Tenis meja merupakan olahraga yang seringkali dilombakan dalam ajang kompetisi olahraga. Baik di tingkat nasional maupun kejuaraan antar universitas. Tenis meja juga termasuk salah satu cabang olahraga favorit yang menjadi bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) Tarumanagara. Prestasi UNTAR menjuarai Tenis Meja di ajang internasional saat ini sedang menjadi sorotan dunia.

Prestasi Tim Tenis Meja UNTAR di Ajang Internasional

Dari sekian banyak cabang perlombaan yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Mara, Malaysia, UNTAR menjuarai cabang olahraga tenis meja dan keluar sebagai juara pertama. Hasil yang diraih Vinda Wiedyanto ini membuktikan bahwa tim tenis meja Indonesia pada umumnya dan UNTAR pada khususnya patut dipertimbangkan.

Selain keluar sebagai juara pertama terdapat dua nama mahasiswa UNTAR lainnya yaitu Theodore Seamditia dan Vindra Wiedyanto Thedy keduanya juga berhasil meraih juara 2 dicabang tenis meja ganda putra pada ajang kompetisi yang sama

Selainitu ada pula Stesany yang sukses mendapatkan juara 3 kategori ganda putri, serta yang terakhir Cindy Angeline sebagai peraih juara 3 kategori tim.

Ajang olimpiade yang diselenggarakan tersebut memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan diberlakukannya kebijakan kepada atlet-atlet senior yang tidak diperkenankan turut serta dalam perlombaan.

Baca Juga : Syarat Pindah Kuliah ke UNTAR

Selain itu, sebelum atlet turun ke dalam perlombaan, mereka telah dipersiapkan dengan dibekali pembinaan berupa latihan secara rutin dan pengetahuan lebih lanjut. Diantaranya, latihan mengenai teknik- di dalam tenis meja. Hal tersebut bertujuan agar atlet mampu berkompetisi secara maksimal.

Vinda Wiedyanto menunjukkan Permainan tenis meja yang begitu baik dan penuh energy. Perolehan skor juga terpaut jauh hingga akhir pertandingan, walaupun pada babak pertama sempat mengalami kekalahan. Namun, akhirnya Vinda mampu kedudukan. Hingga berhasil memperoleh kemenangan dan keluar sebagai juara 1.

Cara Bergabung Dengan Tim Tenis Meja di Universitas Tarumanagara

Tim tenis meja UNTAR saat ini sedang menjadi sorotan media. Alasan tersebut membuat banyak mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dan menjadi bagian di UKM tersebut. Syarat dan ketentuan untuk menjadi bagian dari tim tenis meja Universitas Tarumanagara adalah sebagai berikut:

Mengisi Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran untuk bergabung bersama tim tenis meja bisa kamu dapatkan di gedung Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Tarumanagara. Dan pendaftaran In bersifat gratis.
Di dalam formulir tersebut, kamu diharuskan mengisi beberapa kolom yang ada. Terutama keterangaan identitas diri, foto dan beberapa persyaratan lain.

Pas Foto 3×4 Background Merah

Pas foto dengan ukuran 3×4 tentu menjadi salah satu syarat dalam pengisian formulir sebelum kamu diterima secara rsmi kedalam tim. Kegunaan foto tersebut sebagai bukti keabsahan terhadap calon anggota yang menandatangani formulir..

Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Dilembar kedua setelah formulir pendaftaran, terdapat lembar daftar riwayat hidup. data ini bertujuan untuk mengetahui lebih detail profil dari calon peserta.

Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Sebagai atlet yang nantinya akan tergabung bersama tim dan mewakili univeristas dalam ajang-ajang perlombaan di bidang olahraga, tentu kesehatan menjadi salah satu poin penting yang harus diutamakan.

Surat keterangan sehat yang ditanda tangani oleh dokter, wajib dilampirkan di bagian belakang formulir. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa masalah yang tidak diharapkan selama proses latihan berlangsung.

Aktif Mengikuti Kegiatan Latihan dan Memiliki Kemauan Keras

Setelah kamu mengikuti prosedur yang ditetapkan dan memenuhi persyaratan pendaftaran, kamu akan diterima sebagai anggota tim UKM tenis meja, Setelah itu, tentu saja keaktifan kamu didalam UKM merupakan poin yang harus diperhatikan.

