UNTAR Peringkat 14 Klasterisasi Kinerja Kemahasiswaan Non-Vokasi 2019. Pendidikan di Indonesia semakin maju dengan berbagai prestasi yang diraih oleh universital nasional, utamanya dalam perguruan tinggi. Bukan hanya universitas-universitas negeri yang menjadi tujuan para lulusan SMU/SMK, namun juga universitas swasta yang berkualitas Internasional.

Salah satunya adalah Universitas Tarumanagara (UNTAR). Universitas di Jakarta ini memiliki berbagai kelebihan seperti memproleh peringkat 14 klasterisasi kinerja kemahasiswaan non-vokasi 2019.

Keunggulan Universitas Tarumanagara

Universitas yang berdiri pada 1 Oktober 1959 ini adalah salah satu universitas tertua di Indonesia. Di tahun 2019, UNTAR memperoleh penghargaan dari LLDikti. Penghargaan ini membuktikan kualitas pendidikan yang unggul, khususnya di bidang ekonomi.

UNTAR masuk dalam 100 perguruan tinggi non vokasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan. Sebagai salah satu universitas tertua, UNTAR memiliki nilai akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Baca Juga : Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Selain itu banyak pula jurusan yang memiliki akreditasi A. jurusan ini tersebar pada tujuh fakultas, yakni Hukum, Teknik, Teknologi Infromasi, Kedokteran, Psikologi, Seni Rupa dan Desain, Ilmu Komunikasi, serta program Pascasarjana.

Keunggulan lain dari UNTAR adalah dibidang manajemen. Universitas yang memiliki visi menjadi Universitas Entrepreneurial unggul ini mendapatkan nilai yang baik dari ISO (International Organization for Standarisation) 9001:2015.

Proses penilaian yang dilakukan sesuai dengan Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI).

UNTAR Peringkat 14 Klasterisasi Kinerja Kemahasiswaan Non-Vokasi 2019

Keberhasilan UNTAR memperoleh peringkat ke 14 melalui berbagai upaya penguatan program. Universitas yang telah berumur 60 tahun pada 2019 ini semakin diakui oleh masyarakat, baik di level nasional maupun internasional. Di tahun yang sama, peringkat nasional UNTAR naik di urutan ke 34.

Universitas ini juga memeroleh 3 Star Rating oleh survey yang dilakukan Quacquarelli Symonds (QS), adapun lembaga survey ini berperan dalam mengukur rating berbagai universitas di dunia. Untuk itu, kualitas universitas ini tidak perlu diragukan lagi.

Dalam kualifikasi tersebut, UNTAR dinilai sebagai perguruan tinggi yang inklusif/terbuka, dengan raihan 5 bintang. Universitas ini juga memiliki kualitas alumni yang telah banyak bekerja pada badan lembaga bergengsi, baik milik swasta ataupun pemerintah.

Keunggulan lain dari UNTAR yaitu memiliki proses pembelajaran yang berkualitas, mendapatkan “4 bintang”. Universitas yang kuat dalam bidang ekonomi ini mendapatkan predikat unggul dalam bidang akuntansi dan keuangan. Yang menjamin UNTAR dapat mencetak generasi yang maju dan handal di segala bidang.

Di tahun 2018, UNTAR membuktikan kepeduliannya terhadap lingkungan dan ekosistem di bumi. Melalui penghargaan yang diperoleh dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan.

Universitas yang memiliki jaringan langsung kerjasama internasional ini meraih peringkat ke 50 tingkat nasional. dalam UI Green Metric World University Rankings.

Kompetensi Dosen UNTAR

Bagi universitas ternama seperti UNTAR, tentunya telah memiliki berbagai staff pengajar yang berkualitas. terbukti pada pertengahan tahun 2018 UNTAR menerima penghargaan dalam presentase dosen bersertifikat tertinggi.

Penghargaan ini diberikan olek kementerian riset, teknologi, dan pendidikan. Piagam penghargaan tersebut berkonsetrasi pada wilayah koordinasi III DKI Jakarta.

