Ketika lulus dari SMA, Kamu pasti sudah merencanakan banyak pilihan kan? Salah satu diantranya tentu melanjutkan ke jenjang perkuliahan dan menyandang status mahasiswa. Bagi yang masih ragu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi mana, berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang apa, tujuan Kamu menjadi mahasiswa?

Serunya Kuliah dan menjadi Mahasiswa

Buat Kamu yang akan masuk kuliah, pasti kamu sudah merasakan masa-masa menjadi anak baru. Pasti Masih kebanyang kan bagaimana senangnya, girangnya, takutnya dan deg-deg-annya. Ada yang malu-malu, ada yang nggak punya malu dan langsung akrab sama banyak orang khususnya senior-senior di Kampus.

Kehidupan di dunia perkuliahan emang beda banget sama di sekolah. Di kuliah Kamu bisa bebas memilih kegiatan apa saja yang disukai. Bisa sering nongkrong di cafe, hangout sama teman, ngerjain tugas kelompok atau cuma sekedar seru-seruan.

Di Kampus, Kamu juga akan menemukan kegiatan-kegiatan yang keren. yang nggak ada di sekolah. Atau istilah anak jaman now yaitu Kegiatan yang ‘Kamu banget’. Selain itu, kamu juga akan mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dan menarik yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mendapat Nilai Bagus

Dengan Kuliah dan menjadi mahasiswa Kamu akan mempelajari banyak hal. Seseorang yang awalnya pasif dalam belajar, bisa saja menjadi aktif saat bersentuhan dengan dunia perkuliahan. Setiap hari, Kamu akan banyak berinteraksi dengan orang-orang, banyak kenalan teman, dosen-dosen dan mendapatkan pengalaman berorganisasi.

Keuntungan dan Manfaat Menyandang Status Mahasiswa

Kenapa kamu harus menjadi mahasiswa? berikut ini Ada beberapa hal yang wajib untuk kaamu ketahui. Dengan menjadi mahasiswa, Kamu bisa bebas menentukan bidang yang akan kamu pelajari. Pastikan bidang yang akan kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat Kamu ya supaya belajar kamu menjadi lebih asik dan menyenangkan.

Keuntungan dari menjadi mahasiswa selanjutnya adalah keuntungan secara akademik. Wawasan ilmu pengetahuan akan semakin bertambah dan Kamu juga akan dipandang sebagai orang yang terdidik dan memiliki kemampuan lebih baik. Manfaat ini juga akan memberikan respect lebih atau pengakuan dari orang lain.

Tidak hanya sampai jenjang pendidikan SMA, sejarah mencari ilmu harus terus dilanjutkan, Dengan Menjadi mahasiswa akan menambah pengalaman hidup kamu. Pengalaman hidup yang banyak dan panjang akan membawa seseorang menuju kedewasaan yang lebih matang. Dan Hal tersebut akan meningkatkan kualitas hidup kamu.

Dulu, ketika masih remaja, pendapat/suara Kamu terkadang hanya dianggap sebatas angin lalu. Karena belum memiliki pola pikir yang matang, Pasti sering banget kamu merasa terpinggirkan kan? Dengan menjadi mahasiswa kamu bisa merubah hal itu, karena dianggap sudah dewasa dan berhak menetukan pilihanmu sendiri.

Tujuan Menjadi Seorang Mahasiswa

Beberapa orang menganggap menjadi mahasiswa cuma sebagai ajang untuk mencari status sosial dan ketenaran. Ada juga yang bilang supaya keren aja kalau ditanya mau kemana bisa jawab ‘Mau Ke Kampus’. Kamu harus tau kalua alasannya bukan cuma itu aja. Banyak banget tujuan untuk menjadi mahasiswa yang lebih keren. Seperti:

1. Merubah Pola Pikir (Mindset)

Menjadi mahasiswa bisa membuat pola pikir Kamu berubah. Yang tadinya labil dan kekanak-kanakan, bisa berubah menjadi lebih dewasa dan matang dalam berpikir. Dulu yang nggak bisa memecahkan masalah sendiri, sekarang menjadi bisa.

Mindset kamu dulu yang minderan, gampang putus asa, penakut, seketika hilang saat Kamu masuk kuliah dan menjadi mahasiswa. Untuk merubah hal itu ternyata bukan Cuma soal waktu. Tetapi juga harus disertai dengan pengalaman-pengalaman lain yang pernah dilalui.

