Banyak orang yang berpikir bahwa kuliah jurusan Bahasa Inggris itu belajarnya hanya tentang kosa kata dan grammar. Namun tidak segampang itu belajarnya. Karena penekanannya itu adalah lebih kepada penggunaan Bahasa Inggris kedalam sebuah konteks. Contohnya seperti, penggunaan Bahasa Inggris ketika presentasi, membaca maupun dalam drama performance.

Pada prinsipnya belajar bahasa itu memang harus sesering mungkin digunakan. Jika tidak, maka bisa hilang ilmunya. Dengan cara belajar yang biasa disebut praktek. Bahasa Inggris tersebut dipakai untuk berkomunikasi secara langsung. Grammar pun akan menjadi lebih baik karena sering digunakan, sambil mendengar omongan, membaca serta nulis dalam Bahasa Inggris.

Kemampuan Dasar sebelum Masuk Jurusan Bahasa Inggris

Bagi para lulusan jurusan bahasa Inggris kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa bahasa inggris adalah sebagai berikut ini:

  1. Mampu memahami dan juga mampu mengolah informasi menjadi sebuah kalimat baik itu ketika memahami bacaan maupun mengungkapkan ide lewat tulisan dan ucapan.
  2. Harus mampu memahami simbol, huruf dan gambar .
  3. Mampu memahami dasar-dasar dari Bahasa Inggris.
  4. Yang terpenting yaitu sebagai seorang mahasiswa bahasa Inggris, anda harus terbiasa berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, khususnya ketika anda di dalam perkuliahan.
  5. Tidak hanya itu, anda pun harus teliti, tekun, dan suka menganalisis. Sebab nanti anda akan belajar mengenai bahasa, yang tentunya menuntut anda untuk rajin membaca buku.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bahasa Inggris

Ada banyak yang berkata bahwa prospek kerja lulusan bahasa Inggris pasti sulit mendapatkan pekerjaan. Namun faktanya bahwa ternyata ada banyak lulusan bahasa Inggris yang bisa bekerja di berbagai bidang dimana Kita tahu bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dibutuhkan oleh dibeberapa perusahaan.

Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan IT

Pastinya bagi anda lulusan bahasa Inggris yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik, maka akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anda nanti di masa yang akan datang agar bisa berkomunikasi dengan lancar ke banyak orang dari seluruh dunia termasuk ketika anda bekerja di perusahaan. Di bawah ini adalah prospek kerja lulusan jurusan bahasa Inggris, antara lain:

1. Sebagai pengajar. Jika anda adalah seorang lulusan bahasa inggris, maka anda bisa menjadi seorang pengajar bahasa inggris baik itu menjadi seorang guru, dosen, atau sebagai pengajar kursus. Tidak hanya bisa mengajar bahasa inggris untuk orang Indonesia, namun anda juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia bagi orang asing yang ingin mendalami bahasa Indonesia.

2. Menjadi seorang penyunting bahasa. Semakin berkembangnya bagian industri media cetak dan digital, maka kebutuhan akan penulis ataupun editor juga semakin bertambah disetiap waktu. Khususnya ketika ada banyak naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang ingin diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Oleh sebab itu para lulusan bahasa inggris akan sangat memiliki tempat pas untuk mengisi pekerjaan ini.

3. Sebagai penulis. Prospek kerja lulusan jurusan bahasa inggris selanjutnya adalah anda pun bisa menjadi seorang penulis seperti copywriter atau content writer yang sekarang ini dibutuhkan banyak perusahaan. Penulis akan terlibat aktif dalam menciptakan serta mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi.

4. Penerjemah. Bagi para lulusan jurusan bahasa inggris mempunyai kesempatan bagus untuk bisa bekerja ke dunia translation, baik itu yang dikerjakan dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Ada juga yang berkata bahwa para mahasiswa bahasa inggris disebut-sebut sebagai kamis berjalan karena pengetahuan mereka akan bahasa inggris.

5. Sebagai asisten editorial. Seiring bertumbuhnya penerbitan digital yang semakin meningkat, membuat banyak kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online semakin banyak dan meningkat.

