Memutuskan pindah kuliah memang tidak mudah. Seseorang harus berpikir ulang dimana dia akan melanjutkan pendidikan serta menemukan kampus yang tepat. Jika kamu tertarik untuk pindah ke UNTAR, simak terlebih dahulu syarat pindah kuliah ke UNTAR sebelum memutuskan pindah kuliah.

Beberapa Berkas yang kamu butuhkan untuk Pindah Kuliah ke UNTAR

Sebelum memutuskan pindah kuliah, ada baiknya terlebih dahulu kamu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas tersebut dibutuhkan untuk mengurus keperluan administrasi di universitas baru. Apabila kamu berasal dari univesitas lain ketahui beberapa berkas yang perlu kamu persiapkan Syarat Pindah Kuliah ke UNTAR:

1. Surat Pengantar dari Universitas Asal

Surat pengantar dari universitas asal sangat dibutuhkan sebagai pengantar ke universitas baru. Surat ini digunakan untuk legalitas antar universitas terkait.

2. Hasil Studi Semester

Berkas lain yang kamu butuhkan untuk pindah kuliah adalah hasil studi semester. Hasil studi ini berfungsi memberikan informasi hasil belajar kamu di universitas sebelumnya.

3. Melampirkan Transkrip dan Lembar Pengunduran Diri dari Universitas Asal

Surat pengunduran diri harus dilampirkan saat melakukan pindah kuliah ke UNTAR. Hal ini digunakan untuk menghindari adanya data yang sama dalam dua universitas yang berbeda. Hal ini juga berfungsi agar data kamu lebih akurat.

Baca Juga : Tata Cara Pendaftaran Online UNTAR

4. Tidak Terancam Drop Out dari Universitas Asal

Sebelum malakukan pindah kuliah, mahasiswa terkait harus menyertakan surat memberitahuan tidak terkena DO. Hal ini digunakan untuk menghindari beberapa mahasiswa yang bermasalah di kampus asal. Karena UNTAR tetap menjaga kualitas, baik dari kampus atau kualitas mahasiswanya.

5. Status Akreditasi Prodi Minimal Sama dengan Prodi yang Dituju

Prodi yang menjadi tujuan tentu harus memiliki kualitas yang sama. Hal ini bertujuan agar kualitas tetap terjaga. Selain itu, mahasiswa juga bisa mengimbangi pola fikir dari beberapa mahasiswa lain. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, bisa dikatakan gagal dalam perpindahan kampus.

6. Memiliki IPK Sesuai dengan syarat dan ketentuan UNTAR

Saat kamu akan pindah kampus ke UNTAR kamu harus memiliki IPK yang sesuai dengan kebijakan. Untuk ketentuan IPK bisa langsung mendatangi kampus 1. Untuk mendapatkan informasi lengkap dan detail seputar perpindahan kampus. Karena setiap jurusan memiliki standar yang berbeda-beda.

7. Memenuhi Persyaratan Akademik Lain yang Telah Ditetapkan

Selain beberapa persyaratan di atas, ada beberapa persyaratan lain yang harus kamu penuhi sesuai dengan prosedur kampus asal kamu dan kriteria-kriteria lain yang bersifat khusus.

Syarat Pindah Kuliah ke UNTAR

Memutuskan pindah kuliah di universitas lain bukanlah perkara yang mudah. Karena diperlukan beberapa berkas dan administrasi untuk masuk ke universitas baru. Di antara syarat pindah ke Universitas Tarumanagara yaitu:

1. Melengkapi Berkas yang Dibutuhkan

Melengkapi berkas ketika mengurus perpindahan tempat kuliah sangatlah penting. Berkas seperti surat pengantar dari universitas asal, hasil studi semester dan lain sebagainya di perlukan. Karenanya, pastikan berkas tersebut lengka dan benar.

kamu bisa datang langsung ke kampus UNTAR untuk menanyakan detail persyaratan yang dibutuhkan. Kelengkapan berkas lebih memudahkan saat proses pindah kampus.

2. Mencabut Kuliah di Universitas Asal

Sebelum pindah ke universitas selanjutnya, jangan lupa untuk mencabut kuliah di universitas asal. Jika hal ini tidak dilakukan, maka nama kamu masih tercatat sebagai mahasiswa di universitas asal.