2. Memperluas Pengetahuan

Tujuan menjadi mahasiswa selanjutnya adalah kamu bisa memperluas pengetahuan. Saat SMA, wawasan pengetahuan Kamu pasti itu-itu saja. Untuk mengembangkannya kamu harus melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Yaitu perkuliahan dan menjadi mahasiswa.

Di kuliah, Kamu akan mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan yang tiddak terbatas. Menuntut ilmu emang tidak pernah ada batasnya. Sama seperti semangat belajar yang harus terus berkobar dan membara dalam ilmu pengetahuan.

3. Meningkatkan Kapasitas Diri

Selain ilmu pengetahuan, meningkatkan kapasitas diri juga bisa menjadi tujuanmu sebagai mahasiswa. Dalam hal ini kamu harus punya soft skill dan hard skill. Kedua hal ini harus kamu raih beriringan di dunia perkuliahan. Skill tersebut tentu berbeda-beda tergantung pada bidang yang dipelajari.

Apa yang dimaksud dengan soft skill dan hard skill? Soft skill adalah kemampuan yang Kamu dapatkan melalui aktivitas sosial dan komunikasi dengan banyak orang. Sedangkan hard skill adalah kemampuan yang bersifat khusus. Kemampuan ini bisa Kamu dapatkan melalui jurusan/program studi yang ditempuh.

4. Memperbanyak Relasi dan Teman

Dengan melanjutkan ke perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa, hal yang pasti Kamu dapatkan adalah relasi dan teman yang semakin banyak. jika Kamu ingin memperbanyak jaringan tersebut, menjadi mahasiswa adalah pilihan yang paling tepat

Memperbanyak relasi dan teman akan memberikan kamu keuntungan. Dengan banyak relasi dan teman otomatis semakin banyak pula orang yang akan membantu kamu. Baik ketika kamu sedang mengalami kesulitan maupun ketika Kamu akan memulai sesuatu. Bisnis, dan urusan pekerjaan yang lain misalnya.

5. Mendapatkan Gelar Akademik

Jika Kamu ingin mendapatkan gelar akademik. Menjadi mahasiswa adalah satu-satunya jalan. Gelar akademik cuma bisa kamu dapatkan saat melalui kuliah. Gelar tersebut juga hanya bisa kamu iperoleh setelah menyandang status mahasiswa.

Dengan gelar akademik, Kamu akan mendapatkan tittle di belakang nama kamu sebagai hasil kejuruan yang sudah kamu pelajari. Manfaatnya akan kamu rasakan saat akan mencari pekerjaan. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan mempertimbangkan jenjang akhir kelulusan calon karyawannya.

6. Mengasah Mental

Tujuan selanjutnya yaitu mengasah mental. Di dalam perkuliahan, seorang mahasiswa akan banyak melewati rintangan. Mulai dari banyaknya tugas-tugas, penelitian, praktik bekerja di lapangan, sampai dengan tugas akhir (skripsi) dan masih banyak lainnya.

Dari beberapa hal tersebut, menjadi mahasiswa sama halnya dengan mengasah mental. untuk menjadi lebih tangguh, lebih kuat dan lebih berani. Kalau Kamu sudah punya mental baja, berarti kamu sudah lulus uji standar kematangan berpikir dan berhasil meningkatkan kedewasaan dalam hidup.

7. Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Seringkali proses adaptasi dengan lingkungan baru adalah hal yang menyebalkan. Karena terkadang kita merasa sangat asing. Belum lagi ketika lingkungan baru dan orang-orang didalamnya bikin nggak nyaman dan nggak cocok dengan karaktermu.

Masuk ke dunia perkuliahan dan menyandang status mahasiswa bisa menjadi kesempatan bagus untuk kamu melatih kemampuan beradaptasi kamu. Mau nggak mau Kamu harus berhadapan dengan lingkungan yang baru, situsasi yang baru dan kondisi yang baru. jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini.

8. Melatih diri untuk Berpikiran Kritis dan Peka Terhadap Lingkungan

Saat berada di bangku SMA, mata pelajaran yang diberikan guru diterima begitu saja oleh siswa. tanpa adanya pembanding dari perspektif lain. Berbeda dengan dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut kritis dalam mencari solusi.

Jenjang pendidikan yang lebih tinggi membuat mahasiswa dittuntut bersifat kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar. Karena seperti yang diketahui, peran mahasiswa adalah sebagai agent of change, agent of social control dan agent of iron stock.

