Prestasi yang sangat membanggakan bagi mahasiswa FE UNTAR. Karena telah berhasil meraih juara terbaik 3 dalam ajang “Perencanaan Bisnis dengan Aspek Pemanfaatan Teknologi” dan mengikuti Kompetisi Mahasiswa Nasional dalam bidang, “ Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan”. Mereka adalah Putri Janice Liliana Sutarman dan Michelle Claudia dari prodi Manajemen FE, dengan total nilai 237.

Ajang kompetisi tersebut diadakan di ITB, Sekolah Bisnis dan Manajemen pada tanggal 12 hingga 14 September 2019, Bandung. Tentu saja dalam lomba kompetisi Mahasiswa Nasional di bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan termasuk ajang kompetisi yang tidak hanya sekedar melihat kemampuan akademik dan nalar mahasiswa di ketiga bidang ilmu tersebut saja.

Lomba ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan akademik, nalar serta merupakan sebuah usaha untuk mendekatkan para mahasiswa terhadap kemitraan dibidang akademis, pemerintah, dan dunia usaha. Maka dari itu, terbentuklah ajang kompetisi ini yang diikuti oleh para mahasiswa dari seluruh Indonesia ini.

Baca Juga : Mahasiswa Teknik Sipil Untar Juara I Kompetisi Tingkat Dunia

Tema yang diangkat dalam ajang kompetisi kali ini adalah “mendorong kemajuan ekosistem yang ada dalam dunia usaha menggunakan inovasi terbaru untuk ilmu bisnis, manajemen, dan juga keuangan”. Sehingga, dengan inovasi itulah bertujuan untuk menguatkan jati diri bangsa lebih baik. Karena dalam perlombaan kali ini lebih mengedepankan teknologi demi kesejahteraan para masyarakat nanti.

Sedangkan dalam pelaksanaannya, rangkaian kegiatan perlombaan ini dibagi ke dalam beberapa rangkaian. Untuk rangkaian kegiatan utamanya terbagi atas 4 macam kategori perlombaan. Yaitu, meliputi perencanaan bisnis yang menggunakan aspek terhadap pemanfaatan teknologi, riset investasi, analisis kasus bisnis dibidang pemasaran, dan juga bidang keuangan audit investigatif.

Putri Janice Liliana Sutarman dan Michelle Claudia dari prodi Manajemen FE mengikuti perlombaan ini dibidang Perencanaan Bisnis dengan Aspek Pemanfaatan Teknologi. Kategori yang diikutinya terdiri atas beberapa babak penyisihan. Hingga kemudian keduanya berhasil meraih juara ke-3 Nasional. Baik itu dari penyisihan makalah dan video presentasi sampai dengan berhasil meraih juara ke-3 Nasional di babak final.

Dalam metode presentasi ini dilakukan untuk menyeleksi peserta dengan cara menganalisis dan juga bertujuan untuk memberikan aksi rekomendasi terhadap saham astra. Selanjutnya, seleksi tersebut dilakukan dengan cara membuat makalah beserta video. Setelah itu, dilakukan penyaringan peserta hingga urutan 5 besar. Dimana kasus tersebut telah dipersiapkan. Jadi, para peserta tinggal mencari solusi dari kasus yang telah diberikan dalam ajang perlombaan tersebut.

Dari sinilah dilakukan penyaringan akhir. Hingga didapatkan pengumuman untuk 4 pemenang lomba pada setiap bidangnya. Tantangan dari perlombaan ini terlihat dari banyaknya kompetitor lain yang berasal dari universitas ternama. Dimana seeluruh peserta terjun ke dalam pasar modal. Sehingga, mau tidak mau hal ini membuat setiap peserta harus berfikir kreatif bagaimana cara memberikan sudut pandang yang berbeda dan unggul terhadap peserta yang lain.

Baca Juga : UNTAR Menerima Tiga Penghargaan LLDIKTI

Mekanisme yang cukup sulit, menantang dan kreatif bagi tingkat mahasiswa, Yang terpenting adalah setiap peserta harus niat, berusaha, dan berdo’a. Dengan prestasi yang diraih Putri Janice Liliana Sutarman dan Michelle Claudia yang telah berhasil meraih juara 3 Terbaik di tingkat Nasional dikarenakan telah mempersiapkan secara matang dan memiliki niat serta semangat juang yang tinggi. Sehingga mereka dapat tampil lebih percaya diri terhadap tim peserta yang lainnya.