Data ganda akan mengakibatkan tidak akuratnya identitas yang diberikan. Sehingga, akan ada dua nama yang sama dalam universitas yang berbeda. Apalagi kalau semester dan jurusan juga sama. Oleh karena itu, surat keterangan dari universitas asal sangat dibutuhkan.

3. Mendaftar di UNTAR

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan untuk memenuhi syarat pindah kuliah ke UNTAR adalah mendaftarkan diri di UNTAR dengan berkas-berkas yang telah disiapkan.

Cara Melakukan Pindah Kuliah ke UNTAR

Untuk melakukan pindah di universitas ini, terlebih dahulu ketahui hal-hal berikut untuk memperoleh gambaran. Yaitu:

1. Melengkapi Persyaratan yang Dibutuhkan

Melengkapi berbagai persyaratan adalah sesuatu hal yang paling utama. Karena hal ini berguna untuk mencatatatkan diri sebagai mahasiswa di UNTAR.

Persyaratan mulai dari berkas dan beberapa administrasi lain harus diselesaikan. Usahakan berkas yang dimiliki lengkap. Hal ini untuk mengantisipasi kurangnya berkas saat mengurus beberapa hal yang berkaitan dengan perpindahan tersebut.

2. Mengikuti Prosedur yang Berlaku

Hal yang tak kalah penting ketika pindah kuliah yaitu menaati setiap prosedur yang berlaku di universitas. Setiap universitas tentu memiliki prosedur yang berlaku dalam penerimaan mahasiswa baru.
Mulai dari pendaftaran sampai diterima. Ada dua pilihan pendaftaran yang bisa dilakukan, dengan cara online atau manual.

3. Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin ketika Memasuki Kuliah

Ketika telah mengikuti berbagai prosedur yang ditetapkan. Kini tinggal mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk memasuki universitas baru. Beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman baru juga membutuhkan pesiapan yang baik.

Beberapa Jurusan yang Ada di UNTAR

UNTAR memiliki beberapa fakultas serta berbagai macam jurusan yang bisa dipilih. Namun sebelumnya peril kamu ketahui terlebih dahulu akreditasi dari jurusan-jurusan yang ada di UNTAR.

Akreditasi universitas Tarumanagara adalah A sesuai dengan BAN-PT 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017

1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari jurusan:

  • Jurusan S-1 Manajemen terakreditasi A
  • Jurusan S-1 Akuntansi terakreditasi A
  • Profesi Akuntansi terakreditasi B
  • Jurusan s-2 Akuntansi terakreditasi B

2. Fakultas Hukum terdiri dari jurusan:

  • S-1 Hukum terakreditasi A
  • S-2 Hukum terakreditasi A
  • S-2 Kenotariatan terakreditasi B
  • S-3 Hukum terakreditasi B

3. Fakultas Teknik terdiri dari jurusan:

  • S-1 Arsitektur terakreditasi A
  • S-1 Teknik Sipil terakreditasi A
  • S-1 Teknik Mesin terakreditasi A
  • S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi B
  • S-1 Teknik Elektro terakreditasi B
  • S-1 Teknik Industri terakreditasi B
  • S-2 Arsitektur terakreditasi B
  • S-2 Teknik Sipil terakreditasi A
  • S-2 Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi B
  • S-3 Teknik Sipil terakreditasi B

4. Fakultas Teknologi Informasi

  • S-1 Teknik Informatika terakreditasi B
  • S-1 Sistem Informasi terakreditasi A

5. Fakultas Kedokteran

  • S-1 Kedokteran terakreditasi A
  • Profesi Dokter terakreditasi A

6. Fakultas Psikologi

  • S-1 Psikologi terakreditasi A
  • S-2 Psikologi Profesi terakreditasi B
  • S-2 Psikologi Sains terakreditasi B

7. Fakultas Seni Rupa dan Desain

  • S-1 Desain Interior terakreditasi B
  • S-1 Desain Komunikasi Visual terakreditasi A

8. Fakultas Ilmu Komunikasi

  • S-1 Komunikasi terakreditasi A

9. Program Pascasarjana

  • S-2 Manajemen terakreditasi B

Berbagai macam fakultas dan jurusan di atas dapat kamu ipilih sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. Tidak perlu ragu untuk kuliah di Universitas Tarumanagara. Karena universitas ini telah mendapatkan standar Internasional dari Organization for Standardization (ISO) 2001:2015.