Kesempatan ini bisa didapatkan oleh para lulusan jurusan bahasa inggris untuk bisa menjadi seorang asisten editorial, dimana tugasnya seperti membantu dan mendukung staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, maupun jurnal online. Dan masih banyak lagi kesempatan pekerjaaan yang anda Alan dapatkan melalui jurusan bahasa inggris ini.

Kelebihan Jurusan Bahasa Inggris

Ada banyak kelebihan dari jurusan bahasa Inggris. Salah satunya adalah memiliki prospek kerja yang luas. Jadi, kelebihan utama ketika anda mengambil jurusan bahasa inggris yaitu memiliki prospek kerja yang cukup luas. Sebab sejak dari SD, SMP, SMA atau di bangku kuliah semua telah diajarkan bahasa inggris, menyebabkan kebutuhan akan tenaga pengajar yang mempunyai keahlian bahasa inggris sangat besar.

Sangat berbeda dengan jurusan keguruan lainnya, ketika anda misalnya mengambil jurusan Kimia maka anda hanya akan bisa mengajar di SMP atau SMA, namun ketika anda mengambil jurusan bahasa inggris anda bisa melamar kerja di bagian SD, SMP, SMA Dan sebagainya. Selain itu, di bawah ini adalah kelebihan dari jurusan bahasa Inggris, antara lain:

Berpeluang Membuka Lembaga Kursus Belajar Bahasa Inggris

Kelebihan selanjutnya ketika anda mengambil jurusan bahasa inggris yaitu anda memilki kesempatan untuk bisa membuka lembaga bimbingan belajar bahasa inggris. Untungnya adalah ketika anda setelah lulus kuliah belum mendapatkan pekerjaan, maka anda bisa membuka lembaga bimbingan belajar bahasa inggris yang saat ini masih dibutuhkan oleh banyak orang untuk memperdalam bahasa inggris mereka.

Menjadi Seorang Freelance Yaitu Jasa Translator

Selanjutnya anda bisa membuka jasa freelance sebagai penerjemah. Anda cukup memajang tulisan di depan rumah anda misalnya dengan memasang tulisan “menerima jasa translater”. Atau anda bisa mempromosikan jasa yang anda ingin tawarkan melalui media sosial yang di jaman sekarang ini semua orang menggunakan media sosial

Freelance merupakan sebuah pekerjaan yang paling mudah dikerjakan oleh para lulusan sarjana yang berasal dari jurusan bahasa inggris. Dalam proses perkuliahan di kampus, mahasiswa akan diberikan berbagai tugas yang menjadi bekal bagi alumni untuk digunakan dalam berbagai jenis profesi.

Local Guide (Pemandu wisata)

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu menarik untuk dikaji. Ada begitu banyak tempat wisata yang menjadi sasaran utama bagi para wisatawan. Peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para lulusan sarjana bahasa inggris yang memiliki keterampilan dibidang bahasa internasional menjadi penghubung antar negara yakni bahasa inggris. Peluang kerja ini bisa anda gunakan untuk menjadi pemandu turis.

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan Sastra Inggris?

Bahasa adalah bagian yang diperlukan untuk memperdalam kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Ketika mempelajari bahasa, selain anda harus memperkaya kosa kata, anda juga harus mempelajari struktur gramatika yang biasa disebut sebagai grammar, dan juga melatih kemampuan membaca, menulis, bicara, dan mendengar yang terbagi jadi beberapa mata kuliah dasar yang harus anda lewati. Selain itu, yang dipelajari ada di bawah ini:

Sejarah dan Budaya

Bahasa itu sendiri tidak akan pernah lepas dari budaya, dan budaya sendiri tidak akan pernah lepas dari yang namanya sejarah. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang sejarah dan budaya yang terkait dalam bahasa juga perlu dipelajari dan dikuasai. Sebagai informasi bahwa kajian sejarah dan budaya Inggris sangat berkaitan dengan sejarah dunia secara garis besar.

