Pada bulan Agustus lalu telah diumumkan bahwa UNTAR menempati peringkat 34 perguruan tinggi terbaik 2019. Pencapaian ini tentu menjadi hal yang membanggakan. Dengan kenaikan peringkat yang sangat signifikan setiap tahunnya memberikan rasa bangga tersendiri bagi seluruh civitas akademi maupun mahasiswa untar atau yang akrab disebut dengan UNTARIAN.

UNTAR Menduduki Peringkat 34 Perguruan Tinggi Terbaik 2019

Kementerian Riset dan Pendidikan (Kemenristekdikti) mengumumkan bahwa UNTAR peringkat 34 perguruan tinggi terbaik 2019 di Indonesia dengan kategori non vokasi. Peringkat ini naik 16 tingkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Universitas ini memiliki cita-cita yang luhur untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia, dengan menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif di masa depan. Hal ini dapat dilihat dari visi, misi, dan tujuan Universitas Tarumanagara.

Komitmen berupa penyediaan Mutu pendidikan dengan standar kualitas yang tinggi menjadi salah satu faktor UNTAR dapat menduduki peringkat ke-34 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Point penting yang dimiliki universitas ini adalah memiliki pendidikan dengan basis Enterpreneurial.

Baca Juga : Beasiswa Universitas Tarumanagara

Mahasiswa diberi kesempatan dan pengalaman berwirausaha dengan membuat perusahaan rintisan. Selain itu, mahasiswa juga dapat mempraktikkan berbagai konsep kewirausahaan di lingkungan bisnis yang sesungguhnya.

Penilaian Peringkat UNTAR

Adanya kualitas pelayanan pendidikan serta prestasi bidang akademik dan non-akademik menjadikan UNTAR sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik. Sebelumnya, universitas swasta ini masuk dalam posisi 50. Dan saat ini posisi 34 dari sekitar 2.141 perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia.

Penilaian peforma perguruan tinggi (PT) pada tahun 2019 menitik beratkan pada kinerja masukan dan luaran. Kinerja masukan memiliki bobot 40 persen yang meliputi input (15%) dan proses (25%). Sedang luaran meliputi output (25%) dan outcome (36%) dengan total 60%.

Hal membanggakan ini tentu membuat UNTAR semakin semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, orang tua dan masyarakat. Selain itu, menjadikan universitas swasta tertua ini semakin diakui atas presatasi yang diraih.

Menjadi universitas terbaik juga membuat UNTAR lebih selektif dalam menyaring mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di sana. Hal ini untuk menjaga reputasi universitas di masa depan.
Konsistensi UNTAR untuk tetap Menjadi yang Terbaik

Universitas ini telah memiliki akreditasi A dari BAN PT yang menjadikannya terus memperbaiki diri menjadi yang terbaik. Adanya sarana prasarana dan dukungan dari dosen, karyawan, mahasiswa, dan pihak lain adalah faktor yang mendukung tercapainya tujuan UNTAR.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di jakarta, UNTAR berusaha memperkuat jaringan dengan berkolaborasi dengan lembaga internasional. Universitas ini masuk dalam salah satu anggota academic member yang memiliki misi menjadi universitas kelas dunia.

Pada konferensi ke 12 International Forum on Urbanism dengan tema Beyond Urban Resilience, yang membahas tentang pengembangan tata kota besar seperti Jakarta. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat membantu mengarahkan kembali teori dan praktik ketahanan perkotaan.

UNTAR juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi dari berbagai Negara atas dasar saling menghargai dan meningkatkan reputasi bersama. Universitas ini juga berkontribusi luas dalam pengembangan pendidikan tinggi dan berperan dalam tatanan global.

Komitmen awal UNTAR adalah menjadi universitas terbaik, tidak hanya di tingkat nasional namun juga di tingkat Asia Tenggara/ internasional. Untuk mempertahankan kualitas terbaik, universitas ini tetap berpegang teguh pada tujuan awal mereka.

