Setelah melepas atribut anak SMA, sekarang saatnya Kamu menjadi mahasiswa baru. Jadi MABA yang biasa-biasa aja sekarang udah nggak jaman. Mahasiswa baru itu harus punya eksistensi yang nggak kalah tenar dengan senior. nih ulasan dan tips tentang menjadi MABA yang terkenal khusus buat kamu.

Kehidupan saat Menjadi Seorang Mahasiswa

Banyak orang bilang, masa SMA adalah masa paling bahagia. Masa kamu bias seru-seru an bareng teman-teman, ber-haha hihi sesuka hati dan masa dimana Kamu merasa bukan anak kecil lagi. Ada benarnya sih. Tapi, kalau mencari masa paling komplit, dunia perkuliahan wajib menjadi bagian sejarah hidupmu.

Anak SMA seringkali nggak sabar menunggu saat untuk menjadi mahasiswa. Dipikiran kalian menjadi mahasiswa pasti enak, pakai pakaian bebas nggak pakai seragam, bisa hangout kapan aja, bisa gampang keluar masuk kelas, bakal lebih sering nongkrong sama teman-teman dan lain-lain.

Eitsss, tidak semudah itu Fergusooo!

Banyak yang gagal paham dengan angan-angan para anak SMA ini. Padahal, kenyataannya tidak 100% benar. Saat menjadi mahasiswa, selain kalian akan banyak belajar bagaimana menjadi orang dewasa, Kamu akan belajar mandiri atau Bahasa kerennya doing by your self, belajar tentang organisasi, dilatih untuk peka terhadap lingkungan, belajar tentang team work, dan lain-lain.

Saat berada dikampus Kamu juga akan terus berjibaku dengan buku, penelitian dan tugas kuliah. terkadang tugas yang menumpuk juga bisa menyita waktu bermain kamu bersama teman.-teman Pokoknya, menjadi mahasiswa tidak seindah yang kamu lihat di sinetron deh. Tinggal Kamu bisa memanage waktu dengan baik atau nggak.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi MABA Terkenal di Kampus

Kalau sudah menjadi mahasiswa, image Kamu di kampus bakal semakin terbentuk. Salah satu caranya adalah dengan menjadi mahasiswa baru yang terkenal. Ternyata, banyak banget lho manfaat dan keuntungan menjadi MABA yang terkenal.

Manfaat dan Keuntungan Menjadi MABA Terkenal di Kampus

Dengan menjadi MABA terkenal, secara otomatis kamu akan dikenal banyak mahasiswa lain termasuk para senior di kampus. Siapa sih yang nggak pengen dikenali banyak orang? Dengan begitu, kamu jadi punya banyak teman dan kegiatan kuliah kamu akan semakin seru dan asik.

Keuntungan yang kedua adalah dengan memiliki banyak teman, Kamu akan lebih banyak kenalan di dalam atau di luar kampus, Relasi atau jaringan ini bisa dimanfaatkan lho. Misalnya dalam hal pekerjaan saat kamu sudah lulus, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.

Baca Juga : Langkah Cerdas Menghadapi Penerimaan Mahasiswa Baru

Keuntungan lain dengan menjadi MABA terkenal adalah kamu bisa dikenal oleh banyak dosen. Siapa yang nggak pengen dikenal oleh orang-orang pintar dan penting di kampus. Tidak menutup kemungkinan, dengan punya kenalan akrab dosen tugas kuliah kamu jadi makin mudah ditangani.

Gimana sih Cara Menjadi MABA yang Terkenal?

Banyak sekali hal baru yang bisa kamu temukan di dunia perkuliahan. Bagaimanapun caranya, Kamu harus betah menjalani kegiatan dan rutinitas menjadi seorang Mahasiswa. Untuk Mahasiswa Baru yang sedang bertanyatentang bagaimana tips menjadi MABA yang terkenal? Jangan khawatir guys, Simak tips berikut ini.

1. Aktif di Media Sosial

Media sosial bias banyak memberikan manfaat lho.guys, Salah satunya bagi kamu para mahasiswa. Dengan media sosial, Kamu bisa membuat grup percakapan, menjalin pertemanan dan memperluas jaringan. Kamu juga bisa membangun eksistensi diri melalui media sosial supaya lebih banyak dikenal.

