UNTAR atau Universitas Tarumanagara merupakan universitas swasta terbaik yang ada di Jakarta. Letaknya berada di Jl Letjen S Parman nomor 1, Jakarta Barat. UNTAR telah berhasil mendapatkan akreditasi A langsung dari BAN PT. Hal ini membuktikan bahwa keberadaanya sudah diakui. Bahkan nomor SK sudah turun dan membuktikan bahwa universitas ini telah diakreditasi sejak tahun 2017 yang lalu.

Tidak hanya itu saja, ternyata UNTAR masuk ke dalam universitas terbaik dengan peringkat ke 3 di Jakarta dari Kemenristekdikti. Selain itu, universitas ini juga telah menduduki peringkat ke-50 dari 100 besar dikelas Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi di tahun 2018. Yang lebih menariknya lagi adalah, ternyata universitas Tarumanagara memiliki 8 fakultas yang bisa dipilih dalam program S1.

Delapan fakultas itu adalah Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Kedokteran, dan juga Fakultas Teknik. Untuk informasi selengkapnya tentang apa saja yang membuat Universitas Tarumanagara ini menjadi yang terbaik sebagai universitas swasta di Jakarta adalah karena UNTAR memiliki banyak sekali penghargaan.

Penghargaan UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta 2019

Sejak berdirinya Universitas Swasta Terbaik di Jakarta, UNTAR di tahun 1959 sampai sekarang, UNTAR telah berhasil meraih banyak sekali penghargaan. Yang paling baru adalah, rektor UNTAR sekaligus pengajarnya, yaitu Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan telah berhasil mendapatkan sertifikat sekaligus medali ASEAN Engineer yang didapatkan dari AFEO. Penghargaan itu diberikan dalam acara 36 th CAFEO yang diadakan di negara Singapura.

Dimana saat itu penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 12 sampai dengan 14 November 2018. Alasan UNTAR mendapatkan penghargaan itu adlah karena pengajarprogram studi TeknikMesin dari FakultasTeknik UNTAR dianggap telah berhasil memenuhi kualifikasi menjadi ASEAN Eng. Berikut ini adalah deretan penghargaan yang berhasil diraih oleh UNTAR, antara lain:

Untar Masuk ke Peringkat 34 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik 2019

Berkat kualitas layanan pendidikan yang terbaik dan keberhasilannya dalam memberikan pencapaian akademik dan non akademik yang terbaik, hal ini membuat peringkat UNTAR berhasil meningkat di posisi 34 sebagai perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia. Lonjakan yang cukup tinggi sebanyak 16 peringkat dari posisi sebelumnya, yaitu peringkat 50 telah diumumkan oleh Kemenristekdikti dalam 100 Perguruan tinggi yang terbaik non vokasi di tahun 2019.

Untar Masuk ke Peringkat 34 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik 2019

Saat ini ada sebanyak 2.141 perguruan tinggi yang telah berhasil masuk ke dalam daftar non vokasi. Pihak dari Menristekdikti, yaitu Prof. H. Mohamad Nasir, Drs., Ak., M.Si, Ph.D telah menyatakan bahwa penilaian performa setiap perguruan tinggi di tahun 2019 lebih mengedepankan pada output outcome base sebesar 40%. Dimana untuk 15% adalah dari kinerja inputnya. Sedangkan sisanya, 25% melihat dari prosesnya.

Selanjutnya, 60% melihat dari kinerja luarnya yang terbagi atas 25% kinerja output dan 35% kinerja outcome. Dari sinilah pihak rektor bernama Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan berpikir bahwa keberhasilan peningkatan peringkatini merupakan hal yang sangat menakjubkan dan membanggakan. Semuanya itu didapatkan karena hasil dari kerja keras para semua civitas academica UNTAR.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Seperti yang diketahui, bahwa peringkat UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta selalu meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2016 yang lalu, UNTAR masih menduduki peringkat 84. Selanjutnya, setahun kemudian, peringkatnya naik menjadi 60. Kemudia, di tahun 2018, UNTAR mengalami peningkatan peringkat menjadi 50. Sedangkan di tahun 2019 sekarang ini, UNTAR berhasil menduduki peringkat ke-34 sebagai perguruan tinggi yang terbaik di Indonesia.

Dengan peningkatan peringkatnya tersebut, kami berharap supaya para masyarakat semakin percaya dengan kualitas UNTAR. Apalagi pencapaian peringkatnya ini merupakan salah satu hadiah paling indah dalam ulang tahun Dies Natalis UNTAR yang ke-60. Yaitu, bertemakan UNTAR untuk Indonesia. Dengan pencapaiannya itulah diharapkan semoga UNTAR bisa selalu sukses dan berkontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sama seperti program pemerintah. Yaitu membangun SDM yang Unggul, dan Indonesia maju.

Penghargaan 3 Star QS 2019

Penghargaan lainnya yang berhasil diraih UNTAR adalah mendapatkan 3 star QS. Dengan penghargaan inilah membuat UNTAR semakin diakui secara internasional. Kali ini, UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta telah berasil mendapatkan penghargaan 3 bintang dari Quacquarelli Symonds dalam periode tahun 2019. Dimana QS adalah lembaga yang bertugas untuk mengukur rating universitas yang ada di dunia.