Beberapa Alasan Realistis Kenapa Kamu Harus Kuliah dan menjadi Mahasiswa

Dalam hidup, manusia harus bisa berpikiran realistis. Ada beberapa alasan yang harus Kamu pertimbangkan di tengah pesatnya perkembangan zaman. Saat ini, dengan sepuluh tahun ke depan tentunya akan sangat berbeda. Di bawah ini beberapa alasan realistis kenapa harus kuliah dan menjadi mahasiswa, berikut ini ulasannya:

1. Membantu Proses Mencari Pekerjaan

Negara ini membutuhkan orang-orang yang terdidik secara intelektual dan spiritual. Dengan menjadi mahasiswa, Kamu juga sedang disiapkan untuk menjadi orang yang lebih baik. Dan dapat bersaing dalam dunia pekerjaan. Dan dengan gelar akademik yang diperoleh akan membantu saat dibutuhkan.

Lebih dari itu, akan lebih baik jika bisa membuka lapangan pekerjaan, wawasan dan Ilmu pengetahuan yang diperoleh selama kuliah bisa kamu terapkan untuk membantu banyak orang. Terlebih jika Kamu adalah seorang pengusaha sukses yang menyediakan lapangan kerja.

2. Menyandang Status Sosial Sebagai Orang Terdidik

Menyandang status sosial sebagai orang yang terdidik membuat kamu nggak mudah diremehkan orang lain. Pastinya hal ini juga harus dibarengi dengan kualitas diri yang baik juga. Orang yang terdidik bisa memecahkan persoalan dengan baik dan diakui oleh masyarakat.

Dengan status sosial yang berubah, Kamu akan dapat diandalkan masyarakat atau banyak orang. Karena Kamu dianggap sudah punya kedewasaan pola pikir yang matang dan stabil. Dalam mengerjakan sesuatu, akan lebih dipercaya daripada hanya sebagai lulusan SMU.

3. Zaman Semakin Berkembang, Manusia Juga Harus Berkembang

Ada pepatah mengatakan, “Jika tidak ada yang dipertaruhkan, maka tidak akan ada yang dimenangkan.” Pepatah ini pas banget buat Kamu yang sedang berjuang untuk perkembangan dirimu sendiri dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin besar.

Saat semua teman-teman sedang berjuang untuk mewujudkan cita-cita, tentu Kamu tidak ingin ketinggalan bukan? Ada yang ingin memberikan manfaat kepada masyarakat, ada yang ingin merubah keadaan dan lain-lain. Dalam hal ini, kamu juga harus membuat bangga dirimu sendiri.

4. Pendapat Kamu Sebagai Seorang Mahasiswa Akan Dipertimbangkan

Berbeda dengan ketika masih berstatus anak sekolah, saat menjadi mahasiswa pendapat dan suara Kamu akan lebih dipertimbangkan. Hal ini senada dengan keuntungan yang akan kamu didapatkan dengan menyandang status mahasiswa.

Baca Juga : Manfaat Menjadi Mahasiswa Berprestasi

So,dengan menjadi mahasiswa saat mengeluarkan pendapat kamu harus think smart. Jangan ngasal dan seenaknya sendiri. Karena nantinya hal yang akan dihadapi bukan hanya sesama teman saja, tetapi juga masyarakat. Berpendapat dan bersuaralah dengan cerdas dan bijak. Karena Hal itu akan menentukan kualitas dirimu.

5. Agar Dapat Membanggakan Orang Tua

Lulus dari mahasiswa dan mendapat gelar akademik memang menjadi kepuasan tersendiri. Nggak cuma itu, Kamu juga bisa membuat bangga orang tua dan keluarga atas pencapaian besar dalam hidup kamu.

Orang tua mana yang nggak bangga saat anaknya lulus menjadi sarjana? Perjuangan mereka untuk memberikan fasilitas pendidikan lanjut buat Kamu jadi tidak sia-sia. Meskipun mereka tidak meminta imbalan, hal ini wajib untuk kamu berikan,

Itu saja ulasan tentang tujuan menjadi mahasiswa. Menyandang gelar ini emang jbisa membanggakan Jenjang pendidikan yang tinggi akan memberika wawasan yang tinggi pula. So, nggak ada alasan bagi kamu untuk tidak menjadi mahasiswa.