Dosen yang berkualitas tentu menjadi jaminan untuk kemajuan universitas dan kualitas dari setiap lulusan yang dihasilkan.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh rektor UNTAR, bahwa kualitas dosen merupakan komitmen universitas dalam memajukan kualitas SDM dan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan menjunjung nilai integritas, profesionalisme, serya enterpreneurship.

Pada bulan Agustus 2018, salah satu dosen UNTAR memperoleh 13 gelar. Meski demikian ibu yenita cenderung rendah hati dan lebih fokus pada kualitas mengajarnya.

Jurusan Bertaraf Internasional

Pada program studi S1 Teknik Mesin dan Teknik Sipil UNTAR telah mendapatkan pengakuan internasional. Jurusan yang berada di fakultas teknik ini mendapatkan akreditasi langsung dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE) tahun 2018.

Badan akreditasi tersebut merupakan lembaga akreditasi bertaraf internasional yang berkiblat pada Washington Accord yang berkonsentrasi pada bidang teknik. Akreditasi tersebut membuktikan UNTAR memilki reputasi yang sama dengan universitas ternama di dunia dalam bidang teknik.

Sebagaimana disampaikan oleh ketua prodi teknik mesin, Dr. Steven Darmawan, M.T, bahwa capaian tersebut merupakan bukti akuntanbilitas pembelajaran. Selain itu, pihak universitas bertujuan untuk melahirkan alumni-alumni yang berkiprah di industri dalam lingkup internasional.

Upaya menaikkan taraf universitas dilakukan dengan beragam cara, salah satunya melalui bidang kerja sama. Pada bidang kerja sama dalam negeri, UNTAR bekerja sama dengan 14 perguruan tinggi di Indnesia dan 55 industri non pendidikan.

Upaya ini tentu saja untuk mencapai kualitas pendidkan yang setara dengan perguruan tinggi internasional.

Publikasi Jurnal

Salah satu tolok ukur dinamika keilmuan, saat ini dinilai melalui penelitian yang disajikan dalam jurnal. Sebab, di dalamnya ada proses kritik, sintesa, dan tesis.

Sebagai lembaga perguruan tinggi yang bergelut dalam bidang ekonomi dan teknik, nyatanya tidak membuat UNTAR memiliki karya yang bertema tuggal.

Banyak program studi yang dapat tercurahkan melalui jurnal di UNTAR. Mahasiswa dan dosen bisa mempublikasikan jurnal mereka ke dalam daftar jurnal berikut ini:

1. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni
2. Jurnal Muara (Sains, Kedokteran, Ilmu Kesehatan, serta Teknologi)
3. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis
4. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
5. Jurnal Komunikasi
6. Jurnal Prologia
7. Jurnal Koneksi
8. Jurnal Stupa (Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur)
9. Jurnal Rupaka
10. Jurnal Mezanin
11. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan
12. Jurnal Paradigma Akuntansi
13. Jurnal Akuntansi dan Keuangan
14. Jurnal Komputer dan informatika
15. Jurnal Computato: Jurnal of Computer Science annd Information System
16. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
17. Jurnal Provitae
18. Tarumanagara Medical Journal
19. Jurnal Papyrus
20. Era Hukum – Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum
21. Jurnal Hukum Adigama
22. Tarumanagara Law Review
23. Jurnal Kajian teknologi
24. Jurnal Ilmiah dan teknik Industri
25. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil
26. Tesla: Jurnal Teknik Elektro
27. Jurnal Visual
28. Jurnal Arkhe
29. Jurnal Phronesis
30. International Journal Of Engineering and Buit Enevirontment.

Melalui jurnal yang dimiliki menunjukkan bahwa universitas ini memiliki dinamika keilmuan dan sumbangsih terhadap negara dan masyarakat. Hal ini dikarenakan, setiap membaca jurnal tersebut seseorang akan mendapatkan manfaat ilmunya.

Baca Juga : UNTAR Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta Barat

Selain itu, jurnal menjadi media ekselensis seorang dosen juga mahasiswa. Terutama temuan dalam penelitian yang sangat penting, hal tersebut menjadi saran dan dapat dijadikan kebijakan terhadap negara.

