Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta – Bagi mahasiswa hal yang perlu dipikirkan setelah lulus adalah bagaimana mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari semasa kuliah di pekerjaan nyata. Namun untuk kamu yang duduk dibangku SMA, khususnya kelas 12 untuk saat ini hal yang akan terpikir adalah adalah “Kemana akan melanjutkan kuliah?”..

Pertanyaannya tersebut bisa makin bercabang dan membuat anak-anak kelas 12 yang mau lulus makin bingung ketika haarus menentukan jurusan, harus menentukan kampus terbaik, bahkan jika ingin merantau berarti harus mendapatkan izin dari orang tua dan banyak lagi.

Kemana Akan Melanjutkan Kuliah?

Supaya tidak makin bingung, kamu wajib membaaca artikel berikut. agar kamu lebih mudah menemukan jawaban dan kamu bisa memiliki keyakinan yang mantab dalam menentukan “ini kampus gue banget, gue harus masuk kesini!”. Kalau sudah percaya diri seperti itu nantinya akan makin memudahkan kamu untuk masuk ke kampus impian.

Nah, tapi balik lagi ke pertanyaan. Jadi mau kemana?

Oke, pilihan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi bisa diklasifikasikan menjadi 2 yaitu “mau masuk negeri” atau “mau masuk swasta”. Tapi sebelum itu kamu harus sadar bahwa yang menjadikan kamu unggul dan bernilai bukanlah kampus melainkan dirimu sendiri. Sehingga mau kuliah di kampus negeri atau kampus swasta tak akan jadi masalah karena kamu memang berniat untuk mempelajari ilmu bukan untuk jumawa dengan label kampus unggulan.

Baca Juga : Universitas Favorit di Jakarta Barat

Namun, bila memang kamu berniat masuk kampus swasta kamu juga jangan sembarangan memilih. Di Indonesia, terdapat lebih dari 2288 perguruan tinggi (PT) yang telah mendapat akreditasi A hingga C, diantaranya ada perguruan tinggi swasta terbaik di jakarta salah satunya adalah UNTAR.

Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Lantas, bagaimana cara menyeleksi kampus swasta terbaik di Indonesia khususnya di Jakarta? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih yang Berpengalaman

Bila ingin mendapatkan kampus swasta terbaik di Jakarta maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melihat sejarah dan laatar belakang kampus tersebut. Karena semakin lama kampus berdiri, semakin banyak lulusannya dan semakin berpengalaman kampus tersebut dalam bidang pendidikan. Apalagi bagi kampus berpengalaman tidak hanya waktu lamanya berdiri yang menjadi keunggulan namun dosen-dosen pengajar pun bisa dipastikan telah terbukti dedikasi maupun integritas dibidangnya.

Sama halnya dengan UNTAR, Kampus swasta ini sudah berdiri selama 60 tahun. Dan telah mencetak banyak lulusan yang berprestasi dan berpengaruh di Indonesia. Termasuk salah satu atlit bulu tangkis kebanggaan Indonesia pernah kuliah di UNTAR, ia adalah Taufik Hidayat. Ada juga beberapa artis tanah air seperti Billy Davidson si aktor gagah dan tampan, mantan personil JKT48 Franda, dan banyak lagi.

Maka dengan mengacu pada waktu, kita bisa makin mendapatkan banyak fakta mengenai prestasi kampus yang kamu pilih. Terus gimana bisa tau kalau kampus tersebut memang sudah berdiri lama? Ya browsing dong, sekarang kan internet sudah makin canggih dan memudahkan kita buat dapetin informasi. Kamu tinggal ketik “Kampus Swasta Terbaik di Jakarta” setelah itu mesin pencarian akan memberikanmu beberapa rekomendasi terbaik versi mesin pencarian.

Kalau kampus tersebut sudah profesional bisa dipastikan yang akan muncul saat browsing adalah alamat situs kampusnya. Nah, kalau sudah ada situs resmi kan kamu makin mudah dapat info, tinggal klik situs terus lihat-lihat deh ada apa saja di dalamnya. Makin baik reputasi, konten situs pun akan makin baik.

