Pemilihan sebuah program studi merupakan hal penting untuk Kamu yang akan menyelesaikan Sekolah Menengah Atas. Apakah sudah menentukan tempat kuliah yang cocok? Jika belum, sebaiknya mencari kampus yang memiliki program studi kuliah favorit di tahun ini. Karna akan berpengaruh pada semangat kamu dalam belajar dan masa depan pendidikan kamu.

Dunia Perkuliahan yang Harus di Ketahui Anak SMA

Perlu diketahui bahwa perkuliahan memiliki atmosfer yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Mulai dari aturan berpakaian, kegiatan di luar kelas, hingga jadwal dan proses belajarnya.

Untuk Kamu yang memutuskan untuk mendaftar kuliah di Tahun ini tidak ada salahnya mengenal seluk beluk dunia perkuliahan. Di antaranya:

1. Aturan Pakaian saat Kuliah

Ingat gak Guys? Saat masih dibangku sekolah Kamu berangkat dengan sepatu dan seragam sesuai dengan jadwal pada hari itu. setelah memasuki kuliah tidak lagi ada seragam, cukup berbusana rapi dan sopan dengan tetap bersepatu.

Baca Juga : Masih Ragu Pilih Kampus? Cek Saja Akreditasinya

Hal ini pengecualian jika Kamu kuliah di perguruan tinggi kedinasan.

2. Metode Belajar

Saat berada di SMA umumnya kamu belajar dibimbing seorang guru dengan metode ceramah dan tugas siswa mendengarkan. Tapi saat kuliah Kamu lebih banyak menerima tugas individu maupun kelompok untuk mengembangkan kemampuan praktik kamu.

Sistem belajarnya hampir 90% berisi diskusi-presentasi maupun praktikum bagi program studi tertentu. Jadi mulai sekarang Kamu harus lebih percaya diri saat berbicara di depan banyak orang.

3. Jadwal perkuliahan

Jika biasanya sekolah dari pukul 07.00 hingga pukul 14.00 dengan rutinitas sama mulai senin hingga sabtu. Maka saat kuliah Kamu tidak lagi menjumpai jadwal semacam itu dibangku kuliah.

Kamu akan masuk mulai pukul 08.00 atau 09.00 atau bahkan siang hari. Dan jam perkuliahan berakhir tergantung mata kuliah yang diambil pada hari tersebut Dalam satu minggu bisa masuk 4 kali, 3 kali bahkan 5 kali. Dan jadwal akan selalu berbeda setiap semesternya.

4. Organisasi di Luar Akademik Kampus

Jika dulu Kamu menyukai kegiatan ekstakulikuler maka tidak perlu khawatir, saat masuk kuliah hal serupa bisa kamu dapatkan. Ada banyak pilihan organisasi kampus misalnya MAPALA atau mahasiswa pecinta alam, KSR dan masih banyak lagi.

Beberapa Jenis perguruan tinggi berdasarkan fungsi dan kedudukannya

Banyaknya pilihan tempat menimba ilmu membuat kamu semakin memiliki kesempatan mengejar cita-cita ddan mimpimu. Jika masih binggung, simak yuq ulasan di bawah ini:

1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Merupakan salah satu tujuan favorit para mahasiswa baru untuk mendaftarkan diri mereka di sana. Selain uang kuliah tunggal yang biasanya lebih terjangkau, mutu pendidikan yang ditawarkan juga cenderung lebih baik.

2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Selain PTN, Perguruan Tinggi Swasta juga tersebar diseluruh Indonesia. Bahkan perguruan tinggi ini juga menjadi incaran para pelajar. Karena beberapa PTS dianggap memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik bahkan di atas rata-rata PTN.

Mereka lebih memilih untuk kuliah di PTS dengan kualitas pendidikan lebih bagus dan menjanjikan. Banyak perusahaan dan instansi mulai melirik lulusan dari PTS dengan tingkat akreditasi yang baik.

3. Sekolah Tinggi Kedinasan

Selain perguruan tinggi, ada juga pilihan untuk melanjutkan kuliah di Sekolah tinggi kedinasan. Lembaga pendidikan ini memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah. Sehingga, alumninya akan bekerja di beberapa instansi milik pemerintah.