Hasil Output Mahasiswa

Lantas bagaimana output mahasiswa? Simak ulasan berikut:

1. Studi Banding ke Luar Negeri

Mahasiswa-mahasiswa di UNTAR juga memilki segudang prestasi. Salah satunya dalam kegiatan studi banding dan pembelajaran enterpreneurship. Mereka memberikan prestasi dengan memberi solusi pada permasalahan yang sedang dialami.

Kegiatan ini bernama Culture and Enterpreneurship Winter, yang merupakan salah satu program di Kun Shan University (KSU), Tainan, di Taiwan. Sebanyak 25 mahasiswa dari berbagai program mengikuti. Kegitan ini diadakan pada 23 hingga 30 januari 2019.

Melalui program ini, mahasiswa UNTAR mendapatkan berbagai pembelajaran. Diantaranya yakni, Arts and Culture, 3D system design, Industries Innovative Learning, LAB Financial Inverstment, serta VBR atau Virtual Business Retailing.

Mereka juga berkunjung pada industri-industri ternama di Taiwan, misalnya INC dan Tong Yang Group. Dengan begitu, mahasiswa dapat belajar dan membandingkan teknologi yang ada.

2. Pelombaan Tingkat Internasional

Tidak hanya pengembangan dalam bidang pendidikan enterpreneurship saja, namun UNTAR juga memberikan kesempatan dan dukungan bagi mahasiswanya dalam ajang perlombaan olahraga internasional.

Pada momen 14TH UiTM Inetrnational Sports Fiesta, tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNTAR berpartisipasi dalam momen berharga tersebut. Adapun cabang olahraga yang diikuti ada tiga, yakni bulu tangkis, futsal, dan tenis meja.

Ada berbagai universitas dipertemukan, yakni China, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Australia, Filipihina, Brunei, Singapore, Indonesia, dan Malaysia. Momen ini diikuiti hingga 51 atlet mahasiswa.

Tim UKM dari UNTAR berhasil mencatat beberapa prestasi. UNTAR pulang dengan membawa piagam dibidang tenis meja sebagai juara 1, Juara 2 untuk ganda putra, kemudian pada ganda putra mendapatkan juara 2, hingga pada ganda putri keluar sebagai juara 3 untuk pertandingan tim.

Kualitas Alumni dan Prospek Kerja

UNTAR adalah salah satu lembaga pendidikan yang mengawal mulai dari proses sampai hasil akhir. Universitas ini memiliki berbagai kerjasama dengan lembaga kerja.

Tidak hanya universitas-universitas Internasional untuk melanjutkan pendidikan, namun juga lembaga kerja yang siap menampung lulusan dari UNTAR. Misalnya saja, The Institute of Chartered Accountant di Inggir dan Wales (ICEAW).

Dengan bebagai MOU dan kerjasama, universitas ini juga menjamin peluang kerja para alumni. Dengan upaya yang kuat ini, wajar saja jika UNTAR memperoleh predikat universitas terbaik.

Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Hal ini semakin menunjukkan keberhasilan program dan pengarahan langsung untuk lembaga kerja setelah mahasiswa menyelesaikan studinya.

Fasilitas yang Berkualitas Tinggi

Menjadi bagian dari keluarga UNTAR merupakan kebanggaan tersendiri. Sebab, universitas yang berdiri jauh sebelum reformasi ini memiliki berbagai fasilitas yang mendukung, diantaranya:

1. Perpustakaan

Maju atau tidaknya universitas, dapat diukur melalui seberapa sirkulasi mahasiswa di perpustakaan. pada tahun ini perpustakaan UNTAR memperoleh akreditasi A yang ditanda tangani langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif.

2. Kantin

Kantin yang luas dengan desain terbuka sengaja dibangun oleh UNTAR. Kantin juga mengusung konsep yang membebaskan semua investor berjualan dan melakukan transaksi langsung dengan pembeli.

3. Outdoor

kelengkapan fasilitas di Universitas TARUMANAGARA telah diakui. Melaluui kemegahan bangunan kampus tersebut. Bagian Outdoor universitas ini mengusung konsep seni keindahan Eropa klasik.

Masih ada banyak lagi kelebihani fasilitas yang mendukung pembelajaran akademik di UNTAR, seperti: Teater, Cinema, Studuio, Olahraga, dan Kesehatan.