2. Pilih yang terakreditas A

Loh, kok harus A? Sebenarnya tak harus A, minimal B juga sudah baik. Jadi sebenarnya apa fungsi akreditasi? Akreditas sendiri merupakan penentu standar mutu serta penilaian dari suatu lembaga pendidikan tinggi resmi yang dilakukan oleh pihak luar lembaga independen. Sehingga bisa diartikan juga kalau akreditas adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi kualitas dari suatu Lembaga pendidikan.

Akreditasi juga bisa menjadi cerminan kualitas dari sebuah jurusan. Bila semakin bagus akreditas jurusannya maka bisa disimpulkan kalau jurusan tersebut memang sangat baik. Sementara itu untuk perguruan tinggi akreditas juga biasa dijadikan sebagai salah satu syarat untuk pengajuan proyek institusi. Satu hal lagi yang tidak kalah penting, saat kamu akan melamar pekerjaan biasanya rata-rata perusahaan akan mensyaratkan minimal akreditas kampus atau jurusan adalah B. Jadi kalau akreditas A sangat jelas ini adalah unggulan.

Untuk perguruan tinggi swasta yang sudah memiliki akreditasi unggul diantaranya adalah Universitas Tarumanegara (UNTAR). Tak heran kalau UNTAR bisa saja disetarakan dengan kampus-kampus PTN.

3. Pilih kampus yang memberikan banyak pilihan jurusan

Kamu pastinya sudah punya tujuan untuk masuk jurusan tertentu kan? Kalau belum tau, minimal kamu sudah memiliki kecondongan minat pada bidang ilmu tertentu. Nah, kalau sudah begitu kamu tinggal cari kampus mana sih yang memiliki jurusan sesuai dengan keinginanmu? Misal kalau mau masuk kedokteran di kampus swasta maka yang paling direkomendasikan ya dikampus UNTAR. Atau kalau ingin mempelajari bisnis, UNTAR juga bisa menjadi pilihan utama buat kamu.

Oh iya, sebaiknya sih sebelum kamu memilih jurusan di salah satu perguruan tinggi pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan guru BK di sekolahmu ya. Lakukan konseling dengan rutin agar bisa menemukan kecocokan baik dari segi jurusan maupun kampus.

Kenapa harus konsultasi dulu sih?

Biasanya beberapa siswa SMA memilih suatu jurusan karena terlihat keren. Nah, untuk memastikan apakah memang kamu minat atau hanya sekedar ingin ikut-ikutan kamu bias ketahui saat melakukan konseling. Masalahnya sih sebagian siswa selalu menganggap kalau ruangan BK itu cukup mengerikan dan yang masuk ke ruangan itu biasanya siswa bermasalah. Waduh, padahal kan BK bisa menjadi jawaban saat kamu sedang galau, jadi please banget nih hapus jauh-jauh ya pikiran buruk tentang ruangan BK!

4. Pilih kampus yang menyediakan banyak informasi

Selanjutnya, kamu juga harus pilih kampus yang terbuka dengan berbagai informasi mengenai kampus tersebut. Jangan sampai hanya diketahui nama saja tapi profil lengkap malah tidak jelas. Nggak sedikit loh, mahasiswa yang dirugikan karena profil kampus tidak jelas. Misal setelah kelulusan ternyata nomor ijazah kamu tidak terdaftar maka label sarjananya pun akan dipertanyakan.

Belum lagi dosennya, kalau kampus bermasalah bagaimana dengan kualitas dosennya? Apakah benar-benar memberikan disiplin ilmu yang sesuai? Tentu itu juga bisa menjadi kerugian buat mahasiswanya bukan.