UNTAR Memperoleh 3 Star QS (Quacquarelli Symonds)

Penghargaan ini merupakan satu-satunya peringkat berkelas internasional yang sudah mendapatkan persetujuan dari IREG. Yaitu International Ranking Expert Group. Rating yang diberikan diukur ke dalam 8 kategori, antara lain employability, teaching, research, facilities, internationalization, inclusiveness, arts and culture, dan juga program strenght. Menjadi PTS paling tua dan terbesar, juga terbaik di Indonesia, UNTAR berhasil mendapatkan pengakuan dari warga masyarakat internasional.

Setela berhasil meningkatkan peringkat nasionalnya ke nomor 34, dan mendapatkan rating 3 bintang dari QS, hal ini membuat reputasi UNTAR semakin diakui oleh internasional. Ini adalah salah satu hal yang mendukungnya supaya bisa mewujudkan cita-citanya dalam memasuki ulang tahunnya ke-60 sebagai UNTAR untuk Indonesia. Dari sinilah kemudian UNTAR mulai memberikan kualitas pendidikan yang berkualitas dan terbaik di Indonesia.

Pihak rektor UNTAR, yaitu Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengatakan bahwa penghargaan 3 bintang dari QS membuktikan bahwa sistem pengelolaan UNTAR telah berhasil menciptakan kualitas pendidik yang terbaik dan diakui internasional. Sehingga, hal ini cukup membanggakan bagi UNTAR. Karena berhasil menjadi perguruan tinggi yang inklusif.

Dimana setiap lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Karena setiap mahasiswa mendapatkan proses pembelajaran berkualitas dan memiliki banyak kelebihan yang lainnya. Pencapaian ini tentunya berdasarkan nilai UNTAR sendiri. Yaitu, menjunjung tinggi integritas, profesionalisme, dan juga entrepreneurship.

3 Penghargaan dari LLDIKTI

Penghargaan lainnya dari UNTAR adalah berhasil masuk ke dalam peringkat 34 dari 100 perguruan tinggi terbaik non vokasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan juga Pendidikan Tinggi di tahun 2019. Tidak hanya itu saja, ternyata UNTAR juga berhasil mendapatkan penghargaan menjadi institusi yang berhasil meraih 3 bintang institusi dari QS Star Rating System, dan mendapatkan peringkat ke-50 di tingkat nasional dalam UI Green Metric World University Rangkings pada tahun 2018. Semua penghargaan itu didapatkan oleh rektor UNTAR ketika menghadiri acara dalam penyerahan surat keputusan menteri dan juga apresiasi perguruan tinggi berprestasi pada tanggal 2 September 2019 lalu.

Yang hadir di acara tersebut adalah, sekretaris Jenderal kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi bernama Prof. Ainun Naim. Kemudian, kepala Lembaga Layanan pendidikan Tinggi di wilayah III, yaitu Dr. Ir.IllahSailah, MS beserta para rektor yang berasal dari berbagai unversitas. Menurut kepala lembaga layanan tinggi di wilayah III, yaitu Dr. Ir. Illah Sailah, M.S mengatakan bahwa tidak mudah untuk bisa meraih 3 bintang di QS Ranking System.

Namun, beliau berharap bahwa suatu ketika UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta bisa menjadi sebuah universitas global. Tidak hanya berubah saja. Namun, juga akan bertransformasi. Dimana UNTAR akan berusaha membuat sebuah perubahan internal yang berkualitas dan akan diakui secara internasional.

Penghargaan dari Kemenristekdikti untuk Riset dan Pengembangan

Sangat mengagumkan sekali. Karena pada akhirnya UNTAR berhasil mendapatkan penghargaan atas apresiasi riset dan juga pengembangan dari Perguruan Tinggi Swasta dalam kategori Universitas Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dari Kemenristek. Penghargaan ini didapatkan dari kerjasama dengan pihak LLDikti di wilayah III. Dari sinilah kemudian UNTAR berhasil mendapatkan peringkat dua dalam kategori riset dan pengembangan.

Dalam hal ini, Rektor menyatakan bahwa UNTAR akan selalu memberikan kualitas yang terbaik secara internal dan kemudian mempublikasikannya ke semua pencapaian berbentuk transparansi dan juga bertanggung jawab pada semua pemangku kepentingan. Penghargaan EWS dibidang penelitian dan publikasi ilmiah memperlihatkan bahwa UNTAR berhasil menjadi perguruan tinggi yang selalu mengikuti peraturan pemerintah yang akuntanbel dan transparan.

EWS adalah sistem peringatan dini dan juga sumber informasi dari LLDikti dalam mengawasi, mengendalikan, dan juga memberikan pembinaan PTS. Sementara untuk PTS sendiri merupakan cara untuk mengevaluasi diri sekaligus menyimpan data. Pemberian penghargaan ini telah dihadiri oleh banyak pihak. Yaitu, Direktur Sistem Riset & Pengembangan dari Kemenristekdikti bernama Ir. Ira Nurhayati Djarot, M. Sc., Ph.D.

Kemudian juga dihadiri oleh direktur pendidikan tinggi, Iptek, Kepala LLDikti Wilayah III, Sekretaris Pelaksana LLDIkti di wilayah III, dll. Ada 4 kategori penghargaan yang diberikan di acara ini. Yaitu, universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik, dan juga akademi dari 150 perguruan tinggi ditingkat swasta.

