Psikologi merupakan sebuah fakultas yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari perilaku serta pikiran seseorang. Tepatnya di dalam fakultas ini anda akan mempelajari latar belakang atau mengapa seseorang melakukan suatu tindakan. Mengapa harus memahami alasan seseorang bertindak? Alasannya agar ke depannya bisa membantu tindakan itu. Jika tindakannya kurang baik, maka anda bisa mencegah dan mengatasi penyebab-penyebabnya.

Psikolog sendiri dijaman sekarang ini begitu teramat diperlukan, baik untuk kebutuhan orang dewasa maupun bagi anak seperti anak yang berkebutuhan khusus. Jadi tidak heran mengapa ada begitu banyak calon mahasiswa yang mengambil jurusan ini. Karena mereka sudah melihat prospek kerja yang terbuka lebar.

Baca Juga : Hal-Hal yang Harus Diketahui Seorang Mahasiswa Baru

Kemana Setelah Lulus?

Apakah anda sedang berpikir kemana anda aka melamar pekerjaaan satelah lulus dari jurusan psikologi? Jangan khawatir karena ketika anda sudah tahu apa yang sudah dipelajari di fakultas psikologi dan ketrampilan penting apa yang begitu diperlukan tentu anda ingin tahu untuk apa belajar psikologi serta seperti apa prospek kerja jurusan psikologi ini. Ada terdapat beberapa profesi khusus di Fakultas Psikologi yaitu:

1. Psikiater (Psikologi Klinis): bagian ini akan berperan melakukan, pemulihan, serta pembimbingan bagi individu yang mempunyai perilaku khusus dan berbeda dari individu pada umumnya

2. Peneliti Sosial. Perusahaan penyedia jasa dan barang juga menggunakan peneliti sosial untuk membuat sebuah penelitian serta menyelenggarakan penelitian terkait kebutuhan masyarakat terhadap produknya.

3. Pedagog merupakan bagian atau posisi yang memahami serta berperan dalam membentuk kurikulum sebuah sekolah. Dimana untuk merancang kurikulum yang mampu mengikuti perkembangan psikologi anak itu sendiri.

Pembagian Jurusan Ilmu Psikologi

Jurusan psikologi terbagi kedalam beberapa bagian sama seperti jurusan lainnya. Secara umum, mahasiswa yang berkuliah di jurusan psikologi akan memilih salah satu jurusan di antara beberapa pembagian umum ilmu psikologi. Jadi sebelum anda memilih nya maka ada baiknya anda memikirkan terlebih dahulu ingin bekerja dimana, setelah itu anda bisa memilih ingin bagian mana, seperti:

1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Di bagian ini merupakan pusat keilmuan psikologi paling dasar yang mengupas berbagai hal yang berhubungan dengan pembuatan atau pembaharuan alat tes dalam penyusunan metodologi penelitian.

2. Psikologi Klinis

Bagian ini anda hanya akan mempelajari perilaku manusia namun juga melihat secara detail perilaku manusia secara khusus dimana kondisinya adalah mental manusia yang sifatnya sangat individual, pribadi, serta mendalamm

3. Psikologi Perkembangan

Bagian ini anda akan berhadapan dengan masalah perkembangan proses mental manusia mulai dari bayi hingga tua. Setiap proses akan dikaji secara ilmiah, baik dari mulai proses perkembangan remaja, krisis-krisis pengembangan, hingga cara mendidik anak.

4. Psikologi Pendidikan

Anda yang memilih cabang ilmu ini akan mempelajari cara melihat sebuah kebutuhan, tujuan, sampai detail yang harus dipersiapkan dan dilakukan untuk pendidikan untuk usia tertentu bahakan akan melakukan pendekatan yang tepat untuk mengajar anak usia remaja sesuai dengan kemampuan mental masing-masing.

5. Psikologi Sosial

Keahlian yang akan diperoleh setelah lulus perkuliahan jurusan psikologi yaitu kemampuan menganalisis permasalahan individual serta membuat modul pelatihan atau program. Disini anda akan dinilai bagaimana anda menyusun sebuah cara terhadap masalah yang ada.