Contohnya, Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) yang mana terdiri dari berbagai program studi seperti perpajakan, bea cukai, ekspor impor dan sebagainya. Lulusan dari STAN juga dijamin langsung dapat bekerja.

4. Berkuliah di Luar Negeri

Tidak ada salahnya untuk melanjutkan studi di luar negeri. Selain mendapatkan ilmu baru yang tidak diperoleh di dalam negeri, kamu juga bisa menambah koneksi pertemanan dan pengalaman yang berbeda.

Banyak cara untuk bisa berkuliah di luar negeri, salah satunya melalui beasiswa pemerintah atau beasiswa yang disediakan oleh negera-negera tertentu. Beberapa negara yang menjadi tujuan kuliah antara lain Jerman, Amerika, Jepang, Australia dan lain-lain.

Cara Memilih Program Studi Kuliah Terfavorit

Bagi Kamu yang akan melanjutkan pendidikan dibangku kuliah, memilih dan menentukan perguruan tinggi adalah hal yang harus dipikirkan dengan matang. Banyak alasan dan faktor seseorang memutuskan memilih program studi tertentu. Diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini:

1. Minat dan bakat

Tahukah Kamu, banyak orang memilih program studi tertentu karena merasa bahwa program studi tersebut sesuai dengan minat selama di sekolah. Misalnya pada waktu sekolah menyukai dan ahli dalam hal-hal mekanik, saat kuliah kamu bisa mengambil program studi Teknik Mesin.

Selain itu, memilih perguruan tinggi sesuai dengan minat dan bakat akan membantu Kamu lebih semangat menjalankan rutinitas disaat kuliah.

2. Prospek Pekerjaan di Masa Depan

Selain mempertimbangan bakat dan minat maka hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana prospek kerja berdasarkan program studi yang Kamu pilih. Beberapa program studi yang banyak diminati mahasiswa zaman sekarang adalah program studi dengan prospek kerja yang bagus.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Secara tidak langsung program studi yang Kamu ambil saat kuliah mempengaruhi karir kerja di masa depan, misalnya untuk menjadi seorang dokter kamu harus memillij jurusan kuliah kedokteran. Walaupun tidak ada salahnya bekerja menjadi pengusaha dan bukan di bidang kesehatan.

3. Saran Guru atau Orang Tua

Tidak jarang mahasiswa memilih program studi tidak berdasarkan minat mereka sendiri tetapi berdasaarkan keingian dari orang tua atau dorongan guru saat di SMA. Misalnya orang tua mengingkinkan anaknya menjadi seorang guru.

Maka untuk membuat hati orang tua senang, secara tidak langsung Kamu memilih kuliah di fakultas keguruan dan mengambil program studi- pendidikan seperti pendidikan IPA, pendidikan Matematika, PGSD dan sebagainya.

Program Studi Kuliah Terfavorit Tahun Ini

Betul gak Guys, jika terlalu banyak pilihan membuat binggung? Apalagi Kamu harus memilih program studi terbaik di antara yang terbaik. pertimbangan matang sangat diperlukan untuk memecahkan permasalahan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pilihan terbaik yang akan kami ulas untuk membantu kamu dalam menentukan pilihanmu:

1. Program studi Pendidikan Kedokteran

Melihat dari peserta SBMPTN 2019 banyak yang memilih program studi ini, menjadikan program studi Pendidikan Kedokteran masuk kategori program studi terfavorit. Program studi ini termasuk dalam rumpun Saintek.

Program studi pendidikan kedokteran ini mempelajari berbagai hal mulai dari anatomi, fisiolgi tubuh manusia, bahkan juga histologi, biokimia dan lain sebagainya.

Berdasarkan data jumlah siswa SBMPTN yang memilih program studi pendidikan kedokteran di Universitas Udayana mencapai 2.301 orang. Kemudian di Universitas Hasanudin sekitar 2.111 peserta dan Universitas Jember mencapai 1.716 calon mahasiswa.

Jika Kamu tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa program studi pendidikan kedokteran tahun depan, yuk buruan lakukan persiapan dari sekarang.

2. Program studi Managemen

Program studi ini menjadi salah satu program studi di dalam kategori terbaik dengan jumlah peminat terbanyak. Sehingga, program studi management memiliki grade paling tinggi di antara fakultas Ekonomi lainnya. Semakin tahun jumlah peminat program studi ini terus bertambah dilihat dari jumlah pemilih dari total peserta SBMPTN.

