Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan cita-cita setiap siswa. Akan tetapi tidak semua bisa melaksanakannya, terutama bagi kalian yang belum siap secara financial. Kamu tidak perlu berkecil hati karna saat ini ada beasiswa yang bias kamu jadikan sebagai solusi untuk masalah tersebut.

Akan tetapi untuk mendapatkan beasiswa tidak semudah yang kamu bayangkan, Di sini akan kami bagikan tips cerdas cara untuk memperoleh beasiswa kuliah.

Pentingnya Beasiswa untuk Pendidikan

Mengingat biaya kuliah yang sangat mahal saat ini, Belum lagi untuk Kamu yang menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman. Biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama belajar di kota juga membutuhkan biaya tambahan. Tentunya dapat terbantu dengan adanya program beasiswa tersebut.

Dengan adanya beasiswa Kamu memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. Meningat tingkat Pendidikan kamu berpengaruh pada karir kamu di masa depan. Bahkan kamu bisa memilih jenis beasiswa yang bisa menunjang karirmu nantinya.

Baca Juga : Jurusan yang Cocok untuk siswa lulusan IPA

Beasiswa juga memberi kesempatan untuk kamu membangun jaringan yang lebih luas. Biasanya Kamu yang mendapat beasiswa dapat bertemu dengan penerima beasiswa lain dalam program yang sama. Sehingga Kamu dapat saling bertukar pikiran.

Apalagi bagi Kamu yang berkuliah di luar negeri nantinya akan bertemu dengan orang yang berbeda-beda. Dan secara tidak langsung Kamu telah memperluas jaringanmu.

Mendapatkan beasiswa berarti Kamu lebih unggul dari teman-temanmu. Penyedia beasiswa tentu melihat kualitas dirimu, seberapa layak kamu menerima beasiswa tersebut. Juga melatih kamu untuk bekerja keras dan bertanggung jawab.

Manfaat Beasiswa untuk Pendidikan

Tidak dipungkiri bahwa setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap hal tersebut, Namun selain dukungan materi, terdapat juga banyak manfaat yang akan kalian peroleh dari beasiswa tersebut.

Cita-cita untuk memperoleh beasiswa akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Selain memotivasi diri untuk menjadi yang terbaik, kamu juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan kamu di berbagai bidang. Dengan perjuangan kerasmu serta hasil yang kamu capai bias kamu sampaikan kepada mereka yang belum beruntung.

Sebagai penerima beasiswa Kamu akan menjadi prioritas bagi perusahaan saat kamu mencari pekerjaan dibanding lulusan lain.

Perusahaan tentunya sudah tahu kualitas serta perjuangan kamu dalam melewati setiap tahapan proses seleksi. Tidak menutup kemungkinan nantinya Kamu akan di menjadi contoh bagi karyawan lain. Atau kemungkinan lainnya kamu dapat memulai karirmu tidak dari paling bawah.

Salah satu manfaat beasiswa adalah untuk mengubah nasib. mungkin ada di antara kalian anak seorang petani dan orang tuamu tidak membiayai seluruh pengeluaaran kuliah. Namun berkat skill keahlian serta kepandaianmu,kamu bisa mendapatkan dan bisa menempuh pendidikan yang sesuai dengan bidangmu

Macam-macam Beasiswa

Mendapat beasiswa merupakan golden ticket bagi mahasiswa yang punya keterbatasan ekonomi. Maka dari itu, banyak dari mereka yang berjuang keras demi meraih impian dengan mengejar Pendidikan ke tingkat yang setinggi mungkin.

Karena ilmu merupakan salah satu faktor terpenting untuk mencapai masa depan yang lebih baik. bicara soal beasiswa, banyak sekali Lembaga yang menyediakan program tersebut. Mulai dari kampus, pemerintah maupun instansi lainya. Adapun macam-macam beasiswa secara umum seperti:

1. Publik Or Government Schorlarship

Beasiswa ini diberikan oleh lembaga publik, misal pemerintah, departemen maupun organisasi. Selain itu juga ada lembaga pendidikan yang mengelola beasiswa yang diberikan kepada karyawan. Sebagai contoh, beasiswa yang diberikan BAPPENAS. Yang Biasanya tidak hanya ditujukan kepada karyawan BAPPENAS saja tetapi juga karyawan dari lembaga lain.

