Memilih jurusan perkuliahan merupakan hal yang penting bagi calon mahasiswa. Hal tersebut tidak berlaku jika kamu mendaftar di Universitas Tarumanagara. Karena jurusan teknik mesin dan teknik sipil baru saja mendapatkan Akreditasi IABEE.

Pengertian Akreditasi IABEE

IABEE merupakan singkatan dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education. Dimana organisasi ini berperan penting dalam akreditasi jurusan teknik di semua universitas. IABEE berada di bawah naungan JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education).

program ini merupakan kesepakan antar negara dalam dunia pendidikan. Dan menjalankan beberapa program study keteknikan. Khususnya antara Indonesia dan Jepang.

Akreditasi IABEE di Universitas Tarumanagara

Fakultas teknik mesin dan teknik sipil Universitas Tarumanagara memperoleh akreditasi dari IABEE Pada tanggal 20 desember 2018.

Meski telah mendapatkan setifikat IABEE, Universitas Tarumanagara tetap berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas Pendidikan, baik dari sisi akademik maupu non akademik.

Baca Juga : Syarat Pindah Kuliah ke UNTAR

Prestasi Mahasiswa Fakultas Teknik

Fakultas teknik yang telah mendapatkan predikat terbaik tentunya memiliki beberapa kelebihan tidak hanya tingkat universitas saja, tetapi juga pencapaian dari mahasiswa yang ada di dalamnya.

Hal ini dibuktikan jurusan Teknik dengan memperoleh Juara 1 Lomba Archiray IV yang bertempat di Universitas Hasanudin Makasar, pada tanggal 18 November 2018. Mahasiswa berprestasi tersebut bernama, Deanna, Marcellus Rafi dan Sebastian Michael Kwee.

Kemenangan ini tentu tidak lepas dari dukungan beberapa dosen, mahasiswa dan juga sarana yang dipeoleh dari Universitas Tarumanagara.

Manfaat Akreditasi IABEE bagi Jurusan Teknik di UNTAR

Memiliki sebuah akreditasi setingkat internasional merupakan kebanggaan tersendiri. Hal ini juga dirasakan Universitas Tarumanagara sebagai kampus terbaik. Akreditasi yang didapat tentu memberikan manfaat di dalamnya. Berikut diantaranya:

1. Meningkatkan kepercayaan terhadap fakultas teknik

Jurusan yang terdaftar dan memperoleh akreditasi cenderung lebih menjadi favorit dibanding jurusan lain. Hal ini karena pengakuan masyarakat terhadap jurusan yang terakreditasi merupakan jurusan yang terpercaya. Hal ini menjadi motivasi Universitas Tarumanagara untuk selalu memberikan pelayanan dan kualitas leebih bagi masyarakat.

Semua jurusan di Universitas Tarumanagara sebagian besar telah memiliki akreditasi Setiap calon mahasiswa baru tentu tidak akan kesulitan lagi untuk menentukan jurusan yang akan dipilih.

2. Peralatan yang Lengkap

Sebuah akreditasi IABEE tidak serta merta diberikan kepada sebuah universitas selain. Peralatan yang baik dan lengkap. Setiap fasilitas yang dimiliki Universitas Tarumanagara sudah berstandar nasional.

Standar ini telah ditentukan melalui berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah tingkat keamanan. / lisensi safety yang telah sesuai dengan fungsi dan standar yang telah ditentukan..

3. Dosen pengajar yang Profesional

Setiap dosen pengajar di Universitas Tarumanagara memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. dan juga berpengalaman. Khusus pada fakultas teknik terdapet beberapa profesor yang menjadi dosen pengajar didalamnya.

4. Cekatan dalam Menemukan Masalah

Setiap mahasiswa diwajibkan dapat berfikir cepat dan cekatan dalam menemukan permasalahan yang ada. Misalnya saja dalam teknik mesin, dapat mengatasi dan menemukan bagian komponen yang rusak.

5. Menjadi Pribadi yang Terampil

Ketrampilan dalam menciptakan penemuan baru di bidang teknik merupakan harapan kepada paara mahasiswa dalam proses pembelajaran.

6. Praktik Kerja yang Nyaman

Peralatan yang lengkap dan terakreditasi IABEE tentu memberikan rasa nyaman saat menjalani perkuliahan.

7. Pola Fikir Matang

Kematangan pola fikir merupakan salah satu faktor yang meningatkan presentase keberhasilan. Di Universitas Tarumanagara, setiap mahasiswa diharapkan dapat memecahkan masalah dengan Para lulusan Jurusan Teknik di Universitas Tarumanagara.

