Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Jakarta Barat. Untuk kamu yang berminat untuk melanjutkan studi di Universitas Tarumanagara, pada artikel ini kami akan mengupas seputar cara pendafataran online UNTAR agar kamu ga kebingungan saat akan mengikuti tahapa-tahapan pendaftaran tersebut.

Persyaratan yang Harus kamu persiapkan saat Mendaftar di UNTAR secara Online

Pendaftaran menjadi mahasiswa UNTAR bisa kamu lakukan secara online. Namun sebelum itu, kamu harus mempersiapkan beberapa persyaratan pendaftaran. Persyaratan ini berguna untuk memudahkan proses pendaftaran secara online. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan saat mendaftar di UNTAR secara online:

1. Sehat Jasmani dan Rohani

Calon mahasiswa baru harus sehat secara jasmani dan rohani. Definisi sehat tidak hanya secara fisik, namun juga kesehatan jiwa. Sehat jasmani dan rohani yang dimaksudkan adalah tidak mengganggu proses belajar selama menempuh pendidikan di program studi UNTAR.

2. Melampirkan Fotokopi SKHUN dan SHU yang Telah Dilegalisir

Melampirkan fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau SHU yang telah dilegalisir oleh sekolah (SMA/SMK se-derajat). SKHUN diterbitkan untuk memudahkan calon mahasiswa baru dalam melengkapi dokumen pendaftaran.

3. Fotokopi Rapor Kelas X hingga XII yang Telah Dilegalisir

Persyaratan pendaftaran selanjutnya adalah melampirkan fotokopi rapor. Rapor yang dilampirkan adalah catatan hasil belajar selama tiga tahun masa sekolah (SMA/SMK se-derajat), mulai dari kelas X hingga kelas XII yang telah dilegalisir sekolah.

Baca Juga : Biaya Kuliah Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

4. Tidak Ketergantungan dengan NAPZA

Persyaratan calon mahasiswa baru lainnya yang harus dipenuhi adalah tidak ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang, atau bebas dari Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif (NAPZA) lainnya. Biasanya, ini dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari RS.

5. Surat Keterangan Dokter

Persyaratan surat keterangan sehat dokter dan tidak buta warna wajib dilampirkan khusus untuk calon mahasiswa program Kedokteran, Arsitektur, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior.

Cara Melakukan Pendaftaran Online di Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Cara mendaftar sebagai calon mahasiswa baru UNTAR sangat mudah. Apalagi jika kamu mendaftar secara online. Pendaftaran ini berlaku untuk semua program studi yang tersedia. Berikut ini langkah-langkah melakukan pendaftaran online di UNTAR:

1. Membuka landing page www.digitalamisi.tarumanagara.ac.id

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka landing pagei Universitas Tarumanagara (UNTAR). Di landing page ini kamu akan menemukan berbagai informasi mengenai perguruan tinggi dan perkuliahan, khususnya link/alamat pendaftaran online.

2. Klik tombol “DAFTAR SEKARAANG” Di halaman landing page untar

Setelah itu, isi “data diri singkat”. Untuk alternatif lain, kamu bisa mencari kolom yang bertuliskan “Pendaftaran Online” di bagian bawah landing page.

3. Lakukan pembayaran melalui nomor virtual account

Virtual account BCA atas nama yayasan Tarumanagara akan di kirimkan ke alamat email kamu, dan lakukan konfirmasi setelah kamu membayar.

4. Isi formulir pendaftaran

Isi formulir pendaftaran berupa data diri, data keluarga dan latar belakang pendidikan kamu.

5.Ikuti ujian saringan masuk

Kamu wajib menghadiri Ujian Saringan Masuk sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, pastikan kamu tidak melewatkan jadwal ujian kamu, karena apabila kamu tidak mengikuti jadwal dari pihak admisi Universitas Tarumanagara maka kamu diharuskan membeli ulang formulir pendaftaran dan mengulang dari awal semua proses pendaftaran.

5. Menunggu Pengumuman

Tahap selanjutnya adalah menunggu pengumuman. Pihak kampus akan menyeleksi seluruh berkas-berkas dan hasil ujian kamu terkait ketentuan dan persyaratan yang sudah terkumpul. Kemudian kamu akan ddi informasikan mengenai diterima/tidak di Universitas Tarumanagara.