Penghargaan UNTAR untuk Dosen Berprestasi

Prof. Dr. Dali S. Naga sebagai ketua tim penilai telah memberi penghargaan kepada seorang dosen peneliti yang sudah berkontribusi untuk UNTAR Research Week. Di tahun 2017 yang lalu, dosen peneliti UNTAR telah mendapatkan penghargaan sebagai rangkaian kegiatan yang dikerjakan pada tanggal 11 hingga 15 Desember 2017. Saat itu, pihak rektor telah mengadakan kegiatan yang diadakan pihak Direktoran Penelitian dan PPM.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, para dosen peneliti yang berprestasi juga diberikan piagam penghargaan. Pemberian penghargaan itu dilihat dari standard Kementerian Riset dan juga Pendidikan Tinggi. Tujuan diberikan penghargaan tersebut adalah untuk mendorong para dosen agar lebih bersemangat dalam menghasilkan karya yang sesuai standard nasional dan internasional.

Penghargaan untuk para dosen ini terbagi atas beberapa kategori. Yaitu, hibah penelitian, dosen yang berhasil menciptakan artikel jurnal dan prosiding, hak kekayaan intelektual langsung dari pihak Kemenkumham, Keynote dan juga Invited speaker dalam sebuah temuan ilmiah, menghasilkan book chapter, memiliki penulisan artikel di majalan dan koran, dan mendapatkan penghargaan fakultas atas berhasilnya menapai target penelitian dari Ristekdikti.

Penghargaant ersebut diberikan untuk memacu para dosen supaya semakin produktif dalam menciptakan karya ilmiah terbarunya. Karena, untuk bisa menjadi perguruan tinggi yang terbaik, artinya UNTAR harus bisa menghasilkan karya ilmiah yang banyak. Tidak hanya sekedar di tingkat nasional saja. Namun, juga harus berorientasi secara internasional.

Saat pembukaan dalam acara Research Week di tahun 2017 yang lalu telah dihadiri oleh banyak orang penting. Yaitu, sekretaris pengurus yayasan Tarumanagara, Wakil Rektor Tarumanagara, direktur PPM Jap Tji Beng Ph. D, dan juga dekan beserta para dosen. Sementara itu, kegiatan yang diadakan dalam Research Week saat itu meliputi banyak hal.

Yaitu, selain memberikan penghargaan kepada para dosen, kegiatan ini juga meliputi menayangkan sebuah pameran poster penelitian beserta pengabdian kepada masyarakat, seminar tentang hasil penelitian hibah dari kemenristekdikti, dan pembuatan buku Research and Community Engagement Report Universitas Tarumanagara di tahun 2017.

Penghargaan 14TH UiTM International Sports Fiesta 2019

Salah satu penghargaan dibidang olahraga yang berhasil diraih oleh UNTAR adalah memenangkan juara 1 tunggal dalam ajang perlombaan tenis meja bertaraf internasional. Baru-baru ini tim UKM UNTAR telah mengikuti ajang perlombaah 14 th UiTM International Sports Fiesta 2019di tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2019. Saat itu ajang perlombaan ini diselenggarakan oleh Universiti Teknologi MARA Shah Alam, di Malaysia.

Ajang perlombaan tersebut meliputi berbagai macam cabang olahraga. Yaitu, rugby, badminton, basket, futsal, dan tenis meja. Semuanya melibatkan beberapa tim yang berasal dari universitas Malaysia, Singapore, Indonesia, Brunei, Australia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Republik China, dan Nepal. Dari sekian cabang perlombaan olahraga tersebut, ada 3 cabang olahraga yang diikuti oleh 51 atlet mahasiswa. Yaitu, tenis meja, futsal, dan bulu tangkis.

Disinilah tim UNTAR berhasil unjuk gigi. Karena telah berhasil mendapatkan juara I tunggal yang dimenangkan oleh Putra Vindra Wiedyanto Thedy. Selain itu, tim UNTAR juga menjuarai juara II oleh Vindra Wiedyanto Thedy dan Ganda Putra Theodore. Dan juara III juga dimenangkan oleh tim UNTAR. Yaitu, Cindy Angeline dan Putri Stesany untuk kategori pemenang tim.

Penghargaan Juara 1 Desain Stasiun Ramah Difable

Baru-baru ini mahasiswa UNTAR dari Prodi Arsitektur Fakultas Teknik, yaitu Calvin Chandra, Nicholas Santoso, dan M Nadhif Abdullah telah berhasil memenangkan juara I dalam sayembara desain stasiun transit yang ramah difable. Sayembara tersebut digelar dalam acara Satu Ruang 2019 pada Annual Competition & Exhibition di tanggal 5 sampai dengan 7 Juli 2019. Perlombaan ini digelar di Lippo Mall Puri.

Kompetisi yang diadakan di Universitas Pelita Harapan ini khusus dibuat untuk mahasiswa dari jurusan arsitek interior yang berasal dari seluruh Indonesia. Supaya mereka ikut berperan dalam membentuk kesadaran untuk mewujudkan warga Indonesia yang bahagia. Lewat sebuah informasi yang disampaikan dalam kegiatan berupa poster menunjukkan ada kereta api yang berpeluang sebagai titik awal kepedulian terhadap para penyandang difabel saat menggunakan fasilitas transportasi umum.

