Pendaftaran Universitas Tarumanagara – Untuk kamu yang sebentar lagi akan lulus dari SMA maupun SMK nanti akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja. Saat kamu memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, maka tugas selanjutnya adalah mencari perguruan tinggi dan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Setiap tahun, semua perguruan tinggi swasta akan berlomba-lomba melakukan promosi melalui website, media sosial, banner atau media lainnya agar calon mahasiswa, seperti kamu mendaftar pada perguruan tinggi tersebut. Demikian juga Universitas Tarumanagara, yang merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Kamu bisa mencari informasi mengenai pendaftaran Universitas Tarumanagara melalui website yang disediakan. Atau mendatangi lokasinya secara langsung. Terdapat 3 kampus UNTAR dengan lokasi yang berbeda, yaitu:

1. Kampus 1 : Jl. S. Parman No. 1
2. Kampus 2 : Jl. Tanjung Duren Utara No. 1
3. Kampus 3 : Jl. TB Simatupang

Daftar Fakultas Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara berdiri pada tanggal 1 Oktober 1959 di bawah naungan Yayasan Tarumanagara. Sampai saat ini, Universitas Tarumanagara atau sering disebut juga sebagai UNTAR telah memiliki 8 fakultas dengan berbagai jurusan atau program studi S1 yang jumlahnya ada 16 program studi (prodi). Adapun ke 8 fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Ekonomi & Bisnis
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Ilmu Komunikasi
4. Fakultas Kedokteran
5. Fakultas Psikologi
6. Fakultas Seni Rupa dan Desain
7. Fakultas Teknologi Informasi
8. Fakultas Teknik

Daftar Jurusan di Universitas Tarumanagara

Strata Program Studi

  • S1 Teknik Informatika
  • S1 Desain Interior
  • S1 Akuntansi Bisnis
  • S1 Manajemen Bisnis
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S1 Ilmu Hukum
  • S1 Arsitektur
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Psikologi
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Pendidikan Dokter
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Ilmu Komunikasi
  • S1 Teknik Mesin
  • S1 Planologi/Perencanaan Wilayah dan Kota
  • S1 Sistem Informasi

Dari semua fakultas dan juga jurusan yang terdapat pada Universitas Tarumanagara, hampir semua program studi telah mendapat akreditasi A (Unggul). Inilah yang membuat pendaftaran Universitas Tarumanagara selalu mendapat respon positif dari para calon mahasiswa. Hal ini tentu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan sebagai bukti bahwa UNTAR dikelola secara profesional. Akreditasi dianggap sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi modern saat ini, karena hampir semua calon mahasiswa yang memilih sebuah perguruan tinggi selalu melihat dari tingkat akreditasi sebuah perguruan tinggi sebagai bahan pertimbangan utama.

Baca Juga : Universitas Favorit di Jakarta Barat

Hal ini dikarenakan akreditasi mempunyai peran penting bagi para calon mahasiswa yang nantinya akan membantu mereka dalam mencari pekerjaan. Banyak perusahaan swasta yang mencantumkan syarat bagi calon karyawannya harus lulusan perguruan tinggi dengan akreditasi A atau B. Bahkan bagi kamu yang nanti setelah lulus S1 akan melamar jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), akreditasi ini juga bisa membuat kamu memiliki peluang yang lebih besar diterima saat mendaftar menjadi PNS.

Pendaftaran UNTAR

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi bergengsi yang satu ini, pendaftaran Universitas Tarumanagara bisa ditempuh melalui 2 jalur. Kedua jalur tersebut adalah Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) dan Jalur Ujian Saringan Masuk (USM).

1. Jalur Penelusuran Prestasi (JPP)

Jalur yang pertama, ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki nilai tinggi atau tingkat prestasi yang baik saat berada di bangku sekolah Menengah Atas. Dengan reputasi yang dimiliki Universitas Tarumanagara, tidak mengherankan jika banyak calon mahasiswa yang akan mencoba mendaftar melalui jalur ini. Kamu harus siap bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan calon mahasiswa yang berharap bisa lolos melalui jalur yang satu ini.

Jalur JPP yang diadakan saat pendaftaran Universitas Tarumanagara ini bertujuan untuk menjaring para calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik dan juga berkelakuan baik. Beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat lolos melalui jalur penelusuran prestasi adalah sebagai berikut:

Pertama, kamu akan bebas dari ujian tulis yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Tarumanagara. Ujian tulis ini bertujuan untuk menyaring calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM).

Jika kamu mengikuti jalur JPP, kamu tidak perlu belajar ekstra demi lulus ujian saringan masuk.

Keuntungan yang kedua adalah kamu bisa mempersiapkan kebutuhan awal perkuliahan lebih awal. Dengan tidak mengikuti ujian Ujian Saringan Masuk (USM) yang diadakan oleh Universitas Tarumanagara, kamu bisa lebih santai dalam mempersiapkan semua keperluan kamu selama masa perkuliahan.

Terutama jika domisili kamu berada jauh dari lokasi pendaftaran Universitas Tarumanagara sehingga kamu harus mempersiapkan semua keperluan yang lebih banyak lagi. Misalnya mencari lokasi kost yang dekat dengan lingkungan UNTAR, persiapan membeli tiket dan keperluan yang lainnya.