Fakta Tentang Jurusan Psikologi

ketika anda memutuskan untuk mengambil jurusan psikologi maka anda harus mengetahui beberapa fakta mengenai jurusan Psikologi, yaitu;

1. Psikologi Sangat Luas

Biasanyanya ilmu yang akan ada dalam psikologi itu sebenarnya kurang lebih sama dengan pelajaran biasa. Namun beberapa universitas memang memutuskan untuk melakukan tes atau mencari mahasiswa dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan siswa berkualitas.

2. Matematika Adalah Dasarnya

Psikologi sudah menjadi sebuah jurusan yang menggunakan sistem riset serta penelitiannya bergantung pada matematika khususnya adalah statistika. Statistika merupakan ilmu dasar yang akan menjadi dasar utama untuk menciptakan skala psikologi.

3. Wanita Pemeran Utamanya

Biasanyanya mahasiswa yang kuliah di jurusan psikologi, mayoritas mahasiswanya adalah wanita. Rasio terkadang adalah jumlah mahasiswi dan mahasiswanya adalah 3:1. Ada yang menarik juga soal pembagian gender dosen.

4. Ilmu Abstrak

Seperti yang kita tau bahwa mnusia memnag sangat sulit dibaca atau ditebak begitu juga dengan ilmunya. Bahasan ilmu psikologi bisa dikatakan sebagai ilmu yang abstrak, karena mereka akan mengkaji mengenai sisi psikis manusia yang tidak memiliki wujud fisik.

5. Objektif

Didalam psikologi anda harus objektif contohnya mereka yang mengidap psikopat sudah dijatuhkan bersalah karena segala gejalanya. Bukan karena sikapnya yang bersalah, namun lebih kepada dampak yang diberikan dapat membunuh banyak orang.

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Cumlaude?

Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Psikologi

1. Peluang kerja atau prospek kerja psikologi sangat bagus. Ada tiga bidang psikologi diperkirakan akan sangat dibutuhkan yaitu psikologi klinis, psikologi sekolah serta psikologi organisasi-industri.

2. Bekerja dalam bidang psikologi sangat menyenangkan, menghargai dan juga menantang.

3. Bidang Psikologi begitu dihargai. Apabila anda senang memecahkan masalah secara praktis maupun teoritis, maka dengan mendapatkan gelar psikologi akan dapat menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Sebab beberapa psikolog akan fokus membantu orang mengatasi masalah-masalah emosional yang kompleks serta memberikan solusi untuk masalah-masalah dunia nyata.

5 Mata Kuliah Menantang yang Akan Dihadapi dalam Jurusan Psikologi

Ketika anda memutuskan untuk mengambil jurusan Psikologi maka anda harus tahu mata kuliah yang akan anda hadapi ;

1. Biopsikologi

Biopsikologi merupakan ilmu yang mempelajari proses mental manusia dan bagaimana cara proses mental tersebut dapat terjadi. Anda juga akan dituntut harus bisa memahami prosesnya secara berurutan. Jika tidak, anda tidak dapat memahami prosea manusia yang sebenarnya.

2. Psikometri

Psikometri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengukuran Psikologi. Disini akan ada prosedur, langkah-langkah, serta penghitungan statistika yang sedikit rumit yang pasti anda ikuti. Anda dituntut sudah menguasai ilmu Statistika.

3. Metodologi Penelitian

Awalnya anda akan diperkenalkan dengan jenis penelitian serta prosedur yang sudah diterapkan. Namun jika anda sudah terjun di dunia praktik, tapi penelitian anda tidak logis menurut dosenmu, atau tidak mengikuti prosedur, dan salah menganalisis data, anda akan dinyatakan gagal.

4. Mata kuliah tentang alat-alat tes

Disini, anda akan belajar berbagai macam alat tes. Seperti Tes Inteligensi, Tes Inventori, sertq Tes Proyeksi. Anda akan menghadapi banyak prosedur yang harus diikuti. Anda juga harus profesional dalam mata kuliah ini.

5. Konstruksi Alat Ukur Psikologi (KAUP)

Disini terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan yang lain, karena anda sudah harus mengetahui apa itu yang dimaksud dengan sebuah alat ukur. Anda juga harus tahu kapan tepatnya menggunakan alat ukur itu.