5. Pilih kampus yang memiliki fasilitas lengkap

Jangan menyepelekan fasilitas kampus ya. Ini akan sangat penting pada kelangsungan pembelajaran kamu kedepannya. Misalnya saja seperti perpustakaan, beberapa kampus negeri atau swasta sudah menyediakan fasilitas perpustakaan dengan sangat lengkap agar bisa mendukung para mahasiswanya semakin unggul dan berprestasi.

6. Pilih lokasi kampus

Soal lokasi biasanya menjadi permasalahan antara anak dan orang tua. Ada saja beberapa orang tua yang kurang mengizinkan anaknya untuk berkuliah di luar kota. Sementara anaknya ingin sekali merantau. Oleh sebab itulah perlu adanya diskusi khusus antara kamu dan orang tua agar menemukan kesepakatan dan kamu pun bisa berkuliah dengan semangat.

Bila ingin merantau, Jakarta bisa jadi pilihan. Selain sebagai kota besar, Jakarta juga merupakan pusat pendidikan dan bisnis. Sehingga ketika kamu diharuskan melakukan kegiatan praktik kerja lapangan alias magang, kamu bisa mengambil kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan terbaik.

Itulah beberapa tips memilih perguruan swasta terbaik di Indonesia. Tidak sulit untuk diaplikasikan kok, kamu bisa melakukannya sambil duduk dan menikmati sepotong kue. Hanya tinggal siapkan laptop, lalu kamu bisa browsing deh mengenai informasi kampus yang kamu pilih.

Oke, kalau sudah tau tips-tipsnya sebaiknya juga kamu tau nih bagaimana sih biaya kuliah perguruan tinggi swasta di Jakarta? Apakah mahal aja atau mahal banget? Murah aja atau murah banget? Duh kok lebay? Ehh jangan salah memang kalau bahas biaya nantinya akan jadi banyak pertimbangan hehehe

Mahal murah sih relatif, semakin berkualitas kampus biasanya akan semakin mahal. Eitss, tapi kamu juga nggak perlu khawatir! Kalau kamu memang berprestasi sih soal biaya nggak akan jadi masalah. Bahkan nantinya bukan kamu yang mencari kampus tapi kampus yang mencari kamu.

Ada banyak peluang beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Pokoknya saat kamu sudah menemukan kampus yang “gue banget” jangan pernah terpikir untuk mundur karena masalah “biaya”. Beasiswa bisa menjadi penyelesaian masalahmu.

Darimana bisa mendapatkan informasi beasiswa?

Wah, kalau sekarang sih kamu sudah bisa mendapatkan informasi darimana-mana. Tinggal ketikan “informasi beasiswa” di google saja pasti akan langsung keluar banyak informasi yang sesuai. Apalagi anak SMA zaman sekarang sudah fasih dengan teknologi sehingga nggak ada alasan lagi untuk kebingungan mendapatkan informasi.

Bahkan tau nggak sih, biasanya beberapa kampus ada saja yang membuka program khusus untuk anak-anak kelas 11 SMA yang nantinya lewat program tersebut mereka mendapat pendidikan. Tujuannya agar bisa masuk ke kampus tersebut melalui jalur prestasi. Nah, kamu bisa tuh ikut program-program seperti itu, sembari mempersiapkan seleksi masuk kamu juga bisa membuka pintu beasiswa sejak dini.

Baca Juga : Akreditasi Universitas Tarumanagara

Jadi, bagaimana? Masih bingung dengan pertanyaan “kemana akan melanjutkan kuliah”? Jangan dong, kan sudah dibahas dengan lengkap mengenai tips memilih kampus swasta terbaik di Jakarta dan sedikit tips untuk mendapatkan beasiswa. Kegalauan mu sudah bisa terjawabkan? Sekarang, kamu tinggal mempersiapkan saja apa yang kamu perlukan untuk mendaftarkan diri ke Kampus Swasta Terbaik di Jakarta. Tapi, kalau kamu memang masih bingung, disarankan sih coba baca kembali lagi artikel ini agar kamu memahami jawabannya. Baca lagi nggak akan rugi kok!