Universitas Tarumanagara atau disebut juga UNTAR adalah salah satu Universitas tertua di Indonesia. Berldomisili di Jakarta dan merupakan universitas swasta dibawah naungan Yayasan Tarumanagara.

Berdiri pada 1 Oktober 1959, universitas ini telah diakui di kancah internasional karena keberhasilan UNTAR memperoleh 3 Star QS pada periode 2019.

3 Star QS adalah 3 bintang yang diberikan oleh Quacquarelli Symonds. Yaitu suatu lembaga yang berperan untuk mengukur rating universitas di seluruh dunia.

Dengan begitu, Universitas Tarumanagara sudah memperoleh peringkat internasional dan sudah disetujui oleh kelompok IREG atau International Ranking Expert Group. Reputasi UNTAR semakin diperkuat dengan perolehan gelar 3 Star oleh lembaga Quacquarelli Symonds ini.

Setelah sebelumnya meraih peringkat ke-34 di tingkat nasional. Pengakuan Universitas Tarumanagara sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik telah diakui secara nasional maupun internasional.

Diperolehnya prestasi 3 Star oleh UNTAR menunjukkan bahwa sistem pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta ini memliliki kualitas yang baik dan telah diakui dunia.

Baca Juga : Mahasiswa Teknik Sipil Untar Juara I Kompetisi Tingkat Dunia

Sangat membanggakan karena perolehan 5 bintang sebagai perguruan tinggi yang inklusif, 5 bintang untuk lulusan yang mudah memperoleh pekerjaan, 4 bintang pembelajaran berkualitas serta 4 bintang keunggulan bidang akuntansi.

Beberapa Faktor penilain terhadap UNTAR dalam Memperoleh 3 Star QS

Rating yang dilakukan oleh lembaga QS memiliki beberapa kategori yang diukur. Seperti, teaching (pengajaran), employability (kemampuan kerja), research (riset) , internationalization (Internasionalisasi), facilities (fasilitas), arts & culture (seni dan budaya), inclusiveness (Inklusivitas), dan program strength (accounting & finance).

Adapun faktor yang menjadikan UNTAR memperoleh 3 Star QS adalah sebagai berikut :

1. 4 Bintang untuk Teaching (Pengajaran)

Untuk teaching, UNTAR memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Hal ini ditunjukkan dengan diterimanya penghargaan sebagai PTS dengan Persentase Dosen Bersertifikat Profesi Tertinggi yang Pertama pada Tahun 2018 untuk wilayah Koordinasi Perguruan tinggi swasta wilayah III DKI Jakarta (Kopertis III).

4 Bintang untuk Teaching

Hasil ini membuktikan bahwa UNTAR memiliki 73% dari keseluruhan dosen yang sudah memiliki sertifikat sejak tahun 2008 sampai 2018.

Dengan begitu, Universitas Tarumanagara mewujudkan peningkatan dalam hal sumber daya manusia dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalisme serta entrepreneurship.

2. 5 Bintang untuk Employability (Kemampuan Kerja)

Kemampuan dalam bekerja UNTAR sudah tidak diragukan lagi. Dengan diraihnya Sertifikat ISO 9001:2015, yaitu standar sertifikat untuk sistem manajemen mutu dan kualitas secara internasional.

UNTAR Memperoleh 3 Star QS 5 Bintang untuk Employability

Dengan tujuan menjamin bahwa suatu organisasi memberikan pelayanan produk, baik jasa atau barang yang memenuhi badan standar internasional.

Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan manajemennya sudah sesuai bersarkan standar ISO. Sehingga, kualitas pengelolaan yang dilakukan di lingkungan Universitas Tarumanagara telah diakui pihak luar atau eksternal secara baik dan tidak diragukan lagi.

Diterimanya penghargaan dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE). Yaitu lembaga yang mengeluarkan akreditasi secara internasional. Mengacu pada salah satu standar akreditasi internasional di bidang Teknik yaitu Washington Accord.

Dengan diraihnya penghargaan ini, UNTAR telah membuktikan akan power dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan tinggi untuk semua pihak yang berkepentingan. Serta membuktikan bahwa Universitas ini terus membangun reputasi di kancah internasional.

3. 1 Bintang untuk Research (Riset)

Dalam hal riset, indikator yang dipertimbangkan adalah kualitas riset yang dilakukan di tengah kegiatan akademik.