Salah satunya adalah dengan membuat konten yang dapat menyita perhatian banyak orang lewat media sosial. Misalnya dengan memposting feeds Instagram kamu dengan foto-foto yang ciamik dan keren, -bikin video yang lucu ataupun video yang bermanfaat dan lain sebagainya.

2. Pandai dan cakap dalam Berinteraksi dengan Mahasiswa Lain Khususnya Senior

Selanjutnya, untuk menjadi MABA yang terkenal, kamu harus memiliki sikap ramah dan low profile. Bersikap dan berinteraksi dengan baik terhadap semua orang. Tunjukkan bahwa Kamu adalah pribadi yang baik, mudah diajak bergaul dan apa adanya.

Untuk dapat pandai berinteraksi, Kamu harus menjadi orang yang berani. Berani memulai percakapan dengan orang lain, termasuk kepada senior di kampus. Dengan mengenal mereka secara khusus, otomatis akan memberikan efek samping dengan dikenal banyak mahasiswa lain.

3. Menjadi Pemimpin atau Koordinator Kelas

Dengan menjadi pemimpin atau koordinator di Kelas, Kamu akan lebih sering dicari dan dibutuhkan teman-teman. Terutama ketika akan mengumpulkan tugas perkuliahan secara kolektif. Kondisi ini otomatis akan membuat kamu berhubungan dengan banyak orang.

Selain itu, dengan menjadi pemimpin berarti kamu telah menjadi orang nomor satu di antara para anggota. Kamu juga akan menjadi sorotan utama dalam perkumpulan. Tidak hanya itu, skill kepemimpinan dan kepribadian yang baik juga akan semakin mendongkrak popularitasmu di kampus.

4. Cara Berpakaian yang Beda dan Menarik

Pada umumnya, seseorang akan menaruh perhatian kepada orang yang memiliki penampilan yang menarik dan berbeda. Penampilan saat berangkat ke kampus yang mencolok misalnya. Hal itu bisa membuat Kamu dikenali banyak orang dan juga mempunyai ciri khas dalam berpakaian. Namun, jangan sampai terlihat norak.

Ciri khas tersebut bisa saja membuat Kamu tampak lucu dan unik. Sehingga, teman-temanmu di kampus akan menjadi penasaran sama kamu dan tertarik untuk dapat mengenal kamu lebih jauh. Selain itu, dengan ciri khas yang sudah kamu bentuk, kamu juga bisa menjadi orang yang out of the box.

5. Gaya Penampilan yang Trendi

Masih soal penampilan nih Guys. Berpenampilan yang trendi dan kekinian juga bisa membuat Kamu terkenal dan populer. Jaman sekarang, anak muda senang mengikuti trend yang berkembang. Mulai dari lifestyle, cara berpakaian dan kebiasaan baik yang kekinian.

Dalam hal ini, Kamu juga bisa meluangkan waktu untuk mencari referensi gaya berpakaian yang hits ,jaman now dan trendi. Saat di Kampus, Kamu akan terlihat keren dan akan membuat teman-teman kamu takjub.

6. Aktif di Kelas

Tips selanjutnya, yaitu dengan aktif di kelas saat mata kuliah berlangsung. Selain terkenal, dengan aktif di kelas kamu tidak akan diremehkan orang lain. Sebaliknya dengan menjadi mahasiswa yang pendiam dan pasif. akan menghambat proses belajar dan pergaulanmu.

Di dalam kelas, seluruh perhatian akan tertuju pada mahasiswa yang aktif. Baik itu aktif dalam bertanya, menjawab pertanyaan, maupun dalam menanggapi sebuah persoalan. Hal itu juga bias membuat Kamu lebih diperhatikan oleh dosen. Apalagi, keaktifanmu di kelas selalu bersifat positif.

7. Pintar & Memiliki Prestasi (Akademik/Non Akademik)

Menjadi pintar sekaligus memiliki prestasi memang menyenangkan. Selain disukai oleh dosen dan teman-teman mahasiswa, Kamu juga akan mendapatkan perhatian khusus. Namamu di Kampus akan dikenal banyak orang.

Baik prestasi akademik ataupun nok akademik, keduanya memiliki power untuk melambungkan kiprah menjadi seorang mahasiswa. Hal positif semacam ini juga akan disukai dan memotivasi banyak teman-teman kamu.

8. IPK Tinggi & Aktif dalam Organisasi

Berbicara tentang prestasi. Ini dia prestasi akademik yang bisa bikin Kamu terkenal. Yap, dengan mendapatkan IPK yang tinggi. Sudah menjadi hal biasa jika mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik akan menjadi buah bibir mahasiswa lain.