Selain itu, karena peluang kerjan yang tergolong tinggi permintaan dari banyak perusahaan dengan bagian-bagian yang stategis. Seperti Konsultan Bisnis, manager keuangan, Konsultan perbankan dan lain-lain.

3. Program studi Informatika

Di era 4.0 atau era serba digital ini keberadaan para ahli IT dan Programmer sangat dibutuhkan. Para lulusan program studi ini akan memiliki prospek kerja yang bagus seperti bekerja di bidang-bidang pengembangan web (development), Network, system analysis hingga perusahan lainya.

Selain bekerja dalam perusahaan besar, mereka yang memiliki keahlian dalam IT dan programmer juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain melalui perusahaan rintisan/startup berbasis teknologi.
Kamu bisa melihat dari kemunculan aplikasi Grab dan berbagai Situs online lain. Penemuan ini juga merubah kebiasaan konsumsi dan berprilaku masyarakat loh guys.

4. Program studi Teknik

Berdasarkan prospek pekerjaan di masa depan, program studi ini dianggap memiliki peluang kerja yang bagus dengan gaji cukup menggiurkan. Lulusan dari program studi ini juga banyak dibutuhkan di perusahaan besar dalam maupun luar negeri.

Sebenarnya, program studi teknik masih dibagi menjadi beberapa jurusan yang lebih spesifik. Karena luasnya bidang teknik. Adapun pembagian program studi teknik ini meliputi jurusan teknik elektro, teknik mesin, teknik kimia dan masih banyak lagi.

5. Program studi Hukum

Prospek kerja saat memilih program studi hukum menjadi salah satu faktor yang menjadikan program studi ini masuk dalam jajaran program studi terfavorit di tahun ini. Dengan masuk jurusan ini, Kamu diharuskan mempelajari berbagai hal yang terkait dengan hukum mulai dari teori hingga praktik.

Peluang kerja bagi lulusan program studi ini meliputi pengacara maupun notaris, namun Kamu diwajibkan memiliki pengalaman kerja di kantor hukum dan melakukan serangkaian tes advokat bahkan juga bersedia melanjutkan pendidikan hingga S2 di program studi yang sama.

Selain itu, lulusan dari program studi ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar baik dalam skala nasional maupun multinasional. Kamu juga bisa menjadi Jaksa, Konsultan Hukum, diplomat ataupun bekerja di intansi pemerintah di bagian kementrian Hukum dan HAM.

6. Program studi Farmasi

Bagi Kamu yang suka membuat, meracik, mengkombinasi, menganalis, dan menstandarkan obat-obatan. Program studi ini layak untuk menjadi pilihan utama. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari sifat pendistribusian hingga aturan dalam penggunaan resep yang aman.

Di program studi ini Kamu akan mempelajari ilmu kimia hampir 80%, kemudian ilmu biologi dan Fisika. Peluang kerja dari lulusan ini biasanya akan terjun ke bidang industri obat, apoteker hingga peneliti di bidang farmasi.

7. Program studi Komunikasi

Sebagian besar perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan latar belakang program studi ini. Bahkan di luar negeri seperti di Amerika dan inggris lulusan komunikasi bisa mendapatkan gaji diatas rata2 karyawan di bidang lain. Beberapa prospek pekerjaan untuk program studi komunikasi antara lain di bidang Media, Marketing, Public relationship dan sebagainya. Tidak heran bils program studi ini menjadi salah satu program studi terfavorit.

8. Program studi Akutansi

Pada program studi ini kamu akan mempelajari berbagai ilmu terkait transaksi keuangan, meliputi aliran dana yang masuk baik rugi atau laba yang akan diperoleh.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Saat ini banyak perusahan yang bersedia mempekerjaan lulusan baru untuk magang di bagian departermen keuangan. Sehingga, prospek kerja di bidang akutansi cukup menjanjikan.

Berbagai ulasan untuk mengenal dunia perkuliahan, cara menentukan program studi kuliah terfavorit tahun ini tentu membuatmu lebih semangat kan Guys? Selagi masih ada waktu, gunakan sebaik mungkin dan jangan salah pilih program studi.