UNTAR Memperoleh 3 Star QS 1 Bintang untuk Research (Riset)

UNTAR mendapatkan penghargaan sebagai peringkat dua untuk riset dan pengembangan LLDikti wilayah III dengan kategori Universitas dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

UNTAR memperoleh penghargaan pengelolaan EWS (Early Warning System) untuk bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah.

Dengan diperolehnya penghargaan tersebut, menunjukkan bahwa Universitas ini merupakan Perguruan Tinggi yang selalu mengikuti segala aturan Pemerintah, Akutabel dan selalu transparan.

4. 1 Bintang untuk Internationalization (Internasionalisasi)

Universitas Tarumanagara ikut serta dalam AU (Asia University Union)+ Summer Program 2019 dengan tema International Beverage and Tourism Training Workshop. Kegiatan ini dilaksanakan di Kun Shan University, Tainan, Taiwan pada tanggal 25 sampai dengan 31 Agustus 2019.

1 Bintang untuk Internationalization (Internasionalisasi)

UNTAR bergabung bersama AU pada tahun 2019. Asia University Union merupakan suatu perkumpulan perguruan tinggi yang beranggotakan negara-negara di Asia seperti Taiwan, Indonesia, China, Jepang, Malaysia dan Korea. Untuk ke depannya, organisasi ini akan berkolaborasi dengan lebih banyak universitas yang ada di kawasan Asia.

5. 3 Bintang untuk Facilities (Fasilitas)

Perguruan Tinggi ini memberi fasilitas kuliah sore untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sarjana. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

3 Bintang untuk Facilities (Fasilitas)

Bukan semata ditujukan bagi karyawan dan juga profesional, tetapi juga untuk siapa saja yang ingin mengikuti kelas kuliah sore. Fasilitas lain yang mendukung proses akademik dan hal yang menyebabkan diraihnya

3 bintang dalam kategori fasilitas adalah perpustakaan.

Mendapat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Indonesia dan telah sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sehingga, prestasi tersebut dapat membantu dalam mendukung pengembangan SDM dan IPTEK yang ada.

Di samping itu, standar terkait kelengkapan koleksi, pelayanan yang diberikan, sumber daya manusia yang ada, inovasi, penyelenggaraan dan pengelolaan yang baik juga telah terpenuhi.

Ditambah dengan adanya penguatan dalam menopang kualitas akademik yang meningkat guna mendukung proses Tri Dharma perguruan tinggi. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan UNTAR Memperoleh 3 Star QS.

6. 2 Bintang Arts & Culture (Seni Dan Budaya)

Dalam hal seni dan budaya, UNTAR juga ikut berpartisipasi dalam upaya pelestaran kebudayaan bangsa Indonesia, salah satunya melalui seni karawitan. Dengan menyelenggarakan Lomba Karawitan tingkat SMA/ sederajat pada acara Hari Ulang Tahun Universitas Tarumanagara yang ke-60.

2 Bintang Arts & Culture (Seni Dan Budaya)

Hal lain yang dilakukan UNTAR dalam upaya pelestarian budaya adalah dengan membentuk kelompok seni karawitan yang anggotanya meliputi dosen, karyawan dan mahasiswa.

Kelompok ini terus aktif dalam mengisi kegiatan-kegiatan kesenian yang ada di lingkungan Universitas Tarumanagara dan terus berkembang.

7. 5 Bintang untuk Inclusiveness (Inklisivitas)

Di UNTAR, terdapat beasiswa yang diberikan oleh perbankan, yaitu dari Bank Perkreditan Indonesia. Program indonesia cerdas diberikan melalui universitas untuk kemudian diberikan kepada mahasiswa berprestasi dengan kategori yang sesuai ketentuan.

5 Bintang untuk Inclusiveness (Inklisivitas)

Selain itu terdapat pula beasiswa yang diberikan kepada program S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi oleh Bank Central Asia serta kesempatan untuk melakukan magang di sana. Hal ini bertujuan agar mahasiswa menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul.

8. 4 Bintang untuk Program Strength (Accounting & Finance).

4 Bintang untuk Program Strength (Accounting & Finance)

Penilaian untuk kategori ini menekankan pada akreditasi yang dimiliki setiap prodi universitas. UNTAR telah terdaftar pada akreditasi.

