beberapa tips untuk mempermudah hari-harimu:

1. Rajin Bersosialisasi dengan Orang Baru

Berada dilingkungan baru tentunya akan membuat kamu bertemu banyak orang yang belum kamu kenal. Berdasarkan pengalaman, orang yang pertama kali nantinya akan menjadi teman dekat hingga kamu lulus. Nah, meskipun demikian jangan sampai kamu terperangkap dengan lingkup pertemanan yang hanya itu-itu saja.

Kamu perlu memperluas jaringan dan relasi dalam bersosialisai dengan banyak orang, karena dengan banyaknya teman dapat memudahkan kamu ketika harus berhadapan dengan sebuah kesulitan. Kamu Pasti tahu, kalau jaringan sekarang ini sangat diperlukan untuk mempermudah segala semua urusan kamu. Terutama ketika berbisnis di masa depan.

2. Mengatur Waktu Sebaik Mungkin

Suasana kehidupan yang berbeda akan kamu rasakan sebagai seorang Maba, karena di sini Kamu akan menemui banyak kegiatan baru. Jika dulu kamu banyak menghabiskan waktu untuk nongkrong, secara pelan-pelan kamu harus merubah kebiasaan itu sekaarang.

Kamu harus lebih pintar dalam mengatur waktu, ada saatnya Kamu kuliah, waktu untuk belajar dan juga meluangkan diri untuk refresing. Semuanya harus seimbang, jangan sampai hal yang penting menjadi keteteran hanya karena tidak mampu mengatur kesibukanmu.

3. Kenali Lingkungan Kampus dengan Cepat

Kamu Tahu gak kalau predikat yang Kamu sandang sebagai mahasiswa mengharuskan kamu untuk bersikap lebih mandiri? Di sini kamu akan dituntut untuk melakukan segala hal tanpa harus bergantung kepada orang lain, terlebih ketika berada di tempat baru yang akan membuat kamu merasa asing.

Untuk itu penting buat kamu untuk mampu mengenali lingkungan kampus dengan cepat agar kamu tidak kesulitan dan kewalahan. Terutama ketika harus menyelesaikan urusan yang bersifat mendadak dan penting.

4. Tanamkan Rasa Semangat berkuliah

Ini adalah inti paling penting yang harus kamu lakukan, yaitu menanamkan rasa semangat ketika berkuliah. Sehingga, dapat menjalani proses belajar dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya itu saja, Kamu juga harus membuat komitmen kepada dirimu sendiri.

Mungkin Kamu akan menemui beberapa mata kuliah yang sangat membosankan, yang membuatmu enggan untuk hadir. Namun, dengan membuat komitmen, tidak ada alasan untuk kamu bermalas-malasan pergi ke kampus.

5. Jangan Malu untuk Berinteraksi dengan Kakak Angkatan

Tahu gak sih, semakin sering kamu berinteraksi dengan senior akan membawa banyak manfaat lho!. Kamu akan lebih mudah untuk mengenali lingkungan kampus. Bukan hanya itu, mereka juga akan membantu kamu dalam mengenal karakter dosen dan hal lainnya.

Kamu tidak perlu takut untuk berinteraksi dengan kakak angkatan, karena sebenarnya senior itu tidak semenyeramkan seperti cerita di dalam sinetron koq. Justru sebaliknya, mereka cenderung berniat baik untuk membantu kalian dalam perkuliahan.

6. Jangan menjadi Mahasiswa Kupu-kupu

Penting untuk kamu ketahui, kalau kampus merupakan wadah yang tepat untuk mengeksplor minat dan bakat kamu melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM). Di sini, selain kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, Kamu juga dapat memperluas jaringan pertemanan kamu!

Jika kamu Tak tertarik dengan UKM, tenang saja, karena masih banyak organisasi di luar kampus yang menarik untuk kamu ikuti. Kamu juga bisa mengasah kemampuan soft skill seperti jiwa kepemimpinan yang kamu miliki, dimana ilmu tersebut tidak bisa kamu dapat didalam kelas. intinya jangan menghabiskan waktu kamu untuk menjadi mahasiswa kupu-kupu.

7. Mendekatkan diri dan memberikan Kesan Baik kepada Dosen

Hari pertama kuliah merupakan momen yang tidak akan terlupakan, biasanya para dosen akan memulai perkuliahan dengan berkenalan. Sangat Penting untuk Kamu menciptakan kesan positif dengan bersikap sopan dan selalu aktif beropini di kelas.

Menjadi mahasiswa yang dikenali oleh banyak dosen tentunya akan seru dan membanggakan, tentunya dengan segudang prestasi. Juga akan banyakmanfaat yang dapat kamu rasakan, karena tidak tertutup kemungkinan kamu bisa menjadi asdos. Dan tentunya Hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk kamu.

8. Ketahui Peraturan Kampus

Dimanapun tempatnya tentu selalu ada peraturan. Termasuk juga di kampus, karena sebagai seorang mahasiswa baru pastinya kamu masih awam terhadap aturan yang berlaku di lingkungan fakultas dan universitas.

Baca Juga : Tata Cara Pendaftaran Online UNTAR

Jangan menyepelekan hal tersebut, Kamu perlu mengetahui dan mengikuti semua peraturan yang berlaku. Agar proses kuliahmu dapat berjalan dengan lancar. Kamu tentu tidak mau mendapat teguran atau bahkan tidak bisa mengikuti materi di kelas hanya karena tidak tmengikuti aturan berpakaian.

9. Coba Mencari Informasi tentang Beasiswa

Ini adalah tips terakhir untuk mahasiswa baru, di awal masa perkuliahan tentunya kamu harus menentukan target yang ingin kamu capai. Buatlah tujuan sedetail dan serinci mungkin, agar kamu dapat merancang strategi untuk mewujudkan impian kamu dengan mudah.

Tak hanya itu, Kamu juga dapat melebarkan sayap dan mengukir prestasi dengan mengambil kesempatan mendapatkan beasiswa. Tentunya akan sangat menyenangkan, dapat berkuliah tanpa mengeluarkan biaya, karena tidak ada salahnya untuk kamu memanfaatkan peluang yang bersifat positif.

Saran dari kami adalah nikmati masa mudamu ketika berkuliah, perluas ilmu dan pergaulan kamu, karena pengalaman seru telah menunggu didepanmu.