Bentar lagi udah masuk tahun ajaran baru nih. Bagi Kamu yang berstatus Maba alias mahasiswa baru pasti sudah menunggu moment tersebut, walau sedikit deg-degan. Jangan khawatir, yuk simak tips sukses menghadapi Ospek Kampus berikut.

Apa itu Ospek?

Kegiatan wajib yang harus dilalui oleh mahasiswa baru di perguruan tinggi dimanapun. Ospek atau masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus diadakan sebelum mahasiswa menjalani perkuliahan penuh (pra kuliah).

Perlu Kamu ketahui, Ospek bertujuan untuk membentuk karakter setiap mahasiswa baru agar sesuai dengan visi misi kampus. Pada kegiatan ini para mahasiswa baru akan diperkenalkan mengenai dunia kampus secara lebih mendalam.

Meskipun dahulu kala kegiatan ini berisi hal-hal seram tentang senioritas, namun beberapa tahun belakangan Ospek di perguruan tinggi di Indonesia telah banyak mengalamiperubahan dengan menerapkan metode yang lebih mendidik. Jajaran petinggi kampus juga selalu memberikan pengawasan ketat dalam pelaksanaan Ospek tersebut.

Baca Juga : Langkah Cerdas Menghadapi Penerimaan Mahasiswa Baru

Seperti kita ketahui jika terdapat kegiatan Ospek yang melanggar atuaran maka sanksi akan diberikan kepada penyelenggara terutama senior kampus. Sehingga, sekarang Ospek menjadi lebih ramah terhadap mahasiswa baru, tidak akan ada kekerasan maupun perpeloncoan.

Manfaat Ospek

Selama Ospek berlangsung Kamu akan menerima lebih banyak informasi tentang apa saja hal yang terdapat di kampus. Mulai dari denah, lokasi perpustakaan, gedung fakultas maupun jurusan, laboratorium hingga tempat ibadah.

Selain itu, manfaat lain mengikuti Ospek adalah agar Kamu mengetahui informasi. mengenai cara mendapatkan kartu anggota perpustakaan hingga Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Pada kegiatan ini Kamu juga akan mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampus, mengenai berbagai macam kegiatan dan cara menjalani kehidupan menjadi mahasiswa yang ideal. Pokoknya semua hal yang berhubungan dengan dunia kampus akan dijelaskan dengan tuntas.

Kegiatan saat Ospek

Sebelum memasuki kegiatan perkuliahan, ada hal yang tidak boleh diabaikan apalagi Kamu yang sudah menjadi mahasiswa baru. Lalu apa yang harus dilakukan saat mengikuti Ospek? Mungkin beberapa dari kamu ada yang bertannya-tanya. Sebenarnya banyak kegiatan keren saat kamu mengikuti kegiatan ospek Seperti:

1. Orientasi Metode Belajar

Kegiatan yang umum ketika mengikuti Ospek yakni, mengenalkan kepada mahasiswa baru untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar yang terjadi ketika perkuliahan berlangsung. Setelah mengetahuinya, Kamu bisa mempersiapkan diri agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

Saat mengikuti perkulihaan, Kamu akan sering mendapatkan tugas membuat makalah yang kemudian dipresentasikan Bersama dengan teman mahasiswa baru lainnya. Hal ini bertujuan agar kelak kamu terbiasa dengan kegiatan semacam ini.

2. Orientasi Aktivitas di Kampus

Next, Setelah mengenai proses belajar, Kamu juga dituntut untuk wajib mengerti kehidupan yang ada di kampus. Pada sesi ini biasanya kamu akan langsung diajarkan oleh para senior dan akan diberitahu mengenai kegiatan intra maupun ekstra kampus yang bisa kamu ikuti.

Saat sesi ini berlangsung jangan pernah malu untuk bertanya, jika sekiranya ada beberapa hal yang tidak kamu pahami. Agar tidak salah jalan nantinya.

3. Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Banyak sekali UKM yang terdapat di kampus. Mulai dari Organisasi Kemahasiswaan hingga ekstrakulikuler. Biasanya organisasi tersebut terdiri dari beberapa tingkaatan. Misalnya organisasi satu fakultas, satu jurusan atau satu universitas.