Karena sampai sejauh ini, ada sebanyak 12,5 % penyandang difabel yang berasal dari seluruh penduduk Indonesia yang belum dijadikan sebagai prioritas dalam menggunakan fasilitas umum. Maka dari itulah, seharusnya ada perhatian khusus terhadap ketersediaannya fasilitas khusus untuk penyandang difabel lewat transportasi umum menggunakan kereta api.

Dalam perlombaan tersebut, ditemukan 35 karya terbaik yang berhasil dipamerkan. Lima karya diantaranya diikutkan dalam penjurian terbuka oleh Yori Antar, irianto PH, Wiyoga Nurdiansyah, Gaun, dan Hans Susantio.

UNTAR menjadi Bagian dari Asia University Union

Pada akhirnya rektor UNTAR telah menghadiri undangan dari President of KSU dalam kegiatan Asia University Union dan 2019 Global President Forum yang ada di Taiwan. Saat itu, Rektor UNTAR telah hadir menjadi delegasi peninjau untuk kegiatan AU+ tersebut. Dimana anggota kegiatan ini meliputi perguruan tinggi yang berasal dari Jepang, Taiwan, China, Malaysia, dan Korea.

Dalam pertemuan itu, UNTAR berhasil menjadi bagian dari anggota AU+. Sementara itu, dalam 2019 Global President Forum, Rektor UNTAR telah mempresentasikan kegiatan yang ada di UNTAR. Dimana dalam kesempatan itu, Rektor juga memaparkan tentang bagaimana cara UNTAR berhasil meningkatkan reputasi mereka. Termasuk bagaimana persiapan UNTAR dalam berkolaborasi dengan semua perguruan tinggi yang berasal dari berbagai negara.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

Dalam kegiatan tersebut, para rektor dari anggota AU+ diminta untuk mempresentasikan seputar hal-hal penting yang berkaitan dengan tema umum. Seperti yang telah diketahui, bahwa UNTAR adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang paling tua, terbesar, dan merupakan yang terbaik di Indonesia. UNTAR kerap melaksanakan berbagai macam kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dan juga kegiatan lainnya untuk meningkatkan reputasinya.

Visi UNTAR adalah ingin mengembangkan perguruan tinggi UNTAR dengan cara yang profesional, bernilai integritas, dan entrepreneurship yang unggul di wilayah Asia Tenggara. Semua itu diwujudkannya dengan cara membangun kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya secara internasional.

Dari sinilah Rektor UNTAR berpikir bahwa sudah saatnya UNTAR berkolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di luar negeri. Supaya UNTAR semakin dikenal hingga ke manca negara. Disamping itu, rektor UNTAR juga berharap supaya bisa berkontribusi secara luas lagi dalam mewujudkan pendidikan tinggi yang lebih baik lewat kerja sama yang dilakukannya bersama perguruan tinggi di kawasan manca negara.
Penghargaan Juara 1 dan 3 National Problem Solving 2019

Penghargaan lainnya yang membuktikan bahwa UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta adalah yang terbaik dilihat dari bagaimana mahasiswa UNTAR telah berhasil mendapatkan juara dalam ajang perlombaan National Problem Solving di tahun 2019. Perlombaan tersebut diadakan oleh HMJM Universitas Katolik Widya Mandala yang ada di Surabaya di tanggal 23 hingga 25 April 2019. Dalam ajang kompetisi tersebut membawa tema, berjudul “Technology Disuptive vs Supportive”.

Tema ini sebenarnya sudah dilaksanakan dari tahun 2013. Tujuan dibentuknya tema ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah di dunia bisnis. Dengan adanya acara inilah bisa dijadikan sebagai wadah para mahasiswa untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat untuk mereka. Kegiatan ini sendiri sebenarnya juga bertujuan supaya para peserta dapat mengasah pola pikirnya yang lebih kritis lagi. Sehingga mereka bisa mencetuskan ide yang lebih cemerlang lagi sebagai usaha kontribusinya dalam menyelesaikan masalah bisnis di masa yang akan datang.

Dari sinilah UNTAR telah berhasil menduduki peringkat I dan III. Sementara Universitas Bina Nusantara berhasil menduduki peringkat ke II. Tentu saja ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan sekali bagi UNTAR.

Penghargaan Menjuarai Unilever Future Leaders’ League

Pada akhirnya Velia Melisandra, seorang mahasiswi UNTAR telah berhasil mendapatkan juara dalam Unilever Future Leader’s League atau UFLL di tahun 2019. Ajang perlombaan tersebut diadakan di Hilton London Tower Bridge. Lebih tepatnya di Inggris. Kegiatan ini berlangsung dari 10 hingga 12 April 2019.

Saat itu, Velia tergabung menjadi tim Indonesia dan telah berhasil mengalahkan tim mahasiswa lainnya yang berasal dari negara lain di ajang internasional. Kegiatan ini digelar oleh perusahaan internasional Unilever dengan tema Rexona Cse. Sedangkan juara yang ke II dan III berhasil diraih oleh tim Bangladesh dan juga Nigeria. Perlombaan UFLL 2019 itu sendiri telah diikuti oleh peserta internasional yang diambil dari penyaringan lewat lomba dari 27 negara.

Dimana UFLL ini dimulai dari 58.000 pelamar yang berasal dari 1000 universitas. Saat itu, di Indonesia sudah ada 1.200 pelamar. Dimana yang terpilih untuk berkompetisi hanyalah 33 mahasiswa saja. Hasilnya, kini ada 3 mahasiswa yang mewakili Indonesia di level internasional UFLL 2019 yang digelar di London, termasuk Veila yang berasal dari Fakultas Ekonomi UNTAR, beserta 2 mahasiswa lainnya yang berasal dari Universitas Prasetya Mulya dan Universitas Padjadjaran.

Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah untuk mendorong kemampuan peserta lewat berbagai macam kasus nyata. Sehingga, dari sinilah akhirnya bisa memberikan sebuah pencerahan terhadap gaya berpikir seseorang dan akan menjadikan para mahasiswa sebagai model pemimpin muda yang baik di masa depan.

Penghargaan 3 Gelar dalam Olimpiade Psikologi Nasional

Sangat membanggakan sekali. Karena mahasiswa dari Fakultas Psikologi UNTAR telah berhasil mendapatkan juara I dan II dalam ajang perlombaan Olimpiade Psikologi di tingkat nasional, “Leipzig”. Perlombaan ini diadakan di Universitas Gunadarma. Kegiatan ini mengangkat tema, “Dignity in Mental Health” yang diadakan dari tanggal 11 hingga 13 Maret 2019. Dimana pesertanya berasal dari berbagai perguruan tinggi berkelas nasional.

Dalam ajang perlombaan olimpiade ini memperlombakan 3 kategori yang meliputi, cerdas cermat, debat, dan esai. Dari sinilah kemudian tim FP UNTAR berhasil mendapatkan juara I dan II dalam lomba cerdas cermat. Sedangkan, lomba debatnya UNTAR berhasil menduduki juara III.

Penghargaan menjadi yang Terbaik dalam Debat Ekonomi Piala Gubernur DIY

Tommy Saputra, Kevin Ihzya Hendriko, dan juga Novia akhirnya berhasil menjadi salah satu tim terbaik di ajang perlombaan National Debate Competition Economix Expo yang memperebutkan Piala Gubernur DIY, di kampur Universitas Ahmad Dahlan, di Yogyakarta. Mahasiswa dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNTAR yang dibimbing oleh Yunita berhasil mendapatkan nilai paling tinggi di setiap babak pertandingannya. Disamping itu, Kevin Hendriko juga berhasil menjadi the Best Speaker dalam ajang perlombaan tersebut.

Penghargaan Mendapat Sertifikat dan Medali ASEAN Engineer dari AFEO

Penghargaan lainya didapatkan oleh Rektor UNTAR. Beliau berhasil mendapatkan sertifikat beserta medali ASEAN Engineer yang diberi oleh AFEO. Sertifikat ASEAN Engineer tersebut diberikan di acara 36th CAFEO yang diadakan di tanggal 12 hingga 14 November 2018. Tepatnya diadakan di Singapura, Sentosa Island Convention Center. Tidak hanya itu saja, ternyata PPI dari UNTAR juga berhasil menjadi orang pertama yang meraih sertifikat ASEAN Eng.

Prestasi yang berhasil diraih oleh Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan ini adalah mendapatkan pengakuan menjadi Insinyur ASEAN oleh AFEO di tahun 2018 lewat program AER tahun 2018 silam. Hal ini sama seperti visi misi UNTAR. Yaitu, ingin menjdi Perguruan Tinggi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Maka dari itulah, universitas dosen dan mahasiswanya terus didorong supaya bisa lebih berprestasi lewat kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di tingkat internasional, khususnya di ASEAN.

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Dalam konferensi tersebut, ditemukan ada 1.000 insiyur lebih yang hadir dari 12 sampai dengan 14 November 2018. Mereka semua datang untuk bertukar pengetahuan dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi dibidang teknik. Dengan begitu, hal ini bisa meningkatkan kemajuan untuk negara ASEAN. Dalam hal ini, tuan rumah acara ini adalah Institution of Engineers, Singapore dan didukung juga oleh the Land Transport Authority.

AFEO memiliki anggota asosiasi insinyur yang berasal dari 10 negara anggota dari ASEAN. Organisasi tersebut dibuat untuk membangun niat baik antar sesama dan supaya sesama anggota bisa saling pengertian. Dengan adanya organisasi inilah diharapkan bisa membangun, sekaligus mengembangkan standar profesi insinyur dan juga memberikan fasilitas yang lebih mobile terhadap para insiyur yang berasal dari negara ASEAN.

Hal ini menjadi salah satu hal penting bagi seorang insinyur yang profesional. Supaya para dosen dan mahasiswa lebih terdorong hatinya untuk mendapatkan pencapaian di tingkat nasional dan internasional. Dengan begitu, hasil karya dan eksistensinya bisa diakui, sekaligus bermanfaat untuk nasional dan internasional.

Penghargaan 3 Besar dalam Kompetisi Nasional Marketing Plan Objek Wisata

Akhirnya tim dari program stusi Manajemen Fakultas Ekonomi S1 UNTAR berhasil menjuarai juara ke III pada Padjajaran Tourism Competition 2018. Tim tersebut adalah Oriana Tandayong, Michelle Ferdinand, dan juga Theresia. Kompetisi tersebut bertemakan, Embracing Bandung’s Local Tourism. Ini termasuk salah satu bagian dari the 3rd PARADIGM 2018 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Fak. Ekonomi dan Bisnis UNPAD tanggal 12 hingga 15 November 2018.

