Apakah Kamu sedang duduk di SMA kelas akhir, dan sedang mencari program studi yang pas untuk kuliah? Atau lagi bingung untuk memilih program studi apa? Tenang, Guys.. Di sini akan diulas mengenai program studi kuliah dengan prospek kesempatan kerja yang baik dan cocok untuk masa depan kamu

Kuliah dan Kerja

Cari program studi kuliah itu memang gampang-gampang susah Guys. Apalagi jika Kamu belum memiliki keahlian spesifik Atau sudah punya, keahlian tapi tidak direstui orang tua untuk memilih program studi tersebut. Salah menentukan pilihan, masa depan kamu bisa brantakan.

Memang, program studi kuliah itu bukan satu-satunya faktor penentu masa depan kamu, Seringkali orang yang bekerja di bidang yang tidak sesuai keinginan dan harapannya. Misalnya, program studi perbankan tapi jadi guru atau program studi teknik tapi jadi tukang cukur.

Sungguh itu bukan sesuatu yang mengada-ada lho Guys. Kamu harus bersiap menghadapi kenyataan nanti.

Kamu pasti pernah dengar atau melihat, anak yang masih menjadi tanggungan orang tua karena nganggur habis kuliah? Dibiayai kuliah mahal-mahal, setelah lulus malah jadi ajudan tempat tidur.

Kuliah memang menjadi salah satu faktor untuk mendapatkan pekerjaan idaman, meski sering juga untuk bekerja tidak harus kuliah dulu. Setidaknya Kamu sudah berjalan di jalur yang tepat, Yang jelas, memilih program studi yang tepat sangat penting untuk masa depanmu.

Baca Juga : UNTAR Peringkat 14 Klasterisasi Kinerja Kemahasiswaan Non-Vokasi 2019

Oleh karena itu, jangan sampai mengalami fenomena salah program studi ya. Terlebih apabila Kamu adalah satu-satunya harapan orang tua, menganggur karena salah program studi akan menjadi beban bagi orang tua kamu. Jadi, pikirkan sebaik mungkin sebelum menentukan pilihan.

Apakah Kamu kuliah untuk mendapat jaminan kerja? Dan apakah program studi yang Kamu pilih menjadi bidang yang permintaan kerjanya tinggi saat kamu lulus nanti?

Program studi yang tepat saja belum tentu cukup, apalagi kamu salah program studi, karena fungsi utama kuliah adalah, agar memiliki keterampilan. Itulah faktanya.

Program Studi dan Keterampilan

Jadi kuncinya, program studi berperani menciptakan talenta atau mengembangan keterampilan. Lalu keterampilan akan menjadi bekal dalam menghadapi dunia kerja. Setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan. Berbicara soal keterampilan, Kamu harus tahu bahwa terdapat dua jenis, diantaranya :

keterampilan kasar (hard skill) dan keterampilan lunak (soft skill). Lalu apa perbedaan antara keduanya? Berikut ulasan selengkapnya dan simak baik-baik mengenai kedua istilah tersebut.

1. Keterampilan teknis (Hard Skill)

Hard skill merujuk terhadap suatu keterampilan/keahlian terhadap pengetahuan tertentu. seperti jago debat, jago mengoperasikan komputer, jago ilmu perbankan, itu semua masuk kategori hard skill.

Jenis keterampilan ini bisa diperoleh melalui pelatihan dan pelajaran saat kuliah atau pengetahuan dari membaca buku. Jika Kamu memiliki hard skill yang memadai, pasti akan mudah beradaptasi baik di dunia kampus maupun pekerjaan, karena dianggap pintar dan puncaknya ialah prestasi dalam bidang yang kamu tekuni.

2.Keterampilan social (Soft Skill)

Soft skill adalah keahlian yang berwujud kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain seperti keuletan, kedisiplinan, pekerja keras dan mampu bekerja dengan tim (teamwork).

Kemampuan akademik memang penting, tetapi jika tidak diimbangi dengan teamwork dan disiplin, tidak akan berfungsi maksimal dalam perusahaan. sekalipun seorang staff ahli dalam bidang tertentu dan pastikan kemampuan itu dilengkapi soft skill yang memadai.

Dua ketrampilan ini tidak dapat dipisah. Cerdas tetapi tidak disiplin, tidak dibutuhkan. Begitupun sebaliknya, disiplin tapi tidak punya keahlian, juga repot. Jadi usahakan keduanya berimbang, Sehingga Kamu bisa diterima di tempat kerja yang baik dan profesional.

Apa Saja Program studi dengan Prospek Kerja yang cerah?

Berikut ini adalah program studi yang wajib Kamu pilih, untuk melengkapi hard skill dan soft skill-mu dan menjadi panduan untuk mendapatkan prospek kerja yang bagus?, yaitu:

1. Program studi Bisnis

program studi bisnis memiliki prospek paling menjanjikan dibanding program studi lainnya.

Program studi Bisnis memiliki beberapa spesifikasi keahlian, seperti pemasaran, manajemen bisnis dan startup development. Prospek bidang pekerjaan fakultas bisnis meliputi manajer divisi, auditor, pengawas keuangan, hingga menjadi seorang investor.

2. Program studi Kedokteran

Program studi ini masih berhubungan dengan program studi keperawatan, kebidanan, serta farmasi. Biasanya biaya untuk kuliah di program studi kesehatan relatif mahal.

Siapa yang tidak mau jadi dokter dengan gaji tinggi? Apalagi dapat membuka praktik sendiri, akan tambah mantab. Banyak orang pilih program studi ini karena peluangnya lebih menjanjikan, lebih-lebih jika kamu menjadi dokter spesialis.