Saat kamu lolos melalui jalur JPP, target masa depan kamu akan lebih terarah. Dengan keuntungan yang ketiga ini kamu sudah selangkah lebih maju menuju cita-cita yang kamu impikan. Untuk itu pertimbangkan dengan bijak sebelum melakukan pilihan universitas dan jurusan yang kamu pilih. Sesuaikan pilihan jurusan kamu dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Keuntungan selanjutnya saat kamu melakukan pendaftaran Universitas Tarumanagara melalui jalur tersebut adalah kamu menjadi kebanggaan bagi orang-orang di sekitarmu. Apapun jurusan dan universitas yang kamu pilih, bagi Universitas Tarumanagara kamu termasuk salah satu calon mahasiswa terbaik dan patut untuk bergabung bersama calon yang lain. Karena kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan calon mahasiswa yang lain dari seluruh Indonesia.

Tidak hanya menjadi kebanggaan orang tua dan saudara, bahkan teman dan kalangan sekolah juga akan bangga dengan prestasi yang dicapai. Kamu akan menjadi panutan dan contoh bagi adik-adik kelas disekolahmu untuk bisa berprestasi. Selain itu, para guru juga akan terpacu untuk lebih giat lagi membimbing muridnya agar bisa meraih cita-cita mereka.

Tidak bisa dipungkiri, salah satu tujuan mengikuti jalur penelusuran prestasi adalah adanya imbalan berupa beasiswa yang diberikan oleh pihak lembaga pendidikan terhadap siswa yang terpilih. Nominal beasiswa ini bervariasi, tergantung dari pihak lembaga pendidikan terkait yang menentukan besar kecilnya jumlah beasiswa. Itu sebabnya jalur prestasi ini menjadi incaran oleh banyak calon mahasiswa.

Baca Juga : Akreditasi Universitas Tarumanagara

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa lolos mengikuti jalur prestasi diantaranya adalah:

  • Kenali terlebih dahulu minat dan kemampuan yang kamu miliki
  • Utamakan kualitas dan bukan kuantitas
  • Jalur prestasi yang dipilih harus relevan dengan prestasi yang kamu raih
  • Harus aktif mencari informasi seputar pendaftaran melalui jalur prestasi dan juga beasiswanya.

2. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Jalur kedua yang bisa kamu pilih saat pendaftaran Universitas Tarumanagara adalah melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM). Jalur ini merupakan jalur umum yang bisa diikuti oleh semua calon mahasiswa dan dari semua kalangan, baik yang berprestasi maupun tidak berprestasi. Pada umumnya, jalur USM ini dibuka menjadi beberapa periode. Dari keseluruhan periode ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos saringan bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

Dalam setiap periodenya terdapat perbedaan biaya pendaftaran masuk. Semakin dekat dengan dimulainya perkuliahan semakin besar biaya sumbangan pembangunan pendidikan (SPP) yang harus kamu bayarkan. Untuk itu akan lebih baik jika kamu mendaftar dan mengikuti ujian saringan masuk lebih awal dan jika lulus segera melunasi. Tidak jarang pihak universitas hanya membuka 2 sampai 3 periode saja dengan asumsi dengan 3 periode tersebut kuota calon mahasiswa yang mendaftar sudah terpenuhi.

Syarat Pendaftaran

Bagi kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, beberapa persyaratan pendaftaran Universitas Tarumanagara yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Fotokopi rapor kelas X dan kelas XI yang dilegalisir
  • Tidak terlibat dalam penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya dan akan dilakukan test
  • Khusus bagi calon mahasiswa kedokteran, desain komunikasi visual, arsitektur dan desain interior harus melengkapi dengan surat keterangan dokter yang menyatakan tidak buta warna

Saat semua persyaratan sudah lengkap, kamu bisa melakukan pendaftaran melalui website resmi UNTAR atau langsung datang ke kampus yang sudah ditentukan. Adapun langkah pendaftaran secara online adalah sebagai berikut:

  • Buka website yang merupakan situs resmi Universitas Tarumanagara dan buka link pendaftaran Universitas Tarumanagara.
  • Pilih salah satu jalur pendaftaran yang sesuai dengan keinginan kamu. Apakah melalui Jalur Penelusuran Prestasi (JPP), atau jalur Ujian Saringan Masuk (USM)
  • Ikuti langkah-langkah yang tertera pada formulir pendaftaran. Isi data diri kamu dengan sebenar-benarnya.
  • Kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak universitas mengenai lulus tidaknya kamu sebagai calon mahasiswa.
  • Jika dinyatakan lulus, kamu bisa memilih langsung program studi yang diinginkan dan membayar Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Sebelum kamu mengikuti Pendaftaran Universitas Tarumanagara, pahami terlebih dahulu fakultas dan jurusan yang tersedia, jalur apa saja yang bisa ditempuh dan apa saja syaratnya. Kamu bisa mencari informasi secara lengkap dan akurat melalui website resmi Universitas Tarumanagara. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat kamu. Begitu juga dengan pemilihan jalur pendaftaran. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.