PTC 2018 (Padjajaran Tourism Competition) adalah ajang kompetisi marketing plan nasional. Dimana perlombaan ini lebih fokus terhadap objek wisata yang ada di Jawa Barat. Ajang kompetisi perlombaan ini diikuti oleh semua mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Setiap timnya terdiri atas 3 mahasiswa aktif yang berasal dari universitas yang sama.

Penghargaan Juara Pertama sebagai Kantin Sehat

Sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bahkan, kantin UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta ternyata telah berhasil mendapatkan penghargaan juara I lomba kantin sehat dalam kategori perguruan tinggi. Penghargaan tersebut secara langsung diberikan oleh Kemkes diajang Peringatan Hari Kesehatan nasional di tahun 2018 yang ke-54. Penghargaan ini secara langsung diserahkan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemkes, yaitu dr. Kirana Pritasari., MQIH dan diterima oleh Rektor UNTAR dalam kegiatan Germas beserta puncak dalam peringatan HKN ke 54.

Kegiatan ini diadakan di Indonesia Convention Exhibition Tangerang, tepatnya pada tanggal 9 November. Yang hadir dalam kegiatan ini adalah pejabat yang ada di lingkungan Kementerian kesehatan. Dengan berhasil meraih penghargaan tersebut, Rektor UNTAR mengatakan bahwa penghargaan ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa UNTAR telah berkomitmen untuk memberikan layanan yang berkualitas bagi masyarakat luas.

Salah satunya dengan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukungnya untuk semua pemangku kepentingan. Salah satunya adalah penyedia sarana dan prasarana dari kantin sehat. Dari sinilah Rektor UNTAR juga bertemu dan berdialog langsung dengan Dirjen kesehatan Masyarakat, MQIH, dan juga Direktur Kesehatan Lingkungan. Sementara itu, dari pihak Menteri Kesehatan, yaitu Nila Farid Moeloek memberikan sambutan secara tertulis.

Dalam sambutannya tersebut beliau mengatakan bahwa masyarakat sehat adalah modal utama supaya bangsa lebih tangguh dan sehat. Keterlibatan dari semua komponen bangsa, meliputi pemerintah, masyarakat, dan swasta yang dibutuhkan oleh pusat dan daerah. Lomba kantin sehat di tingkat perguruan tinggi ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Kementerian kesehatan.

Dalam hal ini, juara ke II dan III untuk kategori kantin sehat ditingkat perguruan tinggi diraih oleh Universitas Pelita Harapan dan juga Universitas Indonesia. Rangkaian kegiatan dalam HKN ke-54 dalam tingkat pusat ini meliputi, upacara, memberikan penghargaan, tabur bunga, ajang perlombaan, pengabdian masyarakat, disertasi expo, seminar ilmiah dan forum bisnis, dan masih banyak yang lainnya.

Penghargaan menjadi yang Terbaik dalam Debat Nasional Generasi Muda

Akhirnya mahasiswa FE UNTAR kembali lagi membuktikan kehebatannya. Karena kali ini mereka berhasil mendapatkan juara ke 1, dalam perlombaan debat nasional yang digelar oleh FE UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta. Salim Wijaya, Hendriko Tommy Saputra, dan Kelvin Ihzya adalah peserta dari FE UNTAR yang telah berhasil memenangkan juara perlombaan ini dengan tema Peran Generasi Muda dalam Perkembangan Zaman.

Tim mahasiswa FE yang diasuh oleh Yenita sebagai dosen FE telah berhasil mengalahkan tim mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi yang lainnya dalam babak penyisihan. Sementara itu, dalam babak final, mereka juga telah berhasil mengalahkan mahasiswa dari UPN Veteran di Jakarta dan berhasil memenangkan ajang kompetisi ini.

Penghargaan Ambil Peran Positif dalam Pembangunan di Indonesia

Saat ini Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota yang fokus pada Real Estat di UNTAR sudah memasuki usia 30 tahunan. Prodi yang satu ini berhasil mejadi program unggulan S1 dan S2 milik UNTAR. Karena program studi ini telah berhasil menciptakan tenaga ahli yang dapat memenuhi kebutuhan swasta dan pemerintahan dalam mengembangkan, sekaligus merencanakan pengembangan wilayah dan kota secara komprehensif.

Hal ini telah disampaikan oleh pihak Rektor UNTAR dalam memperingati hari ualgnt ahun lahirnya pendidikan Real Estate dan Perencanaan Kota ini. Dalam peringatan ke-30 tersebut, prodi ini dengan Magister Teknik Perencanaan telah mengadakan sebuah talk show bertemakan ‘The Next 30 Years of Urban and Real Estate Development in Indonesia’, di Auditorium kampus Untar.

Saat itu, disampaikanlah oleh Rektor tentang pengembangan wilayah kota yang berjalan sangat pesat di Indonesia. Hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat dalam dunia bisnis semakin meningkat. Sehingga, mereka membutuhkan kawasan yang nyaman dan aman. Maka dari itulah, dibutuhkan sebuah desain dan perencanaan yang matang. Supaya wilayah kota bisa lebih ideal untuk semua orang.

Dari sinilah, Rektor UNTAR berharap supaya mahasiswa dari program studi perencanaan wilayah dan kota yang bergerak dibidang real estate bisa terus dikembangkan. Supaya mereka bisa mengambil peran yang positif dan ikut membantu dalam proses pembangunan yang terjadi di Indonesia. Hal ini didukung pula oleh Gubernur Bangka Belitung. Yaitu Erzaldi Rosman Djohan.

