Berdirinya Perguruan Tinggi Ekonomi Tarumanagara dengan Jurusan Ekonomi Perusahaan merupakan cikal bakal dari Universitas Tarumanagara. Pekembangan Universitas ini ditandai dengan didirikannya fakultas lain hingga berdirinya Universitas Tarumanagara kampus 2 dan 3.

Profil Universitas Tarumanagara Kampus 2

Universitas Tarumanagara kampus 2 terletak di Jalan Arteri S. Parman, Grogol, Jakarta Barat, lokasinya berseberangan atau berhadapan langsung dengan Universitas Tarumanagara kampus 1. Kampus 2 sendiri terdiri atas 17 dan 10 lantai yang mencakup block A, block B, block C, dan block D.

Saat ini, Universitas Tarumanagara kampus 2 telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya instalasi serat optik yang berfungsi sebagai jaringan internet dan intranet. Selanjutnya, jaringan ini nantinya akan menghubungkan Kampus I dan Kampus 2 melalui saluran telepon leased line.

Fasilitas lain yang tersedia pada kampus diantaranya: mencakup ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan sejumlah fasilitas lain, seperti Fitness Centre, Bank, kantin, gedung parkir. Karena terhubung dengan jaringan yang ada pada kampus Kampus 1, Kampus 2 juga dilengkapi layanan e-mail, intranet dan internet.

Perbedaan Kampus 1 dan Kampus 2 Universitas Tarumanagara

Yang menjadi perbedaan antara 2 kampus ini adalah block dan berbagai fasilitas lain di dalamnya. Luas tanah di Kampus 1 sendiri kurang lebih hanya sekitar satu hektar. Di dalamnya terdapat gedung olahraga yang digunakan untuk kepentingan berbagai macam UKM.

Fasilitas yang terdapat di dalamnya meliputi ruang kuliah, laboratorium, bengkel, perpustakaan, pusat komputer, ruang administrasi, poliklinik serta fasilitas lainnya seperti bank dan kantin.

Hal lain yang membedakan dari dua kampus tersebut adalah luas bangunan. Meskipun demikian kedua tempat ini sudah ditata sedemikian rupa agar mahasiswa yang beraktifitas dapat merasa nyaman. Sehingga semua kegiatan perkuliahan yang dilakukan dapat leboh optimal.

Baca Juga : Pendaftaran Universitas Tarumanagara

Meskipunn demikian, kedua gedung tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang baik sesuai dengan visi dan misi di Universitas Tarumanagara.

Gedung di Universitas Tarumanagara Kampus 2 dan Fasilitasnya

Universitas Tarumanagara Kampus 2 memiliki 4 gJFSedung. Setiap gedung memiliki fasilitas yang berbeda-beda seperti gedung A. Gedung ini terdiri dari 17 lantai yang di dalamnya terdapat ruang dekan & Pudek FE, BCA & kantor pos, ruang seminar hingga ruang dosen.

Bahkan, juga ada Bursa Saham, Sekretariat Fak. Ekonomi, Lab. Komputer/Internet, Program Studi S1 Akuntansi, Manajemen, Program Studi D3 Akuntansi, Perpajakan, Manajemen Keuangan, perpustakaan FE, ruang UKM BPM FE, sekretariat MKU, ruang kuliah, auditorium dan ruang serbaguna

Sedangkan di Gedung B yang terdiri dari 10 lantai di dalamnya terdapat toko buku Mailshop/Koperasi, ruang seminar dan juga ruang kuliah. Sedangkan di Gedung C yang terdiri dari 10 lantai, dengan fasilitas lain seperti Biro Adak, Pusat Pelayanan Informasi, Bank BNI & ATM, warnet dan ELTI.

Yang terakhir adalah Gedung D. Gedung ini terletak di sisi paling barat yang terdiri dari 10 lantai. Di dalamnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat Parkir, kantin, ruang olahraga, fitness centre, ruang dosen tetap FE dan ruang dosen tidak tetap FE.