Keaktifan hadir saat latihan menjadi bahan pertimbangan, layak atau tidaknya untuk diikut sertakan dalam ajang perlombaan. Apabila dalam absensi kamu tidak hadir sebanyak 3 kali, maka surat peringatan akan diberikan.

Apabila dalam kurun waktu yang telah diperingatkan kamu tidak memberikan konfirmasi, maka secara otomatis dianggap telah keluar dari tim dan digantikan oleh peserta lain. Hal tersebut merupakan peraturan baku yang tidak dapat diganggu gugat.

Olahraga Lain Selain Tenis Meja

Selain tenis meja di Universitas Tarumanagara, masih ada beberapa olahraga lain yang dapat kamu ikuti Setiap mahasiswa tentu memiliki kesempatan untuk bergabung dengan tim tersebut. Berikut diantaranya:

1. UKM Olahraga Badminton

Universitas Tarumanagara memiliki Unit Kegiatan Mahasiwa berupa badminton sebagai bidang olahraga ekstra kampus. Olahraga badminton di kampus ini juga telah berhasil mencetak atlet yang berhasil menjuarai beberapa perlombaan.

Walaupun prestasi yang diraih tim badminton belum segemilang tim tenis meja, olahraga ini tetap menjadi daya tarik bagi sebagian mahasiswa di Universitas Tarumanagara. Baik mahasiswa baru ataupun mahasiswa semester lanjut.

2. UKM Panjat Dinding

Apabila kamu memiliki hobi dan ketertarikan khusus pada pendakian, maka olahraga ini dapat kamu ikuti. Kampus ini menyediakan alat-alat daki yang memadai agar aman saat melakukan aktifitas panjat dinding.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti olahraga panjat dinding. Baik dari segi keamanan ataupun segi kenyamanan. Karena olahraga ini termasuk dalam kategori menantang adrenalin dan beresiko.

Olahraga panjat dinding di Universitas Tarumanagara merupakan kegiatan berbasis cinta alam. Tidak hanya sekedar melakukan pendakian ke beberapa tempat di Indonesia, melainkan turut andil dalam kegiatan gerak perduli lingkungan. Hal tersebut diwujudkan dengan dibentuknya tim donasi.

3. UKM Olahraga Basket

Olahraga basket menjadi salah satu permainan yang cukup popular dan digemari oleh berbagai kalangan dan hamper di seluruh penduduk belahan bumi lainnya, termasuk Indonesia. Kompetisi bola basket diselenggarakan setiap tahun. Mulai dari ajang nasional sampai internasional.

Tidak terkecuali Mahasiswa di Universitas Tarumanagara juga menggemari olahraga ini. Basket menjadi bagian dari kegiatan ekstra kulikuler kampus, olahraga ini dinilai sukses mencetak atlet-atlet yang mampu menembus zona internasional dalam berbagai jenis ajang perlombaan.

Bahkan, cabang olahraga basket yang ada di Universitas Tarumanagara mampu bersaing dengan atlet-atlet di dalam maupun luar negeri.

4. UKM Olahraga Futsal

Dalam olahraga futsal, Universitas Tarumanagara juga membuka penerimaan anggota baru Selain itu fasilitas yang tersedia pada kegiatan ini juga sangat memadai, yaitu berupa lapangan yang luas dan nyaman.

Tidak hanya itu, lapangan futsal yang ada di Universitas Tarumanagara juga diperuntukkan bagi umum, seperti tim yang bukan berasal dari perorangan mahasiswa. Cukup dengan menunjukkan KTP perwakilan tim serta membayar biaya administrasi, kamu bisa menggunakan lapangan serta fasilitas lain yang ada.

Berikut beberapa prestasi olahraga futsal di Universitas Tarumanagara:

  • Juara 3 Futsal Putra, Piala LPKA Manunggal Cup di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Tangerang.
  • Juara 3 Futsal Putra, USNI Cup 2019 di Lapangan Universitas Staya Negara Indonesia, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
  • Juara 2 Futsal Putra, UBM Feast 2.0 di Lapangan Futsal Universitas Bunda Mulia, Ancol.
  • Juara 1 Futsal Putri, Prasmul Olympics di Universitas Prasetya Mulya, BSD.

