Memasuki jenjang pendidikan perguruan tinggi merupakan masa paling menyenangkan, tetapi juga membuat gelisah. Banyak calon mahasiswa merasa bingung menentukan program studi yang cocok bagi mereka. Namun, kamu ga perlu bimbang apalagi galau. Simak tips memilih jurusan kuliah berikut ini.

Temukan passion Terlebih Dahulu

Memilih jurusan kuliah menjadi hal yang wajib Kamu perhatikan, terutama untuk calon mahasiswa baru. Pemilihan jurusan harus sesuai dengan passion kamu. Passion merupakan gairah atau panggilan bidang kerjamu. Namun, masih banyak calon maba yang tidak tahu bagaimana menemukan gairah ini.

Baca Juga : Program Studi Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus

Pertama, pilihlah jurusan yang memotivasi diri Kamu. Coba tanyakan dirimu, ingin jadi apakah kelak di masa depan? Apa tujuan karier Kamu? Menjadi seorang guru, dokter, insinyur, arsitek, designer, chef, engineer, atau lainnya? Gali motivasi sehingga passion itu muncul.

Kedua, munculkan passion dari perasaan iri. Rasa iri tidak selalu berarti buruk kok,. Melalui kecemburuan, Kamu bisa menemukan apa yang sebenarnya Kamu inginkan. Coba temukan tiga hal yang membuatmu iri. Misalkan teman yang dapat beasiswa, kuliah di luar negeri atau para pengusaha muda.

Kemudian temukan lebih dalam untuk mencari aspek dalam hidup mereka yang sangat Kamu nginkani. Tapi kamu harus pintar-pintar ya dalam membedakan iri yang membangun dengan iri yang menjatuhkan. So, bangun energi positif untuk menemukan passion dalam dirimu.

Siapa Influencer Dalam Hidupmu?

Influencer adalah orang yang memberi pengaruh positif dalam hidupmu. Atau bisa juga dikatakan seperti motivator. Hal ini penting karena sosok ini biasanya akan menjadi model atau panutan Kamu dalam mengejar cita-cita kamu.

Motivator ini bisa berasal dari semua pekerjaan, usia dan prestasi apa yang telah mereka capai. Siapa sih yang nggak punya panutan dalam hidup? Kamu bisa menjadikan sang motivator tersebut untuk menggugah dirimu melakukan hal yang baik.

Kamu juga bisa melihat mengenai masing-masing keunikan yang ada pada diri panutanmu. Misalnya, prestasinya, kecedasannya, pencapainnya, penghargaannya, kedisiplinannya, ketegasannya dan lain sebagainya. Pokonya harus ada hal baik yang harus kamu tiru.

Mencari seorang panutan gak harus selalu public figur. Contohnya adalah orang tua. Kamu bisa jadikan mereka sebagai influencer paling kuat dalam hidupmu, Ambil hal baik, seperti kesabaran, kedisiplinan, ketulusan dan lainnya sebagai cara untuk menggali motivasi atau passionmu.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai dengan Karaktermu

Ada banyak jurusan dalam tingkat perguruan tinggi yang bisa Kamu pilih. Beberapa kampus menyediakan beragam program studi yang bisa kamu pilih sesuai karaktermu nih, Guys. Untuk lebih lengkapnya simak tips memilih jurusan kuliah berdasarkan karaktermu berikut ini:

1. Pendidikan

Jurusan ini cocok untuk Kamu yang suka sharing ilmu, membantu orang dan mampu membuat teori rumit menjadi mudah dipahami. Karier jurusan pendidikan utamanya adalah menjadi tenaga pendidik. Tetapi Kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha di bidang Pendidikan.

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Untuk menjadi seorang guru, Kamu juga harus punya karakter dasar seperti ceria, ramah dan sabar. Apakah Memilih jurusan pendidikan adalah pilihan yang terbaik, karena enjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia bukan?

Dalam jurusan pendidikan sendiri, ada banyak pilihan fokus pelajaran yang bisa kamu pilih. Misalnya, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Jerman, Biologi, Fisika, Kimia, Agama, IPS dan masih banyak lagi.