Di Indonesia sendiri ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga pemerintahan seperti, Departemen Kominfo,Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan sebagainya.

2. Private Scorlarship

Beasiswa ini biasanya diadakan oleh lembaga swasta seperti perusahaan besar. Beberapa contoh beasiswa S1, S2 dan S3 dari perusahaan besar yang peduli dengan dunia pendidikan anak-anak Indonesia.
Di antaranya, Sampoerna Foundation, Djarum, Shell, The Ford Foundation, CIMB Niaga dan lain sebagainya. Beasiswa ini biasanya lebih difokuskan pada jenis bidang industri perusahaan tersebut.

3. Community Organisasi

Beasiswa ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Biasanya beasiswa ini ditawarkan oleh komunitas maupun yayasan tertentu. Baik organisasi sosial, akademik atau keagamaan. Tujuanya sama yaitu membiayai mahasiswa berprestasi untuk menyelesaikan pendidikan. Salah satunya adalah The Habibie Center.

4. University Schorlarships

Beasiswa ini biasa ditawarkan oleh pihak kampus, dengan bentuk yang bermacam-macam. Major-Specific Awards, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dalam bidang studi tertentu.

Untuk skema pembiayaan akan diberikan kepada mahasiswa lokal maupun international. Ada juga Fellowships, beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan sebuah penelitian dalam waktu yang telah ditetapkan.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, Kamu harus memperhatikan apakah universitas tersebut mempunyai bidang studi yang sesuai dengan bakatmu. Selain itu, universitas juga menyediakan Athletic Scholarships, beasiswa ini biasa diberikan kepada para atlet yang menekuni bidang olahraga.

5. Negara Maju dan Donor International

Di era globalisasi seperti saat ini banyak negara maju maupun lembaga donor yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kerjasama yang lebih efektif dan kondusif. Di bawah ini beberapa contoh beasiswa jenis ini:

  • Beasiswa Chevening Negara Inggris yang dikelola oleh British Council.
  • Beasiswa Fulbright Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF
  • Beasiswa Australia Awards, dari pemerintah Australia.
  • Beasiswa Stuned, Orange Tulip Scholarship, Holland Scholarship untuk melanjutkan kuliah di Belanda.
  • Beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan.
  • Beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang
  • Beasiswa World Bank dan lain sebagainya.

6. Beasiswa Akademik

Selain beasiswa di atas, masih banyak beasiswa lain yang bias kamu dapatkan. Salah satunya adalah beasiswa akademik. Beasiswa Ini diberikan kepada mahasiswwa yang memiliki prestasi akademik sebagai wujud apresiasi.

Prestasi yang dimaksud misalnya IPK harus di atas 3,5. Tentunya beasiswa ini bisa didapat ketika kamu sudah menjadi mahasiswa dan menjadi yang terbaik di sana.

Trik Cerdas untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Mendapatkan beasiswa bisa menjadi kebanggan tersendiri karena merupakan prestasi yang tidak bisa diperoleh semua mahasiswa. Banyak sekali jenis yang disediakan oleh berbagai pihak. Tentunya untuk mendapatkannya kamu harus berjuang lebih keras.

Di bawah ini ada beberapa tips cerdas untuk memperoleh beasiswa kuliah:

1. Giat Belajar

Beasiswa diberikan dengan tujuan untuk melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Namun tidak diberikan secara cuma-cuma dan harus ada prestasi yang menjadi jaminan. Untuk itu kamu perlu belajar lebih giat untik mendapatkannya. Jika nilaimu buruk, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan beasiswa.

Program beasiswa yang diberikan universitas, pemerintah maupun lembaga lain. Mensyaratkan nilai IPK tertentu untuk mendapatkannya. Tidak mungkin Kamu dapat mengajukan beasiswa yang nilai IPK yang minim.
untuk itu, giat belajar merupakan syarat wajib yang harus Kamu utamakan. Jangan pernah putus asa. Gagal sekali, coba lagi seribu kali. Jika terus gagal, evaluasi kekurangan dan segera perbaiki. Seperti pepatah mengatakan bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

2. Kuasai Bahasa Inggris

Bagi Kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, kamu wajib menguasai bahasa Inggris Mengingat bahasa tersebut merupakan bahasa Internasional. Hampir semua Negara menggunakan bahasa inggris untuk memudahkan berkomunikasi satu sama lain.