Alasan Mengambil Jurusan Bahasa Inggris

Lalu apa yang menjadi alasan para calon mahasiswa harus mengambil jurusan ini dan seberapa penting belajar bahasa inggris itu. Alasannya yaitu;

Mendapatkan Peluang Pekerjaan

Salah satu alasan yang terpenting ketika anda mempelajari bahasa Inggris yaitu karena kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih layak terbuka lebar. Ketika anda mempunyai kemampuan dan keahlian dalam berbicara menggunakan dua bahasa, maka hal itu akan menjadi nilai tambah pada bagi anda. Bukan hanya itu saja, namun anda pun akan bisa mendapatkan karier di jenjang internasional apabila kemampuan berbahasa Inggris anda sangat baik.

Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Itulah sebabnya mengapa mempelajari bahasa Inggris di jaman sekarang ini begitu terlihat sangat sulit. Karena memang bahasa Inggris memiliki nilai yang sangat lebih di mata dunia. Kuncinya adalah ketika anda sudah menguasai bahasa Inggris, dengan kata lain anda sudah memegang sebuah kesempatan besar untuk mendapatkan pekerjaan di setiap negara yang anda inginkan.

Menjadi Bahasa yang Sudah Meng-Global

Pentingnya belajar bahasa Inggris yang harus anda ketahui selanjutnya yaitu karena Bahasa Inggris merupakan bahasa yang meng-global. Mengapa? Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris sudha menjadi bahasa Internasional yang tentu digunakan oleh seluruh manusia di dunia. Itulah sebabnya ketika anda menguasai bahasa Inggris, maka secara langsung anda akan dapat beradaptasi dan berkomunikasi dengan siapa saja dengan mudah baik itu ketika anda berpindah dari negara satu ke negara lainnya.

Akan Mudah Diterima di Mata Dunia

Seperti yang sering kita lihat bahwa ada begitu banyak orang ketika ingin bergaul dengan sesamanya, maka mereka harus memandang masalah etnis, warna dan latar belakang orang yang sedang diajak bergaul. Tetapi, inilah alasan penting dari belajar bahasa Inggris. Ketika kita menguasai bahasa Inggris, maka nanti ketika kita berkunjung ke negara-negara besar seperti Amerika misalnya.

Kemudian, berkomunikasi langsung dengan menggunakan bahasa Inggris, maka biasanya orang-orang yang ada disana pasti akan dengan senang hati merespon kita tanpa harus memandang masalah etnis, warna dan latar belakang kita. Dengan kata lain bahwa bahasa Inggris yang digunakan itu berguna untuk menyatukan antar umat manusia di penjuru dunia ini supaya bisa bergaul satu dengan yang lain.

Fakta Unik Menjadi Mahasiswa Bahasa Inggris

Ada fakta unik yang anda harus ketahui ketika anda menjadi mahasiswa jurusan bahasa inggris, yaitu:

Belajar Lintas Budaya

Tidak hanya belajar bahasanya, namun jurusan ini anda juga akan belajar mengenai lintas budaya. Khususnya tentang budaya Indonesia dan budaya Inggris. Dan biasanya akan ada juga beberapa seminar internasional yang biasanya akan menghadirkan mahasiswa dari negara-negara lainbyang berfungsi sebagai pembicaranya untuk memperkenalkan budayanya masing-masing. Karena faktanya adalah ketika anda mempelajari sebuah bahasa, maka anda juga perlu mempelajari dan menguasai budayanya.

Terdapat Tugas-Tugas yang Unik

Duduk di bangku kuliah memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya tugas-tugas. Biasanya dinjurusan ini anda akan mendapatkan banyak tugas yang variatif dan menyenangkan, dalam arti tidak monoton dam kaku. Membaca novel dan menonton film merupakan salah satu tugas di jurusan ini.

Membuat Karya

Pada jurusan bahasa inggris anda juga dituntut untuk bisa membuat cerpen ataupun puisi, yang sebenarnya itu memberikan kita kesempatan untuk berekspresi, berimajinasi, serta membuat andanuntuk bisa menghasilkan karya-karya menarik. Hal ini juga bertujuan untuk mengembangkan skill dan karya yang sudah anda buat itu untuk diterbitkan. Intinya adalah mengambil jurusan bahasa inggris membuat anda memiliki banyak prospek kerja keuntungan yang akna terlihat dikedepannya.