Kegiatan ekstrakulikuler juga terdiri dari bermacam-macam. mulai dari kesenian, jurnalistik hingga olahraga. Seperti Club Futsal, KSR, Mapala, Grup Paduan suara, penyiar radio kampus dan masih banyak lagi. Asalkan saat orientasi Kamu menyimak dan mengikuti informasi yang diberikan.

4. Ospek Fakultas dan Jurusan

Pada Ospek ini akan diberikan informasi tentang pengenalan Jajaran Staf Kampus. Biasanya Kamu akan diperkenalkan dengan Rektor Kampus, mulai dari nama dan wajahnya yang harus kamu ingat. Lalu Ketua Jurusan, hingga Staf-staf maupun dosen-dosen yang akan mengajarmu kelak.

Minimal, pastikan Kamu mengenal dosen dan staf dalam ruang lingkup Jurusan. Kenali juga kakak tingkat di jurusan yang sama. Selain itu, mengenal teman sejurusan dan seangkatan juga harus kamu ilakukan.

Saat berkecimpung dengan Ospek Fakultas, Kamu akan diberitau mengenai segala hal maupun kegiatan yang ada di dalamnya. Sedangkan pada jurusan meliputi kegiatan yang ada hingga organisasi Himpunan Mahasiswa yang tersedia. Jika tertarik, kamuu bisa memilih salah satunya.

Tips Sukses Menghadapi Ospek Kampus

Bagi Kamu yang akan menjadi mahasiswa baru, agar Ospek dapat berjalan dengan baik akan kami berikan beberapa tips tepat, akurat dan terpercaya. dijamin ospek kamu bakal lebih seru dan menyenangkan. Penasaran, simak ulasan berikut:

1. Be On Time

Salah satu hal yang wajib kamu taati saat mengikuti kegiatan ini adalah hadir tepat waktu alias On time sama dengan tidak molor. Kamu akan diberikan jadwal kegiatan selama Ospek beserta jam pelaksaannya, Hindari terlambat dengan alas an apapun.

Jika kegiatan Ospek kampusmu dimulai pukul 05.30 maka usahakan untuk hadir 10 menit sebelum acara dimulai kamu sudah ada di lokasi. Jangan malah datang 10 menit setelah ketentuan yang berlaku. Karena bisa menjadi kesalahan fatal Bisa jadi Kamu bakal kena omel panitia yang galak.

Untuk mensiasatinya, jika rumahmu jauh dari kampus, tidak ada salahnya kamu mencari kos yang dekat dengan lokasi untuk sementara waktu. Sehingga, Kamu bisa meminimalisir keterlambatan. Perlu untuk kamu ketahui, saat terlambat pastinya akan ada sanksi yang diberikan.

2. Sikap yang Ramah

Menjadi mahasiswa baru memang susah-susah gampang. Kamu harus memperlihatkan sikap yang ramah kepada senior maupun sesama mahasiswa baru. Perlu kamu ketahui bahwa, sebenarnya para senior yang sering dianggap galak akan lebih mengincar Maba yang terlihat songong alias sombong.

Sehingga, sikap ramah bisa membuat kamu lebih akrab dengan para senior dan membuat mereka memperlakukan kamu dengan sikap yang sama. Bahkan bisa jadi para senior bersikap lebih baik kepada Kamu. So? Tidak ada salahnya kamu mencoba.

3. Harus Menjadi Mahasiswa yang Up to date

Sebagai mahasiswa baru, banyak informasi yang harus kamu ketahui. Jangan sampai menjadi mahasiswa yang kurang update. Biasanya setiap kampus memiliki Website yang akan digunakan yang berisi berbagai pengumuman mengenai kegiatan akademiknya.

Selain itu, di era digital seperti saat ini biasanya kegiatan kampus juga sering disebar melalui akun-akun sosial media seperti facebook dan Instragram. Jadi, Kamu bisa mengikuti akun tersebut agar dapat mengikuti informasi terbaru.

4. Sarapan dan Membawa Bekal itu Perlu

Jadwal Ospek biasanya memakan waktu yang lama mulai pagi hingga petang. Selain menyiapkan mental, fisik yang sehat juga penting. Tidak asik kan, jika saat ospek Kamu drop dan sakit-sakitan.

Karena mengikuti kegiatan Ospek juga membutuhkan energi yang banyak. Pastikan sebelumnya kamu sarapan terlebih dahulu Jika tidak sempat, minimal kamu membeli roti di kantin kampus atau sekitarnya. Jika dirasa perlu, kamu bisa membawa bekal secukupnya.