2. Bisnis

Apakah Kamu orang yang pintar dan aktif bergaul? Punya banyak relasi dengan semua kalangan, baik teman sebaya hingga orang yang lebih tua? Ini merupakan kelebihan yang menjadi modal kamu untuk berbisnis. Di mana koneksi yang banyak serta informasi sangat diperlukan.

Jika Kamu termotivasi menjadi seorang pengusaha, pilihlah fokus jurusan Bisnis Manajemen. Pada jurusan ini akan membahas tentang strategi-strategi dan pengembangan bisnis. Apakah jurusan Bisnis ini cocok dengan karakter dan cita-citamu?

Prospek masa depan jurusan bisnis sudah pasti Menjadi pengusaha, manajer, pimpinan perusahaan dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Teknik

Teknik merupakan salah satu jurusan yang sangat banyak diminati. Hal ini tidak terlepas dari prospek kerja yang semakin menjanjikan. Misalnya menjadi teknisi, spesialis sistem jaringan, divisi produksi industri dan lain sebangainya.

Jurusan ini juga cocok untuk Kamu yang selalu penasaran dengan hal-hal teknis, seperti Analisa mengenai cara membuat jarum jam berputar. Kemudian memiliki imajinasi bagaimana cara membuat jam tersebut menjadi lebih baik.

Selain sebagai pemikir dan pengamat, Kamu juga bias menjadi seorang yang analis dan kreatif. Otakmu harus selalu memikirkan hal-hal baru yang inovatif. Teknik adalah jurusan yang luas. Pilih fokus atau spesialis teknik yang kamu inginkan.

4. Politik

Apakah Kamu senang mengikuti isu politik terkini? Sepertinya jurusan Politik bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Jurusan yang satu ini juga memiliki profesi dengan karakter kritis dan pandai memikirkan solusi atas masalah-masalah politik saat ini.

Memiliki analisa yang tepat dan kritis juga menjadi karakter yang cocok pada Jurusan Politik. Kamu akan belajar tentang politik dan sejarahnya. Selain itu, juga akan diajarkan bagaimana cara menganalisa dinamika politik era ini.

Beberapa jurusan yang bisa Kamu ambil antara lain Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Sejarah, Jurnalistik, Filsafat, Sosiologi dan lain sebagainya.

5. Seni dan Teater

Jurusan ini mengandalkan Kamu yang memiliki karakter bebas berkarya dan memiliki kepercayaan diri tinggi. Program Studi Seni memiliki beberapa fokus, seperti Seni Murni, Desain Interior, Fotografi, Desain Busana, Manajemen Desain, Desain Komunikasi dan masih banyak lainnya.

Jurusan Teater emang cocok untuk kamu yang suka dengan dunia peran dan suka tampil di muka umum. Dalam jurusan ini, kamu akan belajar mengenai pertunjukan seni, seperti seni klasik, teatrikal dan musikal. Kamu akan membedah teori teknik berekspresi dalam seni teater.

Pernah dengar tentang Jurusan Seni dan Teater yang tidak punya prospek bagus? Eits, hal itu tidak benar sama sekali. Kamu bisa menjadi seorang illustrator, perancang grafis, desainer, curator, entrepreneur, pelukis, kartunis, pengajar seni, seniman pengkaji atau penyaji dan masih banyak lagi.

6. Kedokteran

Jurusan ini cocok untuk Kamu yang terbiasa hidup terorganisir. Selain itu, Kamu juga memiliki perencanaan di masa depan, serta suka menerapkan ilmu dalam kehidupan nyata. Mempunyai jiwa penolong juga menjadi salah satu karakter khas anak kedokteran.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Untuk kedepannya, jurusan ini memang memiliki fokus atau pilihan studi spesialis. Namun hal itu baru dapat kamu tempuh saat sudah lulus sarjana S1 Kedokteran. Sebelum itu, Kamu akan menjadi dokter umum.

