Apakah Kamu sedang duduk di bangku kuliah? Takut jika nanti lulus kuliah tidak tepat waktu? Cek artikel dibawah ini, kami akan memberikan tips cara cepat lulus kuliah tepat waktu yang sayang jika kamu lewatkan.

Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah

Kuliah terkadang memang masih menjadi perdebatan, mengenai apa sih pentingnya kuliah? sedang di sisi lain banyak orang sukses yang justru tidak pernah berkuliah dan banyak lulusan perguruan tinggi yang bahkan menjadi pengangguran. Belum lagi faktor dari sulitnya mencari pekerjaan, sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk kuliah tidaklah sedikit.

Berikut ini alasan mengapa kuliah itu penting. Alasan yang pertama adalah membuatmu menjadi sosok yang berpengalaman.

Dalam proses perkuliahan Kamu tidak hanya dididik dengan materi dan teori saja, tetapi juga melalui praktek yang secara tidak langsung mengajarkanmu tentang bagaimana cara bersosialisasi yang baik dengan sesama, membangun relasi, meningkatakan kemampuan dan kompetensi.

Di bangku pekuliahan, Kamu juga akan dituntut untuk lebih terbuka dengan ide baru dan mencari solusi dalam memecahkan masalah. Hal ini akan membantu ketika memasuki dunia kerja menghadapi masalah yang tidak pernah kamu temui sebelumnya.

Baca Juga : Program Studi Kuliah Terfavorit Tahun Ini

Selain itu, di zaman yang semakin maju sekarang ini, jika Kamu hanya diam tanpa melakukan usaha, jangan kaget jika didahului orang lain. Manfaatkan kesempatan kuliah untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan, karena hal tersebut penting untuk bekal di masa depan.

Lulus Kuliah Tepat Waktu atau Lulus kuliah dii waktu yang Tepat?

Tahukan Kamu bedanya lulus kuliah tepat waktu dan lulus kuliah di waktu yang tepat?

Lulus kuliah tepat waktu artinya lulus sesuai dengan aturan akademik dan menyelesaikan skripsi sesuai dengan deadline yang ditetapkan.

Namun di sisi lain, ada juga mahasiswa yang waktu kuliahnya bisa melampaui 4 tahun. Biasanya kejadian seperti ini sebagai akibat dari terjebak dalam aktifitas kesibukan lainnya. Selain itu, bias saja memang sudah merencanakan waktu kelulusannya tanpa terpaku dengan aturan akademik.

Mahasiswa seperti ini terkadang melakukan kuliah disertai dengan bekerja atau bahkan sudah membuka usaha. Meskipun melelahkan, namun kelulusan kuliah tidak sesuai aturan akademik seperti ini terkadang juga bersifat positif.

Sebagian orang merasa kuliah tepat waktu ada banyak tuntutan yang harus diselesaikan saat itu juga. Hal tersebut terkadang membuat pikiran stress dan mempengaruhi kondisi kesehatan. Walaupun demikian, lulus tepat waktu juga ada banyak keuntungannya.

Jadi bagaimana menurutmu? Apakah Kamu ingin lulus kuliah tepat waktu atau lulus kuliah di waktu yang tepat? Semua itu tergantung dari pribadi masing-masing. Akan tetapi, yang perlu perhatikan disini adalah resiko yang di dapatkan. Baik kekurangan ataupun keuntungan seperti di bawah ini.

Keuntungan Lulus Kuliah Tepat Waktu

Pernahkah Kamu ditanya “kapan lulus kuliah?” jika sekali atau dua kali itu lumrah, namun jika terjadi seringkali tentu kamu akan merasa risih bukan? Untuk itu, lulus kuliah tepat waktu bisa dikatakan keinginan semua mahasiswa, alasannya adalah:

1. Hemat Biaya

Biaya merupakan alasan utama banyak orang ingin lulus kuliah tepat waktu. Semakin lama berkuliah, akan banyak uang yang harus dikeluarkan. Apalagi jika belum bisa mencari penghasilan sendiri.

Bukan hanya itu saja, untuk menunjang semua kebutuhan kamu,tentunya memerlukan uang tambahan yang tidak hanya digunakan untuk kuliah tetapi juga biaya transportasi ataupun tempat tinggal jika kamu berasal dari luar daerah.

2. Bisa Lebih Leluasa Mencari Kerja

Tentunya kamu tidak ingin terus-terusan bergantung dari pemberian orangtua bukan? Tentunya kamu akan lebih bangga jika dapat mulai melakukan sesuatu pekerjaan yang menghasilan uang untuk menopang hidupmu sendiri. Hal tersebut, bisa kamu lakukan dengan lulus kuliah tepat waktu dan langsung bekerja.

Bukan berarti jika sedang kuliah Kamu tidak bisa sambil bekerja, hanya saja kamu harus pintar membagi waktu antara kuliah dengan bekerja dan mempersiapkan tenaga ekstra untuk menyesuaikannya.

3. Kesempatan Berkarir di Usia Muda

Keuntungan lainnya adalah besarnya kesempatan berkarir di usia muda. Misalnya setelah lulus SMA Kamu bias melanjutkan kuliah saat itu juga. Jika lulus tepat waktu kamu hanya membutuhkan waktu maksimal 4 tahun untuk menjadi sarjana.

Di usia yang produktif akan lebih baik jika kamu mulai untuk berkarir? Tanpa perlu memikirkan tugas dan padatnya jadwal kuliah. Bisa memiliki banyak waktu untuk mencoba hal-hal baru dan mempraktekkan teori yang kamu dapatkan selama berkuliah.

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan hobi, minat dan bakat, di luar dari jurusanmu. Setidaknya, ketika kamu memulai karir di usia muda, ketika gagal kamu masih memiliki banyak waktu untuk mencari jalan keluarnya.