Beberapa Prestasi UNTAR sebagai Perguruan Tinggi Terbaik ke- 34

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, UNTAR memiliki banyak prestasi yang membanggakan. Prestasi yang diraih universitas ini terbagi ke dalam dua kategori, yakni bakat, minat, pendidikan dan pengetahuan.

Pada kategori bakat dan minat, prestasi terbaru yang diraih adalah juara 2 Open Category 6th Singapore Robotics Games 2019. Sedangkan pada bidang pendidikan dan pengetahuan, prestasi UNTAR adalah juara 1 Economic Fair 9 – Budi Luhur National Competition.

Tidak hanya itu saja, UNTAR juga memiliki prestasi yang membanggakan. Dengan meraih juara pertama pada International Concrete Competition. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti ajang tersebut yang berasal dari, jurusan Teknik Sipil mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.

Sebagai universitas wirausaha unggulan, UNTAR juga memiliki prestasi berupa juara 1 dalam Marketing Plan Competition di Management Week pada 2018 lalu. Mereka berhasil mengalahkan peserta dari perguruan tinggi terkenal lainnya.

Universitas Tarumanagara sebagai Universitas Enterpreneur

Hampir 90 persen lulusan universitas Tarumanagara yang terjun kedalam masyarakat dengan berbagai profesi dapat menunjukkan tingkat kompetensi dan integritas yang tinggi

Hal ini karena adanya inisiasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia yang tentu dapat mengambil peran dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain itu, untuk mempersiapkan lulusan agar mampu bersaing di dunia global.

Universitas Tarumanagara menitik beratkan pada progam edukasi work force, sehingga mahasiswa lebih siap dengan kompetisi kerja yang profesional dan memiliki daya saing yang tinggi.

Untuk mewujudkan lulusan yang kompeten, ada 4 faktor pendukung, yakni tenaga pengajar yang berkualitas, infrastruktur yang memadai dan sarana belajar, pengembangan kualitas penelitian, serta jaringan alumni yang menunjang minat dan bakat mahasiswa.

Untuk mencapai tujuan sebagai universitas yang mencetak entrepreneur terbaik, UNTAR mengadakan Event EW (Enterpreneur Week) setiap tahun di mana mahasiswa dapat terjun sebagai pelaku usaha dengan bimbingan dan arahan penuh dari dosen.

Alumni UNTAR

Sejak berdiri pada 1 Oktober 1959, Universitas Tarumanagara kini telah memasuki usia 60 tahun. Diperkirakan terdapat sebanyak 100 ribu alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam pekerjaan di berbagai bidang.

Pada acara dies natalis ke-60, rektor UNTAR, Prof Agustinus Purna Irawan menekankan kepada alumni untuk tetap berpijak dan menjaga kebinekaan serta toleransi yang sebelumnya telah terjalin dengan baik di universitas Tarumanagara.

UNTAR berupaya menghasilkan lulusan yang dapat terjun ke dunia industri dibidang kreatif, telko, otomotif, mining, technology, dan pemerintahan. Sektor industri ini terbagi menjadi dua, yakni yang bekerja di perusahaan dan yang menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Alasan yang menjadi dasar mengapa UNTAR dapat menjadi universitas “pencetak” entrepreneur terbaik adalah karena banyak mahasiswa yang memang berasal dari kalangan pengusaha. Selain itu, pemerintah memberikan ruang bagi universitas ini untuk mengisi bidang kewirausahaan.

Kuliah di Universitas Terbaik

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan impian semua orang. Bahkan sebagian besar siswa/I tingkat menengah atas telah merencanakan dan menargetkan universitas yang akan mereka pilih jauh hari sebelumnya. Karena memilih universitas juga membutuhkan banyak pertimbangan.

Salah satu yang menjadi perhatian para calon mahasiswa adalah universitas favorit atau terbaik seperti UNTAR, Tidak dipungkiri lagi jika perguruan tinggi ini menjadi favorit dan memiliki peminat yang sangat banyak.
Tidak hanya karena reputasinya yang baik, banyak yang ingin masuk ke universitas ini karena harapan- mereka untuk bisa menjadi jurusan yang diminati dan memiliki akreditasi terbaik.