Jika ingin masuk jurusan ini, banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan. Misalkan tekad dan niat kuatmu. Serta yang paling banyak mejadi titik perhatian adalah masalah biaya. Sudah bukan hal baru lagi kalau kuliah jurusan Kedokteran itu mahal.

7. Psikologi

Kuliah di jurusan Psikologi sering dikaitkan dengan mengurusi orang yang sakit jiwa. Benar tidak? Ungkapan tersebut tak sepenuhnya benar, tetapi tidak juga salah. Jurusan yang satu ini cocok buat kamu yang tertarik mendalami kejiwaan manusia..

Anak psikologi harus pandai menganalisa dan peka terhadap perasaan mereka. Kamu bukan tipe orang yang hanya melihat sesuatu dari luarnya saja bukan? Namun, pastinya lebih suka mendalami karakter seseorang untuk memutuskan mengenalnya atau tidak.

Prospek kerja jurusan psikologi sangat menjanjikan. Kamu bisa menjadi seorang psikolog, konselor, terapis anak berkebutuhan khusus, guru Bimbingan Konseling, HRD suatu perusahaan dan masih banyak lainnya.

Pertimbangan dalam Memilih Jurusan Kuliah

Setiap orang ingin masa depan yang cerah, karier yang menjanjikan, serta penghasilan yang bagus. Mengingat, persaingan kerja di zaman ini memanglah sangat sulit. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan jurusan kuliah di UNTAR:

1. Sesuaikan program studi dengan Universitas

Program Studi dengan akreditasi sudah pasti memberikan pengaruh yang bagus bagi lulusannya. Kampus dengan akrditasi tinggi biasanya memiliki fakultas yang unggul. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui status akreditasi jurusan di universitas pilihanmu

Kualitas lulusan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam hal ini. jika kualitasnya bagus, jurusan tersebut pasti memiliki prospek yang cerah di masa depan. Namun, terkadang juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Seusuaikan Dengan Kemampuan Finanasialmu

Jurusan kuliah pada universitas tertentu mematok biaya yang tidak murah. Sebut aja kedokteran. Meskipun memiliki prospek kerja dan karir yang menjanjikan, hal ini tetap harus Kamu pertimbangkan.

Dana kuliah biasanya meliputi biaya per semester, SPP (tergantung kampus), biaya kebutuhan harian, biaya hidup dan masih banyak lagi. diskusikan dengan orang tuamu sebelum memutuskan, se;ain itu Mintalah Saran dan Pendapat dari Orang Terdekat

Berkonsultasi dengan sahabat, orang tua atau saudara dalam memlilih jurusan wajib dilakukan. Meskipun pada akhirnya keputusan tetap di tanganmu. Pendapat orang lain sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

Bertanya kepada orang terdekat yang sedang kuliah atau telah lulus akan membuka wawasanmu tentang dunia perguruan tinggi. Tanyakan hal-hal yang akan memantapkan kamu dalam memilih jurusan yang menurutmu cocok dan memiliki peluang di masa depan.

3. Tes Kepribadian

Hal ini tidak bersifat wajib untuk kamu lakukan. hasil tes ini tidak 100 persen benar, namun bisa kamu jadikan referensi. Dengan personality test, kamu dapat mengetahui minat dan bakatmu, nilai, karakter, kelebihan dan kekurangan, skala kemampuan dan lainnya.

Baca juga : Tata Cara Pendaftaran Online UNTAR

Tidak hanya itu saja, Kamu juga dapat mengetahui analisis ketertarikan pada suatu bidang karir tertentu, hingga bidang pekerjaan yang cocok untuk kamu. Saat ini test kepribadian bisa kamu akses secara online. Namun, kamu harus pastikan melalui situs yang terpercaya.

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Hal ini juga berdampak pada pilihan jurusan kuliah yang akan kamu ambil. Demikian tips memilih jurusan kuliah yang dapat Kamu terapkan. Pilihlah sesuai dengan karakter dan kepribadianmu. Semoga berhasil.