3. Program studi Hukum

Pasti Kamu tidak asing dengan Hotman Paris Hutapea kan ya Guys? Kayaraya dan seorang praktisi hokum yang berprofesi sebagai pengacara (lawyers) kelas atas. Bahkan, di Amerika Serikat, seorang lawyers memiliki penghasilan paling tinggi dibanding profesi lain. Selain itu jika kamu berkuliah di program studi hokum Kamu juga berpeluang menjadi hakim, notaris atau penasihat hukum.

Program studi hukum biasanya dibagi menjadi hukum pidana dan hukum perdata. Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat kamu.

4. Program studi Akuntansi

Prospek kerja yang berhubungan dengan program studi yang satu ini yaitu teller bank, analis keuangan, staf keuangan, staf administrsi, manajer keuangan, auditor keuangan, serta konsultan akuntansi. Survei di Amerika mengemuukakan bahwa program studi ini memiliki penghasilan yang besar loh.

Akuntansi merupakan program studi yang mengintegrasikan matematika dengan praktek bisnis untuk mencatat dan menghitung transaksi finansial sebuah perusahaan.

5. Sistem Informasi Manajemen

Adalah program studi yang mempelajari tentang penggabungan teori-teori bisnis dengan teknologi komputer. Prospek bidang kerjanya meliputi network administrator, system analyst assistant, monitoring system, IT consultant dan lain-lain.

6. Program studi Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Meski prospek kerja program studi ini sangat bagus, tapi Tidak semua kampus memiliki program studi ini. Peminatnya juga relatif tinggi di setiap tahun. Walaupun kamu fresh graduate di program studi ini, perusahaan besar telah menunggu dengan gaji minimal belasan juta/bulan.

7. Program studi Teknik Sipil

Program studi Teknik Sipil berorientasi pada pengajaran tentang pembangunan, teknologi perancangan, renovasi bangunan serta pemeliharaan. Beberapa cabang program studi ini yaitu teknik transportasi, ilmu struktur, hidrologi, geoteknik serta manajemen konstruksi.

8. Program studi Ilmu Komunikasi

Basis program studi ini berupa keterampilan dalam bidang public speaking. Kamu akan diajari berkomunikasi secara efektif, memahami teori-teori baik interpersonal maupun kelompok, sehingga memiliki prospek kerja yang bagus.

Misalnya, saat menjadi seorang pengamat, melalui perspektif ilmu komunikasi. Peluang kerja lainnya ialah public relations, wartawan, sutradara, reporter, jurnalis, presenter, penyiar radio, media planner, event organizer serta copy writer.

9. Program studi Rekayasa Sistem

Menurut survey di Amerika Program studi ini, memiliki gaji rata-rata $ 730.870 per tahun. Basis kerjanya yaitu menjadi seorang programmer, konsultan IT, web engineering. Game developer, software tester/development, system analysis atau database administrator.

Karena tergolong program studi berkelas, Rekayasa Sistem hanya tersedia di Universitas besar seperti ITB.

10. Program studi Desain

Program studi ini juga memiliki prospek yang sangat bagus. karena desainer adalah “otak” setiap ide desain, dari desain logo, hingga desain pakaian. program studi ini membutuhkan kreativitas tinggi. Prospek karirnya seperti desain grafis, digital marketing atau editor periklanan.

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Mengapa sebuah Program studi dapat Menjamin prospek perkejaan yang baik?

Apakah semua program studi tersebut memberikan jaminan kerja di bidang yang Kamu tekuni? Seperti telah diulas sebelumnya, jawabannya adalah belum tentu. Semua tergantung pada hard skill dan soft skill yang kamu miliki. bagaimana cara agar program studi yang kamu tekuni dapat menjamin masa depan pekerjaan kamu? Simak baik-baik ulasan di bawah ini:

1. Sesuaikan minat dan kemauan belajar yang ada dalam dirimu. Kalau Kamu suka desain, jangan masuk hukum. Atau, kalau Kamu punya jiwa wirausaha, jangan masuk teknik sipil. Sekalipun peluangnya cukup bagus nantinya.

2. Finansial adalah pertimbangan terpenting saat ini. Jadi, jangan sampai Kamu kuliah di program studi yang punya prospek bagus, tetapi kehabisan biaya ditengah studi kamu.

3. Mengintip akreditasi program studi dan kampus tujuan juga tidak kalah pentingnya. jangan buru-buru mengejar peluang. Satu hal lagi yang harus kamu ingat adalah, perusahaan akan melihat ijazah asal kuliah kamu, karena ijazah juga menentukan kualitas dirimu.

4. Lihat pula mata kuliah yang akan diajarkan. Usahakan apa yang diajarkan adalah mata kuliah yang mengarah pada bidang yang ingin kamu capai dan jangan memalingkan fokus pada mata kuliah yang dirasa kurang pas dengan objek karir.

5. Setelah itu, pertimbangkan secara matang, ke mana program studi tersebut akan menuntun karirmu cara yang dapat dilakukan adalah melihat keadaan, peluang kerja apa yang sedang menjadi tren, lalu pilih program studi linear yang berkualitas.

Demikian ulasan lengkap mengenai program studi kuliah dengan prospek kerja yang bagus yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Pikirkan secara matang, tapi jangan lama-lama. Sampai Kamu lulus SMA dan belum tahu akan memilih program studi apa. Kuncinya adalah harus cepat dan tepat.