Beberapa Jurusan yang ada di Universitas Tarumanagara Kampus 2

Universitas Tarumanagara kampus 2 memiliki berbagai jurusan unggulan di dalamnya. Di antara jurusan tersebut, sebagian sudah terakreditasi A. dengan jumlah mahasiswa dan lulusan yang selalu meningkat di tiap tahunnya.

Tidak heran jika seiring dengan berjalannya waktu, Universitas ini mengalami penambahan dan perluasan tempat perkuliahan. Bahkan saat ini sudah ada kampus 3.

Di antara jurusan yang berada di kampus ini di antaranya adalah Program Studi S1 Akuntansi, Program Studi S1 Manajemen, Program Studi D3 Akuntansi, Program Studi D3 Perpajakan dan Program Studi D3 Manajemen Keuangan.

Selain itu, untuk menunjang semua kegiatan belajar mahasiswa, telah disediakan berbagai fasilitas , sarana, dan prasarana yang lengkap, seperti perpustakaan, laboratorium, ruang UKM, Auditorium, Bank & ATM, ruang kuliah yang memadai, warung internet, bursa saham,fitness centre dan masih banyak lagi.

Universitas Tarumanagara juga merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Jakarta dan Indonesia. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, mengingat semua jurusan yang terdapat di dalamnya memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini adalah berbagai keunggulan dari Universitas Tarumanagara:

Keunggulan Setiap Jurusan di Universitas Tarumanagara Kampus 2

Dari berbagai program studi yang ditawarkan oleh Universitas Tarumanagara Kampus 2, salah satunya adalah program studi D3 atau diploma. Dimana program studi ini berbeda dengan yang lain karena dapat ditempuh dalam waktu paling tidak 3 tahun untuk masa perkuliahannya.

Program studi diploma ini umumnya lebih mengutamakan praktek atau praktikum dibandingkan teori. Hal ini berbeda dengan program studi S-1 yang rata-rata kelulusan harus di tempuh dalam waktu 4 tahun dan dengan komposisi lebih banyak mempelajari teori jika dibandingkan dengan praktek selama perkuliahannya.

Meskipun demikian, baik program study Diploma ataupun S1 memiliki keunggulan masing-masing. Di antara keunggulan program studi tersebut antara lain.

1. Program Studi S1 Akuntansi

Keunggulan Program Studi Akuntansi S1 Universitas Tarumanagara kampus 2 salah satunya adalah jurusan tersebut telah terakreditasi A. Lulusan dari program studi S1 Akuntansi ini akan dibekali dengan berbagai sertifikasi, tenaga edukasi yang profesional dan serta metode pembelajaran yang unggul.

Pada dasarnya, jurusan akuntansi ini merupakan jurusan yang cukup umum. Ketelitian dan kemampuan dalam berhitung adalah modal utama bagi mahasiswa jurusan ini.

Selain itu, dalam rangka menghadapi revolusi industri, Universias Tarumanagara mempersiapkan mahasiswa melalui metode pembelajaran yang digunakan juga sangat variatif, baik secara online atau pun offline.

Bahkan, dilengkapi berbagai fasilitas belajar yang mumpuni seperti sarana praktik lengkap, yang meliputi laboratorium, bursa saham dan lain-lain.

2. Program Studi S1 Manajemen

Selanjutnya program studi S1 yang ada di kampus 2 Universitas Tarumanagara selanjutnya adalah Jurusan Managemen. Jurusan ini juga menjadi unggulan di kampus 2 karena telah juga terakreditasi A. Selain itu, jurusan ini menjadi favorit banyak calon mahasiswa karena ketersediaan lapangan kerja yang tinggi bagi setiap lulusannya.

Hal ini berkaitan dengan kehadiran dari setiap organisasi atau perusahaan yang tidak lepas dari kegiatan manajemen, baik itu manajemen SDM, manajemen operasi, manajemen keuangan, manajemen pemasaran hingga manajemen strategi.

Tidak hanya pada perusahaan besar saja, tetapi juga perusahaan menengah bahkan kecil, karenaroda perusahaan tidak akan dapat berputar tanpa divisi yang merancang mengendalikan atau mengawasi peran dan fungsi manajemen pada setiap perusahaan.

