Masa SMA memang asik namun kamu pasti sedikit demi sedikit sudah harus mulai memikirkan untuk pilih kampus mana yang harus kamu incar dalam setahun ke depan. Memilih kampus itu tidak mudah, loh.

Seperti yang sudah pernah kami bahas sebelumnya, pilih kampus layaknya memilih jodoh, harus tahu bebet, bibit dan bobotnya. Untuk mengetahui sebuah kampus itu berkualitas, ada satu cara mudah, yakni akreditasi.

Baca juga: Tips Mencari Kampus

Mengapa cek akreditasi penting saat pilih kampus?

Ya, status akreditasi itu memang penting bagi sebuah kampus. Istilahnya, kalau kita ingin menjalin hubungan dengan seseorang, kita akan mengajak teman satu geng kenalan dengannya. Teman kita itulah yang nantinya akan menilai, apakah cewek/cowok itu cocok untuk dipacari?

Nah, ibarat teman satu geng, ada juga pihak luar yang bisa menilai kampus yang kita incar untuk ‘dipacari’. Namanya Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Menurut BAN-PT, mereka secara independen melakukan penilaian terhadap suatu kampus, sehingga bisa dijamin penilaiannya akurat, benar-benar sesuai dengan standar mutu yang sebenarnya.

Lalu bagaimana mengecek baik atau tidaknya standard mutu suatu kampus? Jangan khawatir karena BAN-PT memiliki banyak data base kampus pilihan. Ibaratnya Tinder untuk memilih jodoh, di situs tersebut ada nama kampus beserta data dan status akreditasinya.

Situs BAN-PT

Kunjungi laman resmi BAN-PT di link www.banpt.or.id. Di situ kamu bisa lihat banyak menu yang tersaji, termasuk alur akreditasi dan data akreditasi.

Data akreditasi

Nah, kamu tinggal klik deh menu Data Akreditasi di situs itu. Di situ akan ada beberapa channel yang di breakdown untuk memudahkan pencarian.

PT atau kampus?

Klik Institusi jika kamu ingin tahu akreditasi sebuah perguruan tinggi secara keseluruhan. Atau klik Program Studi kalau kamu mau tahu kualitas suatu kampus di satu perguruan tinggi.

Fast-track

Kalau kamu sudah mengincar salah satu kampus ternama, tinggal masukkan saja nama kampus yang dimaksud di kolom pencarian, yang letaknya ada di posisi paling alas. Di situ akan terpampang langsung Nama PT, status Akreditasi, nomor SK dan status SK, sudah kedaluwarsa atau belum.

Baca Juga : UNTAR Peringkat 34 Perguruan Tinggi Terbaik 2019

Kalau kamu pilih kampus terbaik, Universitas Tarumanagara bisa jadi pilihan yang tepat. Asal tahu saja, Untar sudah memiliki akreditasi A, loh!