Masa SMA memang paling menyenangkan. Saat SMA pasti kita hanya berpikir, lulus SMA lalu kuliah, terus kerja, punya uang sendiri. Terus, apa kita pernah berpikir bagaimana sebenarnya dunia kerja itu? Nah, itulah kenapa di dunia ini ada yang namanya tempat magang.

Magang atau intern bukan cuma masuk ke perusahaan lalu kita duduk diam di depan laptop, membuatkan kopi untuk karyawan di sana, lalu membantu mereka mem-fotokopi berkas. No! Itu tugasnya office boy di kantor, dan kamu bukan magang jadi OB, kan?

Anak magang itu punya kesempatan yang cukup besar loh, untuk menunjukkan kemampuan dalam diri. Tak harus lulusan kampus ternama, yang penting kamu tahu kampus keren yang bisa mendidik kamu untuk siap berada di dunia kerja yang sesungguhnya.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Saat magang, kamu juga bisa menjalin relasi dengan orang lain, termasuk orang kantor dan para klien mereka. Kamu akan diikutsertakan dalam setiap pekerjaan kantor. Kamu akan diajarkan bagaimana bersikap dan menjalin hubungan baik dengan klien, disiplin waktu, mengerjakan tugas prioritas, dan lainnya.

Jangan salah. Saat magang, ada kemungkinan kamu juga akan langsung direkrut untuk memperkuat tim di perusahaan tersebut. Tapi ada syaratnya loh. Salah satunya adalah attitude kamu yang harus baik. Nah, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan saat magang, biar kamu langsung menarik perhatian HRD di perusahaan itu.

Tips untuk mahasiswa yang magang

Sikap

Anak magang memang tak akan diberikan tugas yang banyak dengan tanggung jawab besar. Jadi kuncinya adalah memiliki sikap atau atitud yang baik di kantor. Senyum dan ramah sudah pasti sebuah keharusan. Kalau disuruh untuk bikin kopi atau bantu fotokopi, ya sesekali tak apa kali ya. Anggap aja sebagai awal dari keakraban. Ini juga bukti kalau kamu memang mau belajar di perusahaan ini.

Inisiatif

Ini merupakan hal yang akan dianggap unik oleh perusahaan tempat magang. Jika anak magang punya inisiatif melakukan sesuatu atau mengusulkan ide, apalagi inisiatif untuk memecahkan suatu masalah, itu merupakan poin tak hanya plus, tapi plus plus.

Inisiatif yang terlontar, kadang menunjukkan kalau kita ternyata memiliki kemampuan leadership dalam diri. Kamu juga harus punya sikap kritis, tapi bukan berarti sotoy alias sok tahu. Ungkapkan ide dengan data pendukung yang aktual, ya.

Adaptasi

Beradaptasi dengan orang lain dengan cepat merupakan sebuah keharusan yang ada di dunia kerja. Kalau bisa, satu kantor harus kenal dengan kamu. Tak hanya nama tapi juga membicarakan kemampuan kamu yang keren, suka membantu dan tentunya, ramah.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Komunikasi

Seorang anak magang tak melulu harus diam menunggu perintah. Dia juga harus memiliki keterampilan menulis dan verbal yang baik. Komunikasi sangat penting untuk bisa mengomunikasikan masalah, tugas, dan proyek secara efektif. Komunikasi yang baik bisa menghubungkan kamu dengan karyawan atau klien lain.

Nah, udah siap kerja? Kuliah dulu di Untar ya.