TI merupakan jurusan teknik di tingkat perguruan tinggi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer serta analisis matematis dalam pengujian, pengembangan, juga dalam evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. Sederhananya bidang studi ini melakukan pembahasan mengenai pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer dimana menggunakan prinsip dan proses logika.

Dan banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan ini karena hal terpenting yang mereka ketahui adalah prospek kerja jurusan IT yang sudah terlihat jelas. Meskipun mata kuliah yang sedikit sulit namun tetap banyak yang memilih jurusan ini dan menekuninya dengan sungguh-sungguh dan juga serius.

Pengertian Jurusan IT

Secara garis besar jurusan IT merupakan gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, serta Bisnis. Fokusnya utamanya memang di bidang software atau yang biasa disebut sebagai programming, namun lebih ke arah penerapan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu tidak heran jika ada banyak mata kuliah yang juga membahas ekonomi manajemen dalam jurusan ini. Ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan sebelum anda masuk ke jurusan IT ini yaitu:

Baca Juga : Macam-Macam Jurusan Manajemen

1. Jurusan IT adalah gabungan dari Ilmu Komputer dan Bisnis Manajemen. Jadi apabila anda menyukai kedua bidang ini, maka jurusan IT ini merupakan pilihan yang paling pas.

2. Titel yang akan anda dapat dari sarjana jurusan S-1 Sistem Informasi adalah S.Kom dimana Ada banyak perusahaan yang membutuhkan para sarjana ini.

3. Programming merupakan inti dari materi kuliah, jadi jika anda melihat bahwa anda memiliki minat dibagian perprograman, anda bisa coba jurusan ini

4. Di jurusan ini anda akan mempelajari matematika, jadi jika anda tidak berminat dibagian matematika maka anda harus mencoba jurusan lain. Dengan kata lain apabila anda tidak memiliki passion dengan angka dan logika, tidak disarankan untuk memilih jurusan ini. Karena kita tahu bahwa matematika seperti Aljabar, Kalkulus, Statistik,dan tentu saja Koding akan dibahas.

Alasan Jurusan Teknik Informatika Diminati Banyak Orang

Di zaman yang serba digital ini, semua kalangan sudah mengandalkan aplikasi dan internet. Yang mungkin tergantung dengan ponsel, komputer, maupun laptop. Di masing-masing teknologi ini pun, pasti ada aplikasi yang selalu menjadi kebutuhan utama anda untuk melakukan aktivitas. Begitupun di ke depannya, kebutuhan akan hal ini akan terus meningkat sesuai dengan seiring berjalannya waktu yang serba mobile.

Seperti dalam bisnis profesional bidang IT akan begitu dibutuhkan kehadirannya. Terlebih bagi perusahaan yang berskala besar, pihak IT Alan menjadi salah satu pihak terpenting dan utama yang akan menyokong keberhasilan bisnis tersebut mengingat di jaman sekarang ini seluruh data sudah bertransformasi ke dalam bentuk digital. Di bawah ini adalah alasan jurusan TI banyak peminatnya, antara lain:

1. Peluang bekerja secara mandiri sangat tinggi. Ketika kita berbicara mengenai kesempatan karir di masa yang akan mendatang, maka para lulusan IT memiliki keunggulan yang sangat besar. Dalam arti pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi, tidak akan semua para lulusan perguruan tinggi memiliki kesempatan untuk bekerja secara independen atau tidak terikat dengan perusahaan.
2. Setidaknya anda bisa menjadi seorang konsultan IT. Mulailah dari usaha kecil-kecilan yang berbadan usaha CV misalnya, anda dan juga rekan terpercaya dapat menjadi seorang konsultan perusahaan sampai ke pemerintahan. Tidak hanya itu saja namun anda juga bisa mendirikan sebuah software house sampai startup sekalipun. Ada banyak alasannya yang bisa anda pertimbangkan.