6. Apabila Dinyatakan LULUS

Jika kamu dinyatakan Lulus, maka silahkan pilih program studi yang kamu inginkan. Kemudian kamu dapat melakukan pembayaran Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dengan jumlah sesuai surat pemberitahuan penerimaan mahasiswa baru, atau dapat juga kamu download di pmb2.tarumanagara.ac.id/hasilusm/index.aspx.

Kemudahan Pendaftaran Online di UNTAR

Saat ini trend beraktifitas secara online sedang digandrungi, mulai dari aktifitas belanja, pemesanan transportasi, hingga memesan makanan dan minuman. Karena sistem online kini sudah trbukti memberikan kemudahan masyarakat pada umumnya. Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus mmelakukan pendaftaran secara online di UNTAR:

1. Bisa Diakses dan Dilakukan Dimana Saja

Kamu dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Pendaftaran secara online dapat kamu lakukan dimana pun dan kapan pun. Dengan begitu, kamu akan lebih menghemat waktu.

2. Memudahkan Calon Mahasiswa Baru Dalam Melakukan Pendaftaran

Dari segi teknis, pendaftaran secara online jelas lebih memudahkan calon mahasiswa baru. karnakamu tidak perlu datang ke kantor administrasi penerimaan mahasiswa baru UNTAR untuk melakukan pendaftaran.

3. Langkah-Langkah Pendaftaran Online yang Mudah

Cara pendaftaran online UNTAR sangat sederhana dan mudah. Calon mahasiswa baru hanya perlu mengikuti setiap langkah dan petunjuk pendaftaran sesuai informasi dan kolom-kolom yang tersedia pada landing page www.digitaladmisi.tarumanagara.ac.id.

4. Banyak Informasi yang Disediakan di landing page UNTAR

Dalam landingpage resmi untar, para calon mahasiswa dapat mencari informasi yang lengkap mengenai perguruan tinggi UNTAR. Dimana semua informasi yang kamu peroleh dapat mempermudah kamu dalam memilih jurusan, mencari beasiswa bahkan hingga menentukan untuk bergabung dengan Uit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu minati.

5. Kuota Mahasiswa yang Dapat Penuh Sewaktu-waktu

Dilihat dari kecepatan, melakukan pendaftaran online akan lebih cepat dari pendaftaran secara offline. Tidak menutup kemungkinan bagi para calon mahasiswa baru yang tidak bergegas melakukan pendaftaran secara online, akan kehabisan kuota dan kehilangan kesempatan menjadi mahasiswa UNTAR.

Perbedaan Cara Pendaftaran Online dan offline di UNTAR

Melakukan pendaftaran secara online dan offline jelas berbeda. Dilihat secara teknis, pendaftaran secara online lebih mudah sedangkan pendaftaran offline cenderung tidak efisien dalam hal waktu. Simak perbedaan pendaftaraan secara online dan ofline berikut ini:

1. Efisiensi Waktu

Untuk melakukan pendaftaran secara offline, kamu perlu mendatangi kantor administrasi penerimaan mahasiswa baru UNTAR secara langsung, atau menunggu agenda edufair. Sedangkan pendaftaran online dapat kamu lakukan dimana saja dengan lebih efektif dan efisien.

2. Kemudahan

Dibandingkan dengan pendaftaran offline, pendaftaran secara online jauh lebih mudah untuk kamu lakukan , kamu hanya perlu koneksi internet.

Informasi Mengenai Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) UNTAR

Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) adalah program penerimaan mahasiswa baru di UNTAR yang bertujuan menjaring calon mahasiswa dengan prestasi akademik dan konsisten selama duduk di sekolah (SMA/SMK se-derajat).

1. Pilihan Program Studi

Pilihan program studi di Jalur ini hanya Manajemen Bisnis, Akuntansi Bisnis, Ilmu Hukum, Perencanaan Kota & Real Estat, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Mesin, Sistem Informasi Bisnis, Desain Interior, DKV, Ilmu Komunikasi serta Ilmu Psikologi.

2. Persyaratan Umum

Saat duduk di kelas XII (SMA/SMK se-derajat), siswa harus memiliki prestasi akademik yang baik dan konsisten. Sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu proses belajar mahasiswa selama menempuh pendidikan di program studi terkait. Kamu juga harus bebas dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA).

3. Persyaratan Khusus

Khusus calon mahasiswa baru UNTAR yang memilih program studi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu harus melampirkan fotokopi surat keterangan sehat dari dokter dan tidak buta warna.
Informasi Mengenai Jalur Prestasi Unggulan (JPU) UNTAR

Jalur Prestasi Unggulan (JPU) adalah program penerimaan mahasiswa baru UNTAR yang bertujuan memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa berprestasi di sekolah, dan mempunyai keinginan untuk mengembangkan diri menjadi mahasiswa unggulan di UNTAR.