Baca Juga : Tata Cara Pendaftaran Online UNTAR

Diharapakan setelah berkuliah di jurusan teknin Universitas Tarumanagara para mahasiswa dapat termotifasi untuk berperan aktif didalam masyarakat dan memperoleh manfaat diantaranya;

1. Mendirikan Lapangan Pekerjaan

Setelah memperoleh bekal yang cukup saat dibangku kuliah, para lulusan diharapkan dapat membukal apangan pekerjaan dengan menjadi usahawan dan mendirikan usaha khususnya dibidang Teknik.

2. Diterima sebagai professional di perusahaan multinasional

Memperoleh pekerjaan yang layak merupakan tujuan setiap mahaiswa yang telah menyelesaikan kuliah. Setelah lulus dari. Fakulas teknik mahasiswa dari Universitas Tarumanagara diharapkan dapat bersaing sebagai professional dibidang Teknik.

3. Mandiri dan tidak Ketergantungan

Dengan bekal berupa praktikum semasa kuliah dapat menjadi ilmu yang bisa diterapkan didunia pekerjaan dan setiap lulusan fakultas Teknik universitas tarumanagara telah siap bekerja sebagai professional yang mandiri.

4. Membantu Orang yang Kesusahan

Selain mempelajari ilmu akademis, Sikap sosial juga merupakan bagian dari ilmu yang diajarkan di universitas tarumanagara. Sehingga, para lulusan lebih peduli sesama.

5. Bisa Merakit Beberapa Komponen Mesin

Ilmu yang diajarkan saat perkuliahan tentu bisa diaplikasikan dalam beberapa hal. Misalnya saja merakit beberapa komponen mesin. Selain itu, saat melakukan servis mesin. Tentu diharuskan melakukan bongkar pasang. Mahasiswa yang pandai tentu sudah hafal tata letak dari mesin tersebut.

6. Membuat Beberapa Penemuan baru

Penemuan lebih banyak berkembang di lingkungan Universitas. Penemuan tidak harus menciptakan alat, bias juga berupa penemuan teknik baru untuk membuat ataupun merakit beberapa komponen permesinan.
Selain itu, saat melakukan lomba dalam skala nasional juga memerlukan ide dan gagasan baru. Hal ini sengat berpengaruh pada prestasi yang diperoleh. Dengan akresitasi IABEE, hal tersebut tidak telalu menjadi beban.

Masuk ke Dalam Jurusan Teknik di Universitas Tarumanagara

Jurusan yang terakreditasi IABEE tentu menjadi tujuan setiap calon mahasiswa baru. Namun, untuk masuk ke dalam jurusan tersebut harus melalui beberapa tahapan tertentu. Diantaranya:

1. Melakukan Pendaftaran

Melakukan pendaftaran wajib dilakukan setiap calon mahasiswa Universitas Tarumanagara. Sebelum melakukan pendataran, tentu harus mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan. Seperti menyiapkan berkas dan beberapa kerperluan yang lain.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online dan offline. Untuk pendaftaran online bias melalui website resmi universitas tarumanagara, sedangkan Untuk pendaftaran offline kamu cukup datang langsung ke Universitas Tarumanagara dan mendaftar melalui admisi.

2. Seleksi atau Ujian

Setelah melakukan pendaftaran, kamu wajib mengkikuti seleksi atau ujian yang akan dilakukan. Banyaknya minat terhadap jurusan ini membuat persiangan yang cukup ketat. Kamu perlu mempelajari beberapa hal terkait pertanyaan yang akan diberikan. Maksimalkan usaha kamu untuk dapat bergabung di universitas tarumanagara..

3. Pengumuman

hasil tes akan diumumkan selang beberapa waktu. Calon mahasiswa yang lolos akan di informasikan dan diharuskan mengikuti beberapa tahapan berikutnya. Seperti, pendaftaran ulang ataupun melunasi biaya administrasi.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Setelah itu akan diberikkan informasi berupa kelas yang akan ditempati dan waktu dimulainya perkuliahan. pastikan kamu mengikuti semua persyaratan di atas.

Melakukan Kegiatan Perkuliahan Aktif

Perkuliahan aktif dilakukan serentak untuk setiap jurusan. Sebelum kelas perkuliahan dimulai, kamu wajib mengikuti perkembangan informasi pra kulliah.

Saat perkuliahan telah aktif berjalan mahasiswa diharuskan untuk mematuhi beberapa tata tertib yang ada. dengan sikap yang sungguh-sunggun. Jika terdapat pelanggaran, maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan yang telah disepakati.

Dengan akreditasi IABEE membuktikan bahwa Universitas Tarumanagara merupakan salah satu universitas terbaik yang patut dijadikan pilihan utama. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang rela antri untuk dapat berkuliah disini.