Peluang Kerja Lulusan Psikologi di Perusahaan

Lulusan psikologi tidak hanya bisa kerja di bagian HRD saja. Anda lulusan psikologi juga memiliki banyak peluang kerja yang bisa dipilih. Sebab ilmu psikologi memiliki banyak penjurusan, sehingga peluang kerja lulusan psikologi dapat dikelompokkan menjadi:

1. Ahli intervensi sosial dimana lulusan di bidang ini umumnya akan bekerja di pemerintahan atau organisasi sosial untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

2. Ahli psikometri dimana pekerjaan di bidang ini biasanya akan bertugas untuk membuat pengukuran psikologis manusia, seperti mengukur motivasi, kebahagiaan sampai kejujuran.

3. Ahli riset biasanya para lulusan psikologi di bidang ini akan bekerja dengan banyak data besar di dalam Badan Pusat Statistik.

4. Peluang kerja lulusan psikologi lainnya adalah Konsultan psikologi dimana kelompok ini rata-rata akan bekerjasama dengan pihak ketiga sebab posisi psikolog di sini hanyalah sebagai penyedia layanan.

Prospek Kerja Psikologi

Bagi para lulusan Psikologi, peluang kerjanya sangatlah banyak. Jadi jangan khawatir ingin bekerja sebagainya apa karena berikut beberapa peluang karir yang bisa anda pilih yaitu seperti berikut;

1. Dosen psikologi

Prospek kerja bagi setiap lulusan psikologi akan dapat menjadi seorang dosen di universitas negeri atau swasta, dengan syarat minimal yang harus dimiliki gelar S2 psikologi (M.Psi.). Dan biasanya gaji dosen umumnya akan dihitung berdasarkan lama waktu mengajar dan jumlah kelas yang dilakukan.

2. Guru Bimbingan Konseling

Bagi para lulusan psikologi juga dapat memiliki prospek kerja yang bagus yaitu sebagai guru bimbingan konseling (BK) di sekolah tingkat menengah atau atas. Bagian ini begitu diperlukan oleh beberapa sekolah untuk mendukung dan membantu masalah sikis anak murid.

3. Konsultan karir

Peluang kerja jurusan psikologi selanjutnya adalah konsultan karir. Jadi jika anda ingin menjadi seorang konsultan karir maka ini adalah alternatif bagi anda sebagai lulusan jurusan psikologi. Seperti namanya, seorang psikolog karir biasanya akan berhadapan dengan para pencari kerja. Konsultan karir diharapkan dapat membantu merencanakan dan memilih karir yang tepat bagi klien.

4. Psikolog

Bagian ini merupakan sebuah profesi yang paling banyak diminati oleh para lulusan psikologi. Seorang psikologi akan bertugas untuk mengevaluasi serta menganalisa perilaku dan mental manusia. Di banding dengan yang lain, menjadi psikolog adalah keinginan banyak orang.

5. Psikoterapis

Seorang psikoterapis dapat diartikan sebagai dokter untuk kejiwaan. Pasiennya sendiri tidakkah hanya seseorang yang dinilai sakit jiwa. Bahkan bukan hanya dewasa, anak-anak pun dapat ditangani oleh bagian ini.

Rentang Gaji Psikolog

Jika anda ingin bekerja sebagai psikolog, maka anda akan mendapatkan gaji yang cukup besar terlebih ketika anda memiliki pengalaman yang cukup banyak. Gaji Psikolog yang biasa diterima okeh mereka lulusan jurusan psikologi memang tidaklah sama. Semua tergantung dari bidang yang ditekuninya. Apabila lulusan S1 psikologi yang bekerja sebagai market researcher misalnya dengan pengalaman sekitar 2–4 tahun, biasanya gaji Psikolog ini adalah sekitar Rp5.000.000–Rp8.000.000.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa

Namun jika anda memilih untuk menjadi seorang recruiter atau talent acquisition specialist yang berasal dari jenjang S1 psikologi, dengan pengalaman kerja sekitar 3–5 tahun, gaji Psikolog adalah sekitar Rp 8.000.000, – sampai Rp 25.000.000. Namun bagi lulusan psikologi yang memilih menjadi konsultan dengan pengalaman 1–3 tahun, maka rentang gaji yang akan diterima adalah mulai dari Rp 10.000.000, – hingga Rp 15.000.000. Demikianlah penjelasan mengenai peluang dan prospek kerja jurusan psikologi dimana peluang bagi para lulusan sangatlah besar serta gaji yang ditawarkan dan diterima pun cukup.