Tentu kamu sudah familiar dong dengan ungkapan “mens sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Faktanya, olahraga memang nggak cuma bikin tubuh kuat dan sehat, tetapi juga bisa menyehatkan otak lho.

Dengan berolahraga, berarti aliran darah yang menuju ke otak menjadi lancar. Hal ini secara klinis terbukti bisa mencegah kerusakan sel otak dan secara bersamaan membantu pembentukan sel otak baru.

Baca Juga : Akreditasi Universitas Tarumanagara

Kok bisa sih? Ya, karena selama berolahraga tubuh dipacu untuk selalu bergerak, bikin jantung akan terus memompa darah segar ke seluruh organ tubuh, termasuk otak. 

Hal ini diungkapkan oleh Amika Singh, PhD, seorang periset dari Vrije Universiteit University Media Center di Amsterdam, Belanda. Menurutnya, olahraga selain mempengaruhi fisik juga bisa membantu tingkah dan pola keseharian untuk lebih cekatan dan fokus.

“Selain memperlancar aliran darah ke otak, olahraga juga memicu otak untuk melepaskan hormon mood bahagia endorfin sehingga membuat emosi jadi lebih mudah bahagia, stabil, dan tenang,” ujarnya.

Dengan begitu, ketika sel-sel otak mengalami pembaruan dan sehat, maka membuat otak fungsi kognitifnya semakin baik, termasuk untuk berpikir, memahami sesuatu, konsentrasi, mengingat, dan mengambil tindakan.

Terus kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga? Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sih merekomendasikan setiap orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Dengan begitu, bisa dibilang hampir nggak ada waktu buat badan kita untuk nggak berolahraga. 

Baca Juga : UNTAR Peringkat 34 Perguruan Tinggi Terbaik 2019

Makanya, selain giat belajar, pastikan kehidupan kamu di kampus diisi dengan kegiatan berolahraga. Apalagi di Untar banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berhubungan dengan olahraga, seperti Liga Bola Voli Tarumanegara (LIVOSTAR), Liga Bola Basket, Liga Futsal, Liga Bulu Tangkis, Liga Tenis Meja, Jiujitsu, Taekwondo, dan Wushu.

Jadi, sesibuk apapun kamu kuliah, jangan lupa buat berolahraga ya!