Perbedaan Universitas 3 Star QS UNTAR dengan Universitas Lain

Dengan prestasi UNTAR yang memperoleh 3 Star QS ini, membuat Universitas ini unggul terhadap universitas lain. Termasuk Universitas yang telah di akui secara nasional. Dengan begitu, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Karena rating ini memperlihatkan bahwa sistem pengelolaan yang dimiliki menghasilkan kualitas yang baik dan diakui secara internasional. Adapun perbedaan UNTAR yang memiliki 3 star QS dengan universitas lain adalah sebagai berikut :

1. Penghargaan Berkelas yang Diraih

Selain mendapatkan 3 Star QS, Universitas Tarumanagara juga meraih banyak penghargaan. Seperti penghargaan 100 Perguruan Tinggi Non Vokasi Terbaik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2019 karena berhasil meraih urutan ke-34 skala nasional.

UNTAR juga meraih peringkat ke-50 Tingkat Nasional dalam UI GreenMetric World University Rankings pada 2018.

2. Pertukaran Dosen dan Mahasiswa Baik di Luar Maupun Dalam Negeri

Dengan adanya rating dari QS Star ini, UNTAR dapat melakukan kerjasama serta pertukaran dosen, mahasiswa dengan Universitas yang memiliki Rating Star dari QS lain. Karena kualitas Universitas Tarumanagara telah diakui di kancah nasional maupun Internasional.

3. Memiliki Dosen yang Profesional

Dengan diraihnya penghargaan sebagai Persentase Dosen Bersertifikat Profesi Tertinggi Perguruan Tinggi Swasta pada Tahun 2018 untuk wilayah Koordinasi wilayah III DKI Jakarta (Kopertis III). Hal ini menunjukkan bahwa dosen yang mengajar di UNTAR adalah dosen-dosen yang berkompetensi sebagai pengajar.

4. Berprestasi Di Ajang Internasional

Salah satu prestasi yang diraih adalah dengan menjuarai cabang olah raga tenis meja yang mendapat juara 1 tunggal putra, juara 2 ganda putra, juara 3 ganda putri dan juara 3 untuk kategori tim.

Kejuaraan ini dilaksanakan oleh University Teknologi MARA Shah Alam, Malaysia dalam ajang 14TH UiTM International Sports Fiesta 2019.

5. Perpustakaan yang Memadai

Dengan diperolehnya Akreditas A untuk perpustakaan, UNTAR dinilai telah memenuhi standar perpustakaan nasional. Hal ini juga membuat Universitas Tarumanagara memiliki eksclusifitas dalam menjadi acuan dan membina perpustakaan lain.

6. Pembelajaran Entrepreneurship sampai di Luar Negeri

Pada tanggal 23-30 Januari, mahasiswa UNTAR mengikuti kegiatan Culture and Entrepreneurship Winter Program yang diselenggarakan di Kun Shan University, Tainan,Taiwan.

Peserta mendapatkan pembelajaran mengenai Virtual Business Retailing, LAB Financial Investment, 3D System Design dan Arts and culture Industries Innovative Learning.

7. Program Study yang Berkualitas

Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai akreditasi yang diperoleh setiap program studi di Universitas Tarumanagara dengan tingkat A.

Seperti S1 Manajemen, Akuntansi, Hukum, Arsitektur, Teknik sipil, Sistem Informatika, Kedokteran dan masih banyak yang lainnya.

Perjuangan UNTAR dalam Mendapatkan 3 Bintang

Pastinya tidak mudah untuk memperoleh Rating star yang dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds. Begitu pula dengan perjuangan UNTAR dalam memperoleh 3 bintang dalam rating ini. Peningkatan kualitas mutu SDM yang dimiliki serta manajemen pengendalian mutu yang baik sangat diutamakan.

Di antara upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan yang mendukung kategori penilaian star rating QS. Karena dalam QS Star metodologi yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi banyak indikator. Terdapat 8 poin yang di evaluasi terhadap UNTAR dalam persiapan Universitas ini agar memenuhi ketentuan.

Baca Juga : Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Mempersiapkan berkas-berkas yang mendukung penilaian dan sebagai pembuktian dalam indikator yang dievaluasi. Setelah itu, Universitas diberikan 0 sampai 5 bintang tergantung dengan jumlah yang diraih melalui hasil evaluasi yang diberikan oleh QS.

Dengan 8 kategori tersebut UNTAR memperoleh 3 Star QS yang membanggakan dan menjadi kampus dengan kualitas serta mutu SDM yang baik.
Fasilitas yang disediakan juga telah memenuhi standar untuk kegiatan akademik. Sehingga menjadikan Universitas Tarumanagara menjadi universitas unggulan yang selalu menjadi pilihan utama.