1. Pilihan Program Studi

Pilihan program studi hanya terbatas pada Manajemen Bisnis, Ilmu Komunikasi, Akuntansi Bisnis, Ilmu Hukum, Arsitektur, Sistem Informasi Bisnis, Perencanaan Kota & Real Estat, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Pendidikan Kedokteran, Ilmu Psikologi, Teknik Informatika, Desain Interior, DKV.

2. Persyaratan Umum

Siswa kelas XII yang mendapatkan peringkat (1-3) di sekolah. Khusus yang memilih program studi Kedokteran harus berasal dari SMA jurusan IPA. Lolos test psikologi dan wawancara yang diadakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAR. Serta melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

Informasi Mengenai Ujian Saringan Masuk (USM) UNTAR

Program USM di UNTAR adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang ditujukan untuk menjaring calon mahasiswa dari berbagai latar belakang dari berbagai daerah. Termasuk dari lulusan luar negeri yang memiliki kemampuan akademik memadai dalam mengikuti program pendidikan di UNTAR.

1. Pilihan Program Studi

Manajemen Bisnis, Akuntansi Bisnis, Arsitektur, Ilmu Hukum, Perencanaan Kota & Real Estat, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Kedokteran, Ilmu Psikologi, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi Bisnis, Desain Interior dan DKV.

2. Persyaratan Umum

Lulus kelas XII (SMA/SMK se-derajat). Sehat jasmani rohani dan tidak mengganggu proses belajar. Tidak terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang seperti Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA).

3. Persyaratan Khusus

Khusus bagi peminat program studi Arsitektur, Kedokteran, Desain Interior, dan DKV, harus melampirkan fotokopi surat keterangan dokter. Kemudian khusus bagi yang memilih program studi Kedokteran harus berasal dari SMA jurusan IPA dan melampirkan hasil Psikotes (MMPI-2).

4. Materi Ujian

Materi USM mencakup pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Pemilih prodi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior ditambahkan materi ujian menggambar. Kemudian khusus yang memilih prodi Kedokteran ditambah materi ujian Fisika, Kimia,dan Biologi.

Agenda Pameran Pendidikan (Edu Fair) bagi calon mahasiswa baru

Universitas Tarumanagara juga menjadi salah satu peserta perguruan tinggi yang mengikuti EduFair campus. Agenda ini rutin dilakukan setiap tahun di berbagai kota sebagai wadah bagi para siswa (SMA/SMK se-derajat) kelas XII untuk menentukan perguruan tinggi mana yang akan mereka pilih.

Dalam agenda tahunan ini, UNTAR menyediakan berbagai pelayanan informasi secara lengkap dan keseluruhan mengenai perguruan tinggi. Mulai dari pendaftaran mahasiswa baru, program studi yang ditawarkan, informasi mengenai beasiswa, hingga biaya selama perkuliahan.

Agenda ini juga bertujuan untuk memperkenalkan UNTAR kepada siswa kelas XII, sekaligus membagikan informasi resmi mengenai kampus. UNTAR juga memberikan suguhan tampilan kedaerahan yang dapat menarik minat siswa untuk mengunjungi stand.

Perpustakaan UNTAR Terakreditasi A

Penilaian akreditasi A pada perpustakaan ini membuktikan bahwa Universitas Tarumanagara memiliki standar mutu yang baik dan telah diakui secara luas oleh berbagai lembaga. Hal ini dapat menjadi gambaran atau acuan bagi perpustakaan-perpustakaan lain yang masih perlu pembinaan.

Perpustakaan ini memiliki bangunan yang luas dan memadai. Koleksi buku-buku juga semakin bertambah setiap tahunnya. Perbaikan terus dilakukan untuk menciptakan suasana nyaman bagi mahasiswa yang menggunakan fasilitas perpustakaan ini.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Para civitas akademika Universitas Tarumanagara, terutama Rektor berharap perpustakaan yang telah terakreditasi A ini akan semakin bermanfaat dalam mendukung Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang semakin ahli di bidangnya.

Demikian mengenai cara pendafataran online UNTAR dan beberapa jalur pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Jangan lupa setelah membayar SPP, calon mahasiswa baru harus melakukan tahap akhir yaitu regisrasi ulang. Dengan begitu, kamu telah berhasil melakukan pendaftaran.