Dalam hal manajemen, Universitas ini dinilai sangat baik. Universitas Tarumanagara memiliki manajemen yang baik dari berbagai sisi. Manajemen yang baik akan membuat universitas menjadi lebih tertata dan terstruktur.

Alasan Mahasiswa Lain Memilih Pindah Kuliah ke UNTAR

Setiap orang memiliki alasan tersendiri ketika memutuskan kuliah ke UNTAR. UNTAR memiliki berbagai keunikan, di antaranya sebagai berikut.

1. Lebih Maju

UNTAR Memiliki sejumlah fakultas yang terdiri dari berbagai jurusan. Kualitas dari UNTAR juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena universitas ini telah menerima berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional.

Fasilitas yang ada dibangun untuk mendukung mahasiswa dalam belajar. Arsitektur, baik interior maupun eksterior dari UNTAR juga akan membuat kamu merasa nyaman ketika belajar.

Salah satu jurusan yang banyak menyita perhatian adalah jurusan teknik. Jurusan ini telah mendapatkan akreditasi IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education).

Akreditasi ini membuktikan bahwa Universitas Tarumanagara terus berupaya untuk membangun reputasi dalam skala internasional. Hal ini dlakukan dengan dilandasi oleh visi profesionalisme, integritas, dan entrepreneurship di Asia Tenggara.

2. Program Studi yang banyak dan beragam

UNTAR memiliki berbagai macam program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Di antaranya ada Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Program Pascasarjana, dan fakultas-fakultas lainnya.

Dengan begitu, mahasiswa tidak akan kebingungan untuk menentukan jurusan sesuai pilihannya. Dan lebih hebatnya lagi, semua jurusan sudah memiliki akreditasi masing-masing. Jadi, tidak perlu khawatir dengan kualitas UNTAR.

3. Fasilitas Kampus yang Bagus dan Nyaman

Universitas Tarumanagara juga memiliki berbagai fasilitas pendukung. Seperti kantin, perpustakaan, dan lain nya. Dengan fasilitas ini, mahasiwa diharapkan dapat belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki dengan baik.

Kantin di UNTAR sangat higenis dan nyaman. Didukung dengan berbagai kelebihan yang tidak kamu temukan di universitas-universitas lain. Di sini kamu dapat berkumpul dan berdiskusi tentang tugas ataupun belajar kelompom. Gofood festival juga tersedia di kantin kampus 2. Berbagai jenis makanan bisa kamu nikmati saat berada di kantin tersebut.

Untuk membayar makanan yang ada di kantin, saat ini kamu bisa juga menggunakan Go-Pay.

4. Perpustakaan dengan Koleksi buku yang Lengkap

Ketika menjadi seorang mahasiswa, pergi ke perpustakaan menjadi kegiatan yang wajib kamu dilakukan. Berbagai tugas kuliah memerlukan referensi dari buku yang terdapat di perpustakaan. Maka dari itu, UNTAR menyediakan perpustakaan dengan koleksi berbagai macam buku untuk menambah referensi para mahasiswa.

Perpustakaan UNTAR didesain sebaik mungkin agar kamu dapat belajar dan membaca buku dengan nyaman. Barisan kursi dan meja juga telah disediakan untuk memudahkan kamu dalam membaca buku dan belajar.

Kamu juga bisa menikmati perpustakaan yang nyaman dengan berbagai koleksi buku yang tersedia. Ketika sedang bingung mencari buku, kamu bisa mengecek di OPAC. Dengan begitu, kamu akan mudah menemukan buku yang dicari.

Baca Juga : Biaya Kuliah Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Perpustakaan di sini memiliki berbagai jenis koleksi buku untuk mendukung perolehan pengetahuan baru bagi kamu. Di tempat ini kamu akan merasa nyaman ketika membaca buku.

Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan teman perihal tugas mata kuliah dan lain sebagainya. Kamu dapat dengan leluasa mencari buku yang ingin kamu baca. Kursi-kursi dan meja disediakan sebagai tempat untuk kamu membaca buku atau mengerjakan tugas kuliah.

Syarat pindah kuliah ke UNTAR sebetulnya tidak sesulit yang kamu banyangkan. Namun, setiap mahasiswa yang masuk harus mempersiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan. Hal ini digunakan untuk melengkapi syarat administrasi dan berbagai kepentingan lain.