Buat kamu yang tinggal sama orang tua, mungkin keuangan pribadi nggak terlalu masalah. Beda banget dengan anak kost, terutama mereka yang tinggal jauh dari orang tua. 

Selain berhadapan dengan tagihan bulanan dari ibu kost, biasanya anak kost juga harus pintar-pintar mengatur uang bulanan yang dikirim orang tua. Salah-salah menggunakan malah bisa bikin kehidupan jadi morat-marit sepanjang bulan.

Nah, jika kamu memutuskan untuk jadi anak kost selama kuliah di Untar, tentunya harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Karena kalau hedon-hedon aja tiap hari, bisa-bisa nanti kamu kesulitan bayar kost dan pengeluaran lainnya, terus akhirnya malah menyulitkan orang tua karena harus kirimin kamu uang ekstra.

Tips jadi anak kost

Nggak mau kan jadi morat-marit kayak gini? Makanya, lakukan deh langkah-langkah berikut ini biar kamu jadi anak kost yang anti morat-marit!

1. Bikin daftar pengeluaran untuk sebulan, biar uang kiriman dari orang tua bisa digunakan lebih tepat dan efisien. Jadi nggak ada lagi tuh pengeluaran “siluman” yang bikin keuangan kamu kacau balau.

2. Kalaupun ada uang, pastikan beli sesuatu itu karena kebutuhan alias penting, bukan karena kamu mampu membelinya. Daripada membeli barang yang nggak penting, lebih baik dialihkan jadi tabungan.

3. Sebagai anak kost, harusnya sih kamu tahu diri dalam artian nggak usah hedon-hedon banget soal makan. Jadi, carilah tempat makan yang murah, meriah, dan mengenyangkan di sekitar tempat kost yang biasanya ramah di kantong mahasiswa.

4. Bergaul sih boleh aja, tapi jangan terlalu sering di tempat-tempat ngehits ibukota karena bakalan menguras uang kamu. Kalo nggak penting-penting banget, jangan rajin-rajin nongkrong deh ya.

5. Nggak ada salahnya uang dari orang tua kamu sisihkan untuk ditabung. Selain buat jaga-jaga kalau ada kebutuhan mendadak, tabungan juga bisa “hadiah” buat diri kamu kalau lagi pengen sesuatu. 

6. Kalau dirasa uang yang dikirim orang tua kamu terlalu pas-pasan. Nggak ada salahnya cari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tambahan. Tapi, pastikan pekerjaan ini nggak mengganggu waktu kuliah ya. Gimanapun juga kamu kan mahasiswa, tugas utamanya ya kuliah dong!

7. Pilih tempat kost nggak harus mahal, yang penting aman, nyaman, dan dekat dengan lokasi kampus. Jadi kamu nggak perlu mengeluarkan biaya transport buat kuliah. 

Nah, enaknya kuliah di Untar, banyak banget kost-kostan di sekitar kampus buat kamu yang tinggal jauh dari orang tua. Begitu juga dengan warung-warung makanan dan jajanan yang lengkap banget, harganya juga ramah di kantong mahasiswa. Jadi, nggak sulit banget buat hidup irit ala anak kost.