Jadi Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menuntaskan kuliah tepat waktu? jika iya berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai target ulus kuliah tepat waktu.

Tips Agar Cepat Lulus Kuliah Tepat Waktu

Bukan tidak mungkin lulus kuliah bisa dipercepat bahkan dipersingkat. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar dapat lulus kuliah tepat waktu di antaranya adalah:

1. Perhatikan Jumlah SKS Minimal untuk Lulus

Ketika berkuliah, ada peraturan mengenai jumlah SKS minimal yang harus diambil. jika ingin lulus dari sebuah program studi. untuk itu, kamu perlu merencanakan dari awal apa saja mata kuliah yang ingin kamu ambil dan pastikan jumlahnya mencukupi standart yang telah ditentukan.

Hal ini terkadang sering diabaikan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah hanya karena pilihan teman dan ikut-ikutan saja. Akibatnya, di tingkat akhir mereka baru menyadari jika SKS yang diambil belum cukup. Sehingga, harus mengambil beberapa kelas tambahan.

Selagi masih sempat, rencanakan dengan matang dan usahakan untuk memiliki rencana studi sendiri. Perlu kamu ingat, sifat mandiri sangat dituntut agar kamu lulus kuliah tepat waktu. Jangan banyak bergantung pada teman dan menyusahkan orang lain.

2. Berpikir Jauh ke Depan

Agar lebih termotivasi untuk menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya, coba luangkan waktu sejenak untuk memikirkan masa depan setelah lulus kuliah. Apakah langsung bekerja atau merintis karir sebagai pengusaha?

Dengan berpikir ke depan, Kamu akan memiliki bayangan mengenai memotivasi hidup untuk dapat lulus tepat waktu. Masa di bangku kuliah memang menjadi modal dasar untuk mewujudkan semua keinginanmu di masa depan.

Selain itu, memiliki rencana setelah kuliah juga membantu kamu menentukan apa saja yang perlu kamu lakukan ketika masih menjadi mahasiswa. Sehingga, kamu memiliki pengetahuan tentang bidang tertentu dan memiliki tujuan yang jelas untuk masa depanmu.

3. Jangan Malas Mencari Dosen

Salah satu yang menjadi beban mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun tugas skripsi adalah kesulitan untuk menghubungi dosen, yang juga memiliki kesibukan sendiri. Saat mengerjakan tugas akhir usahakan untuk selalu aktif mencari dosen dan gigih mengikuti bimbingan.

Perlu diIngat bahwa sebagai seorang mahasiswa Kamu membutuhkan ilmu dan bimbingan dari dosen. Bangun hubungan yang baik dan pastikan dosen tersebut mengenalmu dengan baik pula. Sehingga, besar kemungkinan dalam proses pengerjaan skripsimu semuanya akan lebih mudah.

4. Dahulukan Urusan Kuliah

Ketika sudah memasuki bangku kuliah, Kamu tidak lagi terikat dengan aturan ketat seperti di sekolah. Sehingga, kamu memiliki banyak waktu kosong yang bisa kamu manfaatkan untuk berorganisasi, mengerjakan tugas, bergosip dengan teman atau bahkan nongkrong dan jalan-jalan

Di saat seperti ini kamu harus bijak dan tegas untuk menolak setiap ajakan yang mengganggu waktu kuliahmu. Tetap Fokus untuk mengenakan toga tepat waktu dan dahulukan urusan kuliah di atas urusan lainnya.

5. Kerjakan Skripsimu dengan Sungguh-sunguh

Skripsi adalaah salah satu tolak ukur cepat/lambat kuliahmu selesai. Jika skripsi dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, maka dalam waktu singkat skripsimu akan rampung sepenuhnya.
Namun jangan salah, apabila kamu hanya bermalas-malasan maka skripsimu juga bisa menjadi penghambat kelulusan kuliahmu.

Atau bahkan kemungkinan terburuknya kamu bisa drop out jika tidak selesai dalam batas masa studi yang telah ditentukan. tentunya akan sangat merugikan. Jika demikian maka kamu harus focus untuk menyelesaikan skripsi terlebih dahulu agar toga bisa segera dipakai.

Ciri-ciri Mahasiswa yang Cepat Lulus Kuliah tepat Waktu

Dalam melaksakan perkuliahan tidak ada satu orangpun yang ingin menjadi mahasiswa abadi. Namun, dalam kenyataannya sangat berbeda.

Baca Juga : Tips Makan Sehat Anak Kost

Lantas, bagaimana ciri-ciri mahasiswa yanglulus kuliah tepat waktu?

Hal pertama bisa kamu lihat dari absensi mereka, jarang bolos akan meningkatkan presentase kelulusan lebih cepat. Karena tidak tertinggal dalam materi belajar.

Kedua, selalu aktif dalam kelas. yang tercermin dari sikap gigih dan saat mengerjakan tugas kuliah atau dalam beberapa tugas lainnya. Seperti, kerja kelompok, ujian semester ataupun ulangan pada mata kuliah yang sedang dijalani.

ketiga, melunasi pembayaran. Budaya ngutang terkadang juga berimbas saat kuliah berlangsung. Sebagian mahasiswa terkadang menunda pembayaran dengan berbagai macam alasan. Sehingga, mereka tidak dapaat mengikuti kegiatan aktifitas perkuliahan dengan lancer.

Dengan mengetahui tips cara cepat lulus kuliah tepat waktu, menjadikan studimu lebih bermanfaat dan berkualitas. Tidak ada salahnya mulai kamu terapkan dari sekarang. Banyak keuntungan yang bias kamu dapat dari hal tersebut. Terutama akan menjadi pilihan dan target agar segera selesai..