Jika ingin berkuliah di luar negeri sebaiknya kamu memperbaiki TOEFL. Memang tidak semua beasiswa mengharuskan TOEFL yang tinggi. Tetapi rata-rata beasiswa ini mengharuskan Kamu untuk memiliki skor TOEFL sekitar 400-500. Ketika sudah mendapatkannya kamu tinggal memperbaiki bahasa inggrismu.

3. Lengkapi CV dengan Hal Positif

Mengejar beasiswa jangan hanya dengan modal tangan hampa. Karena harus disertai dengan usaha keras. Buatlah CV menarik mengenai dirimu dan pengalaman yang kamu punya Misalnya keaktifan kamu dalam organisasi atau pengalaman usaha jika kamu punya.

Kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dengan mengikuti dan memenangkan audisi di universitasmu. Untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan, kamu harus berpegang teguh pada pendirian, selalu optimis dan jangan pernah putus asa. Semakin banyak mencoba maka peluangmu semakin besar.

4. Rajin Mencari Informasi

Mencari dan mengumpulkan informasi adalah hal yang wajib Kamu lakukan. Buatlah catatan kecil mengenai jenis beasiswa yang kamu inginkan. Mencari informasi bias kamu lakukan melalui berbagai sumber. Bisa dari teman, dosen, pihak sekolah, saudara ataupun dari internet.

Tanyakan kepada mereka yang pernah mendapatkan beasiswa. Dari mereka Kamu bias mendapatkan informasi ataupun bertukar pikiran. Jangan pernah ragu untuk bertanya mengenai kendalayang kamu hadapi.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan beasiswa melalui scholarship board yang ada di kampus. Banyak universitas di Indonesia yang menyediakan situs resmi. Rajin-rajinlah membuka situs tersebut untuk mendapatkan informasi terkini.

Pastikan ketika mencari informasi kamu sudah menentukan tujuan dan jurusan yang Kamu inginkan. Misal di luar negeri atau di dalam negeri. Agar memudahkan pencarian dan lebih efektif, serta tepat sasaran dalam menggali informasi yang ada.

5. Lengkapi Persyaratannya

Jika Kamu sudah mendapatkan info mengenai beasiswa yang kamu inginkan. Segera lengkapi persyaratannya. Perhatikan dengan seksama syarat apa saja yang harus kamu penuhi. Jangan ada poin yang terlewat. Berkas-berkas juga harus kamu susun secara lengkap dan rapih.

Dengan hal ini, kamu bisa membangun personal branding. mengenai tim penilai dan akan melihat kesungguhan dalam mengejar beasiswa. Sedikit keteledoran akan berakibat fatal hingga ditolaknyai program yang kamu inginkan.

Selain menyiapkan persyaratan, kamu juga harus menyiapkan diri untuk mengikuti setiap tes yang di selenggarakan. Tes tersebut bermacam-macam seperti wawancara, tertulis atau tergantung dari kebijakan masing-masing pihak terkait.

6. Kampus Ikatan Dinas

Salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa adalah dengan bergabung ke kampus ikatan dinas, seperti IDPN, STAN, STSN, dan STIS. Kampus ikatan dinas tidak hanya menawarkan beasiswa, tetapi juga kontrak kerja dengan dinas terkait setelah lulus nanti.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Ingin kuliah dan langsung kerja, maka kamu bergabung dengan kampus ikatan adalah pilihan yang cerdas dan tepat.

7. Perbanyak Doa

Selain faktor di atas, berdoa juga menentukan keberhasilanmu dalam memperoleh beasiswa kuliah. Banyak-banyak berdoa, minta dukungan dari orang tua, teman ataupun kerabat dekat.

Dukungan tersebut diharapkan bisa membuat kamu lebih semangat belajar serta lebih siap mental untuk menghadapi setiap seleksi yang diselenggarakan.

Bagi Kamu yang sedang atau akan mengejar beasiswa untuk pendidikan yang lebih tinggi tidak ada salahnya mencoba tips cerdas cara mendapatkan beasiswa kuliah. Semoga kalian bisa meraih apa yang menjadi impianmu. Percayalah usaha tidak akan pernah menghianati hasil.