Apalagi, selain mendapatkan IPK tinggi, Kamu juga menjadi mahasiswa yang aktif di organisasi. Dijamin popularitas kamu bakal dobel-dobel deh. Selain membanggakan untuk teman-tmanmu di organisasi, kamu juga akan semakin dicari banyak orang sebagai mahasiswa yang berprestasi dan multitalenta.

Tips Menjadi Mahasiswa Baru yang Berhasil di Kampus

Setelah membaca tips menjadi Mahasiswa Baru yang terkenal di Kampus, penting untuk Kamu mengetahui tips kedua seorang mahasiswa supaya dapat berhasil dalam perkuliahan. Kalau bisa menerapkan tips-tips ini, dijamin kamu bakal nggak kalah keren dan terkenal sama mahasiswa berprestasi lain.

Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut:

1. Mengatur Waktu dengan Baik

Waktu bagi adalah hal yang sulit diatur oleh sebagian mahasiswa, terutama bagi mahasiswa baru. Banyak MABA yang kurang bisa memanajemen waktu dengan baik dkarenakan peralihan rutinitas dari status anak SMA menjadi mahasiswa.

Supaya kegiatan dan urusan Kamu berjalan dengan baik dan lancar, kamu harus bisa memanajemen waktu. Jangan sampai, saat tugas kuliah sedang menumpuk, kamu malah asik hangout sama teman-teman dan melupakan tugas kuliah yang menjadi kewajiban kamu sebagai mahasiswa.

2. Memperhatikan Jadwal Kuliah

Untuk kamu para Mahasiswa Baru, penting bagi Kamu untuk datang tepat waktu. Hal ini tentu akan mempengaruhi first impression dosen dan teman-teman mahasiswa lain. Kalau kamu rajin dan datang tepat waktu, Kamu juga akan disukai banyak orang dan bikin dosen jadi respect sama kamu.

Menjadi mahasiswa yang rajin dan tidak pernah telat juga bisa membuat kamu terkenal lho. Apalagi, kepopuleranmu ini adalah hal positif yang patut ditiru mahasiswa lain. So, Kamu perlu mengecek ulang jadwal perkuliahan dan mata kuliah ya Guys.

3. Memilih Pergaulan yang Positif

Memilih teman dan pergaulan tentunya akan berpengaruh terhadap proses belajar kamu di perkuliahan,. Kalau kamu ingin kegiatan kuliahmu nggak terganggu dengan hal-hal yang negatif, pilihlah teman bermain yang punya visi misi yang sama dalam hal belajar dan kuliah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Nilai Bagus (A) di kampus

Hal ini menjadi siasat yang baik untuk menjaga perkuliahan agar bisa semakin berkembang dan maju. Selain itu, dengan semakin dewasa tentu kita akan semakin tau mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak perlu. Pandai-pandailah memilah dan jangan sampai keluar jalur dari tujuan skamu ebelumnya.

4. Menemukan Cara Belajar yang Baik

Tips selanjunya agar menjadi MABA yang berhasil adalah dengan menemukan cara belajar yang efektif dan ideal. Setiap orang tentunya memiliki metode belajar masing-masing. Ada yang dengan mendengarkan musik, metode membaca ataupun lebih suka belajar dalam suasana yang sepi dan hening.

Agar materi perkuliahan dapat dipahami dengan baik, kamu harus menemukan cara belajar yang cocok untuk Kamu terapkan. Semakin banyak materi perkuliahan yang dikuasai, sudah pasti kamu akan menjadi mahasiswa yang berprestasi.

5. Selalu Ingin Belajar

Selalu ingin tahu banyak hal dan punya semangat belajar tinggi adalah kebiasaan baik bagi seorang Mahasiswa Baru. Hal ini harus kamu pupuk dan kamu biasakan. Rasa selalu ingin belajar juga bisa mengantarkanmu untuk menjadi mahasiswa yang keren dengan segudang prestasi

Oke Guys. Itu saja ulasan seputar dunia perkuliahan dan tips menjadi MABA terkenal. Menjadi mahasiswa emang susah-susah gampang. terkadang kamu harus berkutat dengan tugas-tugas, dilain sisi kamu juga harus membangun eksistensi dengan kegiatan-kegiatan lain. So, trus bersemangat ya.