5. Pusat kebugaran/gym centre

Salah satu kelebihan yang dimilki oleh Universitas Tarumanagara adalah menyediakan ruangan khusus pusat kebugaran. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta, tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri.

Ruangan yang besar dengan berbagai macam fasilitas gym disedikan bagi para mahasiswa. Fasilitas ini juga bisa kamu gunakan untuk peserta olahraga lainnya, misalnya saja pemain olahraga badminton, tenis, futsal maupun panjat tebing.

Untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, tentu tidak perlu membayar mahal seperti di pusat kebugaran pada umumnya. Terutama bagi mahasiswa Universitas Tarumanagara, kamu hanya perlu membayar biaya administrasi.

Prestasi Lain Universitas Tarumanagara Selain Cabang Olahraga

Universitas Tarumanagara terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki banyak prestasi, baik dibidang akademik maupun non akademik. Berikut beberapa prestasi yang didapat selain dari cabang olahraga:

1. Dosen Universitas Tarumanagara Raih 13 Gelar

Salah satu hal yang paling membanggakan yang menjadi bagian dari prestasi Universitas Tarumanagara, adalah dosen yang memiliki 13 (tiga belas) gelar akademik.

Yenita, dosen Universitas Tarumenagera yang memiliki satu gelar sarjana, sepuluh gelar master dan dua gelar doktor.

2. Juara II Open Category 6th Singapore Robotic Games 2019

Ajang kejuaraan ini termasuk kedalam katergori penelitian ilmiah yang dilaksanakan di Singapura. Tim ini terbentuk dari beberapa mahasiswa yang memiliki minat terhadap inovasi dan penelitian.

Selain itu, kegiatan penelitian ini juga dapat menjadi bahan belajar untuk menyusun tugas akhir kuliah atau biasa disebut dengan skripsi. Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini biasanya berasal dari jurusan, teknik mesin dan teknik komputer.

Apabila kamu adalah mahasiswa di Universitas Tarumanagara, tidak ada salahnya mencoba bergabung dalam tim penelitian ini. Selain mengasah kemampuan berinovasi, tentu saja kamu dapat memperoleh fasilitas konsultasi gratis untuk penelitian lain di luar kegiatan tim.

3. Juara I Piala Tetap dan PIala Bergiling Marketing Plan 2018

Salah satu prestasi unggulan Universitas Tarumanagara adalah Marketing Plan. Marketing Plan ini terbentuk dari sekolompok peneliti yang kritis terhadap sistem perekonomian di Indonesia. Tim yang tergabung berasal dari mahasiswa dan rata-rata memilih kosentrasi jurusan enterpreuner.

Ranah penelitian di Universitas Tarumanagara tidak hanya dibidang teknik saja. Tim marketing plan ini terbentuk dengan misi menciptakan lapangan pekerjaan di tengah polemik padatnya penduduk.
Dengan berhasil diraihnya juara I dalam bidang marketing, tentu saja membuktikan bahwa mahasiswa lulusan Universitas Tarumanagara telah siap bersaing di era bisnis digital 4.0.

Ektra kulikuler di Universitas Tarumanagara

Berbagai kegiatan ekstra dan intra di Universitas Tarumanagara tersedia untuk menjembatani mahasiswa dengan skill-skill tertentu. Terutama dalam mengembangkan kemampuan serta menambah pengalaman dengan mengikuti berbagai ajang perlombaan.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Kunci keberhasilan dalam mencetak lulusan-lulusan sarjana oleh Universitas Tarumanagara adalah dengan memperhatikan kemajuan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi. Sehingga, dapat mengikuti perkembangan yang ada.

Bentuk perhatian terhadap kemajuan tersebut ditunjukkan dengan memberikan pelatihan di beberapa sbidang tertentu. Seperti kegiatan yang sering kali di lakukan, yakni pemberian training dan pelatihan MC bagi mahasiswa.

Kegiatan tersebut diberikan langsung oleh bagian Humas Universitas Tarumanagara kepada segenap dosen, karyawan dan mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mencetak bibit-bibit baru dan unggulan di bidang publik speaking.