Gaji Lulusan IT

Jika kita berbicara mengenai gaji lulusan jurusan IT, kisarannya sangat bervariasi tergantung dia bekerja sebagai apa dan diperusahaan mana. Menurut survei yang sudah dilakukan, bahwa besarnya gaji programmer yang baru lulus kuliah di Inggris misalnya mencapai sekitar 610 juta rupiah per tahun dan 919 juta rupiah per tahun di Amerika Serikat.

Sementara jika dibandingkan dengan Indonesia, pasti angkanya akan jauh berbeda. Untuk level junior dan belum berpengalaman, seorang lulusan jurusan IT yang bekerja pada bidangnya biasanya akan memperoleh gaji sekitar 4 sampai 7 juta rupiah. Namun, bagi perusahaan startup yang ternama serta perusahaan asing biasanya akan memberikan gaji yang lebih menarik.

Untuk entry level, anda yang merupakan seorang lulusan IT bisa mendapat upah sekitar 10 juta rupiah atau bahkan lebih setiap bulannya. Namun seleksi yang dilakukan oleh perusahaan seperti ini biasanya afmgak sedikit sulit dan mereka begitu memperhatikan ketrampilan daripada nilai dan prestasi yang tertulis di atas lembar resume atau CV.

Prospek Kerja Jurusan IT

Kesempatan untuk berkarir di bidang IT sangatlah luas. Kebutuhan terhadap dunia digital diperkirakan akan terus memberikan sisi yang positif sehingga anda juga tidak perlu khawatir mengenai profesi. Prospek kerja jurusan IT yang wajib anda ketahui adalah;

Karyawan IT

Jika kita hitung-hitung sebenarnya ada banyak jenis pekerjaan yang bisa anda temui ketika menjadi seorang karyawan IT di sebuah perusahaan seperti berikut ini.

Programmer

Merupakan pekerjaan bagi lulusan jurusan IT yang paling umum. Tugasnya yaitu membuat sebuah program tertentu. Misalnya jika anda berada di tim IT perbankan, maka anda akan diminta untuk mengembangkan sistem core banking yang sesuai dengan SOP perusahaan. Pembuatan program ini biasanya disebut sebagai proyek dan terbagi atas beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

System Analyst

Berdasarkan namanya, profesi ini sangat membutuhkan anda untuk bisa melakukan analisis serta perancangan terhadap sebuah sistem. Sistem yang dimaksud yaitu sistem yang berhubungan dengan perangkat lunak, jaringan komputer, serta hal-hal yang berkaitan secara teknis lainnya. Supaya analisis yang anda berikan itu kuat, maka anda biasanya akan diminta untuk melakukan pengecekan dari sistem database, hingga perangkat keras yang digunakan di dalam sistem tersebut.

Lain-Lain

Tidak hanya itu saja namun para lulusan IT juga biasanya sering dipercaya untuk menjadi seorang Network Administrator, Database Engineer, Software Engineer, hingga Web Designer karena memang ketrampilan mereka yang mampu menguasai segala bidang.

Konsultan

Merupakan salah satu pekerjaan yang anda bisa kerjakan secara individu dan mandiri. Perusahaan biasanya akan memanfaatkan jasa anda sebagai dasar pertimbangan memutuskan langkah strategis terhadap pengembangan sistem IT.

Keuntungan Mengambil Jurusan IT

Salah satu keuntungan mengambil jurusan TI adalah dapat menciptakan software dan mengembangkannya. Mata kuliah dari jurusan Informatika yang paling terkenal adalah pemrograman. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, maka anda dapat menciptakan sebuah software seperti aplikasi Android yang dapat akan membantu banyak orang dan yang memang sedang dibutuhkan banyak orang. Ada begitu banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari seperti pemrograman Java, Visual Basic dan sebagainya.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Dengan menguasai berbagai bahasa pemrograman tersebut maka anda harus meningkatkan juga logika anda untuk dapat membuat sebuah aplikasi. Karena kita tahu bahwa logika begitu penting dalam membuat sebuah aplikasi. Jika anda sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman, maka anda juga dapat menciptakan software serta memberikan nilai jual tersendiri. Dari sini lah anda akan mendapatkan penghasilan lain namun tetap sebagai programmer. Selain itu di bawah ini adalah keuntungan lain setelah mengambil jurusan TI, antara lain:

Prospek Kerja Jurusan IT yang Bagus Menanti – Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan IT sangat banyak dicari oleh sejumlah perusahaan. Karena dijaman yang semakin berkembang, canggih serta modern ini segala pekerjaan akan di kerjakan oleh komputer maupu. Oleh sebab itu, lulusan dari IT akan semakin banyak dibutuhkan di perusahaan.

Tidak hanya itu saja namun hampir semua perusahaan pun banyak yang menggunakan sistem komputer Dan teknologi ini untuk membantu pekerjaan dari setiap karyawannya. Disinilah lulusan informatika dapat melakukannya.

Menjadi seorang konsultan IT – Menjadi seseorang yang berada dunia IT memang terkadang dianggap sangat oke, karena mereka selalu dianggap yang paling mengerti tentang Komputer. Dalam jurusan IT juga ada salah satu profesi yang biasa di sebut dengan konsultan IT.

Konsultan IT ini berfungsi untuk membantu para kliennya dalam mendapatkan beberapa informasi mengenai pemasangan dari sebuah sistem sehingga sistem tersebut akan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu saja namun seorang dari lulusan Teknik Informatika juga mampu menciptakan perangkat yang sudah dikembangkan sebelumnya dan dapat menjadi seorang konsultan pada proses perakitan sebuah komputer.

Selalu tahu perkembangan teknologi – Seseorang yang memilih jurusan IT cenderung pasti selalu tahu mengenai masalah yang ada di dalam dunia teknologi. Apa saja yang sedang terjadi dan populer dikalangan masyarakat, mahasiswa yang berada di jurusan Teknik Informatika biasanya sudah memperbincangkan hal ini dahulu.

Mampu memperbaiki perangkat sendiri – Di era digitalisasi yang sekarang ini, penggunaan komputer, PC atau smartphone begitu sering digunakan oleh semua orang, dan juga penggunaan gadget berkembang seiring bertambahnya tahun dan canggihnya teknologi. Keuntungan yang aklan anda dapat jika anda seorang mahasiswa IT, anda mampu memperbaiki sendiri perangkat elektronik seperti komputer, dan lain sebagainya dengan mudah.

Jadi anda tidak perlu lagi untuk menggunakan jasa dari tukang service jika ingin memperbaiki perangkat sendiri. Bukankah hal ini begitu menguntungkan karena juga dapat menghemat biaya yang lumayan tinggi, jika dibandingkan ketika anda menggunakan jasa service perangkat elektronik seperti itu.

Lebih memahami proses yang terjadi di Komputer – Komputer adalah sebuah alat yang bisa dikatakan sangat sulit ketika ingin memproses informasinya. Oleh sebab itu bagi anda yang berada dan sangat menekuni mata kuliah di jurusan Teknik Informatika ini maka akan lebih mudah dalam memahami proses apa saja yang dibutuhkan ketika ingin memproses sebuah informasi yang terdapat dalam sebuah sistem. Hal ini juga yang pasti akan membantu anda jika ingin mengembangkan sebuah sistem baru sehingga mampu menciptakan inovasi yang menarik.

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Masih ada banyak manfaat yang didapat ketika sudah memahami bagian ini. Juga ada banyak keuntungan lainnya ketika anda ingin memilih jurusan ini. Bagi perusahan, orang lain bahkan bagi diri sendiri. Anda bisa menjadikan jurusan ini sebagai referensi bagi anda yang ingin kuliah. Ditambah mengingat prospek kerja jurusan IT yang begitu terbuka lebar dan selalu dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang membuat anda tidak perlu khawatir ingin bekerja dimana.