Beliau mengatakan bahwa sekarang ini tempatnya sedang bertransformasi dari yang awalnya hanya sebagai penghasil timah saja. Saat ini tempatnya diubah menjadi tempat pariwisata. Tentu saja tantangan yang dihadapi cukup besar. Karena harus ada ketersediaan terhadap infrastruktur yang cukup. Dimana secara keseluruhan dibutuhkan SDM yang benar-benar siap untuk membangun itu semua.

Menurut Gubernur Bangka Belitung, UNTAR adalah perguruan tinggi dengan program studi yang baik. Karena program studi perencanaan wilayah dan kota miliknya sangat dibutuhkan sekali untuk membantu pembangunan yang terjadi di daerahnya. Kepala daera selaku sebagai alumni UNTAR juga telah mengatakan bahwa UNTAR dikenal baik menjadi perguruan tinggi penghasil entrepreneur terbaik saat ini.

Bahkan, banyak juga lulusannya yang bekerja dibidang pemerintahan untuk membantu proses pembangunan yang terjadi di Bangka Belitung. Dari sinilah, dikabarkan bahwa dalam waktu dekat, pihak pemerintah propinsi Bangka Belitung akan melakukan kerja sama MoU bersama UNTAR untuk mempersiapkan SDM yang dibutuhkan oleh propinsi tersebut. Itu artinya, bagi lulusan UNTAR tidak perlu bingung lagi mencari pekerjaan.

Karena UNTAR telah bekerja sama dengan banyak pihak. Selain kegiatan talk show, dalam acara ini juga mengundang president director Astra Land, yaitu Wibowo Muljono, Kruna Murdaya sebagai Direktur PT Central Cipta Murdaya, CEO Agung Sedayu Ritel bernama Alexander H. Kusuma, dan juga Direktur PT Jababeka., TBk, yaitu Sutedja Sidarta Darmono.

Berkat diadakannya talk show inilah maka ditemukan sebuah gambaran tentang pengembangan kota dan real estate yang terjadi di Indonesia pada 30 tahun mendatang. Melihat hal itu, maka pemerintah daerah sangat berperan penting untuk mengembangkan daerahnya agar lebih baik. Karena ada desentralisasi kekuasaan. Kecenderungan kedudukan kepala daerah yang telah dipegang generasi muda berhasil membawa perubahan dalam pengembangan dan perencanaan daerah.

Tentu saja hal ini sangat berperan penting dalam pembentukan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini juga berlaku sama untuk perusahaan pengembang. Dimana kepemimpinannya kali ini mulai diambil oleh generasi kedua dan ketiga. Itu artinya kepemimpinannya mulai diambil alih oleh generasi muda yang siap memberikan pengaruh terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan proyek yang terjadi di perusahaannya.

Sebenarnya, Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota milik Fakultas Teknik UNTAR ini merupakan proses pengembangan dari prodi D3 Real Estate. Itu artinya UNTAR adalah pelopor berdirinya bidang pendidikan itu di Indonesia.

Penghargaan Unjuk Prestasi dalam Kompetisi Kreatif UGM

Sangat membanggakan sekali, karena pada akhirnya Gitasarai dan Ronaldo Wira Sampurna berhasil meraih juara runner up dalam Ajisaja UGM. Keduanya berasal dari Prodi Desain Komunikasi Visual dari Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR. Keduanya berhasil merebut Silver Winner dengan kategori SADEWA di tanggal 2 November tepatnya di Kampus Fisipol UGM, DIY.

Saat itu, Gita dan Renaldo telah tergabung menjadi tim tricker. Keduanya merancang visual game edukasi yang judulnya adalah MONOSTER. Lewat ajang inilah keduanya berjanji akan selalu menciptakan karya seni yang lebih baik di masa yang akan datang. Ajisaka UGM sendiri adalah kegiatan acara kreatif yang dibuat oleh KOMAKO Fisipol UGM. Kegiatan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2013 silam.

Acara ini tersusun atas kegiatan ajang kompetisi, seminar, beserta kegiatan bermanfaat yang lain. Sementara itu, untuk bidang kegiatan yang dilombakan, meliputi PRAHASTA, KRESNA, ARJUNA, NAKULA, dan SADEWA. Masing-masing merupakan singkatan dari kegiatan ini.

Penghargaan Berhasil menjadi Anggota DPRD DKI

Salah satu penghargaan yang sangat membanggakan bagi UNTAR adalah, karena ada alumni UNTAR, yaitu Agustina Hermanto yang pada akhirnya berhasil menjadi salah satu anggota DPRD DKI Jakarta dalam periode 2019 hingga 2024. Beliau telah dilantik pada 26 Agustus 2019 di gedung DPRD DKI, tepatnya di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Agustina Hermanto atau yang sering disebut sebagai Tina Toon adalah artis sekaligus mahasiswi lulusan dari Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum di Untar. Di tahun 2017 yang lalu, dirinya berhasil menjadi wakil rakyat yang berasal dari PDIP untuk mewakili daerah Kelapa Gading, Koja, Cilincing, dan Kepulauan Seribu. Agustina Hermanto sendiri merupakan salah satu dari jumlah anggota DPRD DKI sebanyak 106 yang siap memperjuangkan aspirasi dari warga DKI.