5. Menambah Koneksi Pertemanan

Saat memasuki dunia perkuliahan apalagi saat Ospek berlangsung. Sebisa mungkin kumpulkan teman sebanyak-banyaknya, baik yang satu jurusan maupun beda fakultas. Menambah pertemanan akan berguna untuk kedepannya.

Bahkan, jika sudah saling mengenal satu dengan lain Kamu bisa lebih mudah mengerjakan tugas. dan tidak hanya berlaku saat Ospek saja, namun juga kegiatan kemahasiswaan lainnya.

6. Fokus pada Seluruh Kegiatan Ospek

Kegiatan ini berisi tentang semua informasi dunia perkuliahan, Misalnya Kamu akan dikenalkan mengenai visi misi, aturan, denah dan berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di kampus. pastikan kamu bisa menangkap informasi dengan baik.

Bahkan pada saat kegiatan ini berlangsung, panitia Ospek juga akan menunjukkan aturan dan hukuman yang tidak tertulis yang ada di kampus. Maka kamu diwajibkan sigap dan siap terhadap kegiatan untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan saat perkulian tiba, pastikan Kamu fokus di kegiatan ini.

Selain itu, berbagai kegiatan ekstra kampus akan dijelaskan di sini. Mulai dari syarat hingga jadwal pedaftaran. Bisa dipastikan kalau Kamu nggak dengerin baik-baik kamu akan ketinggalan proses recruitment ekstra atau organisasi yang kamu inginkan.

7. Perhatikan Tugas Ospek dengan seksama

Biasanya, dalam kegiatan Ospek Kamu juga akan diberikan tugas yan banyak. Tugas dalam Ospek tidak sekedar tugas biasa bahkan beberapa diantaranya sangat unik. mulai sekarang kamu harus menyiapkan diri agar tidak kaget.

Agar tidak sampai salah mengerjakan tugas, Kamu harus memastikan, mendengarkan dan menyiimak baik-baik apa yang diucapkan para senior. Jika dirasa belum paham atau belum jelas kamu dapat bertanya dengan sikap yang sopan.

Bahkan, jika perlu Kamu dan Kawan sesama mahasiswa dapat saling mengingatkan akan tugas, hingga atribut apa saja yang harus ada. Selain agar semakin akrab, hal tersebut juga dapat memperlancar dirimu dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung.

8. Kerjakan Tugas dengan Baik dan Semaksimal Mungkin

Tugas yang diberikan saat Ospek terkadang bersifat individu terkadang pula berkelompok. maka dari itu Kamu harus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan mahasiswa lainya. Agar tugas yang diberikan dapat selesai tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal.

Walaupun pemberi tugas bukan dosen, Kamu tetap harus mengerjakan tugas dengan sebaik mungkin. Karena ini merupakan salah satu cara agar Ospekmu dapat berjalan dengan lancar.

9. Seimbang dalam Bersikap dan Jangan berlebihan

Saat menjadi mahasiswa baru, pastikan Kamu tidak bersikap diam ataupun terlalu aktif. Walaupun sikap aktif itu baik, tapi jika keterlaluan kamu akan dianggap sebagai orang yang sedang mencari perhatian alias caper.

Jangan juga terlalu diam nanti Kamu juga akan dianggap sombong. Cukup bersikap sewajarnya. Karena berlebihan dalam hal apapun tidak baik. Good Luck Guys untuk kegiatan Ospek mendatang.

10. Senatiasa Berdoa sesuai Keyakinan

Tips ini sangat penting untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak terkecuali saat Ospek. Selain melakukan doa sendiri, Kamu juga bisa meminta doa dan restu orang tua agar selalu dilancarkan oleh Tuhan apapun kegiatan yang kamu hadapi nantinya.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Selain itu, Kamu juga bisa lebih tenang saat menghadapi situasi yang membuat gugup. Terdapat kekuatan besar dibalik doa yang sering dilupakan manusia. Karena sejatinya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan Tuhan-Nya dan juga akan kembali kepada-Nya.

Setelah mengenal hingga memahami apa saja tips sukses menghadapi Ospek kampus yang susah-susah gampang ini. Kamu sekaraang lebih siap untuk menjadi Mahasiswa Baru dengan kegiatan pertamamu. Semoga menjadi moment berharga dan menyenangkan.