Alasan Memilih Berkuliah di Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara merupakan universitas terbaik yang bisa kamu pilih dengan beberapa pertimbangan, misalkan lokasi, sarana prasarana, lingkungan, akreditasi, jurusan, prestasi, dan para alumni. Semua fasilitas tersebut digunakan untuk menunjang pendidikan yang berlangsung.

Universitas swasta ini terletak di ibukota Jakarta. Sebagai salah satu universitas dengan basis kewirausahaan, maka lokasi strategis ini sangat cocok bagi kamu untuk mengembangkan kemampuan bisnis kamu.

Kedua adalah sarana prasarana. Penunjang kegitaan belajar di sini sangat lengkap dengan adanya ruang belajar yang memadai di setiap fakultas, adanya perpustakaan, ruang laboratorium, dan fasilitas lainnya.

Ketiga adalah lingkungan. Meskipun berada di pusat kota, lingkungan di sekitar universitas ini cukup kondusif, karena pada tahun 2016 telah dilakukan penertiban kawasan. Universitas Tarumanagara merupakan universitas “kekinian” serta memiliki gedung yang modern dan nyaman.

Keempat adalah akreditasi. Universitas Tarumanagara memiliki akreditasi A BAN PT. Dengan akreditasi tersebut menjamin kualitas pendidikan yang terbaik, Kamu akan dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Di UNTAR ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Hampir semua program studi terakreditasi A (unggul). Tersedia lebih dari 40 program studi yang terbagi ke dalam jenjang (S1, S2, dan S3).

Prestasi UNTAR tidak diragukan lagi. Banyak pencapaian yang telah diraih baik di tingkat nasional maupun di dunia internasional. Selain itu, keberhasilan universitas ini juga dapat dilihat dari para alumni yang sukses dengan pekerjaannya.

Tips untuk dapat Diterima di Universitas Tarumanagara

Dapat melanjutkan pendidikan ke universitas terbaik adalah sebuah cita-cita bagi banyak siswa SMA. Salah satu universitas yang menjadi favorit adalah Universitas Tarumanagara. Perguruan tinggi ini memiliki 8 fakultas dengan lebih dari 40 program studi.

Bagi kamu yang berminat bergabung dengan universitas ini cobalah persiapkan diri dengan matang sejak awal. Karena sebagai perguruan tinggi favorit UNTAR akan diperebutkan oleh ribuan peserta di seluruh Indonesia. Caranya adalah siapkan diri kamu dalam mengikuti seleksi penerimaan minimal setahun sebelumnya.

Kemudian, berlatihlah soal sebanyak mungkin. Karena siswa-siswa lain yang menjadi saingan kamu juga berasal dari sekolah-sekolah unggulan dan merupakan siswa-siswa berprestasi. Sebagai cantoh, dengan melakukan latihan mengerjakan soal, atau mengikuti bimbingan belajar secara intensif.

kamu juga harus konsisten dan disiplin. Motivasi harus tetap berkobar dalam diri. Jangan sampai semangatmu kendur di tengah jalan. Tetap lakukan persiapan yang konsisten setiap harinya.

Kemudian ketahui jadwal pendaftaran melalui website resmi UNTAR. Jangan sampai salah terima informasi. Universitas swasta biasanya melakukan tes masuk yang disebut dengan USM (Ujian Saringan Masuk).

Pastikan kamu telah melengkapi syarat administrasi dengan benar.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik di Jakarta

Selanjutnya, cobalah gali informasi sebanyak mungkin dari mahasiswa yang telah berkuliah di UNTAR atau para alumni. Mereka akan memberikan informasi dan tips yang kamu perlukan dengan lebih detail.

UNTAR Peringkat 34 Perguruan Tinggi Terbaik 2019 menjadi bukti prestasi yang membanggakan. Sebagai salah satu universitas non vokasi tertua di Indonesia, Universitas Tarumanagara terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan terbaik.