Prospek Cerah Lulusan UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Ada banyak hal kenapa Anda harus menempuh pendidikan di UNTAR Universitas Swasta Terbaik di Jakarta. Salah satunya adalah karena UNTAR memiliki prospek yang sangat cerah untuk setiap lulusannya. Hal ini terjadi karena UNTAR telah bekerja sama dengan banyak pihak. Berikut ini adalah sedikit contoh peluang kerja yang bisa Anda dapatkan setelah lulus dari UNTAR, antara lain:

Kesempatan Magang di BCA

Akhirnya ada beasiswa dari BCA. Dimana saat ini mahasiswa UNTAR akan mendapatkan kesempatan untuk magang di BCA sekaligus mendapatkan beasiswa. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa BCA ini diberikan untuk 45 mahasiswa. Hal ini juga berlaku sama untuk peluang magang mahasiswa UNTAR yang mengambil jurusan S1 Akutansi FE UNTAR. Kerja sama ini dilakukan setelah ada kesepakatan MoU UNTAR bersama dengan PT. Bank Central Asia, Tbk.

Dalam hal ini keduanya bekerja sama dalam menyediakan program pendidikan untuk peserta PPA yang sudah disepakati sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu. Rektor UNTAR mengatakan bahwa pihaknya akan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan semua institusi. Tujuannya adalah utuk ikut serta dalam berkontribusi meningkatkan SDM. Karena apa yang dimiliki BCA dan UNTAR tentu saja berpeluang menghasilkan hal yang lebih unggul.

Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Azerbaijan

Baru-baru ini telah diadakan kunjungan Dubes untuk memenuhi undangan program studi arsitektur dari Fakultas Teknik di UNTAR. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh pihak Rektor UNTAR dan pemimpin yang lainnya. Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa pihak Kedutaan Besar Indonesia yang berada di Baku, Azerbaijan sudah berhubungan dengan baik dengan universitas lokal yang lain.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Dari sinilah, Husnan Bey Fananie menawarkan sebuah kerja sama antara UNTAR dengan perguruan tinggi yang ada di Azerbaijan, lebih tepatnya dibidang arsitektur. Kerja samanya itu dilakukan berbentuk student exchange, penelitian para dosen, international conference, dan juga masih banyak yang lainnya.

Azerbaijan sendiri merupakan negara dari pecahan Uni Soviet yang berada di persimpangan Asia Barat Daya dan Eropa. Negara dengan ibu kota Buku ini memiliki luas wilayah sebesar 86.600 km2. Letaknya dibatasi laut Caspia, berbatasan langsung dengan Iran di Selatan, Georgia dan juga Armenia di barat, dan juga berbatasan dengan Rusia langsung di sebelah utara.

Melihat sedikit informasi yang telah dikupas di atas, maka kesimpulannya adalah Universitas Tarumanagara merupakan salah satu universitas terbaik untuk Anda yang baru saja lulus SMK/ SMA. Karena biasanya anak yang baru saja lulus SMK dan SMA itu bingung untuk menentukan apakah akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di sebuah universitas atau tidak.

Kalaupun memilih untuk melanjutkan, biasanya beberapa diantara dari mereka bingung untuk memilih jurusan apa yang cocok untuknya dan di universitas manakah yang baik untuk mereka. Maka dari itulah, jika Anda adalah salah satu diantara dari mereka yang baru saja lulus SMA/ SMK, maka Universitas Tarumanagara bisa menjadi pilihan yang paling tepat!

Mau tahu kenapa?

Karena Universitas Tarumanagara ini dekat dengan tempat mana saja, khususnya untuk Anda yang tinggal dikawasan sekitar Jelambar, Cengkareng, dll. Alasan lainnya kenapa harus memilih UNTAR adalah karena Universitas Tarumanagara merupakan universita swasta paling bergengsi di Jakarta. Hal ini terbukti dari sepak terjangnya yang sudah berdiri sejak 55 tahun lalu hingga sekarang.

Dimana dari dulu sampai saat ini Universitas Tarumanagara masih tetap bisa mempertahankan eksistensinya dengan baik. Padahal kita semua tahu bahwa saat ini di era pendidikan di perguruan tinggi semakin ketat persaingannya. Sehingga setiap universitas wajib memiliki fasilitas lengkap dan beasiswa yang banyak. Semua kebaikan itu ada di Universitas Tarumanagara!

Maka dari itulah jika Anda mencari universitas yang fasilitasnya lengkap dan beasiswa yang ditawarkan banyak, maka UNTAR adalah solusinya! Apalagi jika Anda adalah calon mahasiswa yang berprestasi, maka

akan ada banyak hal menarik dan kemudahan untuk Anda saat belajar disini. Alasan lainnya kenapa harus memilih UNTAR adalah akses jalannya banyak. Karena Universitas Tarumanagara terletak dikawasan Grogol, dimana tempat ini merupakan sebuah daerah yang memiliki akses kendaraan banyak.

Yaitu, angkot, bemo, bussway, metro mini, kopaja, dll. Dengan banyaknya pilihan kendaraan umum yang bisa dipilih, hal ini akan memudahkan mahasiswanya yang tinggal jauh dari kawasan UNTAR. Karena mereka masih bisa berangkat menggunakan angkutan umum. Maka dari itulah, pilih Universitas Tarumanagara sekarang juga jika Anda melanjutkan pendidikan di universitas swasta terbaik di Jakarta.