Selain itu ketika berkuliah pada jurusan ini, setiap informasi dan bahan pembelajaran seputar bidang manajemen dapat kamu dapatkan dengan lebih mudah dan murah melalui, buku, internet hingga beragam media lainnya.

3. Program Studi D3 Akuntansi

Program Diploma akuntansi dan Strata Satu tentu berbeda dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Secara umum, lulusan Program D3 memiliki gelar “Ahli Madya”, disingkat A.Md. Sedangkan lulusan Program S1 memiliki gelar “Sarjana”.

Program D-3 Akuntansi Universitas Tarumanagara sendiri telah banyak mendidik lulusan dengan kompetensi yang menguasai aplikasi akuntansi dan keuangan, pemeriksaan dan analisis atas laporan keuangan komersial perusahaan dan juga sektor publik sebagai asisten manajer maupun entrepreneur.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga mampu menciptakan dan mengembangkan serta melaksanakan sistem dan prosedur akuntansi serta keuangan secara profesional. Bahkan mampu memahami perkembangan teknologi dan keuangan yang aplikatif serta perpajakan.

Kurikulum yang akan diajarkan juga dirancang sedemikian rupa dengan melibatkan banyak praktisi sebagai narasumber. Sehingga, setiap lulusannya memiliki kualitas yang siap kerja di bidang akuntansi keuangan bisnis dan juga perpajakan.

4. Program Studi D3 Perpajakan

Program Studi D3 Perpajakan memberikan pengetahuan mendalam terkait perpajakan dan akuntansi. Lulusan D3 Perpajakan ini berkesempatan bekerja di sektor publik dan sektor bisnis, baik di bidang akuntansi maupun perpajakan.

Kuliah dengan jurusan perpajakan menuntut ketelitian, ketekunan dan daya anlisa yang kuat. Karena harus bergelut dengan angka dan data yang harus tepat dan akurat. Lulusan D3 perpajakan Universitas Tarumanagara memiliki peluang kerja yang cukup luas.

Selain dapat bekerja sebagai PNS di Dirjen Pajak, para lulusan ini juga dapat bekerja hampir di seluruh perusahaan besar yang membutuhkan staf pajak atau konsultan pajak. Program studi ini juga menawarkan berbagai pengetahuan yang bersifat komprehensif.

Dari beberapa pengetahuan yang ditawarkan tersebut, diharapkan ke depannya dapat mencetak mahasiswa dengan lulusan terbaik dengan kualitas yang dapat bersaing di level operasional bidang perpajakan, baik di sektor publik maupun sektor perusahaan.

5. Program Studi D3 Manajemen Keuangan

Lulusan D3 manajemen keuangan wajib memiliki sikap konsisten yang kuat seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan memahami pengetahuan umum dan etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang akuntansi, kemampuan berkerjasama didalam tim dan juga kemampuan dalam memimpin.

Selain itu, ilmu manajemen keuangan ini juga sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar. Karena setiap perusahaan pasti membutuhkan manajemen keuangan agar dapat beroperasi secara stabil dan lancar.

Baca Juga : Jurusan Universitas Tarumanagara

Dalam rangka mendukung prospek kerja manajemen keuangan, mata kuliah yang disusun juga telah diatur untuk mempersiapkan calon lulusan manajemen yang berkualitas. Mata kuliah tersebut di bagi menjadi 4 kategori.

Pertama, mata kuliah pengembangan kepribadian, keahlian dan keterampilan, perilaku berkarya dan keahlian berkarya. Adapun di setiap perguruan tinggi terdapat perbedaan susunan mata kuliah yang disesuaikan dengan prospek kerjanya, namun masih memiliki inti yang sama.

Sejalan dengan visi misinya, Universitas Tarumanagara Kampus 2 selalu berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan, baik sarana ataupun prasarana yang dibutuhkan mahasiswanya. Hal ini akan selalu diprioritaskan agar semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan optimal.